Apa saja yang termasuk dalam biaya masuk polwan? Siapa sangka, ada beberapa persiapan yang harus direncanakan. 

Ketahui informasi lengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini. 

 

Summary

  • Pendaftaran menjadi polwan gratis, namun terdapat biaya-biaya lain yang dibutuhkan saat proses seleksi.
  • Beberapa tes menjadi polwan harus dilakukan di tempat tertentu, misalnya tes kesehatan harus di rumah sakit, yang mana hal ini memerlukan biaya tersendiri.

 

Biaya Masuk Polwan yang Sangat Terjangkau

Biaya masuk polwan ini sangat terjangkau, bahkan bisa dibilang gratis. Namun kamu juga harus tetap memiliki dana untuk keperluan pendaftaran lainnya. 

Seperti biaya transportasi dan akomodasi, biaya ini digunakan untuk modal akomodasi selama proses kepengurusan. Karena pendaftaran polwan tidak hanya melalui online saja. 

Beberapa tes tidak bisa dilakukan dari rumah, melainkan kamu harus tetap datang ke tempat sudah ditentukan. Kemudian untuk beberapa tes juga memerlukan biaya pribadi. 

 

Poin Lain untuk Tabungan Perencanaan Biaya Masuk Polwan

Bukan hanya soal transportasi, berikut ini adalah poin penting yang berhubungan dengan biaya masuk polwan. Apa saja?

 

#1 Biaya Administrasi 

Biaya administrasi ini terdiri dari biaya pembelian alat tulis seperti pulpen dan map, juga biaya untuk fotokopi berkas-berkas yang diperlukan. 

Selain itu, kamu juga harus mencetak beberapa pas foto dan mengurus beberapa dokumen melalui aparat RT RW setempat. Berkas-berkas tersebut nantinya juga akan dicek ulang dan dikonfirmasi kebenarannya. 

Terdapat pula surat pernyataan yang menyatakan bahwa dokumen-dokumen yang kamu berikan memang benar adanya dan bukan dokumen palsu. 

 

#2 Biaya Konsumsi 

Biaya konsumsi ini diperlukan ketika kamu bepergian untuk mengurus beberapa berkas-berkas yang diperlukan. Seperti untuk keperluan membeli makan ataupun snack

Bukan hanya itu, konsumsi juga diperlukan saat kamu harus menjalani serangkaian tes di luar kota dari tempat tinggal. 

Biasanya, tes ini akan dilakukan di kota-kota besar. Kamu pun harus mengikutinya jika sudah lolos tahap sebelumnya. 

Rangkaian tes ini bisa berupa tes psikotes hingga tes fisik. Maka dari itu, dalam menjalani rangkaian masuk polwan memerlukan biaya yang cukup dan juga fisik yang mumpuni. 

[Baca Juga: Tips dan Trik Kuliah Beasiswa di Luar Negeri Full Biaya Hidup]

 

#3 Biaya Tes Kesehatan 

Setelah lulus tahap administrasi, biasanya kamu akan diarahkan menuju tahap selanjutnya yaitu tes fisik dan beberapa rangkaian tes kesehatan. 

Tes kesehatan di rumah sakit yang ditentukan juga perlu memerlukan biaya tes dan juga akomodasi menuju RS. 

Terdapat beberapa tes kesehatan harus kamu lakukan di rumah sakit, seperti tes bebas narkoba. 

Untuk menjalani tes ini, kamu akan dikenakan biaya dan hasil tes tersebut tidak bisa langsung jadi dalam 1×24 jam. 

Maka dari itu, kamu memerlukan biaya akomodasi yang lebih untuk bolak balik dari rumah menuju rumah sakit.

Biasanya jika kamu memiliki kendaraan pribadi akan lebih hemat biaya ketimbang harus menaiki kendaraan umum.

Perlu kamu ketahui, biaya yang kamu perlukan untuk menjalani tes kesehatan ini dari rentang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Oleh karena itu, kita harus merencanakan keuangan kita, akan lebih baik jika kita membuat anggarannya. 

Gimana cara bikin anggarannya?

Nggak usah khawatir, video berikut ini akan memberitahu kamu cara membuat anggaran dengan mudah. Langsung play, ya!

 

#4 Biaya Selama Pendidikan 

Biaya pendidikan ini diperlukan saat kamu sudah dinyatakan lolos dan menuju tahap pendidikan. Karena di dalam asrama kamu juga harus tetap memiliki uang saku atau uang pegangan. 

Meskipun pada saat pendidikan kamu sudah mendapatkan makan dari pihak polisi, namun tetap juga harus memiliki pegangan uang apabila ada hal yang mendesak. 

Pendidikan ini berlangsung hanya hitungan bulan, kemudian kamu siap dilantik untuk menjadi polwan. 

Selama pendidikan, kamu juga akan dibekali dengan beberapa materi dan binaan fisik lainnya.

Satu hal penting yang diajarkan paling utama adalah perihal kedisiplinan. Menjadi polwan tidak hanya kuat fisik dan mental saja. Namun juga harus disiplin waktu. 

Seperti disiplin saat makan, saat mandi bahkan saat beribadah. Semua harus tepat waktu sesuai yang telah ditentukan. 

Juga diajarkan mengenai kebersamaan dalam satu grup. Sehingga jika ada satu kesalahan harus dipikul bersama-sama. 

 

#5 Biaya Les Fisik 

Biasanya ada beberapa orang yang sampai mengikuti les fisik untuk dapat lolos saat tes polwan. 

Les fisik ini bisa berupa renang, lari hingga latihan pembentukan fisik. Dengan kamu mengikuti les ini akan memudahkan kamu saat tes karena pelatih sudah mengetahui bagaimana pola tes fisik yang dilakukan pada waktu tes masuk polwan. 

Untuk biaya les ini juga beragam, biasanya ditentukan dari jumlah pertemuan setiap minggunya. Semakin sering kamu mengadakan pertemuan dengan guru les, maka akan semakin besar pula biaya yang kamu keluarkan. 

Mengikuti les saja tentu belum cukup, kamu juga harus imbangi dengan pola makan sehat. Hal ini agar menghindari sakit saat tes dan membentuk tubuh yang ideal. 

Tentunya untuk menjadi polwan dibutuhkan bentuk tubuh yang ideal, bukan?. 

Artinya tinggi badan dan berat badan harus pas. Karena, keadaan fisik ini berpengaruh pada tes kesehatan dan binaan fisik yang nantinya tentu akan kamu dapatkan selama pelatihan. 

 

#6 Biaya Lainnya 

Biaya masuk polwan lainnya yaitu berupa dana cadangan. Sehingga tidak selalu terpakai namun digunakan untuk berjaga-jaga saat diperlukan. 

Seperti contohnya transport untuk pergi keluar kota mendadak ataupun membutuhkan biaya untuk memenuhi persyaratan lainnya.

Akan lebih baik jika kamu sudah memiliki dana darurat yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Sehingga, kamu nanti tidak akan kelabakan ketika terjadi sesuatu yang membutuhkan uang secara cepat.

Oleh karena itu, yuk kumpulkan dana daruratmu. Kamu bisa mengetahui secara lengkap mengenai dana darurat lewat ebook berikut ini.

Banner Iklan Ebook Cara Selamatkan Keuangan dari Pengeluaran Dadakan - PC
Banner Iklan Ebook Cara Selamatkan Keuangan dari Pengeluaran Dadakan - HP

 

 

Tertarik untuk Jadi Abdi Negara?

Nah, bisa ditarik kesimpulan bahwa biaya masuk polwan memang gratis. Hanya saja, kamu harus menyiapkan beberapa dana yang memang perlu dibutuhkan untuk kebutuhan lainnya. 

Itulah tadi sekilas pembahasan mengenai biaya masuk polwan. Jika kamu tertarik untuk menjadi polwan maka segera daftarkan diri dan siapkan beberapa berkasnya.

 

Bagaimana, apakah kamu semakin membulatkan tekad untuk jadi polwan? Jangan lupa bagikan info bermanfaat ini pada teman terdekat ya, terima kasih. 

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi: 

  • Redaksi. Biaya Masuk Polwan 2022 (Syarat & Tes Seleksi Pendaftaran). biayatarif.com – https://bit.ly/37IjeGU