Sebentar lagi lebaran, kira-kira persiapan mudik apa saja yang sudah kamu lakukan untuk menghadapi perjalanan mudik lebaran 2022 kali ini?

Nah, supaya persiapan mudik lebaranmu lebih matang, simak dulu yuk artikel Finansialku berikut ini.

 

Persiapan Mudik Lebaran 2022 Jika Mengemudi Kendaraan Pribadi

Kendaraan pribadi menjadi moda favorit bagi para pemudik untuk melakukan perjalanan mudik lebaran 2022 kali ini. Pasalnya menggunakan kendaraan pribadi terasa lebih praktis.

Kita bisa melakukan perjalanan secara langsung dari rumah masing-masing tanpa harus menuju stasiun, bandara, ataupun terminal bus.

Ditambah lagi dengan menggunakan kendaraan pribadi, mobilitas di kampung halaman pun tetap mudah dilakukan.

Akan tetapi supaya perjalanan mudik lancar, kamu perlu mempersiapkan berbagai hal. Setidaknya, ada beberapa persiapan mudik yang perlu kamu perhatikan bila menggunakan kendaraan pribadi. 

Nah, kali ini Finansialku telah merangkumnya untuk kamu. Yuk, simak pembahasannya.

 

#1 Periksa kondisi kendaraan

Yang pertama adalah cek kondisi kendaraan. Sebab perjalanan mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, jarak yang jauh, serta kondisi perjalanan yang unpredictable.

Kendaraanmu harus siap menjajal setiap kondisi seperti kemacetan, suhu udara yang fluktuatif, medan jalan yang tidak mulus dan sebagainya.

Untuk itu ada beberapa aspek di kendaraanmu yang perlu diperiksa sebelum melakukan perjalanan, di antaranya.

 

Accu Mobil

Accu mobil merupakan sentral dari sistem kelistrikan dari kendaraan bagi kendaraan motor maupun mobil. Sehingga pastikan kondisi accu mobil dalam kondisi yang baik.

Sebab jika tidak, tentu kamu tidak ingin untuk mendorong mobilmu supaya mesin bisa menyala. 

[Baca Juga: Catat! Jadwal Operasional Bank Indonesia Pada Libur Lebaran 2022]

 

Radiator

Kemudian komponen yang kedua adalah Radiator. Komponen ini memiliki fungsi untuk menjaga mesin tidak overheat. Nah, radiator sangat penting untuk diperhatikan terutama pada saat perjalanan mudik yang berpotensi terjadi kemacetan.

Apabila radiator bermasalah, maka akan sangat berbahaya bagi kondisi mesin mobilmu. 

 

Rem

Rem seringkali menjadi komponen yang menyebabkan terjadinya insiden/kecelakaan. Sebab komponen ini memiliki peran penting bagi keselamatan pengendara.

Pastikan kondisi rem kendaraanmu dalam kondisi baik, sebab pada saat terjadi kemacetan, kondisi rem bekerja sangat keras.

 

Oli

Kemudian jangan lupa untuk mengecek kondisi oli. Jika memang sudah waktunya untuk diganti ada lebih baiknya untuk diganti terlebih dahulu.

Sebab hal tersebut akan membantu mengoptimalkan kinerja mesin agar lebih baik lagi.

 

Ban

Seringkali komponen ban justru dilupakan ketika ingin melakukan perjalanan jauh. Padahal komponen tak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Pastikan kondisi ban mobil/motormu dalam keadaan yang baik.

Baik dilihat dari kondisi telapak ban hingga tekanan anginnya. Apabila kamu menjumpai ban dalam kondisi tapak yang sudah aus, lebih baik untuk segera menggantinya.

[Baca Juga: Catat! Syarat dan Cara Tukar Uang Baru, Bisa Secara Online!]

 

#2 Ketahui Rute Perjalanan Terbaik

Yang kedua adalah usahakan kamu telah mengetahui sekaligus menentukan rute perjalanan terbaik. Langkah ini dapat membantu untuk mengefisiensi waktu perjalanan hingga sampai ke kampung halaman.

Kemudian tak lupa cari tahu juga informasi mengenai informasi-informasi rekayasa lalu lintas, penerapan ganjil genap (jika ada) serta rute atau jalur alternatif yang harus diambil.

Kamu bisa memiliki opsi apabila jalur utama yang dilalui mengalami kemacetan parah. Cari tahu juga informasi mengenai rest area di sepanjang jalur yang akan kamu lalui.

 

#3 Tetap Menjaga Kesehatan Tubuh

Selanjutnya adalah kamu harus senantiasa menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Terutama jika kamu mengemudikannya sendiri. Tubuh tetap fit adalah salah satu aspek utama yang penting untuk diperhatikan.

Nah, untuk menjaga tubuh dalam kondisi fit, sebaiknya Anda mengistirahatkan tubuh terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik.

Kemudian saat diperjalanan, kamu perlu mengistirahatkan tubuh sejenak jika telah berkendara dalam waktu yang lama.

 

#4 Persiapkan Perangkat Pendukung

Sebagai antisipasi selama di perjalanan, kamu juga perlu mempersiapkan berbagai perangkat pendukung. 

Beberapa komponen perangkat pendukung tersebut meliputi ban serep, dongkrak, hingga peralatan mekanik lainnya. Sehingga kamu bisa melakukan perbaikan apabila terjadi kerusakan.

Tak lupa persiapkan pula P3K ataupun obat-obatan yang diperlukan bagi kamu serta penumpang lainnya.

 

#5 Persiapkan Dana Darurat

Dan yang pasti sudah barang tentu kamu menganggarkan dana darurat selama perjalanan mudik berlangsung. Sebab, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan membutuhkan biaya untuk memperbaikinya, maka kamu telah mempersiapkannya tanpa membuat keuanganmu jebol.

Nah, jika kamu masih bingung bagaimana cara mempersiapkannya, cari tahu dulu yuk melalui ebook Finansialku “Cara Selamatkan Keuangan Dari Pengeluaran Dadakan”.

Dalam ebook ini kamu bisa mengetahui bagaimana caranya menyiapkan uang dari pengeluaran yang tidak terduga serta jumlah yang perlu disiapkan untuk dana darurat. 

Jadi langsung saja yuk dapatkan ebook-nya dengan download secara GRATIS!

Banner Iklan Ebook Cara Selamatkan Keuangan dari Pengeluaran Dadakan - PC
Banner Iklan Ebook Cara Selamatkan Keuangan dari Pengeluaran Dadakan - HP

 

Itulah informasi mengenai persiapan mudik lebaran 2022 untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi. Yuk, persiapkan dari sekarang dan hati-hati di jalan.

Jangan lupa untuk share artikel ini supaya semakin banyak orang yang mendapatkan informasinya. Semoga bermanfaat.

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Shelma Rachmayanti. 23 April 2022. Persiapkan 5 Hal Ini jika Mudik 2022 Pakai Kendaraan Pribadi. Okezone.com https://bit.ly/38pEj9l
  • Mobil. 15 Desember 2021. 8 Komponen Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Perjalanan Jauh. Sukabumiupdate.com – https://bit.ly/3MwjYOq