Apa saja prospek kerja Jurusan Tafsir Quran? Lalu, di mana saja Anda dapat menjalani pendidikan tinggi di jurusan tersebut?

Temukan jawabannya di artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenal Jurusan Tafsir Quran dan Prospek Kerjanya

Prospek kerja Jurusan Tafsir Quran cukup cemerlang dan bisa dijanjikan. Banyak cara bisa dilakukan setelah lulus nanti untuk tetap bisa menghasilkan uang dalam rangka bekerja.

Siapa saja yang mulai melirik jurusan ini mungkin sedang cari tahu bagaimana prospek kerjanya, dan mungkin Anda salah satunya.

Mata kuliah Ilmu Al Quran dan Tafsir yang diberikan pun sangat lengkap untuk mempersiapkan mahasiswa yang kompeten.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan antara lain tafsir tematis, Al Quran Karim, Fiqh Kontemporer, Ilmu Tafsir, Ilmu Mantiq, Manhaj, Sosiologi Islam, dan masih banyak lagi.

10 Prospek Kerja Jurusan Tafsir Quran dan Gajinya 01 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Langkah Memilih Karier yang Sesuai Dengan Anda]

 

10 Prospek Kerja Jurusan Tafsir Quran dan Gajinya

Banyak cara bisa dilakukan untuk mengenal Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir. Salah satunya adalah mengetahui bagaimana prospek kerjanya.

Berikut adalah beberapa prospek kerja Prospek kerja Jurusan Tafsir Quran lengkap dengan perkiraan gajinya.

 

#1 Pengurus Pondok Pesantren

Prospek kerja Jurusan Tafsir Quran adalah menjadi pengurus pondok pesantren. Mungkin Anda tertarik untuk menjadi seorang ketua dalam sebuah pondok pesantren.

Tak melulu harus seseorang yang tua untuk melakukan pekerjaan ini, siapa saja yang memiliki tanggung jawab penuh akan dituakan.

Untuk gajinya, bisa pas UMR bisa juga mencapai 4 juta rupiah dalam satu bulan. Alasan mengapa gajinya cenderung kecil adalah karena Anda akan tinggal, makan, dan hidup di dalam pondok pesantren.

 

#2 Pengusaha

Semasa kuliah Anda telah mempelajari banyak hal tentang penafsiran ayat Al Quran. Salah satu cara menerapkan ilmu tersebut adalah dengan menjadi pengusaha.

Pengusaha yang menjalankan bisnis syariah. Dengan begitu, gaji yang bisa didapat bersifat relatif, tergantung kesuksesan bisnis yang dijalankan nanti.

 

#3 Bekerja di Lembaga Islam

Pilihan prospek kerja Jurusan Tafsir Quran selanjutnya adalah untuk bekerja di lembaga Islam atau syariah. Sudah banyak usaha-usaha di Indonesia yang menggunakan prinsip syariah, begitu juga lembaga milik pemerintah atau suatu organisasi.

Untuk gajinya, dipengaruhi jabatan atau pangkat. Bisa mencapai 3 sampai 6 jutaan rupiah.

 

#4 Tentor Baca Al Quran

Tertarik untuk mengajarkan cara membaca Al Quran yang benar? Pasti ada kepuasan tersendiri telah membuat orang lain bisa melakukannya.

Anda bisa menjadi tentor baca Al Quran yang penghasilan per datangnya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

 

#5 Guru Madrasah

Prospek kerja Jurusan Tafsir Quran nomor lima ini adalah dengan menjadi guru madrasah. Gaji yang diberikan cukup besar, bisa mencapai 5 juta rupiah.

 

#6 Guru Agama di Sekolah Umum

Tidak selalu harus menjadi guru di madrasah, Anda juga bisa menjadi guru di sekolah umum, yaitu untuk menjadi guru agama Islam.

Besaran gaji sangat tergantung status Anda, apakah Anda menjadi guru honorer, guru ekstrakulikuler, atau guru tetap. Mayoritas gaji guru di sekolah umum berkisar antara 3 sampai 5 juta rupiah. Tidak menutup kemungkinan lebih dari itu.

banner -keuangan mahasiswa

 

#7 Peneliti

Prospek kerja Jurusan Tafsir Quran berikutnya adalah untuk menjadi seorang peneliti. Ada penelitian yang membutuhkan seseorang dari ilmu tafsir Al Quran.

Tentu penelitiannya menyangkut hukum agama atau segala sesuatu yang membutuhkan sumber dari Al Quran.

Gaji yang bisa didapat dengan menjadi peneliti jelas tidak sedikit, bisa 4 sampai 7 juta jika proyeknya besar. Jika proyeknya kecil atau menengah, minimal gaji UMR bisa didapat.

 

#8 Qori

Jika Anda belum tahu, qori adalah profesi yang melakukan pekerjaannya dengan cara membacakan ayat Al Quran. Profesi ini tetaplah dibutuhkan karena masih banyak acara yang dalam rundown acaranya dibutuhkan sesi ini.

Untuk gajinya bersifat relatif, bisa mencapai ratusan ribu sampai jutaan rupiah dalam satu kali baca saja.

10 Prospek Kerja Jurusan Tafsir Quran dan Gajinya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengatasi Kesulitan dalam Keputusan Berkarier]

 

#9 Pegawai Kementerian Agama

Tentu saja Anda juga bisa berkarier dengan menjadi pegawai di Kementerian Agama. Apalagi Kementerian Agama bukan hanya bersifat pusat saja, ada juga kantor-kantor Kementerian Agama daerah yang bisa dituju atau disesuaikan dengan domisili.

Jenjang kariernya terjamin, ada tugas spesifik yang diberikan menjadi pegawai di sini sehingga Anda bisa bekerja dengan baik (tidak ribet atau kompleks urusannya).

Penghasilan yang didapat juga bersifat relatif namun pasti, sebab akan disesuaikan dengan jabatan yang Anda miliki. Berkisar antara gaji UMR sampai 5 juta rupiah sebulannya.

 

#10 Dai

Mubaligh atau dai adalah prospek kerja jurusan tafsir Quran yang terakhir dalam daftar ini.

Bisa memberikan ilmu agama yang lurus, sesuai dengan apa yang tertulis dalam Al Quran, atau yang biasa disebut dengan memberikan kajian, tentu menjadi tugas yang mulia untuk dilakukan.

Selain bisa menjalankan tugas yang mulia, Anda bisa jua dapatkan penghasilan dari sini. Biasanya dai memasang biaya seikhlasnya saja menurut yang mengundang atau yang menyelenggarakan acara.

Dengan begitu, penghasilan yang didapat bersifat relatif.

 

Tertarik Kuliah S1 Tafsir Al-Quran?

Setelah mengetahui bagaimana Prospek kerja Jurusan Tafsir Quran, mungkin Anda sudah tertarik untuk kuliah di jurusan ini.

Untuk Anda yang mulai penasaran dengan gelar yang didapat nanti, gelar sarjana Ilmu Al-Quran dan Tafsir adalah S.Ag. atau sarjana agama.

Selain mengetahui apa gelar yang didapat, mungkin Anda juga ingin tahu apa syarat masuk jurusan tafsir hadits dan universitas mana saja yang menyediakan jurusan ini.

Adapun syaratnya adalah harus beragama Islam, bisa menjaga akhlak, bisa bersikap objektif, dan bisa berbahasa Arab.

Sedangkan info universitas mana saja yang menyediakan, beberapa universitas dengan jurusan tafsir Quran terbaik antara lain Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

 

Apakah Anda semakin yakin untuk mengambil Jurusan Tafsir Quran setelah membaca artikel di atas? Ayo, segera bagikan informasi bermanfaat ini pada teman-teman Anda, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 30 September 2020. Fine Jannati. 10 Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir. Ideapers.com – http://bit.ly/2MaMnA8
  • Admin. 18 Juni 2020. 10 Peluang Atau Prospek Kerja Tafsir Hadits Dan Gajinya. Renesia.com – http://bit.ly/37yEDj6

 

Sumber Gambar:

  • Tafsir Quran 1 – http://bit.ly/3unIPM2
  • Tafsir Quran 2 – http://bit.ly/3pEB4hd