Memulai sebuah blog biasanya mudah, membangun kesuksesannya mungkin sedikit lebih sulit. Banyak blogger yang tidak mampu mempertahankan kesuksesannya dan berujung kegagalan. Bagaimana rahasia untuk mempertahankan kesuksesan blog Anda? Mari kita lihat beberapa rahasia agar blog Anda tetap sukses.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Bisnis Blog : Satu dari Ribuan Blogger

Jika Anda memiliki sebuah bisnis blog, maka Anda hanyalah satu dari ribuan blogger yang sedang merintis kesuksesannya. Yang perlu diingat untuk meraih kesuksesan adalah bagaimana Anda mencari cara untuk lebih menonjol daripada blogger lainnya.

Dengan jutaan pembaca potensial, Anda harus mencari topik yang terhubung dengan mayoritas pembaca. Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa rahasia agar bisnis blog Anda dapat bertahan dan sukses di antara ribuan blogger lainnya.

Ingin Bisnis Blog Anda Sukses Ini Rahasianya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Professional Blogger Ini Bisa Mendapat Penghasilan 13M setahun, Ini Skill yang Dia Miliki dan Caranya]

 

#1 Memahami Pembaca

Jika Anda ingin menghasilkan tulisan yang berguna bagi pembaca, maka terlebih dahulu Anda harus mengenal pembaca blog Anda beserta karakteristik dan topik yang diminatinya. Mengetahui apa yang diminati pembaca dapat menghasilkan konten yang lebih menarik dan memberi nilai lebih bagi pembaca.

Sebagai contoh, jika pembaca yang dituju adalah wirausaha dan pemilik usaha kecil, maka Anda sebaiknya membuat konten berisi tips dan trik seputar perencanaan finansial atau investasi.

 

#2 Cintai Pekerjaan Anda

Jika Anda tidak mencintai pekerjaan Anda, maka Anda tidak dapat menghasilkan tulisan yang baik. Pembaca akan menghargai tulisan Anda jika Anda mencurahkan seluruh pengetahuan dan keterampilan Anda dalam bentuk konten yang menarik.

 

#3 Jadilah Konsisten

Jika pembaca menggemari blog Anda, maka pembaca akan mengunjungi blog Anda secara berkala. Oleh karena itu, jika Anda tidak meng-update konten secara berkala, pembaca akan meninggalkan blog Anda.

Pembaca sebaiknya mengetahui jadwal Anda, dan Anda harus konsisten dengan jadwal tersebut. Anda tentunya tidak ingin ketinggalan dalam menginformasikan berita terbaru karena telat meng-update konten bukan?

 

#4 Buatlah Konten yang Bermanfaat

Blog merupakan selingan di sela-sela kesibukan pembaca. Pembaca tidak akan meluangkan waktunya secara khusus untuk membaca konten yang tidak menarik dan tidak ada gunanya.

Sebaiknya buatlah tulisan yang memberikan nilai lebih bagi pembaca, seperti isu terbaru atau solusi dari masalah yang dimiliki mayoritas pembaca.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog?]

 

#5 Buatlah Konten dengan Metode yang Variatif

Konten blog dapat di-post kapan saja, pagi, siang, atau bahkan malam. Buatlah konten yang sesuai dengan waktu pengunggahannya. Pada pagi hari, biasanya para pembaca sibuk bersiap-siap untuk berangkat kuliah atau bekerja, sehingga buatlah konten yang singkat atau gunakan list.

Dengan demikian konten Anda akan lebih mudah dibaca. Berbeda halnya dengan konten yang di-post di malam hari. Anda dapat mencantumkan lebih banyak kalimat karena pembaca memiliki waktu luang lebih banyak.

 

#6 Jawab Komentar Secukupnya

Bagi seorang blogger, penting untuk berinteraksi dengan pembacanya, namun Anda tidak perlu menjawab semua komentar yang disampaikan oleh pembaca. Balaslah komentar yang menurut Anda penting dan perlu dijawab. Dengan demikian pembaca tidak akan menyangka Anda hanya bermulut manis dan basa basi saja.

 

#7 Menggunakan Sumber Terpercaya

Blogger umumnya membuat konten yang sesuai dengan pengetahuan dan keterampilannya. Namun ada kalanya Anda tidak menguasai semua yang Anda sampaikan. Saat terjadi hal seperti itu, tidak ada salahnya jika Anda memberi tautan kepada sumber yang terpercaya.

Cara tersebut lebih baik daripada Anda memaksakan untuk menyampaikan sesuatu yang kurang Anda pahami.

 

#8 Gunakan Gambar atau Video Singkat

Tahukah Anda bahwa gambar atau video lebih bermakna dari ribuan kata? Terkadang, gambar dapat membantu Anda untuk menyampaikan makna secara mendalam. Blog tidak melulu berisi kata-kata, namun dapat dilengkapi dengan gambar atau video singkat yang mendeskripsikan isinya.

Bisnis yang Menguntungkan Sebagai Blogger Ini Model Bisnisnya dan Berapa Keuntungannya 1 - Finansialku

[Baca Juga: Bisnis yang Menguntungkan Sebagai Blogger? Ini Model Bisnisnya dan Berapa Keuntungannya]

 

#9 Mengingat SEO

Jangan lupakan pentingnya SEO (Search Engine Optimization) dalam kesuksesan sebuah blog. Muncul atau tidaknya blog Anda dalam search engine seperti Google ditentukan oleh kata kunci atau tag yang Anda gunakan. Pelajarilah kata-kata kunci dari isu terkini yang berkaitan dengan isi blog Anda dan lampirkanlah dalam konten Anda.

 

#10 Jangan Lupakan Pemasaran

Tidak peduli seberapa bagus isi konten Anda, tidak ada gunanya jika tidak disertai dengan proses pemasaran yang baik. Banyak media yang dapat Anda gunakan sebagai ajang promosi, seperti media sosial, menjadi penulis tamu di website ternama, serta mentautkan link dalam kolom komentar. Anda dapat memilih metode yang menurut Anda sesuai.

Infografis Memulai Usaha Rumahan Bisnis Online dengan Menjadi Seorang Blogger 02 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Memulai Usaha Rumahan Bisnis Online dengan Menjadi Seorang Blogger]

 

Pertahankan Blog Anda!

Janganlah Anda hilang ditelan waktu karena munculnya pesaing-pesaing yang baru dan kreatif. Anda sudah memiliki keunggulan dengan memulai lebih dulu, sekarang yang perlu Anda lakukan hanya mempertahankannya agar Anda selalu lebih unggul. Gunakanlah beberapa tips di atas dan semoga Anda dapat selalu berinovasi dan mempertahankan kesuksesan blog Anda.

 

Apakah Anda mengetahui rahasia untuk mempertahankan kesuksesan bisnis blog lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Laurel Delaney. 16 September 2016. Secrets to Managing a Successful Blog. Thebalance.com – https://goo.gl/OD8XUH

 

Sumber Gambar:

  • Worker – https://goo.gl/Tn07xw
  • Freelancer – https://goo.gl/6Z4tAO

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang