Agar terhindar dari gagal klaim, ada cara memahami polis asuransi jiwa yang efektif untuk Sobat Finansialku. Mau tahu?

Kamu bisa mencari tahunya lewat artikel Finansialku satu ini.

 

Summary

  • Sebelum membeli asuransi jiwa, kita harus mengetahui masing-masing Uang Pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kita.
  • Hal yang penting untuk dibaca dan dipahami adalah data-data polis yang ada di bagian depan. 
  • Data polis di bagian depan terdiri atas informasi penting, seperti nama tertanggung. jumlah premi yang dibayar, dan jumlah UP.

 

Manfaat Polis Asuransi Jiwa Untuk Tertanggung

Membeli asuransi jiwa merupakan salah satu bukti ketidak-egois-an seseorang atas tanggung jawab yang diembannya kepada keluarga.

Asuransi jiwa memberikan ketenangan pada mereka yang ditinggalkan oleh tulang punggung keluarga, juga keamanan dan jaminan, bahwa mereka yang ditinggalkan bisa hidup dengan baik tanpa ada masalah finansial.

Saat membeli asuransi jiwa, ada beberapa hal yang harus kita perhatian, salah satunya adalah jenis perlindungan yang ditawarkan, harga premi, hingga polis asuransi jiwa yang juga kudu dicermati dan dibaca baik-baik.

Oleh karena itu, penting untuk kita terlebih dulu mengetahui masing-masing Uang Pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kita.

Ini perlu dilakukan jauh sebelum memutuskan untuk membeli salah satu produk asuransi jiwa di Indonesia.

Mengenai pertanyaan soal berapa jumlah Uang Pertanggungan yang nantinya diperlukan oleh ahli waris, Sobat Finansialku bisa mendapatkan jawabannya lewat ebook Asuransi Jiwa yang bisa diakses dengan menekan tombol di bawah ini.

Download Sekarang! Ebook Keluarga Tetap Terjamin Meskipun Kita Tiada, GRATIS!

Download Ebook Sekarang

 

Polis asuransi jiwa, bisa kita pahami sebagai perjanjian antara nasabah dan perusahaan asuransi yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, dalam hal ini adalah perusahaan dan pihak yang tertanggung.

Dalam polis asuransi jiwa, ada beberapa klausal yang perlu dicermati dan diberi tanda tanya besar, apakah sudah sesuai dengan yang ditawarkan atau belum.

Dan juga kepastian pembagian hak serta kewajiban antara perusahaan dan tertanggung, yang menjadi salah satu manfaat dari polis asuransi jiwa.

Meski sudah dijelaskan, keberadaan istilah-istilah yang njelimet membuat kita kadang sangat malas untuk membaca polis asuransi secara menyeluruh.

Belum lagi tulisan yang kecil, tidak ada penjelasan gambar, dan jarak antar kata yang terlalu berdekatan membuat mata kita cepat lelah dan sulit untuk konsentrasi.

Oleh karena itu, ada cara yang cukup efektif untuk memahami seluruh klausal yang tertulis di polis asuransi jiwa.

 

Isi Polis Asuransi Jiwa

Sebelum mengetahui bagaimana cara paling efektif untuk membaca polis asuransi jiwa, ada baiknya kita terlebih dulu mengetahui isi polis asuransi jiwa yang secara umum biasa kita temui, yaitu:

  • Rangkuman manfaat asuransi yang berisi data-data seperti nomor polis asuransi atau nomor ID nasabah, nama produk asuransi, manfaat asuransi, biaya secara keseluruhan, tanggal pembayaran, tanggal berlakunya asuransi, penerima manfaat asuransi, dan jangka waktu asuransi.
  • Penjelasan terkait istilah yang ada di polis, peraturan dan klausal-klausal hukum mengenai pelanggaran-pelanggaran, serta hak dan kewajiban kedua belah pihak, perusahaan asuransi dan calon nasabah.
  • Penjelasan rinci setiap manfaat asuransi yang telah dipilih atau dibeli, mulai dari istilah-istilah yang berkaitan dengan manfaat tersebut, risiko yang akan ditanggung, biaya yang akan ditagih oleh pihak asuransi, dan cara klaim UP beserta persyaratannya.

[Baca Juga: 5 Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Bagus dan Sesuai Kebutuhan]

 

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa secara efektif mendapatkan informasi-informasi yang penting di dalam polis asuransi jiwa ini? 

Untuk Sobat Finansialku yang banyak kegiatan setiap harinya, sebenarnya bisa memanfaatkan jasa perencana keuangan Finansialku dan mendapatkan rekomendasi produk asuransi yang tepat.

Perencana keuangan akan membantu kita buat memindai apakah ada klausal yang tidak sesuai dalam polis asuransi jiwa tersebut.

Jika tidak punya banyak waktu luang, Sobat Finansialku bisa memanfaatkan jasa para perencana keuangan dengan terlebih dulu menghubungi mereka di sini.

Tapi bukan berarti Sobat Finansialku tidak bisa memeriksanya sendiri. Berikut adalah beberapa cara yang dinilai efektif untuk dilakukan saat memahami isi polis asuransi jiwa:

 

#1 Baca Data-Data Polis

Hal yang penting untuk dibaca dan dipahami adalah data-data polis yang ada di bagian depan.

Data-data ini biasanya terdiri atas informasi seperti:

  • Nama tertanggung (Pastikan untuk mengecek ejaan yang tertulis dalam polis, dan cocokkan dengan KTP)
  • Jumlah premi yang harus dibayarkan serta nama penerima manfaat atau ahli waris (Pastikan untuk memeriksa kebenaran nama ahli waris, apakah sudah sesuai dengan perjanjian awal atau belum. Jangan lupa juga untuk cek ejaan nama ahli waris, dan cocokkan dengan kartu identitas resminya)
  • Jumlah Uang Pertanggungan (UP) yang akan diterima jika terjadi risiko (Pastikan jumlahnya sesuai dengan yang ditawarkan atau tidak. Jangan lupa untuk mengecek pula ejaan dalam penulisannya).

[Baca Juga: Asuransi Jiwa Syariah: Pengertian, Akad, dan Daftar Produknya]

 

#2 Baca Bab Ketentuan Khusus

Selanjutnya, Sobat Finansialku direkomendasikan untuk membaca bab Ketentuan Khusus yang berisi risiko-risiko yang akan dijamin dan tidak akan dijamin oleh perusahaan asuransi terkait.

Kita harus benar-benar memahaminya, agar ketika terjadi risiko, kita bisa menyimpulkan sendiri apakah risiko tersebut adalah yang ditanggung oleh perusahaan atau tidak.

Dari tiap-tiap risiko tersebut, ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh perusahaan. Tugas kita, adalah memahaminya secara menyeluruh.

Dua dari beberapa syarat yang diberlakukan oleh perusahaan asuransi adalah:

  • Polis yang masih aktif, yang bisa dibuktikan dengan pembayaran yang rutin dilakukan oleh nasabah.
  • Klaimnya sesuai dengan kondisi-kondisi yang dijamin oleh perusahaan asuransi jiwa terkait.

 

#3 Baca Bagian Pembiayaan

Bab terakhir yang harus diperhatikan adalah bagian pembiayaan, terlebih pada produk asuransi berjenis unitlink.

Pada produk jenis satu ini, ada beberapa penjelasan mengenai peruntukan premi, yaitu investasi dan asuransi (asuransi jiwa dan asuransi kesehatan), yang artinya harga premi tersebut dibagi untuk investasi dan asuransi.

Tugas kita adalah untuk memastikan pembagian persentase tersebut, apakah sudah ideal atau belum. 

Untuk hal ini, Sobat Finansialku juga bisa berdiskusi langsung dengan agen asuransi yang menangani Sobat Finansialku untuk penjelasan lebih merinci.

 

Cermat Membaca Polis Asuransi Jiwa

Banyaknya masalah terkait klaim asuransi yang ditolak berawal dari ketidakmampuan kita dalam membaca dan memahami polis asuransi secara menyeluruh.

Oleh karena itu, untuk menghindari gagal klaim, kita harus benar-benar mengetahui klausal dan peraturan yang tertulis di dalam polis, agar bisa memahami dengan sadar risiko apa saja yang ditanggung dan tidak ditanggung perusahaan.

 

Dari penjelasan di atas, apakah Sobat Finansialku punya pertanyaan atau tips tambahan terkait tips membaca polis asuransi jiwa? Kalau ada, tuliskan semuanya di kolom komentar, ya!

Agar tidak lagi terjadi kasus gagal klaim, jangan lupa untuk bagikan informasi ini seluas-luasnya lewat pilihan platform media sosial yang ada di samping, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya!

 

Editor: Ratna SH