Menurut Anda, mana prioritas keuangan yang lebih penting? Setiap orang memiliki prioritas keuangan masing-masing. Di tahun 2017 ini tentu ada tujuan keuangan yang ingin dipenuhi. Dari beberapa prioritas keuangan yang ada, mana yang menjadi prioritas Anda di tahun 2017 ini?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Prioritas Keuangan Seseorang Dapat Berbeda-Beda

Dalam perencanaan keuangan pribadi, setiap orang pasti telah menetapkan tujuan keuangannya masing-masing. Dengan begitu dapat ditentukan cara-cara untuk mendapatkannya. Di tahun 2017 ini, Anda pasti memiliki beberapa tujuan keuangan yang ingin dicapai. Hanya saja pada kenyataannya Anda tidak selalu bisa langsung mencapai semua tujuan keuangan secara bersamaan. Jika tidak memiliki penghasilan yang cukup, Anda harus berusaha terlebih dahulu untuk dapat memenuhi seluruh tujuan keuangan yang telah ditentukan.

Membuat Prioritas Tujuan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Buat Prioritas Tujuan Keuangan, Agar Anda dapat Fokus]

 

Dari sekian banyak tujuan keuangan yang dimiliki, Anda harus memilih prioritas mana yang ingin dipenuhi lebih dahulu. Terkadang dibutuhkan skala prioritas untuk menentukan tujuan keuangan mana yang akan dicapai terlebih dahulu.

 

[total-poll id=24915]

 

Tujuan Keuangan Apa yang Seharusnya Dipenuhi Terlebih Dahulu?

Tujuan keuangan yang seharusnya menjadi prioritas adalah hal-hal yang penting dan memiliki urgensi tinggi. Dalam perencanaan keuangan Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan dana darurat dan asuransi terlebih dahulu. Setelah itu baru diikuti oleh kebutuhan-kebutuhan lainnya seperti biaya pendidikan anak, rumah dan biaya lainnya. Jika Anda belum memiliki dana darurat dan asuransi sebaiknya jangan mempertimbangkan tujuan keuangan lainnya. Jika dana darurat dan asuransi belum termasuk dalam daftar tujuan keuangan Anda, berarti daftar tersebut harus segera direvisi.

Prioritaskan Pengeluaran Agar Dapat Memenuhi Tujuan Keuangan (Website)

[Baca Juga: Prioritaskan Pengeluaran dan Dapatkan Tujuan Keuangan]

 

Kebutuhan lain di luar prioritas utama dalam perencanaan keuangan sangat tergantung pada kebutuhan dan kondisi Anda saat ini. Karena itu, Anda dapat menentukannya sendiri. Namun secara umum, tujuan keuangan yang seharusnya diprioritaskan adalah kebutuhan, bukan keinginan. Kebutuhan berbeda dengan keinginan. Kebutuhan adalah sesuatu yang memang harus dimiliki. Terkadang kebutuhan bukanlah sesuatu yang Anda inginkan, misalnya seperti asuransi tadi. Anda mungkin merasa terbeban jika harus membayar premi asuransi, padahal Anda sebenarnya membutuhkannya.

Sedangkan keinginan adalah segala sesuatu yang Anda inginkan, padahal belum tentu sebenarnya dibutuhkan. Tidak ada salahnya memenuhi keinginan pribadi, hanya saja pastikan kebutuhan telah terpenuhi terlebih dahulu.

 

Sumber Gambar:

  • Man in the mountain – https://goo.gl/ZUsd4u

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku