Memiliki rumah pertama adalah sebuah hal yang dinanti setiap orang hingga tak jarang target ini masuk ke dalam resolusi awal tahun.

Jika kamu salah satunya, simak artikel berikut ini yang akan membagikan cara mewujudkan impianmu untuk mempunyai rumah pertama. Jangan lupa ikuti quiz-nya ya…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Quiz: Persiapan Membeli Rumah Pertama

Membeli rumah apalagi untuk yang pertama memang bukan perkara mudah. Ibarat keputusan besar dalam hidup, mengingat harga rumah tidaklah murah,

Selain menjadi tempat tinggal, banyak orang bertekad membeli rumah sebagai investasi. Seperti yang kita tahu bahwa harga properti yang satu ini setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan.

Semakin termotivasi untuk membeli rumah?

Quiz_ Udah Tahu Caranya Punya Rumah Pertama Tahun Ini_ 02

[Baca Juga: 10+ Tanaman Indoor yang Cocok Dipasang Di Rumah]

 

Sebelum masuk bahasan lebih lanjut, yuk ikuti quiz untuk mengetahui sejauh mana persiapan kamu mengejar impian mempunyai rumah pertama berikut ini.

[viralQuiz id=67]

 

Ingin Membeli Rumah Pertama? Ikuti Caranya Berikut Ini!

Bagaimana hasil quiz-nya? Supaya impianmu membeli rumah pertama bisa segera terwujud, kali ini Finansialku telah merangkum beberapa cara untuk membeli rumah pertama.

 

#1 Pastikan Kondisi Keuangan Tetap Aman

Ketika memutuskan untuk membeli rumah, hal pertama yang diperhatikan adalah kondisi keuanganmu karena untuk memiliki sebuah hunian diperlukan dana yang tidak sedikit.

Melansir liputan6.com, mempersiapkan dana pembelian rumah secara khusus harus dilakukan supaya tidak terpakai untuk kebutuhan lainnya. Pertimbangkan juga, keputusan ini jangan sampai mengganggu kondisi kesehatan finansialmu.

Jika kamu masih ragu, memanfaatkan Aplikasi Finansialku untuk menghitung anggaran yang harus disiapkan dalam membeli rumah.

Kamu pun bisa berkonsultasi dengan para perencana keuangan agar tidak salah dalam mengambil langkah.

 

#2 Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Setelah mengamankan sisi finansial, selanjutnya cari semua informasi dengan teliti dan detail, terutama tentang pembiayaan yang akan dipilih untuk pembelian rumah. Lihat dengan teliti tabel cicilan selama periode kredit.

Bandingkan berapa besar perbandingan utang pokok dan bunga di awal periode kredit, serta berapa lama bunga tetap yang berlaku.

Selanjutnya, korelasikan dengan tahap sebelumnya untuk menyesuaikan dengan anggaran atau budget yang kamu miliki.

Jangan lupa, perhitungkanlah biaya-biaya tambahan di masa depan seperti biaya renovasi, cukai, iuran komuniti penduduk, dan sebagainya.

Tak hanya sampai disitu, informasi yang harus digali juga terkait pengembang atau developer-nya. Cari tahu track record, apakah ada pembeli rumah yang kecewa, sudah berapa banyak proyek yang dikerjakan, dan sebagainya.

 

#3 Memilih Cara/Sistem Pembayaran Rumah

Terdapat beberapa cara pembayaran rumah yang ditawarkan oleh pengembang, misalnya saja tunai keras, tunai bertahap, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Tunai keras bisa jadi pilihan kamu jika memiliki finansial yang mencukupi. Nilai lebihnya, pengembang akan memberikan diskon besar bagi pembeli rumah dengan cara tersebut.

Cegah dan Jangan Tiru Kesalahan Membeli Rumah Pertamamu! 02 Membeli Rumah 2 - Finansialku

[Baca Juga: KPR Rumah Bekas: Syarat dan Cara Mengajukannya]

 

Tapi jangan dipaksakan jika kamu tidak mampu membayar sekaligus, pilihlah opsi lainnya dengan menyicil melalui KPR dan tunai bertahap akan menjadi pilihan yang lebih aman.

 

#4 Pastikan Kondisi Rumah dan Lingkungan

Pastikan kondisi rumah yang ditawarkan dalam kondisi baik.

Jika ditemukan kerusakan, maka mintalah kepada penjual untuk memperbaiki kerusakan, meminta jaminan, atau garansi kerusakan untuk suatu periode, seperti 6 bulan atau 1 tahun.

Selain itu perhatikan kondisi sekitar. Misalnya jalan utama yang menghubungkan rumah dengan pusat kota dan lokasi-lokasi penting, seperti rumah sakit, kantor kamu, bandara, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

Hal ini sangat penting, apalagi jika target untuk tinggal di rumah ini adalah untuk jangka waktu yang lama.

 

Wujudkan Impianmu Membeli Rumah Pertama

Tidak ada usaha yang sia-sia, selama kamu bertekad dan berusaha untuk memiliki rumah, akan selalu ada jalan untuk mewujudkannya.

Jangan menunda waktu, rencanakan dengan matang dan realisasikan. Kamu bisa download e-book cara membeli rumah pertama dari Finansialku berikut ini. Selamat berjuang!

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Apakah artikel ini bermanfaat untuk kamu? Jika ada yang ingin didiskusikan, jangan ragu tanyakan pada perencana keuangan Finansialku

Bagikan juga artikel ini ke teman-teman lainnya ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 28 Jul 2019. Ingin Beli Rumah Pertama? Baca Tips Ini Biar Tak Menyesal. Liputan6.com- http://bit.ly/2NyHoH0

 

Sumber Gambar:

  • Cara Punya Rumah 01 – http://bit.ly/2uDJRsV
  • Cara Punya Rumah 02 – http://bit.ly/2sZGJqZ