Bisnis Stasiun Pengisian Bahan Baku (SPBU) terus berkembang dan semarak melalui kehadiran sejumlah pemain. Oleh karena itu, kini Pertamina terancam pesaing yang mulai hadir pada bisnis ini.

Kali Finansialku akan membahas beritanya, simak penjelasannya di bawah ini. selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pertamina Terancam Pesaing

PT Pertamina masih menjadi yang paling unggul dalam hal bisnis SPBU. Namun kini seiring dengan banyaknya peluang di dunia bisnis ini, banyak para pengusaha yang membuka usahanya di bidang SPBU.

Kini para pesaing Pertamina, operator pompa bensin swasta mulai melakukan berbagai strategi untuk memperoleh keuntungan di bidang SPBU dan berupaya untuk menggoyangkan Pertamina yang selama ini masih mendominasi.

Pertamina pun tidak bisa menganggap enteng strategi dan agenda ekspansi para pesaingnya. Pasalnya, mereka tidak main-main dan fokus menggarap bisnisnya di dunia minyak dan gas bumi itu adalah para pemain raksasa migas dunia.

Sebelumnya SPBU Shell telah banyak bertebaran di sejumlah lokasi, lalu ada dua perusahaan, BP dan AKR Corporindo (AKRA) yang bekerjasama untuk mengembangkan bisnis pom bensin.

Tak hanya yang berasal dari Indonesia, perusahaan migas asal Amerika Serikat ExxonMobil Indonesia menggandeng PT Indomobil Prima Energi (Salim Grup) yang menggenjot bisnis SPBU Mini.

Sulit Cari BBM di Pelosok, ExxonMobil Luncurkan SPBU Mini di 40 Titik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sulit Cari BBM di Pelosok, ExxonMobil Luncurkan SPBU Mini di 40 Titik]

 

ExxonMobil mulai menjalankan pilot project SPBU mini sejak akhir tahun 2018. Yang menjadi keunggulan dari SPBU Mini ini mereka berani menyasar daerah-daerah terpencil yang tidak terjamah oleh Pertamina.

ExxonMobil menawarkan kemitraan dengan Investasi mulai dari Rp100 juta hingga Rp140 juta, namun harga tersebut di luar biaya lahan.

Saat ini, SPBU Mini ExxonMobil telah tersebar di 40 titik terutama di daerah Purwakarta, Karawang, Cikarang, dan Pandeglang. Willianto Husada selaku Direktur Indomobil Prima Energi mengatakan:

“Kami ingin proyek ini dinikmati pelaku UMKM daerah.”

 

Tak ingin kalah dari ExxonMobil, Shell juga telah menawarkan sistem dealer owned dealer operated (DODO) atau mitra pemilik SPBU yang mengelola sendiri pompa bensinnya.

Di tahun ini pun Shell telah menawarkan kemitraan usaha. Kini telah ada tiga SPBU milik mitra yang dalam proses pembangunan, yaitu di Karang Tengah Tangerang (Banten), Cirebon (Jawa Barat) dan Tuban (Jawa Timur).

Agung Saputra selaku Head of Dealer Shell Indonesia mengatakan:

“Kami memberikan kesempatan kepada pengusaha lokal mengoperasikan SPBU Shell.”

 

Nilai investasi sekitar Rp4 miliar. Mitra usaha tak harus menanggung seluruh biaya pendirian SPBU. Shell siap menanggung seluruh biaya pendirian SPBU bahkan Shell siap menanggung 40% dari nilai SPBU.

BP dan AKR juga siap menggandeng para mitra untuk bekerjasama. Media Relations BP, Wigra Hanafiah mengatakan jika pihaknya akan membuka kemitraan DODO dengan beberapa syarat.

Misalnya, diler memiliki bahan usaha berbentuk perseroan terbatas (PT). Diler juga memiliki plot tanah di lokasi strategis dengan luas minimal 1.000 meter persegi dan lebar sekitar 25 meter hingga 30 meter.

Dengan adanya beberapa pesaing ini, Pertamina merasa terusik keberadaannya. Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan Pertamina sudah jauh-jauh hari melebarkan jaringan dengan mitra.

Anggota Komite BPII Migas Jugi Prajogio mengatakan pendirian SPBU oleh sejumlah badan usaha perlu berkonsultasi dengan BPH Migas. Ia mengatakan:

“Langkah konsultasi ini berkaitan dengan alokasi penyediaan dan distribusi BBM.”

 

Tujuh Perusahaan Pemilik Jaringan Bisnis Pompa Bensin

PerusahaanSPBU (Unit)LokasiProduk
PT Pertamina5.964 (termasuk kerjasama)Seluruh IndonesiaPremium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamax Racing, Solar, Dexite, Pertamax De
Vivo Energy2JakartaRevvo 89, Revvo 90, Revvo 92
PT Total Oil Indonesia18Jabodetabek, BandungPerformance 92, Performance 95, Diesel, Performance 90
PT AnekaRetroindo Raya9Jabodetabek, SurabayaBP 90, BP 92, BP 95, Diesel
ExxonMobil Indonesia40 (SPBU Mini)Purwakarta, Cikarang, Karawang, Pandeglang
PT AKR Corporindo Tbk143Jabodetabek, Sumatera Utara, Lampung, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur Akra 92, Akra SeiAkra 92, Akra Sei
PT Shell Indonesia98Jabodetabek, Bandung, Sumatera Utara, Jawa TimurSuper, V-Power, Diesel, Regular

 

Apakah Anda berencana memiliki bisnis? Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar kondisi keuangan pribadi dan bisnis Anda dapat terjaga. Selamat membaca..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda terkait artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Filemon A Hadiwardoyo. 15 Juli 2019. Operator Swasta Siap Menggoyangkan Dominasi Pertamina. Tabloid Kontan

 

Sumber Gambar:

  • Pertamina – http://bit.ly/2xPp0l6