Mau liburan? Baca dulu cara jitu berburu promo tiket pesawat di Traveloka.

Tidak ada kata terlambat untuk merencanakan liburan, cause you only live once ya guys. So, jika ada kesempatan, jangan banyak pikir lagi deh untuk liburan.

Soal tiket? Gak perlu khawatir, ada tips dan trik berburu Traveloka tiket pesawat dengan harga ciamik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Berburu Traveloka Tiket Pesawat Promo

Membuat rencana liburan memang hal yang menyenangkan, karena belum sampai di tempatnya saja kita sudah bisa membayangkan euforia keseruannya.

Tapi sayangnya, akses menuju tempat yang ingin dituju sering kali terhambat dengan harga tiket yang mahal apalagi tiket pesawat.

So, ketika ada promo tiket pesawat murah pasti jadi incaran banyak orang. Berbagai macam cara dilakukan, bahkan ada yang rela bergadang juga lho…

Sangat menguntungkan ketika kamu akan liburan dan berhasil dapat tiket dengan harga promo, sisa budget-nya bisa dipake untuk wisata kuliner atau beli oleh-oleh.

Melansir lamar Blog.traveloka.com, sebenarnya untuk mendapat tiket pesawat murah bisa dilakukan dengan dua cara. Berikut penjelasannya:

 

Cara 1: Usaha Sendiri

Nah untuk kamu yang mau usaha sendiri mendapatkan tiket murah ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya rencana liburanmu tetap berjalan lancar dan tentunya sesuai budget.

 

#1 Membeli Paket Pesawat dan Hotel

Guys, selain memikirkan akses menuju ke lokasi jangan lupa pikirkan tempat menginapnya ya. Kalo di lokasi yang kamu tuju, ada teman atau saudara maka kamu bisa menghemat budget menginap dengan ‘menumpang’ disana.

Tapi, kalo kamu berencana untuk menyewa penginapan maka disarankan untuk membeli paket pesawat dan hotel sekaligus. Yuk, kita buktikan dengan melakukan perbandingan harga ketika membeli tiket pesawat dan hotel secara terpisah, dengan membeli paket pesawat + hotel.

Ini adalah simulasi ketika membeli tiket pesawat dan hotel secara terpisah

Cara Jitu Berburu Promo Tiket Pesawat di Traveloka 02 - Finansialku

Total harga tiket pesawat dan hotel = Rp4.662.091 + Rp674.478 = Rp5.336.569

 

Nah sekarang, coba kita bandingkan apabila kita membeli paket pesawat + hotel dengan jam terbang dan hotel yang sama.

Jika kamu membeli paket tiket pesawat dan penginapannya sekaligus, maka inilah rinciannya:

Cara Jitu Berburu Promo Tiket Pesawat di Traveloka 03 - Finansialku

Total harga ketika membeli paket pesawat + hotel hanya Rp4.662.091

 

Dengan membeli paket pesawat + hotel, Traveloka memberikan harga spesial, sehingga lebih murah. Selain itu, prosesnya juga lebih mudah.

 

#2 Tetap Membeli Tiket Individu Meskipun Pergi Rombongan

Kamu tahu ngga, kalo ternyata lokasi bangku yang akan kamu duduki di pesawat bisa mempengaruhi harga tiket?

Contohnya saja, bangku yang lebih dekat dengan ruang mesin cenderung dihargai lebih rendah dibanding bangku lain karena penumpang yang duduk di sana diperkirakan akan merasa kurang nyaman dengan deru suara mesin.

Cara Jitu Berburu Promo Tiket Pesawat di Traveloka 04 - Finansialku

[Baca Juga: Lebih Murah Mana: Liburan Multi City, One Trip, Round Trip?]

 

Selain itu, ketika kamu berencana liburan dan membeli tiket untuk rombongan ternyata mempengaruhi harga tiket juga lho. Kok bisa?

Begini simulasinya, misalnya harga tiket penerbangan dari Jakarta ke Surabaya adalah Rp400.000 per orang untuk bangku dekat ruang mesin, dan Rp500.000 per orang untuk bangku lain.

Katakanlah, kamu akan berangkat dengan rombongan lima orang. Harga tiket yang Rp400.000 hanya tersisa tiga bangku. Maka, hasil pencarianmu untuk tiket pesawat lima orang sekaligus tidak akan menampilkan harga Rp400.000 karena tidak mencukupi untuk jumlah anggota rombonganmu.

So, inilah yang jadi alasan untuk kamu tetap memesan tiket secara individu, karena jika memesannya secara individu, kamu masih berkesempatan mendapatkan tiga tiket seharga Rp400.000 per orang, dan dua sisanya dikenai masing-masing Rp500.000. Lebih murah bukan?

 

#3 Bayar dengan Mata Uang Berbeda

Menurut Erica Ho, seorang ahli travel sekaligus editor di Map Happy, membayar dengan mata uang lokal bisa membuatmu lebih berhemat. Hal ini karena kamu tidak dianggap sebagai turis oleh sistem OTA.

Oia, trik ini berlaku hanya jika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri.

Misalnya kamu punya rencana liburan ke China, lalu memerlukan penerbangan antar kota di sana. Maka jangan pernah membeli tiket pesawatnya saat masih di Indonesia.

Mata Uang Dunia Daftar Mata Uang Tertinggi dan Terendah di Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Ikuti Panduan dan Tips Liburan Ke Bali Dengan Budget Minimalis]

 

Lakukan pembelian ketika kamu sudah berada disana, agar dapat menggunakan mata uang lokal yang mempengaruhi harga tiket menjadi lebih murah.

 

#4 Gunakan Dua Maskapai Berbeda

Tak ada salahnya kamu menggunakan dua maskapai berbeda jika perjalanan liburanmu membutuhkan dua kali penerbangan. Ini juga berlaku untuk penerbangan pulang pergi, kamu tak harus menggunakan maskapai yang sama.

Lakukan riset singkat dengan cara membandingkan harga tiket pesawat beberapa maskapai, lalu pilih yang termurah dan jadwal terbangnya sesuai dengan kebutuhanmu.

 

#5 Gunakan Bandara “Palsu”

Bandara “palsu” di sini artinya bandara alternatif. Konon ketika kamu memilih untuk mendarat di bandara alternatif bisa membuatmu menemukan harga tiket pesawat yang lebih murah.

Misalnya, kamu akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta. Sayangnya, harga tiket pesawat dengan tujuan Yogyakarta sedang melonjak tajam.

Alternatifnya, kamu bisa mendarat di Solo sebagai tujuanmu, dan lanjutkan perjalanan ke Yogyakarta lewat jalur darat.

Oia, tapi jangan lupa pastikan dulu budget transportasi darat yang harus kamu keluarkan untuk perjalanan Solo ke Yogyakarta ya..

 

#6 Jangan Berlebihan Membawa Barang

Selain menghindari ‘keribetan’ akibat bawa barang terlalu banyak, kamu juga akan terhindari dari masalah excess baggage yang mengharuskanmu membayar beban per kilogram dari kelebihan bagasimu.

Supaya tidak berlebihan membawa barang bawaan, kamu bisa sesuaikan barangnya dengan cuaca di tempat yang menjadi destinasimu.

Jika kamu berkunjung ke Eropa di musim panas, rasanya tak perlu membawa jaket tebal. Selain itu, kamu bisa bawa pakaian berwarna netral supaya lebih mudah di mix and match tanpa harus memerlukan aksesori tambahan.

Tips Memilih Koper dan Memilih Tas, untuk Menghemat Biaya Bagasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Liburan Kemana Nih? Tengok Harga Tiket Taman Hiburan Beken di Indonesia]

 

Itulah beberapa tips berburu tiket promo dengan cara usaha sendiri. Jika kamu lebih menginginkan yang praktis, bisa aja sih kamu meminta bantuan pihak lain.

 

Cara 2: Tiket Murah dengan Bantuan Pihak Lain

Selain dengan usaha sendiri, kamu bisa kok meminta bantuan pihak lain misalnya OTA, bank, dan maskapai yang bisa memberikan harga tiket murah untukmu.

Berikut beberapa tipsnya:

 

#1 Tentukan OTA yang Tepat

OTA atau Online Travel Agencies memang semakin banyak di Indonesia bahkan dunia. Hal ini bisa memberikan efek seperti dua sisi mata uang, semakin menguntungkan kita sebagai pembeli, tapi cukup sulit juga memilih OTA yang terpercaya.

So, untuk mencari OTA yang memiliki kredibilitas bagus bisa dengan googling dan lihat apakah terdapat informasi mencurigakan terkait OTA tersebut.

Selanjutnya, pilih OTA yang memiliki sistem keamanan terpercaya.

Misalnya, memiliki sistem keamanan canggih pada proses pembayarannya yang menjaga informasi pribadi terkait kartu kredit dan debit agar tak  bocor ke pihak mana pun.

Jangan mudah tergiur dengan harga tiket pesawat yang murahnya kebangetan di suatu OTA. Karena biasanya banyak hal yang disembunyikan lho.

So, carilah OTA dengan harga murah yang ditampilkan di awal yang sesungguhnya adalah harga yang akan kamu bayar nantinya.

 

#2 Rajin Cek Media Sosial Milik OTA, Bank, dan Maskapai

Pantau terus media sosial milik OTA, bank, dan maskapai secara berkelanjutan, karena dari ketiganya bisa saja menawarkan promo menarik, salah satunya memberikan tiket pesawat dengan potongan ekstra.

Maka dari itu, kamu wajib follow akun media sosial mereka, baik itu di Facebook, Twitter, juga Instagram.

 

#3 Langganan Newsletter OTA

Selain dari media sosial, kamu juga bisa memantau harga dengan langganan newsletter OTA.

Banyak informasi tentang promo yang tengah berlangsung, dan bukan hanya untuk tiket pesawat tapi juga produk yang lain.

 

#4 Kenali Fitur Rahasia

Guys, ternyata sejumlah aplikasi pemesanan tiket pesawat memiliki fitur rahasia yang menguntungkan?

Salah satu yang memilikinya adalah Traveloka App. Mulai dari versi 2.5 ke atas, Traveloka App memiliki sebuah fitur untuk mengontrol harga tiket pesawat yaitu Price Alerts.

Fungsi dari fitur ini kamu bisa menyesuaikan harga tiket pesawat yang akan dipesan dengan budget yang telah kamu tetapkan sebelumnya. Caranya yaitu melakukan setting awal untuk batas budget yang kamu siapkan.

Oleh karena itu, kamu bisa langsung mendapatkan notifikasi begitu harga tiket pesawat turun atau hampir mendekati dengan budget yang kamu tentukan di awal.

WOW! Harga Tiket Pesawat Jakarta-Surabaya Sekitar Rp3,9 Juta - Finansialku

[Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Membeli Tiket Pesawat?]

 

Oia, ngomongin soal budget nih pasti was-was dong ya ketika kamu liburan tapi kondisi finansial kamu cukup mengkhawatirkan.

Daripada perasaan liburan kamu gak karuan, mending rencanakan dana liburan sebaik mungkin deh. Bukan berarti mewah kok, kamu malah bisa menyesuaikan budget liburan kamu dengan memanfaatkan aplikasi Finansialku.

Mau tahu caranya? Sambil download aplikasinya di sini aja ya supaya lebih paham.

 

Kamu bisa melihat video ini untuk mengetahui informasi selanjutnya tentang cara menggunakan aplikasi Finansialku, terkait perencanaan dana liburan.

 

Mau lebih untung? Pakai aja kode voucher POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan harga Rp50.000 buat kamu yang ingin menjadi akun premium. Jadi kamu tinggal bayar Rp300.000 per tahun atau setara kamu membayar Rp850 per hari.

Oia, jika aku kamu premium, maka kamu bisa juga mengakses online course secara gratis dan menggunakan aplikasi Finansialku tanpa batas.

Menarik bukan?

 

Liburan Tanpa Beban

Tunggu apalagi? Saatnya rencanakan liburanmu sekarang juga. Jangan lupa, sesuaikan budget dengan destinasi liburanmu ya supaya tidak ada beban yang dipikirkan selama berlibur.

Oia, terapkan beberapa tips yang sudah dibagikan di artikel ini supaya kamu bisa dapatkan tiket dengan harga murah.

Kalo kamu punya cara lainnya untuk mendapatkan tiket yang ciamik harganya, jangan lupa share di kolom komentar.

 

Apakah artikel ini bermanfaat untuk kamu? Bagikan ke teman-teman lainnya ya, selamat berlibur…

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 3 Oktober 2017. Ssstt, Traveloka Bocorkan Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Promo. Blog.traveloka.com – https://bit.ly/2SRopaw

 

Sumber Gambar:

  • Traveloka Tiket Pesawat – https://bit.ly/30T7wAN
  • Promo Tiket Pesawat di Traveloka – https://bit.ly/2GnAJf3