Hingga menutupnya mata Habibie untuk yang terakhir kalinya, ada impian terakhir Habibie yang belum terwujud, yaitu Pesawat R80. Mengetahui hal ini banyak warganet yang mendukung diwujudkannya pesawat R80.

Agar lebih jelas, mari simak ulasannya di bawah ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pesawat R80 Jadi Impian Terakhir BJ Habibie

BJ Habibie semasa hidupnya tengah berusaha untuk mewujudkan pesawat buatan bangsa sebelum dirinya tutup usia.

Pesawat R80 ini merupakan sumbangsih dari BJ Habibie untuk industri penerbangan dan sudah mulai di rakit tahun ini. Habibie merancang R80 untuk penerbangan jarak pendek hingga menengah.

Dua tahun lalu, tepatnya tahun 2017, masyarakat Indonesia mulai berdonasi dalam mewujudkan pesawat buatan bangsa ini. Hingga saat ini proyek pesawat R80 masih menunggu pendanaan dari investor.

Kala itu pesawat yang dikembangkan oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI) melakukan penggalangan dana melalui platform crowdfunding Kitabisa.com.

Pada saat itu RAI menargetkan terkumpul dana Rp5 miliar dari crowdfunding di Kitabisa.

Angka itu memang jauh dari kebutuhan pembuatan prototipe pesawat R80 yang diperkirakan mencapai Rp200 miliar. Total kebutuhan dana untuk skala industri bahkan Rp20 triliun.

Di tengah suasana duka atas meninggalnya BJ Habibie, Rabu, (11/9/2019), campaign tersebut kembali ramai.

Insan Pembangun Bangsa Telah Pergi, Inilah Fakta BJ Habibie 01 - Finansialku

[Baca Juga: Insan Pembangun Bangsa Telah Pergi, Inilah Fakta BJ Habibie]

 

Masyarakat Indonesia seakan tak rela mimpi dari bapak teknologi yang selama ini banyak berkontribusi untuk industri penerbangan terkubur begitu saja.

Melansir dari Inet.detik.com, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp9.262.172.897. Antusiasme dan kebanggaan kembali memuncak terlihat dari berbagai komentar semangat dan harapan dari pada donatur yang terpampang di laman tersebut.

Dana yang disumbangkan para donatur pun beragam, mulai dari Rp20.000 hingga Rp500 juta, Doa dan harapan terus mengalir untuk dapat mewujudkannya.

Adapun beberapa ungkapan masyarakat yang dilansir dari Inet.detik.com, yaitu:

“Semoga Allah SWT berikan kemudahan dan kelancaran tim dan semua yang terlibat dalam peluncuran perdana R80.. Aamiin”

“Semoga indonesia bisa terus membuat dan memproduksi sendiri pesawat terbaik nya”

“Untukmu Habibie….jayalah dirgantara indonesia”

“Semoga cita-cita pak Habibie tercapai! Sungguh sosok Indonesian yang inspiratif”

“Insya Allah, industri dirgantara Indonesia akan berkembang.. Aamiin”

“Selamat jalan Bpk. B.J Habibie.. Semoga keinginan Bpk cepat terwujud untuk menerbangkan pesawat R80 bersama Rakyat Indonesia..”

“Walaupun eyang sudah tiada tetapi saya ingin mewujudkan mimpinya meski hanya sedikit membantu tetapi saya yakin eyang bangga akan hal ini”

““Masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu, tapi masa depan adalah milik kita.” -Eyang Habibie-”

“Semoga bisa terwujud dan jika sudah terwujud saya bisa naik pesawat R80. amin.”

“Bismillah semoga dapat membantu walau cuma bisa sedikit hasil diri main game”

“Semoga menjadi amal jariyah untuk kemajuan Indonesia”

 

Pesawat R80 mampu mengangkut 80-90 penumpang dengan dimensi panjang 32,3 meter dan lebar sayap 30,5 meter serta tinggi 8,5 meter.

Pesawat ini juga dapat melesat dengan kecepatan maksimal 330 knots atau sekitar 611 Km per jam.

Pesawat buatan PT Regio Aviasi Industri (RAI) ini dijadwalkan bakal mengudara pada 2022 mendatang usai melalui serangkaian sertifikasi agar dinyatakan layak terbang. Sementara pesawat akan diproduksi secara massal tahun 2025.

Dukungan publik sangat dibutuhkan, sehingga baseline master plan pengembangan R80 dapat berjalan sesuai rencana.

Pesawat R80 murni buatan Indonesia yang diarsiteki BJ Habibie, disponsori oleh RAI, dan dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

RAI sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perancangan, pengembangan dan manufaktur pesawat terbang yang didirikan oleh BJ Habibie bersama putra sulungnya Ilham Akbar Habibie.

Bila proyek pesawat R80 terwujud dan pesawatnya sudah mengudara, kata Habibie, apa saja bakal bisa dibuat oleh anak-anak negeri ini.

Habibie juga sering membanggakan kehebatan dari R80. Menurut dia, pesawat yang digerakkan oleh baling-baling memiliki kelebihan seperti mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak, waktu berputar yang singkat, hemat bahan bakar, dan perawatan yang mudah.

Bagi Anda yang ingin menjadi donatur dapat mengakses Kitabisa.com/pesawatR80.

Keterlibatan publik dalam crowdfunding selain untuk membantu kegiatan preliminary design Pesawat R80, juga merupakan bentuk kampanye agar masyarakat luas mengetahui upaya pembangunan industri dirgantara nasional buatan anak bangsa ini.

Mewujudkan mimpi bukanlah hal yang mustahil. Jika Anda ingin mewujudkan mimpi pastikan Anda sudah memiliki rencana yang tepat.

Anda bisa memulainya dengan membaca buku dari CEO Finansialku, Melvin Mumpuni CFP yang berjudul “Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True” agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana.

Anda bisa mendapatkan bukunya dengan mudah melalui link di bawah ini..

SAYA INGIN BUKUNYA!

 

Bagaimana tanggapan Anda terkait artikel di atas? Ayo bagikan artikel ini kepada kerabat dan sahabat Anda.

Semoga bermanfaat dan dapat turut serta dalam mewujudkan impian terakhir BJ Habibie. Terimakasih.

 

Sumber Referensi:

  • Josina. 12 September 2019. Netizen Kian Semangat Wujudkan Pesawat R80 Impian BJ Habibie. Detik.com – https://bit.ly/2lKWhuO
  • Admin. 11 September 2019. Pesawat R80, Impian BJ Habibie yang Belum Terwujud. Kompas.com – https://bit.ly/2kidXh6

 

Sumber Gambar:

  • Pesawat R80 BJ Habibie – http://bit.ly/2mcJiSW