Apa 5 pengeluaran terbesar Anda setiap bulan? Setiap orang memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Karena itu prioritas pengeluaran setiap bulannya pun dapat berbeda-beda. Kali ini Finansialku akan membahas prioritas terbesar dalam pengeluaran bulanan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Prioritas Pengeluaran Setiap Orang Berbeda-beda

Pengeluaran bulanan setiap orang bisa berbeda dengan orang lainnya. Walaupun tetap ada kebutuhan-kebutuhan mendasar yang pasti sama seperti makan, tempat tinggal, dan kebutuhan lainnya. Kebutuhan-kebutuhan dasar tersebut seharusnya dijadikan prioritas utama dalam mengeluarkan uang. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa ada orang yang tidak mengutamakan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Sementara itu di sisi lain, kebutuhan-kebutuhan mendasar tersebut belum tentu menjadi pengeluaran yang paling besar.

Berikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi pengeluaran terbesar seseorang setiap bulannya:

Ini Dia Cara Efektif untuk Menentukan Proporsi Pengeluaran Bulanan #Part 1 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Cara Efektif untuk Menentukan Proporsi Pengeluaran Bulanan]

 

#1 Latar Belakang

Salah satu faktor utama yang biasanya sulit diubah adalah latar belakang kehidupan seseorang. Jika sejak kecil Anda telah terbiasa dengan sesuatu, umumnya kebiasaan itu akan terus dibawa sampai dewasa bahkan hingga mempunyai anak. Karena itu faktor pertama yang biasanya mempengaruhi tipe pengeluaran terbesar seseorang adalah latar belakang kehidupan. Mulai dari latar belakang keluarga, lingkungan, pendidikan dan lain-lain.

 

#2 Profesi

Profesi mau tidak mau akan mempengaruhi pengeluaran bulanan Anda. Misalnya saja bagi para karyawan yang bekerja di bidang pemasaran. Mau tidak mau mereka harus mengeluarkan biaya untuk berpenampilan rapi, transportasi untuk mengunjungi klien dan lain sebagainya. Tidak jarang lho tuntutan pekerjaan membuat Anda harus mengeluarkan banyak pengeluaran bulanan.

pekerja-sosialita-ini-cara-mengatur-keuangan-di-tengah-paksaan-gaya-hidup-glamor-2-finansialku

[Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan di Tengah Paksaan Gaya Hidup Glamor]

 

#3 Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial memberi pengaruh pada pengeluaran banyak orang. Jika Anda bergaul dengan para sosialita, kecenderungannya Anda akan mengikuti gaya hidup sosialita. Bagaimanapun cara Anda berhemat, mau tidak mau ketika bertemu dengan teman-teman tersebut Anda harus ikut membayar biaya tempat makan yang sama mahalnya bukan? Tetapi jika Anda hidup di lingkungan orang-orang yang hemat maka Anda pun cenderung akan menjadi hemat. Karena itu pengeluaran seseorang juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial di sekitarnya.

 

#4 Pilihan Gaya Hidup

Poin ini adalah faktor yang bersifat paling personal dan merupakan pilihan Anda masing-masing. Setiap orang bisa memiliki pilihan gaya hidup yang berbeda. Ada orang yang memiliki penghasilan sangat besar tetapi tidak suka membuang-buang uangnya. Tetapi ada juga orang yang memiliki penghasilan pas-pasan tetapi sangat suka berbelanja. Semua itu ada pada pilihan Anda masing-masing. Hal ini juga menyangkut kegemaran, misalnya hobi mengoleksi sepatu, tas, barang lainnya. Faktor-faktor tersebut merupakan hal yang bersifat personal dan tidak dapat diganggu gugat oleh orang lain. Setiap orang memiliki kepribadian dan pilihannya masing-masing. Pilihan gaya hidup inilah yang juga mempengaruhi pengeluaran seseorang setiap bulannya.

Ini 4 Cara Berhemat agar Hidup Menjadi Nikmat - Finansialku

[Baca Juga: Ini 4 Cara Berhemat agar Hidup Menjadi Nikmat]

 

Apa 5 Pengeluaran Bulanan Terbesar Anda?

Sebagai manusia, setiap orang memiliki kebutuhan yang mendasar untuk hidup. Misalnya seperti makan, minum, tempat tinggal, pakaian dan kebutuhan lainnya. Tetapi ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengeluaran apa saja yang terbesar bagi orang tersebut. Sekarang Anda telah mengetahui beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pengeluaran seseorang. Bagaimana dengan Anda sendiri? Pilihlah 5 pengeluaran terbesar Anda setiap bulannya!

 

[total-poll id=25713]

 

Sumber Gambar:

Happy Family – https://goo.gl/RPbyIz

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku