Sukses meraih mimpi, belajar dari prinsip kerja orang China yang sudah tak diragukan lagi keberhasilannya! Selamat membaca!

Jangan mau kalah dari orang China, tapi boleh belajar dari orang China. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Prinsip Kerja Orang China

Tak jarang orang berdarah Tiongkok atau orang China dikaitkan dengan usaha bisnis yang selalu menanjak. Dalam dunia bisnis, orang-orang selalu menyebutkan bahwa, “Jika ingin untung, belajarlah cara berdagang dari orang China.”

Sudah menjadi sebuah fakta di mana banyak konglomerat di Tanah Air yang memiliki darah China. Namun, seringkali banyak orang beranggapan salah. Di mana keahlian mereka dalam berbisnis sudah diturunkan sejak nenek moyang dan sudah terbentuk dari sananya.

Beli Kue di China Pakai Cicilan Kartu Kredit 3 Tahun Begini Perilaku Milenial Di Sana 04 Orang tua - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Dari Drama ‘Reply 1988’ Biar Gak MISKIN Kayak Deokseon!]

 

Sesungguhnya, yang membuat mereka bisa sukses, terutama di bidang bisnis tidak lain dikarenakan prinsip dan etos kerja mereka yang terbentuk dan ditanamkan sejak kecil. Seiring berjalannya waktu, keahlian mereka ini diasah dan semakin dipertajam.

Untuk menghasilkan keberhasilan yang terbukti melalui kesuksesan mereka dalam usaha bisnis yang dijalankan. Tentu setiap orang ingin sukses dalam menjalankan bisnisnya, bukan? Tak ada salahnya jika kita belajar dari prinsip kerja orang China.

Yang membuat mereka jadi orang-orang Taipan dan sukses. Lantas apa saja prinsip kerja orang China yang bisa kita pelajari? Berikut ini daftarnya!

 

#1 Punya Mimpi Selangit? Siapa Takut!

“Bermimpilah setinggi langit, gapailah cita-citamu layaknya menggapai bintang.” Wejangan nenek moyang seperti kalimat di atas tentu pernah kita dengar. Wejangan tersebut adalah salah satu pesan para orangtua kepada anak-anak.

Agar senantiasa tidak cepat puas dan tidak takut untuk meraih kesuksesannya meskipun itu sulit. Bahkan untuk memulai usaha dari nol, tanpa harus meneruskan usaha dari orangtua, kebanyakan orang China berakhir dengan sukses.

Mereka tidak takut untuk menjalankan sebuah bisnis baru yang mereka belum pernah jalankan sebelumnya. Mereka selalu berusaha keras untuk mencari jalan agar bisnis yang mereka rintis dapat berjalan dan berkembang hingga menjadi bisnis yang besar.

Bermimpi tinggi sudah menjadi prinsip kerja orang-orang China yang membuat mereka tidak takut saat menghadapi tantangan di dunia kerja yang seringkali membuat stres.

 

#2 Kerja Keras & Tidak Malas

Sejak sang surya belum terbangun dari tidurnya, orang China yang memiliki etos kerja keras tinggi malah sudah memulai pekerjaan mereka.

Hal ini semata-mata mereka lakukan untuk mencapai mimpi mereka yang begitu tinggi. Tidak ada kata, nanti, sebentar yang malah memperlambat langkah untuk menggapai cita-cita.

Akuntansi Manajemen yang Harus Dikuasai oleh Calon Pengusaha Sukses seperti Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Belajar dari Kegagalan, Ini 8 Tips Memaknai Kesalahan!]

 

Getol dan terus bekerja, itulah salah satu prinsip kerja orang China yang menghantarkan mereka ke depan pintu gerbang kesuksesan. Sekecil apapun pekerjaan yang mereka harus lakukan, mereka akan kerjakan dengan benar dan tidak menyisihkannya untuk dikerjakan di lain waktu.

 

#3 Prinsip Kerja Orang China Agresif Dalam Berbisnis

Prinsip kerja orang China berikutnya adalah agresif dalam berbisnis. Mereka dikenal sebagai pengusaha yang tak kenal kompromi. Apalagi jika berhubungan dengan usaha yang sedang mereka jalankan.

Dari menentukan kualitas produk yang mereka gunakan, hingga berurusan dengan itung-itungan untung rugi serta bagi hasil. Tak jarang mereka juga tak enggan untuk melakukan tawar-menawar dengan pihak konsumen.

Keagresifan mereka juga nampak melalui sikap tegas saat usaha bisnis mereka terancam. Dalam berbisnis, prinsip orang China adalah tidak mencampuradukkan urusan pribadi dengan urusan bisnis.

Akan selalu ada tembok pemisah antara usaha bisnis dengan urusan yang bersifat pertemanan atau hubungan keluarga. Sifat tenggang rasa dengan sesama tetap ada namun jika sudah berhubungan dengan urusan bisnis, ketegasan mereka akan nampak jelas terlihat.

Pengusaha Sukses Lulusan SD 03 Lanny Siswadi - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Dari Abdurrahman Bin Auf, Sang Jutawan yang Dermawan]

 

Dalam mengelola keuangan pun, orang China tak kenal kompromi. Keuntungan yang mereka dapatkan biasanya akan mereka kelola lagi alias diputar agar dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Sebisa mungkin mereka akan membuat uang mereka terus produktif dan menghasilkan keuntungan lainnya demi melipatkgandakan kekayaan mereka. Tak heran ya jika bisnis orang China bisa terus berkembang dan pada akhirnya mereka menikmati hasil kerja keras mereka.

 

#4 Prinsip Kerja Orang China, Mengejar Peluang

Orang-orang China memiliki anggapan bahwa kesempatan atau peluang itu tidak datang untuk kedua kalinya. Oleh sebab itu, setiap kali ada peluang yang datang, mereka akan berusaha untuk mengejarnya dan tidak akan pernah melepaskannya.

Tidak ada kata berlambat-lambat, peluang akan dikejar sekeras apapun mereka harus berlari. Karena peluang yang terlewatkan, akan sulit untuk didapatkan kembali, itulah sebabnya mereka akan bergegas untuk bisa memanfaatkan peluang yang datang untuk kesuksesan bisnis mereka.

Peluang itu layaknya seseorang sedang mengejar bola. Tidak perlu menunggu bola itu datang, sebisa mungkin mereka akan mengejar dan mendapatkan bola dari lawan mereka. Dalam mengejar peluang, orang-orang China senantiasa memegang prinsip untuk mengelola waktu dengan bijak.

Dengan kata lain, mereka tidak membuang waktu dan memanfaatkannya dengan efektif serta efisien agar waktu tidak terbuang sia-sia.

 

#5 Prinsip Kerja Orang China, Tidak Ada Kata Menyerah

Tidak ada kata kegagalan di kamus mereka, yang ada, adalah pantang menyerah. Jika situasi kurang menguntungkan, mereka akan senantiasa belajar dari kesalahan yang dilakukan dan berusaha untuk mencoba lagi.

Pantang menyerah adalah salah satu prinsip kerja orang China yang mereka pegang dengan kuat dan diturunkan turun-temurun kepada anak cucu mereka. Jutaan kegagalan menghadang, namun pantang menyerah tak pernah padam.

Itulah sebabnya jika kita memperhatikan berbagai sejarah kesuksesan orang-orang China, mereka senang membagikan pengalaman pahit mereka dalam berbisnis dan merintis usaha mereka dengan jerih lelah dan tangisan.

Namun di akhir cerita, mereka memperlihatkan kesuksesan yang diraih, yang merupakan buah dari kerja keras dan pantang menyerah yang telah membakar semangat mereka untuk mengejar sukses.

 

#6 Gemar Menabung & Hidup Sederhana

Mengenai gaya hidup, prinsip kerja orang China pun menganut gaya hidup sederhana dan gemar menabung. Dalam merintis usaha mereka, ada banyak kemungkinan dari usaha bisnis mereka akan gagal. Salah satu strategi mereka adalah dengan hidup sederhana.

Sebisa mungkin untuk berhemat sehingga uang yang mereka dapatkan dari keuntungan usaha dapat mereka kembangkan lagi agar bisnis semakin berkembang. Tidak hanya mengembangkan bisnis yang mereka jalankan.

Kisah Sukses Nicholas Kurniawan, Pengusaha Ikan Hias 06 - Finansialku

[Baca Juga: Cara MUDAH Belajar Analisa Harga Wajar Saham Buat Pemula!]

 

Dengan uang yang mereka tabung dan kumpulkan, mereka akan berusaha berpikir untuk menjalankan bisnis lainnya yang akan menjadi mesin pencetak uang lainnya. Dengan demikian pundi-pundi mereka akan bertambah.

Keuntungan dan hasil kerja keras mereka itu tidak dihabiskan begitu saja untuk keperluan konsumtif yang berlebihan. Tidak untuk berfoya-foya. Karena prinsip mereka ini, tak heran jika kekayaan mereka bisa tidak habis untuk digunakan hingga 7 turunan.

Gaya hidup sederhana yang dijalani dan perhitungan apalagi soal uang tak jarang membuat mereka disebut-sebut sebagai orang pelit.

Namun dengan cara berpikir mereka yang penuh perhitungan inilah yang membuat mereka jadi orang sukses. Memikirkan segala hal dengan detail serta mampu memprediksi keadaan dengan perhitungan yang cukup presisi.

 

#7 Terus Belajar Untuk Menguasai Bisnis

Ketekunan mereka belajar juga harus diacungi jempol. Orang-orang berdarah Tionghoa ini memang dikenal rajin untuk urusan belajar.

Apalagi soal bisnis, mereka tak akan menyayangkan uang mereka untuk mempelajari hal-hal baru yang bisa memperbesar keuntungan usaha mereka.

Layaknya mengejar peluang, belajar menjadi sebuah prinsip yang terus-menerus mereka tanamkan bagi anak cucu untuk dapat mengejar mimpi mereka setinggi langit.

Agar tidak dibodohi oleh orang lain, jalan satu-satunya adalah dengan belajar dengan tekun agar lebih pintar dari orang lain.

Tidak malu untuk belajar dari nol dan memulai pekerjaan dari bawah. Inilah yang membuat mereka tahu segala lini dalam bisnis yang mereka jalankan karena mereka sudah pernah menjalaninya sendiri.

 

#8 Tidak Suka Berhutang

Hutang adalah sebuah kewajiban yang harus dibayarkan. Bagi orang-orang China, berhutang adalah hal yang mereka hindari. Sebisa mungkin mereka akan membeli dengan uang mereka sendiri karena Cash is King.

Apalagi jika berkaitan dengan hal-hal konsumtif, mereka tidak mau berhutang. Jika mereka harus berhutang, itupun untuk kebutuhan yang bersifat produktif, misalnya untuk pengembangan usaha mereka.

Tentu saja mereka akan menghitung dengan seksama dan detail agar keuntungan yang didapat tetap tinggi meski mereka harus membayar cicilan utang produktif yang mereka lakukan.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

#9 Risiko Harus Dihadapi

Risiko akan selalu ada di depan mata, apalagi jika berurusan dengan bisnis. Dari untung yang sedikit bahkan merugi, itu semua adalah berbagai risiko yang harus dihadapi oleh para pebisnis. Bagi orang China, prinsip ini sudah mendarah daging.

Melangkah ke dunia bisnis tidaklah mudah, namun mereka tetap menjalaninya. Menguatkan mental dengan pemahaman bahwa risiko harus dihadapi jika ingin berhasil. Gagal itu biasa, namun menyerah untuk tidak menghadapi risiko bukanlah jalan yang harus dilalui.

 

#10 Prinsip Kerja Orang China Tahan Banting

Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Peribahasa di atas memang menjadi salah satu prinsip yang dipegang oleh orang-orang China.

Tak mengapa jika kita terlahir miskin, namun kesempatan kehidupan ini tidak boleh disia-siakan. Akan menjadi masalah besar ketika saatnya meninggalkan dunia dalam keadaan miskin. Artinya selama hidup tidak memanfaatkan kesempatan yang ada untuk bisa berhasil.

Meski pada awalnya harus mengalami berbagai kesulitan bahkan tangis dan luka harus diderita. Namun prinsip inilah yang membuat mereka terus kuat dan bisa menikmati buah keberhasilan mereka. 

 

Sobat Finansialku, Finansialku juga punya video yang bisa kalian tonton, di mana dari video ini kita juga bisa belajar untuk sukses seperti Raam Punjabi. Tonton videonya berikut ini:

 

Kita sudah selesai membahas prinsip kerja orang China, kalian bisa ikuti ya. Sangat menginspirasi bukan? Karena artikel ini bisa menginspirasi kamu, silakan bagikan artikel ini kepada orang-orang dekat kamu ya. Terima kasih. 

 

Sumber Referensi:

  • Seruni. 14 Tips Sukses Ala Orang China, Coba Ikuti! Seruni.id – https://bit.ly/2NJfVSI
  • Fast Pay. 5 Etos Kerja Orang China yang Mengantarkan Mereka Kepada Kesuksesan Dalam Berbisnis. Fastpay.co.id – https://bit.ly/3dL9JEc
  • Simulasi Kredit. 6 Prinsip Bisnis Orang Cina. Simulasikredit.com – https://bit.ly/3eKewY0