Ridwan Kamil putuskan agar PSBB Jabar diperpanjang hingga 12 Juni, new normal awal Juni terancam batal.

Simak informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

PSBB Jabar Diperpanjang

Kamis (28/05) malam kemarin, beredar kabar kalau Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah di Jawa Barat.

Peraturan tersebut tersebar dalam sebuah Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 443/Kep.287-Hukham/2020 Tentang Perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala besar tingkat Daerah Provinsi Jabar Dalam Rangka Percepatan Penanggulangan Covid-19 yang sudah ditandatangani Ridwan Kamil.

Peraturan ini dibedakan ke dalam beberapa wilayah. Seperti wilayah yang berdekatan dengan DKI Jakarta (Bodebek) yang PSBBnya diperpanjang hingga 4 Juni 2020, mengikuti DKI Jakarta.

PSBB Jabar Diperpanjang. Apa Kabar Wacana New Normal 02

[Baca Juga: Mall Dibuka Juni, Anies Baswedan: PSBB Jakarta Belum Diakhiri!]

 

Sementara untuk wilayah Jawa Barat di luar Bodebek, PSBBnya diperpanjang selama 14 hari, dari tanggal 30 Mei 2020 sampai 12 Juni 2020.

Hal ini kemudian dikonfirmasi secara langsung oleh Setiawan Wangsaatmaja, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat.

Kawasan Bodebek dari 30 Mei – 4 Juni 2020. Sementara di luar Bodebek, perpanjangan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 30 Mei sampai dengan 12 Juni 2020. Perpanjangan PSBB Bodebek mengikuti kebijakan Pemerintah DKI Jakarta. Hal itu karena Bodebek menjadi daerah penyangga Ibu Kota. jadi, kebijaksanaannya harus sejalan agar penanggulangan Covid-19 optimal.” Katanya dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman regional.kompas.com, Jumat (29/05).

Sementara itu, Berli Hamdani, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar mengatakan kalau wacana new normal yang rencananya akan direalisasikan pada 1 Juni mendatang, akan tetap berlangsung.

“Tidak batal. Kalau Jabar tanggal 1 Juni sebagai launching new normal. Lebih tepatnya dimulainya budaya adaptasi kebiasaan baru (AKB).” Tuturnya, dikutip laman news.detik.com, kamis (28/05).

Adapun melalui unggahan di instagram pribadinya, Kamis (28/05) Ridwan Kamil mengatakan kalau sekitar 60 persen daerah dengan zona biru di Jawa Barat bisa memulai new normal, sementara 40 persen daerah di zona kuning harus melanjutkan PSBB sampai dengan 12 Juni 2020.

“Sekitar 60 % Zona Biru (level 2) bisa memulai pilihan new normal. Sekitar 40 % Zona Kuning (level 3) wilayah MELANJUTKAN PSBB proporsional sd tanggal 12 Juni 2020. Mana yang 60% mana yang 40% akan diumumkan besok (Jumat, 29/05).”

 

Rekam Jejak Jabar

Setelah kasus pertama resmi ditemukan di Cianjur, Jawa Barat, pada 18 April 2020, Jawa Barat terus membuat kebijakan-kebijakan terkait pencegahan penyebaran covid-19 ini, salah satunya PSBB.

Efektif, PSBB Jawa Barat Diperpanjang Hingga 12 Mei 2020 01

[Baca Juga: Kamu Harus Tahu! Ini Panduan New Normal Untuk Para Pekerja]

 

Sigapnya sikap pencegahan ini, membuat Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, WIku Adisasmito mengakui kalau Jawa Barat adalah provinsi terbaik yang menangani kasus Covid-19.

Dia menilai kalau Jawa Barat memiliki koordinasi yang baik dengan pemerintah pusat maupun daerah lainnya.

“Jabar sejauh ini telah bertindak cukup baik berdasarkan indikator epidemiologi. Jabar juga menunjukkan koordinasi yang bagus dengan pemerintah, yang membuat Jabar bisa menjadi juara lokal dalam menghadapi Covid-19.” Kata Wiku, dikutip laman ayobandung.com, Jumat (22/05).

Wiku juga mengatakan kalau Jawa Barat memiliki komitmen yang kuat dalam mencegah transmisi Covid-19.

Jawa Barat juga terbukti berhasil menekan angka penyebaran Covid-19 di Jawa Barat, terlihat dari kasus yang menurun sejak penerapan PSBB.

Kabar baik ini terdengar sampai ke Ridwan Kamil. Ingin turut mengapresiasi satuan GTPP Covid-19 Jawa Barat, dia mengunggah sebuah tangkapan layar berita ini di akun instagram pribadinya.

Bagaimana pendapat anda terkait persiapan new normal, pembukaan aktivitas ekonomi secara bertahap atau ADAPTASI BARU di zona biru dan zona hijau di Jawa Barat?

Berita apresiasi dari Gugus Tugas pusat di atas adalah berita penyemangat untuk ribuan petugas di Gugus Tugas Covid Jawa Barat. SEMANGAT.”

 

Menurunnya jumlah angka pasien positif di Jawa Barat juga menjadi salah satu alasan kenapa pemerintah memberikan wewenang pada Jawa Barat sebagai salah satu provinsi yang diperbolehkan untuk memulai tatanan kehidupan baru.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Masa pandemi belum terlihat akan segera berakhir, tapi makin banyak saudara-saudara kita yang terseok-seok memenuhi kebutuhan sehari-hari karena PHK dampak COVID-19. Tidak ada yang bisa membantu mereka, selain kita.

Jika kita tidak mau membantu mereka, apa jadinya dengan keluarga yang harus diberi makan? Bagaimana dengan nasib anak-anak mereka yang kelaparan?

Belum terlambat untuk membantu mereka! Segera klik tombol di bawah ini sekarang, terima kasih…

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

DONASI

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku tentang rencana perpanjangan PSBB di beberapa wilayah di Jawa Barat? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Sobat Finansialku juga bisa membagikan informasi ini kepada rekan dan keluarga sembari menunggu kabar terbaru dari konferensi pers yang akan dilakukan Ridwan Kamil hari ini!

 

Sumber Referensi:

  • Nur Khansa Ranawati. 28 Mei 2020. PSBB Jabar Diperpanjang hingga 12 Juni, New Normal Batal?. Ayobandung.com – https://bit.ly/3epr2eE
  • Yudha Maulana. 28 Mei 2020. PSBB Diperpanjang, New Normal di Jabar 1 Juni Batal?. News.detik.com – https://bit.ly/3cbMuCv
  • Dendi Ramdhani. 29 Mei 2020. PSBB Jawa Barat Diperpanjang. Kompas.com – https://bit.ly/2BauifH
  • Admin. 22 Mei 2020. Jabar Jadi Provinsi Terbaik dalam Penanganan Covid-19. Ayobandung.com – https://bit.ly/2XdOqpG
  • Akun Instagram Ridwan Kamil. Instagram.com – https://bit.ly/2XA2dWM
  • Ismet Selamet. 18 April 2020. Pecah Telur, Satu Kasus Positif COVID-19 Pertama Ditemukan di Cianjur. News.detik.com – https://bit.ly/2Mae88A

 

Sumber Gambar:

  • PSBBjabar 01 – https://bit.ly/3eu73vp
  • PSBBjabar 02 – https://bit.ly/2yNgGGA