Apakah Anda telah memiliki pola pikir kritis? Seseorang dengan pikiran kritis sangatlah peka terhadap kondisi yang terjadi di sekitarnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Apa itu Pola Pikir Kritis?

Mungkin kita bertanya-tanya, apa maksudnya berpikir secara kritis? Apakah dengan memiliki kebiasaan berpikir kritis lantas membuat kita selalu mengkritisi setiap persoalan?

Nah! Dari pada berasumsi sendiri, lebih baik kita samakan persepsi mengenai definisi pola pikir kritis.

Elaine Johnson pada tahun 2002 berpendapat, bahwa berpikir kritis adalah proses murni kegiatan otak atau mentality yang bertujuan untuk memecahkan masalah, mengambil keputusan, bertujuan mengajak atau persuasif, menganalisa suatu anggapan, serta melakukan penelitian ilmiah.

Di saat Anda berpikir kritis, Anda akan berpikir dengan analisis yang dalam dan tajam, sehingga Anda tidak akan mudah menerima atau menyetujui sebuah pendapat atau keterangan sebelum Anda menemukan sinergi dari informasi-informasi yang Anda terima lainnya.

 

Bagaimana Cara Mengembangkan Pola Pikir Kritis?

Jadi, pada dasarnya manfaat berpikir kritis adalah untuk menemukan kesimpulan dan keputusan yang informatif, bermanfaat, serta dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk memiliki pola pikir kritis, Anda dapat terus mengasah dan mengembangkannya. Finansialku akan membahas cara-cara mengembangkan pola berpikir kritis yang bisa diterapkan dengan mudah.

 

#1 Mencari Kebenaran Informasi

Cara agar mampu berpikir kritis adalah Anda perlu mengumpulkan bukti dan alasan mengapa Anda mengkritisi suatu hal atau kondisi tersebut. Setiap kritikan harus memiliki dasar kebenaran yang kredibel.

Jika Anda mengkritisi tanpa menyertakan bukti, maka hal tersebut bisa dikategorikan sebagai fitnah, asumsi atau kebohongan terlebih dalam dunia digital yang rentan akan resiko salah tafsir.  

 

#2 Membaca Buku dan Situs Berkualitas

Ada  banyak pertanyaan-pertanyaan kecil yang mungkin diabaikan oleh kita, tanpa perlu mencari lebih dalam informasi atau alasan-alasan yang dapat menjawab setiap pertanyaan itu.

Membaca buku dan situs yang berkualitas akan  menambah informasi dan wawasan yang Anda miliki. Semakin banyaknya informasi dan wawasan yang Anda miliki, semakin besar dan banyak pertanyaan yang ada di kepala Anda.

 

#3 Berpikir atau Melihat dari Sudut Pandang yang Lain

Persepsi. Seperti seorang yang sedang mengendarai sebuah kendaraan, Anda akan melihat berbagai sudut pandang.

Ada arah muka yang Anda tatap langsung, ada kaca spion yang dapat Anda tengok untuk melihat sisi samping belakang. Jangan abaikan jika ada orang lain yang berada diluar kendaraan Anda yang memiliki sudut pandang yang berbeda.

Memperhatikan sudut pandang lain membantu Anda untuk memikirkan bagaimana penyelesaian suatu masalah yang tidak terpikirkan sebelumnya oleh Anda, sebab sesuatu yang Anda yakini belum sepenuhnya benar.

Oleh sebab itu, penting untuk mempertimbangkan pendapat orang lain, yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

 

#4 Menjadi Kreatif

Berpikir kritis juga rupanya dapat berkaitan dengan kreatifitas. Dalam memecahkan sebuah permasalahan, metode pola pikir kritis mengembangkan sisi lain  untuk berpikir dengan cara yang kreatif.

Sebuah masalah yang usang dengan metode penyelesaian yang tidak efektif memunculkan sebuah pertanyaan yang perlu dijawab bagi Anda yang kritis terhadap suatu isu.

Apakah Mungkin Berpikir Positif Malah Menghancurkan Hidup Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengamankan Keuangan Freelancer Supaya Karir Lebih Stabil]

 

Setelah itu muncul kembali pertanyaan lainnya mengenai apakah permasalahannya ataukah cara penyelesaian masalahnya yang menjadi suatu kendala.

Maka, kita akan memikirkan sebuah cara baru yang lebih mengedepankan solusi yang solutif dan mengabaikan akar-akar kecil yang timbul dari pokok akar utama permasalahan yang terjadi.

Kreativitas akan mencari sebuah jalan yang inovatif, modern, dan berbeda.

 

#5 Menentukan Prioritas

Tidak banyak orang memahami apa prioritas utama dalam hidup mereka. Jika boleh ditanyakan, apa prioritas hidup Anda?

 Anda dapat memulainya dengan menuliskan hal-hal penting yang Anda pikirkan untuk kemudian menempatkannya kembali dalam sebuah daftar baru, di mana hal terpenting dalam hidup Anda berada di urutan pertama.

Prioritas membicarakan tentang apa yang ingin Anda capai, apa mimpi Anda, apa yang ingin Anda raih, Apa tujuan Anda disertai dengan batas waktunya.

Jika Anda ingin memiliki aset 1 milyar pertama Anda dalam 2 tahun, maka Anda akan memprioritaskan kegiatan dan usaha yang Anda lakukan untuk memenuhi ambisi Anda tersebut.

Anda akan mencari metodenya, memanfaatkan peluang, mengerahkan energi Anda, menyeleksi dan mengumpulkan sumber-sumber daya yang sesuai dengan prioritas Anda.

Demikian juga dalam permasalahan hal-hal lainnya, skala prioritas akan membuat Anda berkelahi di dalam batin Anda sendiri untuk menentukan keputusan dan kesimpulan apa yang Anda pilih.

 

Metode untuk Mengasah Berpikir Kritis

Mungkin Anda kehabisan akal untuk mengadu asumsi dan analisis yang Anda simpan selama ini dan memerlukan wadah untuk mempertajam pemikiran Anda.  Beberapa metode ini merupakan metode paling umum yang digunakan untuk berpikir secara kritis.

 

#1 Berdebat

Tidak banyak orang suka berdebat, terlebih lagi jika lawan debat Anda ingin menang sendiri dan tidak mau mendengar pendapat lainnya.

Dalam hal ini, berdebat yang dimaksudkan bukan untuk memenangkan sebuah argumen.

Tetapi ingat! Sebuah pola pikir kritis akan mempertimbangkan informasi-informasi yang didapatkannya, dan mengumpulkan itu untuk menentukan suatu keputusan.

10-Pelajaran-Kepemimpinan-dari-Desain-Cara-Berpikir-1-Finansialku

[Baca Juga: Mau Sukses Di Karir Global? Persiapkan 4 Tantangan Berikut Ini!]

 

Dengan mengemukakan argumen-argumen dalam kelompok debat, disertai dengan informasi dan fakta yang disajikan, maka setiap peserta belajar untuk menyeleksi sebuah informasi dan menerima atau mempertahankan sebuah argumentasi.

Dalam berdebat biasanya ada pihak penengah yang berperan sebagai moderator dan memastikan setiap pihak tidak melampaui etika atau peraturan yang ada saat berargumentasi.

 

#2 Grup Diskusi

Berdiskusi tidak ada pihak yang menang atau kalah. Tujuannya kelompok diskusi adalah mencapai solusi untuk kepentingan bersama yang hasilnya disepakati secara mufakat. Bertanya dan menjawab, dan pemimpin grup akan mengarahkan suatu diskusi agar tetap pada topik pembahasan.

 

#3 Persuasi dan Propaganda

Iklan adalah salah satu hasil dari metode persuasi.Metode persuasi menggunakan komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi perbuatan, keyakinan, nilai atau prinsip orang lain.

Metode propaganda hampir mirip dengan persuasi, namun digunakan untuk kepentingan yang lebih luas dengan menggunakan berbagai media massa secara masif. Hingga responden menerima hasil pemikiran itu seolah seperti hasil buah pemikirannya sendiri.

 

Kembangkan Pola Pikir Kritis Anda Sekarang Juga!

Memiliki Pola Pikir Kritis, tentu bukan sebuah ide untuk melancarkan tujuan pribadi terhadap orang lain. Melainkan agar diri kita sendiri, tidak mudah terbawa arus pemikiran yang tersebar tanpa mengetahui atau mendalami informasi dan pesan-pesan di balik suatu peristiwa.

Anda tidak perlu seperti kritikus yang mengkritisi banyak hal. Cukup lakukan untuk kebaikan dan tujuan hidup Anda sendiri. Semoga bermanfaat!

Pola pikir kritis yang baik bisa membantu kamu dalam berkarier, tapi pengaturan keuangan tidak kalah pentingnya lho!

Pelajari cara mengatur keuangan bagi karyawan bersama Finansialku!

playstore icon
appstore icon

 

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Sekarang

 

Selain mengembangkan pola pikir kritis, kamu juga bisa mengembangkan skill untuk tetap fokus dalam bekerja. Yuk simak videonya!

 

Kembangkan karir Anda dengan melatih cara berpikir kritis. Adakah salah satu trik mengembangkan pola pikir kritis yang kamu ?

Jika ya, kamu bisa bertanya kepada tim Finansialku. Yuk, bagikan artikel ini jika bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Neschya Hertian. 13 Agustus 2018. 5 Tips Sederhana Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis. Xwork.co – https://bit.ly/31D1wPx
  • Rendomer. 24 Mei 2018. Pikiran Random tentang Berpikir Kritis dan 5 Cara Mengembangkan Pola Pikir Ini. Pikiranrandom.com – https://bit.ly/31GKvnU
  • Admin. 10 Maret 2015. 7 Manfaat Berpikir Kritis dan Metode Mencapainya. Ciputrauceo.net – https://bit.ly/3gF6Zd7
  • Rini Sabarini. 6 Cara Agar Mampu Berpikir Kritis Menurut Psikologi. Dosenpsikologi.com – https://bit.ly/2D97tuc