Reklamasi adalah salah satu cara yang dilakukan untuk memperluas daratan. Biasanya dilakukan untuk membangun jalur pesawat di bandara, jalan raya, hingga membuat pulau.

Akan tetapi, tidak semua reklamasi berjalan baik. Meskipun ada juga yang justru sangat berhasil dan memiliki hasil yang mencengangkan. Pulau reklamasi mana sajakah itu?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Isu Panas Reklamasi

Proses reklamasi adalah bentuk upaya yang dilakukan untuk membuat daratan semakin luas sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Ada beberapa tujuan mengapa suatu reklamasi dilakukan. Pada umumnya, hal ini terkait dengan kebutuhan banyak orang. Misalnya perluasan jalur pesawat di bandara, pembuatan jalan raya, hingga membuat pulau reklamasi.

Sayangnya, sebuah proses reklamasi tidak selamanya berjalan lancar.

Ada banyak reklamasi yang justru merusak ekosistem pantai bahkan mengganggu atau menghilangkan pekerjaan para nelayan. Karena alasan inilah reklamasi di Indonesia jadi salah satu isu panas yang banyak diperdebatkan.

 

Reklamasi di Indonesia

Perencanaan reklamasi di Indonesia sebenarnya bukan barang baru. Sudah sejak lama reklamasi direncanakan untuk dilakukan.

Tepatnya sejak tahun 1995. Salah satu tujuannya adalah untuk memberikan lahan hunian baru bagi masyarakat.

Sayangnya, rencana tersebut dibatalkan pada tahun 2003 karena dianggap tidak layak. Pembatalan tersebut dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dengan berbagai pertimbangan.

Selanjutnya, pada tahun 2011, Mahkamah Agung memutuskan bahwa proyek reklamasi adalah sesuatu yang legal.

Tentu saja dengan syarat-syarat tertentu. Salah satunya adalah tidak menyalahi dan sesuai dengan persyaratan kajian analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL).

Meski begitu, proyek reklamasi ini kembali mengalami hambatan dari Kementerian Kelautan dan Kemenko Maritim.

Reklamasi teluk Jakarta dan Teluk Benoa merupakan contoh reklamasi di Indonesia yang sampai saat ini masih terus menjadi konflik.

 

Proyek Pulau Reklamasi Dunia yang Berhasil Dijalankan

Melihat berbagai hambatan dalam proyek reklamasi di Indonesia, sepertinya kita memang perlu belajar banyak dari negara lain yang berhasil menjalankan proyek reklamasinya.

Berikut ini adalah 5 pulau reklamasi yang berhasil dilakukan di berbagai dunia:

 

#1 Pulau Sentosa – Singapura

Sebagai negara yang kecil, proyek reklamasi adalah salah satu upaya yang dilakukan Singapura untuk menambah lahan tempat tinggal masyarakatnya.

Wajar saja, mengingat luas negara Singapura yang hanya sedikit lebih besar dari Jakarta.

Salah satu proyek pulau reklamasi yang berhasil dilakukan Singapura adalah Pulau Sentosa. Pulau ini telah ada sejak lama, bahkan sempat menjadi benteng pertahanan penjajahan Inggris.

5 Pulau Reklamasi yang Berhasil Menakjubkan dan Mencengangkan Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Intip Pesona dan Keindahan 10 Pulau Termahal Di Dunia!]

 

Sekitar tahun 1950 setelah Singapura merdeka, Pulau Sentosa mulai dialih fungsi menjadi kawasan hiburan. Untuk mendukung hal ini, dibuat pula jembatan penghubung sebagai akses dari pulau utama.

Ada berbagai spot menarik yang bisa dikunjungi di pulau reklamasi ini. Seperti Universal Studio Singapore, SEA Aquarium, dan berbagai macam tempat hiburan lainnya.

Tidak heran jika Pulau Sentosa menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Singapura.

Proyek reklamasi Pulau Sentosa ini memang banyak menguntungkan Singapura.

Sayangnya, proyek ini justru merugikan Indonesia. Karena untuk membangun pulau reklamasi ini, Singapura menggunakan pasir dari Riau sebagai bahan baku. Dan hal ini berlangsung selama 24 tahun.

Karena hal ini, Indonesia mengalami banyak kerugian. Baik secara ekonomi maupun lingkungan hidup. Jika dihitung, kerugian tersebut bisa mencapai angka 42,38 miliar Dolar Singapura.

 

#2 Palm Jumeirah – Dubai

Siapa yang tidak tahu pulau reklamasi satu ini. Palm Jumeirah adalah pulau reklamasi ikonik Dubai yang dibuat serupa dengan bentuk pohon palem.

Pembangunan pulau reklamasi ini berlangsung sejak tahun 2001 dengan biaya sekitar US$12 miliar atau setara dengan Rp172 triliun.

5 Pulau Reklamasi yang Berhasil Menakjubkan dan Mencengangkan Dunia 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Terbaik Menikmati Wisata Pulau Kanawa, Cek Panduannya!]

 

Pembangunan Palm Jumeirah dilakukan oleh pengembang real estate pemerintah Dubai, Nakheel. Sedangkan rancangannya dibuat oleh Helman Hurley Peacock, salah satu firma arsitek asal Amerika Serikat.

Untuk membangun pulau sebesar ini, pengembang mengambil pasir dari dasar laut Teluk Persia.

Palm Jumeirah adalah tempat dan pulau reklamasi paling mewah yang ada.

Apalagi di atasnya banyak dibangun resor, hotel, juga apartemen mewah milik orang-orang kaya dari berbagai dunia. Ada sekitar lebih dari 10 ribu orang yang telah tinggal di pulau ini.

 

#3 Songdo – Korea Selatan

Siapa yang menyangka kalau Korea Selatan juga memiliki sebuah pulau reklamasi? Pulau bernama Songdo ini berada di Kota Incheon dan telah direncanakan untuk dibangun mulai dari tahun 2001.

Sejak awal perencanaannya, Songdo memang dibuat untuk menjadi kawasan berteknologi tinggi dan elite.

5 Pulau Reklamasi yang Berhasil Menakjubkan dan Mencengangkan Dunia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Tempat Wisata di Pulau Seribu yang WAJIB Kamu Datangi]

 

Salah satu teknologi yang diterapkan di pulau ini adalah pengadaan tempat sampah yang bisa memperkecil sampah secara otomatis.

Ada banyak kawasan bisnis dan juga terdapat Bandara Internasional Incheon.

Namun, penggunaan kendaraan pribadi di sini sangat dibatasi. Dengan begitu, udara di Songdo cenderung segar dan rendah karbon. Karena itu pula, jalanan di pulau ini tidak macet.

Pemerintah Korea sendiri mengatakan bahwa Songdo adalah permasalahan kota modern yang layak disejajarkan dengan Hong Kong dan Shanghai.

 

#4 Bandara Internasional Kansai – Jepang

Selain Korea Selatan, Jepang juga memiliki bandara yang lokasinya berada di pulau reklamasi. Yaitu Bandara Internasional Kansai yang berada di Osaka. Bandara ini berada di atas pulau buatan yang ada di Teluk Osaka.

5 Pulau Reklamasi yang Berhasil Menakjubkan dan Mencengangkan Dunia 05 - Finansialku

[Baca Juga: Menakjubkan! 10+ Destinasi Wisata Pulau Nias yang Indah Menawan]

 

Proyek reklamasi Bandara Internasional Kansai sudah berlangsung cukup lama. Tepatnya dimulai sejak tahun 1987 dan selesai pada tahun 1994.

Bandara Internasional Kansai dibangun di atas lahan seluas 500 hektar dan memiliki dua terminal. Yaitu terminal untuk penerbangan eksklusif dan terminal untuk penerbangan dengan biaya terjangkau.

 

#5 Bandara Hong Kong – Hong Kong

Pembangunan bandara di atas laut ini dilakukan pemerintah Hong Kong sebagai alternatif atas penerbangan di pusat kota yang terlalu padat.

5 Pulau Reklamasi yang Berhasil Menakjubkan dan Mencengangkan Dunia 06 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Mau Liburan Kemana? Coba Cek Biaya Liburan ke Pulau Karimun Jawa]

 

Saat ini, Bandara Hong Kong telah memiliki dua landasan terbang. Namun, pemerintah Hong Kong berencana untuk menambahnya menjadi tiga landasan terbang.

Landasan terbang yang ketiga ini kira-kira akan menghabiskan dana sekitar US$18,1 miliar atau setara dengan Rp259 triliun. Untuk proyeknya sendiri diperkirakan akan rampung sekitar tahun 2024 nanti.

 

Pulau Reklamasi untuk Standar Hidup yang Layak

Nah, itulah 5 pulau reklamasi yang ada di berbagai belahan dunia. Untuk membangun pulau reklamasi, tentu saja tidak dilakukan secara asal-asalan.

Ada berbagai penelitian dan perencanaan yang dilakukan terlebih dahulu. Termasuk juga bagaimana dampaknya terhadap lingkungan.

Karena pada dasarnya, pembangunan pulau reklamasi adalah suatu cara yang dilakukan untuk membantu kebutuhan banyak orang.

Di Indonesia sendiri, pulau reklamasi dibangun sebagai upaya memperluas lahan tempat tinggal masyarakat.

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan standar hidup yang layak dan juga tempat tinggal yang nyaman.

Selain itu, Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Menurut Anda, bagaimana mengenai proyek reklamasi pada 5 negara tersebut? Dan bagaimana pandangan Anda mengenai proyek reklamasi yang dilakukan pemerintah Indonesia?

Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar untuk berbagi dengan pembaca lainnya.

Bagikan juga artikel ini kepada teman dan kerabat Anda ya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Okky Budi. 18 Juni 2019. Bukan Indonesia, Ini 5 Proyek Pulau Reklamasi Tersukses di Berbagai Belahan Dunia. Moneysmart.id – http://bit.ly/2MazNiZ
  • Adi Nugroho. 5 Negara Besar ini Dikenal Paling Banyak Melakukan Reklamasi Pantai, Indonesia Apa Kabar?. Boombastis.com – http://bit.ly/2YMeN8Y

 

Sumber Gambar:

  • Pulau Reklamasi 1 – http://bit.ly/2OSGwjz
  • Pulau Reklamasi 2 – http://bit.ly/31DCBZz
  • Pulau Reklamasi 3 – http://bit.ly/2TmyttO
  • Pulau Reklamasi 4 – http://bit.ly/2YF6ewp
  • Pulau Reklamasi 5 – http://bit.ly/2KE66U9
  • Pulau Reklamasi 6 – http://bit.ly/2YXLZoY