Bingung mau kerja apa? Yuk lihat peluang kerja dan prospek programmer Android.

Di tengah era teknologi yang semakin maju, lapangan pekerjaan pun tentu terus berkembang. Salah satu profesi yang menarik untuk dibahas adalah programmer Android. Mau tahu lebih dalam?

Simak ulasannya disini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Lulusan IT? Yuk Lihat Peluang Kerjanya!

Dunia kerja memang padat, semakin banyak sarjana yang bersaing mencari pekerjaan. Oleh karena itulah, kita harus bersyukur karena adanya lapangan pekerjaan baru akibat perkembangan teknologi.

Salah satunya adalah di bidang information technology (IT) atau teknologi informasi yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

Bidang ini semakin berkembang di era teknologi yang canggih sekarang ini, dan seiring perkembangannya artinya lapangan pekerjaan disini juga semakin lebar.

Tujuan Keuangan Freelancer Tahun Baru 2019, Apa Tujuan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Sukses Di Karir Global? Persiapkan 4 Tantangan Berikut Ini!]

 

Banyak profesi baru yang muncul dan memungkinkan kita sebagai pencari kerja untuk menemukan peluang kerja.

Artinya, ini peluang emas bagi Anda yang hobi mengutak atik program atau software. Kini Anda bisa mengubah hobi tersebut menjadi ladang keuntungan.

Nah, yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini adalah peluang kerja dan prospek kerja sebagai seorang programmer Android. Hal tersebut dikarenakan prospeknya yang tampak menjanjikan.

Tidak percaya? Yuk lihat bagaimana peluang kerja dan prospek programmer Android ini. Finansialku sudah merangkumnya dengan lengkap untuk Anda.

 

Peluang Kerja atau Prospek Programmer Android

Tidak jarang pengembang aplikasi Android meraup banyak keuntungan dari aplikasi android yang dikembangkannya. Selain itu, peluang kerjanya juga terbilang masih terbuka lebar.

Sebagai contohnya di Indonesia, lowongan kerja untuk programmer Java cukup banyak bertebaran dari tingkat juniorsenior, hingga principal.

Nah, untuk melirik lapangan pekerjaan yang satu ini, umumnya Anda perlu berbekalkan keterampilan bahasa pemrograman Java.

Java merupakan sebuah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh James Gosling yang berorientasi objek atau object oriented programming.

Dengan moto write once anywhere, bahasa pemrograman ini banyak diminati karena dapat digunakan untuk membuat berbagai aplikasi mulai dari mobiledesktop, hingga web.

Jika Anda sudah menguasai Java, maka terjun ke bidang Android bukan hal yang sulit dan tidak membutuhkan usaha yang banyak. Bisa dibilang Anda sudah punya modal untuk bekerja di bidang ini.

Lalu kenapa kami bilang peluang kerja menjadi programmer Android masih terbuka lebar? Hal ini disebabkan dominasi Android di perangkat smartphone yang masih terus berlangsung hingga sekarang.

Selain itu, alasan kedua adalah karena sangat mudah untuk memulai menjadi seorang developer Android.

Hal ini dikarenakan seseorang tidak perlu membayar lisensi untuk mendapatkan alat pengembang aplikasi untuk Android. Pembayaran hanya akan terjadi ketika ingin menerbitkan aplikasi di Google Play.

Sehingga dengan modal laptop yang cukup besar sumber dayanya, dan juga Android Studio, Anda sudah dapat memulai karir menjadi programmer Android.

 

Benefit menjadi Programmer Android

Sekarang mari membahas pertanyaan yang pastinya muncul di kepala Anda.

“Memang apa sih enaknya kerja jadi programmer Android? Apa kelebihannya?”

 

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, dominasi Android di perangkat smartphone menjadikan profesi ini sangat berprospek tinggi.

Kemudian, umur aplikasi Android juga masih tergolong muda, tetapi aplikasi android berkembang dengan sangat cepat, sehingga memilih pekerjaan untuk menjadi seorang developer android merupakan pilihan karir yang cerdas dan menjanjikan. 

Bingung Kerja Apa Begini Peluang Kerja dan Prospek Programmer Android 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Cara Mendapatkan Jenjang Karier yang Cocok Bagi Anda!]

 

Nah, jika Anda masih ragu, yuk lihat apa saja sih benefit menjadi seorang programmer Android ini:

 

#1 Fleksibel Waktu

Umumnya, pekerjaan seorang programmer cenderung fleksibel dan tidak terikat oleh waktu. Anda bisa melakukannya dengan 2 cara, baik menjadi pekerja dalam sebuah perusahaan atau menjadi android developer secara mandiri.

Jika Anda menjadi pekerja sebuah perusahaan, Anda bisa melihat bagaimana jam kerjanya.

Umumnya perusahaan juga tidak menetapkan jam tetap karena pekerjaan ini bisa dikerjakan kapan saja dimana saja. Namun jika Anda ingin kebebasan penuh akan waktu, jadilah programmer Android mandiri.

 

#2 Pendapatan Cukup Tinggi

Jika kamu berpikir tidak bisa meraup untung dengan bekerja sebagai programmer Android, coba deh simak poin yang satu ini.

Dengan menjadi android developer, penghasilan yang diberikan akan sangat bervariasi tergantung pada apa yang Anda ciptakan dan bagaimana Anda bekerja selama ini.

Namun, nyatanya pendapatan seorang programmer Android tergolong cukup tinggi. Terutama jika Anda memilih menjadi programmer mandiri. Saat aplikasi Anda diminati pengguna, maka Anda bisa menikmati untung yang cukup besar.

Semakin banyak aplikasi yang Anda buat (dan jika aplikasi Anda digemari masyarakat), maka pendapatan Anda juga akan semakin tinggi.

Tunjangan Hari Raya (THR) 2019 Ketahui Cara Perhitungan dan Pengelolaannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Karir yang Sering Diabaikan Generasi Muda Mudi]

 

#3 Kebutuhannya Tinggi

Bisa dilihat bahwa pengguna Android yang membutuhkan aplikasi berbasis Android sangat tinggi. Sasarannya bukan sebatas di Indonesia saja, tapi sudah mencakup seluruh dunia.

Sebagaimana aplikasi yang dibuat tentu sangat bermacam-macam tergantung akan kebutuhan dari tiap individu. Tentu hal ini menjadikan peluang tiap orang akan terbuka lebar.

 

BONUS: Tips Sukses menjadi Programmer Android

Nah, sudah tertarik bekerja sebagai seorang programmer Android? Finansialku ingin berbagi tips nih agar Anda bisa menjadi programmer Android sukses. Penasaran kan? Yuk langsung simak ulasannya berikut ini:

 

#1 Tekun dan Tidak Mudah Menyerah

Bagi pemula, mungkin menekuni pekerjaan ini tidaklah mudah. Namun tahukah Anda, ketekunan adalah yang utama dalam menuju kesuksesan, termasuk menjadi seorang programmer Android.

Anda perlu terus mencari tahu dan melakukan survei akan apa aplikasi yang menarik minat masyarakat. Anda harus mencoba membuat berbagai macam aplikasi dicoba sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Tekun dalam berusaha ini juga dilakukan pada proses pembelajaran. Hal ini untuk menunjang aplikasi yang digunakan agar bisa sesuai dengan keinginan masyarakat.

Sebagaimana hal tersebut mampu menciptakan aplikasi yang baik dan memiliki kualitas yang tinggi. Sehingga menjadikan konsumen puas akan hasil aplikasi yang telah Anda ciptakan selama ini.

 

#2 Membekali Diri

Dalam perkembangan teknologi yang terus berkembang, maka penting bagi Anda untuk juga terus membekali diri agar tidak ketinggalan.

Sebagaimana Anda tahu, diperlukan bekal bahasa pemrograman Java untuk bekerja di bidang ini. Namun tidak berhenti sebatas itu saja loh!

Anda juga perlu memahami arsitektur android (design, komponen aplikasi, penggunaan navigation, dan lain-lain). Selain itu, sangat diutamakan jika Anda mampu menguasai bahasa pemrograman lain.

Beberapa bahasa pemrograman yang dibangun diatas JVM selain Java antara lain adalah sebagai berikut:

  • Scala
  • Clojure
  • Groovy
  • Fantom
  • Ceylon
  • Fortress
  • Golo
  • Joy
  • Kotlin, dan lainnya

Sedangkan bahasa pemrograman yang sudah ada namun diimplementasikan diatas JVM antara lain:

  • JGNAT (ADA)
  • CFML (Coldfusion)
  • CLforJava (Common Lisp)
  • Rhino (Javascript)
  • Rakudo (Perl)
  • Quercus (PHP)
  • JlProlog (Prolog)
  • Jython (Jython)
  • Renjin (R)
  • NetRexx (REXX)
  • JRuby (Ruby)

Bingung Kerja Apa Begini Peluang Kerja dan Prospek Programmer Android 03 - Finansialku

[Baca Juga: Terbaru! Kenali 5+ Fitur Android Q yang Super Canggih]

 

#3 Berani Mengambil Keputusan

Untuk menjadi android developer yang sukses Anda juga harus berani dalam mengambil keputusan, misalnya saja Anda harus berani menginovasi aplikasi. Mengapa demikian?

Profesi sebagai programmer Android adalah profesi yang sangat kaya akan perubahan, dan Anda harus terus mengikutinya jika ingin bertahan pada profesi yang satu ini.

Aplikasi yang baru dan trendi akan selalu membuat konsumen penasaran dan tertarik mengunduh dan memakai aplikasi Anda secara rutin. Jadi, Anda harus berani untuk maju dan kreatif dari segi ini.

 

Jadi, Sudah Tertarik Kerja sebagai Programmer Android?

Setiap orang pasti mendambakan pekerjaan yang menyenangkan dan sesuai dengan minat, termasuk Anda yang bergelut di bidang IT.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk bekerja sebagai programmer Android, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Namun satu hal yang ingin kami tekankan, bagi Anda yang bekerja sebagai programmer Android mandiri. Jangan lupakan pengaturan keuangan, karena ini penting demi kesuksesan karir Anda.

Untuk memudahkan pengaturan keuangan Anda, cobalah gunakan aplikasi pengatur keuangan seperti Finansialku. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di Google Play Store atau dengan meng-klik tautan berikut ini:

 

Selain itu, Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana. Selamat membaca..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Apakah Anda tertarik untuk menjadi programmer Android? Atau Anda sudah memiliki pengalaman lainnya? Bagikan pada kolom komentar ya!

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda juga ya! Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Guntoro. 6 Juni 2019. Prospek Kerja Android Developer Yang Menjanjikan. Badoystudio.com – http://bit.ly/2ksvAdW
  • Ridwan Fajar. 3 Juni 2019. Peluang – Peluang Menjadi Java Developer. Codepolitan.com – http://bit.ly/2lDagCG
  • Wasundari. Bagaimana prospek karir untuk seorang pengembang aplikasi Android?. Galena.co.id – http://bit.ly/2lEUh79

 

Sumber Gambar:

  • Prospek Programmer Android 1 – http://bit.ly/2lElXZP
  • Prospek Programmer Android 2 – http://bit.ly/2k0cThH
  • Prospek Programmer Android 3 – http://bit.ly/2lCzT6Y