Pengaduan PLN Online di Call Center PLN 123: Listrik mati dan berbagai gangguan listrik adalah hal yang cukup menyulitkan karena bersamaan dengan itu, banyak fasilitas yang harus terhentikan.

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui cara mengadu dan memberikan kritik kepada PLN melalui berbagai cara, salah satunya di Call Center PLN 123.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Gangguan Listrik

Belum lama ini baru saja terjadi pemadaman listrik masal di Jakarta, Tangerang, Bandung dan sekitarnya. Tentu pemadaman ini sangat berdampak negatif pada aktivitas sehari-hari.

Bahkan transportasi publik pun terkena imbasnya. Tidak hanya pemadaman listrik, gangguan listrik juga dapat terjadi dalam bentuk yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Power failure: gangguan listrik ini juga dikenal dengan istilah umum ‘mati lampu’.
  • Power surge: gangguan listrik ini terjadi ketika voltase listrik secara tiba-tiba meningkat yang disebabkan oleh sambaran petir dan sejenisnya.
  • Power SAG: gangguan listrik ini terjadi saat voltase mendadak turun hingga 80% yang disebabkan oleh penggunaan listrik melebihi daya yang terpasang.
  • Over voltage dan Under voltage: Kondisi ketika tegangan listrik melebihi atau kurang dari batas normal yang dapat menyebabkan alat elektronik cepat rusak.

 

Subsidi Dicabut, Tahun Depan Tarif Listrik 900 VA Naik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Subsidi Dicabut, Tahun Depan Tarif Listrik 900 VA Naik]

 

  • Frequency Variation: gangguan listrik ketika frekuensi listrik naik turun dan tidak stabil. Hal ini juga berdampak pada alat elektronik.
  • Electrical Line Noise: gangguan gelombang listrik yang disebabkan oleh frekuensi radio, sambaran petir atau instalasi listrik kurang baik.
  • Switching Transient: gangguan listrik berupa turunnya voltase dalam kurun waktu sangat cepat (dalam hitungan nano detik).

 

Dengan banyaknya ragam gangguan listrik, tentu akan sangat baik jika Anda memiliki tempat untuk melapor dan mengajukan pengaduan.

Mengingat hal ini, PLN (Perusahaan Listrik Negara) memberikan fasilitas pelayanan Call Center PLN 123.

 

PLN Online: Call Center PLN 123

Call center PLN 123 merupakan salah satu bentuk upaya PLN (Perusahaan Listrik Negara) dalam meningkatkan pelayanan dan fasilitasnya untuk masyarakat.

Fasilitas ini memudahkan pelanggan dalam memberikan pengaduan. Tidak hanya melakukan pengaduan, pelanggan juga dapat menghubungi Call Center PLN 123 untuk melakukan permohonan menambah daya listrik atau mengubah pascabayar menjadi prabayar.

Ini Cara Pengaduan PLN Online di Call Center PLN 123 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Praktis Cek Tagihan Listrik PLN Online]

 

Call center ini dapat dinilai sebagai salah satu fungsi yang cukup penting agar PLN dapat senantiasa memberikan yang terbaik dan mengembangkan pelayanannya untuk masyarakat.

 

Layanan dan Fasilitas PLN Online: Call Center PLN 123

Call center PLN 123 sendiri memberikan cakupan layanan yang cukup lengkap, beberapa di antaranya adalah:

  • Informasi tagihan listrik
  • Pengaduan gangguan dan pelayanan listrik
  • Sambungan baru
  • Ubah daya
  • Sambungan sementara
  • Migrasi ke prabayar

 

Tidak hanya itu, masyarakat pun dimudahkan melalui layanan call center yang beroperasi 24 jam. Selain mudah dihubungi kapan saja, Anda pun akan dilayani dengan lebih cepat dan tanpa biaya tambahan.

Sebelumnya, jika Anda ingin melakukan pengaduan atau membutuhkan tambahan sambungan atau perubahan pada listrik, maka Anda harus menghubungi calo.

Namun dengan adanya PLN 123, kini Anda dapat menghemat biaya calo.

PLN Sederhanakan Golongan Listrik Tanpa Ubah Tarif Dasar Listrik 2018 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ternyata Mudah! 4 Cara Simpel Penghematan Listrik yang Dapat Segera Anda Lakukan]

 

Cara Melakukan Pengaduan

Kini, melakukan pengaduan terkait masalah listrik yang sedang dialami adalah hal yang mudah. Anda tidak harus lagi repot-repot datang langsung ke kantor PLN.

Banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengaduan, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

#1 Melalui Telepon/Ponsel

Jika Anda ingin menelepon dan berbicara langsung dengan operator, maka Anda dapat menghubungi dan menjelaskan masalah langsung kepada operator.

Untuk menghubungi PLN, Anda dapat menekan langsung “123” melalui telepon Anda.

Namun, jika Anda ingin menghubungi melalui ponsel, caranya adalah dengan memasukkan kode area kemudian “123”, misalnya: Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, maka masukkan kode area “021” menjadi 021123.

 

#2 Melalui Jaringan Media Sosial

Tidak dipungkiri, masyarakat akan menghabiskan waktu paling tidak 12 jam di media sosial, baik hanya untuk mengecek status atau memberikan update. Mengingat data ini, PLN 123 pun memperluas pelayanannya ke platform media sosial.

Selain memudahkan masyarakat, platform media sosial ini diharapkan dapat mencakup lebih banyak golongan usia dan golongan masyarakat.

Berikut adalah platform media sosial dimana Anda dapat menghubungi PLN 123:

 

PLN Sederhanakan Golongan Listrik Tanpa Ubah Tarif Dasar Listrik 2018 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tagihan Listrik Bengkak?? Mari Mengatur Keuangan Rumah Tangga]

 

#3 Melalui Email

Tidak hanya melalui pembicaraan langsung, Anda pun dapat memberikan pengaduan melalui email yang dapat dikirimkan langsung ke PLN dengan alamat pln123@pln.co.id.

Cara ini membutuhkan koneksi internet dan alamat surat elektronik yang aktif.

 

#4 Melalui Aplikasi Smartphone

Siapa yang tidak memiliki smartphone? Berkat kecanggihan teknologi, sekarang setiap orang dapat memiliki smartphone dengan harga yang cukup murah.

Sebagai salah bentuk PLN dalam memperbesar cakupan pelayanannya, PLN 123 hadir dalam bentuk aplikasi smartphone, yaitu PLN Mobile.

PLN Mobile merupakan bentuk kerja sama PLN dengan anak perusahaannya, PT Indonesia Comnet Plus.

PLN Mobile sendiri merupakan salah satu aplikasi Mobile Customer Self Service yang telah terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).

Layaknya fasilitas yang diberikan oleh PLN 123, melalui PLN Mobile, pengguna dapat mendapatkan informasi sebagai berikut:

  • Tagihan listrik, tarif dasar listrik terkini dan riwayat token (prabayar)
  • Hal-hal yang berhubungan dengan layanan PLN kepada masyarakat seperti pemadaman listrik, berita dan lain sebagainya
  • Simulasi dan pengajuan permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara
  • Melakukan pengaduan dan mengecek status pengaduan

 

Cek Tagihan Listrik Online Meteran listrik Finansialku

[Baca Juga: PLN Sederhanakan Golongan Listrik Tanpa Ubah Tarif Dasar Listrik 2018]

 

Tentu layanan ini sedang terus dikembangkan. Menurut Agus Sutiawan selaku Kepala Divisi Sistem dan Teknologi Informasi PLN, nantinya, pelanggan dapat berbicara langsung dengan Customer Service PLN 123 tanpa menggunakan operator telepon atau seluler, melainkan dengan VOIP (Voice Over Internet Protocol).

Aplikasi ini saat ini telah berlaku untuk pengguna smartphone Android dan iOS. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengunduhnya melalui Google Play Store dengan mengetik kata kunci PLN Mobile.

 

Selain. Aplikasi PLN Mobile, Anda pun perlu memiliki Aplikasi Finansialku, yaitu aplikasi untuk merencanakan keuangan. Anda bisa menghitung seluruh kebutuhan yang Anda perlukan melalui aplikasi yang satu ini.

Bagi Anda yang belum memilikinya, silakan untuk download di Google Play Store atau klik banner berikut ini.

 

Jangan lupa untuk memakai aplikasi ini setiap Anda membutuhkan perhitungan dan perencanaan ya..

Oh iya, buat Anda yang ingin mendapatkan keuntungan yang lebih, Anda bisa menggunakan kode voucher POTONG50RIBU. Cobain deh sekarang!

 

Semakin Mudah Melalui PLN Online: PLN 123

Dengan adanya call center 123, kini Anda tidak perlu repot melakukan pengaduan. Melalui beragam platform, Anda dapat langsung menghubungi PLN 123 untuk berbagai fasilitas yang Anda butuhkan.

Selamat mencoba!

 

Pernahkah Anda mengalami gangguan PLN? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Michael Agustinus. 1 November 2016. Cek Tagihan Listrik Hingga Protes ke PLN Sekarang Bisa Lewat Smartphone. Finance.detik.com – https://bit.ly/2mgLMQj
  • Admin. 15 Agustus 2019. Cara Pengaduan Keluhan PLN Online Terbaru. Sepulsa.com – https://bit.ly/2mv9RCW

 

Sumber Gambar:

  • PLN Online – https://bit.ly/2prq2mj
  • Call Center PLN 123 – https://bit.ly/2pp7WkS

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang