Mengatur keuangan rumah tangga menjadi salah satu tantangan dalam keluarga. Diperlukan pengaturan yang tepat agar pemenuhan kebutuhan dapat berjalan dengan baik.

Tidak mudah untuk mengatur keuangan keluarga.

Kali ini, Finansialku akan memberi rahasia dalam mengatur keuangan rumah tangga agar dapat menjadi lebih baik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Rahasia Pengaturan Keuangan Rumah Tangga

Salah satu rahasia dalam mengatur keuangan rumah tangga ialah dengan mengatur keuangan Anda sendiri sedini mungkin. Anda dapat men-download Ebook di bawah ini untuk merencanakan keuangan:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Beberapa rahasia mengatur keuangan rumah tangga lainnya ialah sebagai berikut:

 

#1 Anggaran, Anggaran, dan Anggaran

Rahasia yang paling sering diremehkan adalah anggaran. Anggaran keuangan merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap rumah tangga.

Alasannya, dengan adanya anggaran keuangan, Anda akan mengetahui berapa jumlah pemasukan dan jumlah uang yang boleh dibelanjakan.

Mengatur-Keuangan-Rumah-Tangga-01-Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru Menikah, Agar Keuangan Anda Sehat]

 

Untuk memulainya, Anda harus mulai menulis pengeluaran harian Anda dengan rinci, berapa dan ke mana uang tersebut Anda habiskan.

Setelah mengetahui pengeluaran bulanan, maka gunakan daftar tersebut untuk memperkirakan anggaran untuk bulan berikutnya.

 

#2 Keinginan vs Kebutuhan

Tahap berikutnya adalah tahap yang krusial, Anda harus mengetahui mana pengeluaran untuk kebutuhan dan mana keinginan.

Contoh mudahnya adalah rumah yang nyaman adalah kebutuhan, tetapi rumah yang besar dan mewah adalah keinginan.

Hindari pengeluaran yang tidak Anda perlukan. Jangan sampai Anda terjerumus pada gaya hidup yang melebihi batas kemampuan Anda.

Bijaksana dalam mengeluarkan uang merupakan cara yang paling tepat untuk mengatur keuangan rumah tangga.

 

#3 Jaga Gaya Hidup Sederhana

Jika Anda selalu menghabiskan seluruh pemasukan, maka Anda tidak akan memiliki cukup uang untuk menabung atau berinvestasi. Memiliki dana sisihan harus dimulai dari gaya hidup yang sederhana.

Hindari pengeluaran yang berlebihan dan fokus pada menabung.

Mengatur-Keuangan-Rumah-Tangga-02-Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan 5 Tanda Ini Agar Keuangan Rumah Tangga Aman]

 

Ketika Anda mendapatkan sejumlah uang, jangan belanja terlebih dahulu kemudian menabung. Anda harus menabung dahulu, baru kemudian membelanjakannya.

Dengan cara ini, Anda dapat mengontrol gaya belanja dan gaya hidup Anda.

 

#4 Hindari Utang

Berbeda dengan zaman sekarang yang segalanya menggunakan kartu kredit, kebanyakan ibu zaman dulu, akan lebih memilih menggunakan uang tunai.

Alasannya adalah mereka tidak ingin dan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak bergantung pada utang.

Mereka menerapkan sistem kemandirian secara finansial. Ini berarti mereka tidak akan membeli barang (terutama dalam jumlah yang besar) jika mereka belum sanggup atau belum menyiapkan dananya.

Untuk itu, sebisa mungkin hindari utang apalagi yang hanya digunakan untuk konsumsi. Dengan hidup tanpa utang, keuangan Anda akan menjadi lebih baik.

Bonusnya, Anda pasti dapat hidup dengan tenang dan tidur dengan lebih nyenyak.

 

#5 Cari Penghasilan Tambahan

Masa muda adalah masa yang paling produktif. Berusahalah sebaik mungkin untuk mencari uang dan menggunakannya dengan bijaksana. Mencari penghasilan tambahan adalah salah satunya.

Di zaman yang canggih ini, mencari penghasilan tambahan bukanlah hal yang sulit. Anda dapat mendapatkan uang tanpa harus menggunakan modal.

Mengatur-Keuangan-Rumah-Tangga-03-Finansialku

[Baca Juga: Fakta Membuktikan: Belanja Impulsif dan Hedonisme adalah Tanda Seseorang Tidak Tahu Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga]

 

Banyak contoh yang dapat Anda pilih, misalnya dengan menjadi freelancer, reseller, atau menjadi dropshipper.

Anda dapat melakukan semuanya secara online, kapan saja, dan di mana saja tanpa perlu mengotak-ngatik jadwal kerja normal Anda.

 

#6 Sediakan Dana Darurat

Tidak ada yang dapat meramal apa yang akan terjadi nanti. Oleh karena itu, kita membutuhkan dana darurat untuk risiko yang mungkin terjadi. Dana darurat ini jumlahnya beragam yang harus disesuaikan dengan gaya hidup dan kebiasaan masing-masing.

Normalnya, dana darurat ini harus bisa membiayai kebutuhan Anda selama 3 bulan. Anda pun dapat mempersiapkan diri untuk keadaan darurat dengan memiliki asuransi.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Asuransi adalah produk perlindungan yang seharusnya dimiliki oleh setiap keluarga. Jika pada akhirnya, dana darurat tidak lagi Anda butuhkan, Anda dapat menyimpannya untuk pendanaan masa pensiun.

 

Mengatur Keuangan Rumah Tangga Bersama

Tidak hanya pengaturan keuangan yang diterapkan oleh diri sendiri, Anda juga dapat mengikutsertakan keluarga Anda dalam pengaturan finansial.

 

#1 Turut Sertakan Anak-Anak

Jika beberapa dari Anda beranggapan bahwa melibatkan anak dalam mengatur keuangan adalah hal yang mustahil, maka Anda salah. Walaupun Anda tidak dapat melibatkan anak secara langsung dalam pembahasan keuangan, Anda dapat mengajak anak Anda berpartisipasi secara tidak langsung.

Salah satu caranya adalah mengajak mereka untuk menghitung kebutuhan mereka sendiri.

Anda pun dapat mengajak mereka dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan kebutuhan mereka, seperti pemilihan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan lainnya.

Dengan cara ini, Anda akan menerapkan kebiasaan membedakan kebutuhan dan keinginan serta menyadarkan mereka akan adanya konsekuensi atas pilihan mereka.

Anda dapat mengajar anak mengatur keuangan mereka sendiri dengan sistem uang saku bulanan sejak dini.

 

#2 Bantu Orang Tua Mengatur Keuangan Mereka

Orang tua merupakan bagian yang sangat berjasa dalam hidup, untuk itu sebisa mungkin Anda membalas kebaikan dan budi orang tua dengan membantu mereka dengan membantu pengaturan finansial mereka.

Contohnya mengingatkan jatuh tempo tagihan, membantu mereka memilih suatu produk investasi dan memberikan mereka informasi terbaru akan dunia keuangan.

 

#3 Libatkan Pula Pasanganmu

Keuangan sebuah keluarga tidak dapat bergantung hanya pada 1 orang, agar dapat diatur dengan baik, pengaturan keuangan harus dilakukan bersama.

Komunikasikan kendala dan hambatan yang ada dalam mengatur keuangan. Anda pun dapat terbuka mengenai ide dan saran agar keuangan bersama dapat menjadi lebih baik.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Tidak ada salahnya saling menegur kebiasaan keuangan pasangan yang buruk demi kebaikan bersama. Pertimbangan keuangan sebaiknya dilakukan bersama agar pasangan Anda juga memiliki tanggung jawab yang sama terhadap pengaturan keuangan.

 

Disiplin adalah Kunci

Seluruh rencana dan ide pengaturan akan berhasil hanya jika Anda merealisasikan pemikiran tersebut.

Dalam kenyataannya, Anda pasti akan menemukan berbagai hambatan serta halangan yang mendorong Anda untuk menyerah. Akan tetapi, Anda harus fokus pada tujuan keuangan akhir dan disiplin.

Dengan ini, pasti Anda akan memiliki pengaturan keuangan yang baik.

 

Setelah Anda membaca artikel ini, pasti Anda telah mengetahui cara untuk mengatur keuangan dengan tepat dan benar.

Silakan bagikan pengalaman Anda dalam mengatur keuangan rumah tangga di kolom komentar bawah ini.

Bagikan ilmu yang Anda dapat dari artikel ini untuk sanak saudara serta teman Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Ferdinand Chen. 4 April 2016. 5 Rahasia Cara Mengatur Keuangan Keluarga Yang Tidak Diketahui Banyak Orang. Halomoney.co.id – https://goo.gl/GtE3iT
  • Admin. 21 Maret 2016. Jangan Remehkan Tips Ibu-ibu Zaman Dulu dalam Mengatur Keuangan Keluarga. Moneysmart.id – https://goo.gl/suWXsC

 

Sumber Gambar

  • Mengatur Keuangan Rumah Tangga 1 – https://goo.gl/kvP6Rn
  • Mengatur Keuangan Rumah Tangga 2 – https://goo.gl/9KBHhD
  • Mengatur Keuangan Rumah Tangga 3 – https://goo.gl/1ZotXt
Summary
Rahasia Besar Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Perlu Dilakukan
Article Name
Rahasia Besar Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Perlu Dilakukan
Description
Mengatur keuangan rumah tangga menjadi salah satu tantangan dalam keluarga. Diperlukan pengaturan yang tepat agar pemenuhan kebutuhan dapat berjalan dengan baik.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo