Prioritaskan pengeluaran agar dapat memenuhi tujuan keuangan, maksudnya seperti bagaimana? Apa yang harus dilakukan agar dapat memprioritaskan pengeluaran?

 

Berikut ini ada sebuah quote dari John. C. Maxwell yang dapat membantu kita untuk memprioritaskan pengeluaran agar dapat memenuhi tujuan keuangan.

 

English:

Everybody wants money, yet seldom will anyone budget or control their spending.

John C. Maxwell

 

Prioritaskan Pengeluaran Agar Dapat Memenuhi Tujuan Keuangan (Website)

 

Indonesia: 

Setiap orang menginginkan uang, tetapi tidak semua orang menganggarkan atau mengkontrol pengeluaran mereka.

John C. Maxwell

 

 

Prioritaskan Pengeluaran Agar Dapat Memenuhi Tujuan Keuangan

Kenapa seseorang mengalami kesulitan untuk bebas dari kartu kredit? Sulit mengelola keuangan? Sebenarnya bagaimana cara mengelola keuangan keluarga yang baik?

Menurut John C. Maxwell, banyak orang ingin langsing tetapi tidak mau diet, banyak orang mau hidup sehat tetapi tidak rajin berolahraga, banyak orang juga ingin punya uang dan mencapai tujuan-tujuan keuangan tetapi tidak mau membuat anggaran dan mengontrol pengeluaran.

Menurut Anda apakah solusinya agar dapat memenuhi tujuan keuangan?

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan kita mampu mengontrol pengeluaran dan selalu membuat anggaran. Finansialku akan berbagi mengenai tips membuat anggaran, pada kesempatan berikutnya.
  2. Langkah kedua pastikan Anda sehat secara keuangan dan memiliki rencana keuangan. Rencana keuangan adalah alat yang dapat memandu Anda untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan.

 

Pertanyaan Selanjutnya Apa yang Harus Diprioritaskan?

Apakah Anda pernah terpikir bagaimana uang Anda mengalir? Apa yang Anda lakukan ketika menerima gaji atau memperoleh pendapatan?

Mana yang lebih dulu Anda lakukan (silahkan Anda tulis di kertas dan urutkan):

Membayar cicilan dan utang

Membayar tagihan

Membayar pajak

Menabung dan Berinvestasi

Membayar Asuransi

Membeli kebutuhan

Membeli hobby, fashion, berlibur

Memberikan donasi

 

Perencana Keuangan Finansialku memiliki sebuah model yang cukup sederhana untuk membantu seseorang mencapai tujuan keuangannya. Berikut ini model untuk mengelola pengeluaran:

 

Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Cek Cara Mengelola Keuangan Keluarga

 

Apakah perbedaan antara model Finansialku dan model pengeluaran Anda? Yup perbedaannya diurutan, tetapi urutan itu sangat berpengaruh. Maka sekali lagi prioritaskan pengeluaran agar dapat memenuhi tujuan keuangan Anda.

 

Kesimpulan

Berdasarkan pandangan dari John C. Maxwell, kuncinya adalah anggarkan atau kontrol pengeluaran. Tetap ingat prioritaskan pengeluaran untuk mencapai tujuan keuangan.

 

Apakah Sobat Finansialku punya pendapat lain tentang pengeluaran dan tujuan keuangan ini? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Sobat Finansialku juga bisa mendiskusikannya bersama dengan teman-teman atau keluarga dengan membagikan artikel dari Finansialku lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!