Apa saja hal yang harus dilakukan agar dapat beasiswa di luar negeri full biaya hidup? Ternyata, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan, lho. 

Inilah tips dan trik ampuh yang telah dirangkum oleh tim Finansialku, ikuti yuk!

 

Summary

  • Memiliki kemampuan bahasa asing, minimal bahasa Inggris, menjadi bekal utama yang dibutuhkan jika ingin menempuh kuliah di luar negeri.
  • Semua dokumen dan persyaratan beasiswa perlu disiapkan dengan teliti agar tidak ada kesalahan.

 

Tips dan Trik Dapat Beasiswa di Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa di luar negeri full biaya hidup adalah harapan besar bagi pelajar atau kalangan yang minat belajarnya tinggi.

Karena seringnya biaya menjadi penghalang, namun dengan strategi dan perencanaan matang, kamu bisa mewujudkan kuliah di luar negeri. 

Untuk mendapatkan beasiswa bahkan dengan full biaya hidup, ada berbagai hal yang harus dipersiapkan. Setidaknya ada 8 poin yang akan kita bahas dalam artikel ini.

 

#1 Memperhatikan Kemampuan Akademis

Meski kemampuan akademis bukan menjadi satu-satunya faktor penilaian penerimaan beasiswa luar negeri, namun hal ini tidak boleh disepelekan.

Karena, kemampuan akademis menjadi salah satu persyaratan yang harus terpenuhi.

Penilaian dalam kemampuan akademis biasanya dilihat dari IPK. Jika kamu mampu meraih minimal IPK 3, maka berpeluang besar untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri full biaya hidup.

Para pencari beasiswa kebanyakan menjadikan IPK sebagai salah satu pertimbangannya. Namun, jika kamu mempunyai IPK kurang dari 3 (minimal 2,75), kamu bisa memaksimalkan pada poin TOEFL dan CV yang menarik.

Oleh karena itu, tetap semangat untuk belajar, ya. Seperti Jerome Polin yang giat belajar sampai dia dapat beasiswa full di Jepang. Siapa sih yang nggak mau seperti dia? Yuk, ikuti cerita inspiratifnya di video berikut ini.

 

#2 Menentukan Perguruan Tinggi dan Jurusannya

Di luar negeri ada banyak perguruan tinggi dengan ragam istilahnya. Seperti halnya di Indonesia yang memiliki peringkat berdasarkan klasifikasi tertentu, dari rating tertinggi hingga terendah.

Hal utama yang penting dilakukan sebelum fokus dalam mengejar beasiswa, adalah menentukan jurusan apa yang kamu minati. Selanjutnya mencari universitas dengan akreditasi baik pada jurusan tersebut.

Misalnya saja, jika kamu ingin mendalami ilmu komputer, maka Massachusetts University of Technology (MIT) di Amerika merupakan pilihan tepat.

[Baca Juga: Jenis Asuransi dan Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa di Luar Negeri]

 

 #3 Menguasai Bahasa Asing

Bisa menguasai bahasa asing menjadi bekal persiapan yang sangat dibutuhkan minimal bahasa Inggris.

Jika saat ini kamu merasa kurang dalam penguasaan bahasa tersebut, alangkah baiknya lakukan kursus singkat untuk meningkatkan kemampuan kamu.

Karena untuk kuliah di luar negeri, penguasaan terhadap bahasa asing sangat berpengaruh terutama dalam memahami materi yang diajarkan.

Jangan sampai kamu mendapatkan nilai jelek karena tidak memahami apa yang dipelajari akibat dari minimnya pengetahuan bahasa asing.

Jangan lupa, bahasa asing yang harus dipelajari dan dikuasai disesuaikan dengan negara yang kamu pilih. Jika kamu merasa memiliki kemampuan bahasa asing, bisa langsung melakukan tes TOEFL.

Karena beasiswa di luar negeri full biaya hidup biasanya membutuhkan nilai TOEFL. Untuk itu kamu bisa mencoba tes tersebut.

 

#4 Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Kamu harus melengkapi berkas yang dibutuhkan sebagai syarat menerima beasiswa di luar negeri full biaya hidup. Jangan lupa cek se-teliti mungkin agar tidak ada kesalahan.

Untuk meraih beasiswa, kamu bisa melakukan ‘jemput bola’ dengan mengunjungi website resmi dari universitas yang menjadi target.

Agar mendapatkan informasi lengkap seputar program studi, mekanisme dalam pembelajaran, biaya kuliah, hingga dokumen yang perlu dipersiapkan.

Visa dan paspor jangan luput dari hal yang harus dipersiapkan juga, sebelum keberangkatan. Setelah berbagai dokumen tersebut sudah jadi, segera simpan dalam sebuah map agar aman dan tidak mudah rusak.

[Baca Juga: Pos Keuangan yang Harus Dimiliki Mahasiswa yang Kuliah di Luar Negeri]

 

#5 Memiliki Pengalaman dalam Berorganisasi

Dalam penyeleksian beasiswa di luar negeri, biasanya pengalaman dalam berorganisasi menjadi salah satu acuan.

Maka, jangan sepelekan pengalaman dalam berorganisasi di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Banyaknya pengalaman dalam berorganisasi dapat menunjang CV yang akan kamu buat. Bagaikan proposal terkait diri sendiri, CV haruslah dibuat dengan data yang valid dan jujur.

 

#6 Membuat Gambaran Perhitungan Biaya Hidup

Walaupun kuliah dengan beasiswa di luar negeri full biaya hidup, kamu tetap harus membuat gambaran terkait kebutuhan biaya hidup di sana.

Kamu bisa membuat rincian berapa total beasiswa di luar negeri yang didapatkan dan akan digunakan untuk keperluan apa saja.

Selanjutnya, kamu harus mempersiapkan budget agar lebih aman dan tidak kekurangan bekal hidup kebutuhan pendidikan lainnya.

Biasakan untuk membuat anggaran pengeluaran agar keuangan kamu bisa terkontrol dengan baik. Kamu bisa ketahui cara membuat anggaran yang baik dari ebook berikut ini. Yuk, baca dan langsung praktikkan!

Banner Iklan Ebook Cara Membuat Anggaran dengan Tepat - PC
Banner Iklan Ebook Cara Membuat Anggaran dengan Tepat - HP

 

Lalu, kamu bisa melakukan penyimpanan uang di bank dalam bentuk tabungan yang hanya bisa cair pada periode tertentu.

Agar mempunyai tambahan pemasukan, manfaatkan waktu luang untuk melakukan kerja part time di berbagai restoran atau menggarap usaha sendiri.

Selain untuk kemapanan finansial usai lulus kuliah, juga bisa membantu meringankan beban orang tua.

 

#7 Siap Hidup Mandiri dan Membangun Koneksi

Siap untuk bisa hidup mandiri dan membangun koneksi menjadi hal otomatis harus tertanam saat memilih kuliah di luar negeri.

Kamu harus siap dengan berbagai tantangan dalam menempuh pendidikan di luar negeri, salah satunya jauh dari keluarga dan teman-teman.

Jadi sejak saat ini, kamu harus bisa terbiasa hidup mandiri agar tidak terlalu menderita selama hidup di negeri orang. Selain itu, harus mulai belajar membangun koneksi, karena kehidupan di luar negeri biasanya lebih individualistis.

 

#8 Menyiapkan Mental untuk Mengawali Hidup Baru

Kesiapan mental untuk hidup di negeri orang harus dibangun sekokoh mungkin, karena kamu bisa saja terkejut menghadapi budaya baru.

Maka, jangan heran saat menemui banyak hal baru saat di sana, yang bahkan tidak sesuai dengan prinsip hidup.

Tetap fokus pada tujuan untuk studi dan raihlah cita-cita, meski tidak semudah menempuh pendidikan di dalam negeri.

Jika kamu mendapatkan beasiswa di luar negeri full biaya hidup harus dimanfaatkan dengan baik, kesempatan tidak datang dua kali.

Kamu bisa dengarkan podcast Finansialku yang membahas pengalaman salah satu Sobat Finansialku yang kuliah di luar negeri.

Siapa tahu pengalaman Sobat Finansialku ini bisa jadi gambaran buat kamu saat kuliah di luar negeri nantinya. Daripada penasaran, yuk langsung saja dengarkan.

 

Siapkan Dokumen dan Ikuti Terus Update Jadwalnya

Untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri full biaya hidup tentu butuh perjuangan yang cukup berat. Untuk itu, kesiapan dan kesungguhan harus tertancap kokoh dalam diri.

Jangan berputus asa saat menghadapi berbagai kendala dan rintangan. Jadikan semuanya sebagai pengalaman dan pelajaran berharga.

Kejar mimpi kamu agar bisa kuliah di luar negeri dengan memanfaatkan beasiswa. Jangan ragu dan pesimis jika belum mencobanya, karena peluang dapat beasiswa tidak mungkin datang dua kali.

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik dan semaksimal mungkin. Agar beasiswa yang telah difasilitasi dapat terbayarkan dengan lahirnya generasi penerus bangsa yang unggul dan cerdas.

Jika kamu mendapati kesulitan dalam mengatur keuangan setelah kamu mendapatkan beasiswa, segera konsultasikan dengan perencana keuangan supaya kamu dapat solusi terbaik.

Hubungi perencana keuangan Finansialku di menu ‘Konsultasi Keuangan’ di aplikasi Finansialku, atau lewat WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

Banner Iklan Konsultasi via Apps - PC
Banner Iklan Konsultasi Apps - HP

 

Semangat untuk mengejar beasiswa di luar negeri full biaya hidup. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih. 

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi: 

  • Redaksi. Kuliah di Luar Negeri Tanpa Biaya? Beasiswa S1 Inggris 2022 Solusinya. eksam.id – https://bit.ly/3NnwpO7
  • Redaksi. 3+ Daftar Beasiswa S1 2022 Jerman yang Masih Jarang Diketahui. eksam.id – https://bit.ly/3JCem4f