Apakah Anda tahu ternyata ada public key dan private key yang dapat mengamankan Bitcoin Anda?

Konsepnya sebenarnya sangat sederhana, karena dari dahulu sistem ini juga telah tersedia di Indonesia. Mungkin saja, Anda tidak menyadarinya.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Luno-Cryptocurrency-Wallet-Logo

 

Menjaga Keamanan Bitcoin dengan Private Key dan Public Key

Seperti pembahasan sebelumnya, Bitcoin adalah mata uang atau currency. Seperti halnya uang Rupiah, maka Bitcoin perlu dijaga keamanannya. Pertanyaan besar: bagaimana cara menjaga keamanan Bitcoin?

Jawabannya sederhana: penggunaan PRIVATE KEY dan PUBLIC KEY

Seperti apa contoh sederhananya?

Franklyn, salah satu investor di cryptocurrency menjelaskan konsep sederhana:

 

Apakah Anda sudah memahaminya?

Oke saya coba jelaskan, pada dasarnya konsepnya seperti kotak pos tradisional. Apakah Anda pernah melihat kotak pos (di Indonesia dikenal dengan istilah Bis Surat)?

Public Key dan Private Key, Kunci Mengamankan Bitcoin Anda 02 - Finansialku

Anda yang teringat dengan BIS SURAT, berarti Anda sudah senior

 

Buat Anda yang tidak pernah mendengar istilah BIS SURAT, berarti Anda mengenal istilah email. Konsep private key dan public key mirip-mirip dengan email.

Coba Anda bayangkan jika Alice ingin mengirimkan surat ke Bob. Alice tentunya harus tahu alamat, kode pos Bob. Hal tersebut juga sama ketika Alice ingin mengirim Bitcoin ke Bob, maka Alice harus tahu alamat Bitcoin Bob.

Alamat Bitcoin tersebut dinamakan dengan alamat dompet Bitcoin atau Wallet Address. Dalam bahasa teknis alamat tersebut dinamakan kunci publik (public keys). Nomornya juga panjang dan rumit, karena ada jutaan (bahkan lebih) alamat Bitcoin di dunia.

Anda tidak perlu menghafal, karena Anda dapat melihat informasi tersebut melalui internet.

Contoh, alamat Bitcoin Bob adalah 2034 (contoh: di dalamnya terdapat 1 Bitcoin). Setelah mengetahui nomor tersebut, Alice dapat mengetahui isi kotak bos Bob (dalam hal ini Alice dapat melihat jumlah Bitcoin yang dimiliki Bob).

Tidak hanya Alice, tetapi semua orang yang lewat dapat melihat isi kotak pos tersebut. Namun mereka hanya dapat MELIHAT, bukan MENGAMBIL (atau MEMINDAHKAN). Ingat kunci privat hanya dimiliki oleh Bob.

Bagian menarik dari Bitcoin (yang menggunakan distributed ledger) adalah setiap orang dapat melihat semua transaksi tanpa mengetahui identitas pemilik. Anda dapat tahu jika ada transaksi 0,5 Bitcoin, tetapi Anda tidak tahu siapa yang kirim dan siapa yang terima.

Dalam contoh di atas, semua orang tahu kalau di dalam kotak nomor 2034 berisi 1 bitcoin. Semua orang tahu jumlahnya, tetapi tidak ada yang tahu sebenarnya kotak 2034 dimiliki oleh Bob.

Hanya 2 orang yang bisa tahu bahwa kotak 2034 adalah milik Bob, yaitu Alice dan Bob (2 pihak yang bertransaksi).

Sampai sini, tentunya Anda sudah memahami kan prinsip kerja private key dan public key? Pertanyaan selanjutnya: bagaimana Bob mengambil Bitcoin tersebut?

Public Key dan Private Key, Kunci Mengamankan Bitcoin Anda 03 - Finansialku

Setiap orang memiliki sebuah private key dan sebuah public key, Ketika public key kita ketemu dengan jodoh private key, maka informasi akan terbuka

 

Melanjutkan diskusi di atas, jika Bob ingin memindahkan Bitcoinnya, maka Bob perlu membuka kotak 2034. Satu-satunya cara membuka kotak ini adalah dengan menggunakan kunci pribadi atau kunci privat (PRIVATE KEY). Jadi hanya Bob yang bisa membuka kotak posnya dengan menggunakan kunci privat.

Jadi prinsip Bitcoin: semua orang dapat melihat jumlah Bitcoin dengan kunci publik (cuma orang-orang tidak tahu identitas pemiliknya),

 

Seperti yang dijelaskan di atas, pada kasus BOB:

Semua orang dapat melihat bitcoin yang sedang ditransaksikan, namun hanya BOB yang dapat membuka dan mengambil isi kotak pos tersebut (memindahkan Bitcoin).

Kenapa bisa begitu? Karena Bob yang memiliki private key kotak pos tersebut.

Ketika Bob membukanya, Bob dapat memindahkan Bitcoin miliknya ke kotak pos orang lain. Contoh Bob membeli paket wisata dengan pembayaran Bitcoin. Ia dapat memasukkan Bitcoin ke kotak miliki travel agent.

 

Bagaimana jika Bob kehilangan private key?

Salah satu kelebihan sekaligus kelemahan sistem Bitcoin adalah, jika Anda kehilangan kunci privat. Dalam kasus Bob, jika Bob kehilangan private key, maka tidak ada orang yang dapat mengakses kotak tersebut, selamanya.

 

Bagaimana jika ada orang lain yang tahu private key kita?

Bob dan pemilik Bitcoin harus memastikan bahwa tidak ada orang yang mencuri kuncinya. Jika ada orang lain yang mengetahui private key Bob, maka orang tersebut dapat “mencuri” Bitcoin Bob.

Public Key dan Private Key, Kunci Mengamankan Bitcoin Anda 04 - Finansialku

Mempercayakan private key kepada vendor, ibarat kita menyimpan emas di safe deposit box.

 

Jadi, para pemilik Bitcoin harus pandai-pandai menjaga private key (kunci privat) atau mempercayakan kepada pihak yang dapat menjaga dengan aman (ibarat Anda menitipkan emas atau sertifikat di Safe Deposit Box Bank).

Seperti penjelasan di atas, kita dapat simpulkan bahwa

PRIVATE KEY (kunci privat) adalah kunci penyimpanan Bitcoin.

 

 

Memilih Tempat Menyimpan Private Key

Seperti yang kita ketahui, menyimpan private key sama dengan menyimpan Bitcoin. Jadi kita harus berhati-hati dalam menyimpan private key.

Private key itu bentuknya karakter digital atau tertulis di secarik kertas. Lalu bagaimana cara menyimpan private key?

Anda dapat menyimpan di safe deposit box atau brankas, tetapi tidak praktis. Setiap kali Anda ingin transaksi dengan Bitcoin, maka Anda perlu membuka safe deposit box atau brankas.

Kita dapat menyimpan private key dalam bentuk digital dengan menggunakan jasa ketiga. Banyak perusahaan penyedia layanan Bitcoin di Indonesia (bahkan di dunia). Perusahaan tersebut memiliki layanan dompet Bitcoin (Bitcoin wallet).

Setiap perusahaan memiliki cara sendiri dalam menyimpan private key Anda. Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa wallet Bitcoin adalah Luno. Sistem keamanan di Luno menggunakan sistem penyimpanan yang tersebar di beberapa negara.

 

Tips Mengamankan Bitcoin!

Meski menggunakan jasa titip (Bitcoin wallet), Anda tetap memiliki kebebasan untuk mengakses dan memindahkan Bitcoin.

Hati-hati Penipuan yang Mengincar Investor Saham - Cara Melindungi Password - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Password perlu didesain unik, sebisa mungkin hindari kata-kata yang terdapat di kamus

 

Beberapa cara mengamankan rekening Bitcoin dengan:

  1. Mengamankan akun email.
  2. Mengamankan akun media sosial Anda.
  3. Menggunakan password yang unik untuk setiap akun online.
  4. Aktifkan otentikasi dua faktor (two factor authentication).

 

Saat ini terdapat sistem otentikasi dua faktor (2FA), yang penting diaktifkan dalam akun Anda. Situs-situs seperti Facebook, Google dan Luno juga mendukung sistem 2FA.

Sistem 2FA ini juga sudah dilakukan oleh bank-bank konvensional, seperti bank akan mengirimkan 6 nomor unik melalui SMS (disebut: one time password).

Jika Anda sudah paham dengan konsep keamanan sistem Bitcoin, maka bagikan juga artikel ini kepada teman-teman Anda yang sedang ingin mempelajari Bitcoin.

 

Berikan komentar dan tanggapan Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih!

 

Disclaimer:

  • Tulisan di atas berasal dari Luno dan dikurasi oleh tim editor Finansialku dengan menambahkan beberapa informasi tambahan dari sumber referensi tambahan.
  • Tulisan di atas bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan sebagai saran berinvestasi atau berspekulasi.

 

Sumber Gambar:

  • Bitcoin – https://goo.gl/ffYwXh
  • Bis Surat – https://goo.gl/ymWiue
  • Safe Deposit Box – https://goo.gl/PKEHLN

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang