Apakah Anda mengerti apa definsi dari refinancing kredit mobil? Kenali definisinya serta cara mudah mengajukannya, simak berikut ini.

Lalu, bagaimana cara mudah untuk melakukan prosedur tersebut? Ini dia tahap demi tahapnya untuk Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Definisi Refinancing Kredit Mobil

Ingin memperbaharui kredit mobil? Atau ingin melunasi cicilan dengan cara mudah? Anda bisa memanfaatkan refinancing kredit mobil yang ditawarkan oleh pihak leasing.

Sistem ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan dana segar serta menyelesaikan kredit mobil sebelumnya. Surat berharga yang jadi jaminan pun tak bakal disalahgunakan bank atau pihak leasing.

Tertarik melakukan refinancing pada kredit mobil Anda? Jika ya, Anda harus merelakan Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) sebagai jaminan.

Tak cuma itu, Anda bisa mengganti bank yang memberikan kredit baru. Pembaharuan kredit memang tak mengharuskan peminjam melakukan refinancing pada bank yang sama.

 

Tahap Pengajuan Refinancing Kredit

Agar Anda tidak bingung dengan sistem cicilan ini, kami akan jelaskan proses refinancing. Adapun prosesnya sebagai berikut.

 

#1 Ajukan pada Bank Berbeda

Pengajuan refinancing terbilang mudah, sebab Anda tak harus mengulang proses pengajuan cicilan dari awal. Pasalnya, data Anda telah tercatat oleh pihak bank dan punya riwayat kredit yang bagus.

Refinancing Apakah Anda Tahu Strategi Cerdas dalam Melunasi Kredit Mobil 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bahagia? Ketahui Cara Menghemat BBM Mobil Agar Super Irit]

 

Dengan demikian, pengajuan refinancing jauh lebih cepat dan mudah. Sayangnya, hal ini tidak berlaku bila Anda mengajukan refinancing pada bank sama.

 

#2 Pastikan Dana Cair

Sudahkah Anda memastikan dana segar yang bakal didapatkan? Pencairan dana refinancing terkadang lebih kecil daripada sisa kredit mobil.

Kondisi ini akan  menyusahkan Anda ke depannya, sebab memakan waktu panjang untuk dilunasi.

Bukan hanya itu, Anda juga tak bisa mendapatkan dana segar untuk kebutuhan lainnya. Beberapa orang biasanya mencari dana segar untuk memulai atau mendanai usaha mereka.

 

#3 Hitung Kembali Besarnya Suku Bunga

Setelah memastikan dana cair, pastikan juga suku bunga pinjaman lebih rendah. Alasan utama kreditur melakukan refinancing adalah memangkas bunga yang harus dibayarkan.

Kebanyakan kredit lama mematok suku bunga tinggi, sehingga memberatkan para kreditur.

Refinancing Apakah Anda Tahu Strategi Cerdas dalam Melunasi Kredit Mobil 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kiat Sederhana Beli Motor Murah Berkualitas Tinggi Supaya Tidak Ditipu]

 

Oleh sebab itu, kreditur mengajukan pembaharuan kredit untuk mencari suku bunga pinjaman lebih rendah.

Supaya Anda tak terjebak pada suku bunga tinggi, sebaiknya cek suku bunga kredit bank yang dituju. Apakah jauh lebih rendah daripada sebelumnya atau tidak?

 

#4 Buat Simulasi Kredit

Poin ini berlaku untuk para kreditor yang ingin mengajukan refinancing di bank berbeda. Anda perlu meminta simulasi kredit dari pihak bank untuk mengetahui besaran cicilan.

Dari sini, Anda juga tahu besaran kredit yang dibayarkan dari pinjaman tersebut.

Proses refinancing bakal lebih mudah dan tepat dengan mempelajari simulasi kredit yang ditawarkan. Pihak bank akan memberi penjelasan sedetail mungkin terkait hal ini.

 

#5 Lakukan Survey Terhadap Mobil

Besaran dana refinancing tergantung pada kondisi mobil yang dijadikan jaminan. Pihak bank atau leasing akan melakukan survey langsung ke rumah Anda.

Mau Pengajuan Kredit Mobil Cek Dulu Kerugian dan Keuntungan Kredit Mobil! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Mobil Listrik Terbaik Di Dunia, Ada Karya Anak Bangsa Lho!]

 

Mereka bakal menaksir harga mobil untuk menentukan dana segar yang dicairkan. Proses ini akan berlangsung beberapa minggu sampai pihak leasing menghubungi Anda secara langsung.

 

#6 Lengkapi Data yang Dibutuhkan

Dari awal pengajuan, pastikan Anda telah mengumpulkan semua data yang diperlukan. Bila perlu, buat salinan dokumen untuk berjaga-jaga.

Jika nantinya pihak leasing atau bank membutuhkan salinan dokumen, Anda tak perlu kebingungan lagi. Simpan dokumen terlampir secara seksama, agar Anda bisa mengawasi kredit di kemudian hari.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Ternyata, Refinancing Kredit Mobil Mudah Dilakukan

Dari 6 poin di atas, Anda tentu sudah lebih paham perihal refinancing kredit. Proses pengajuan refinancing tidak sesulit yang Anda bayangkan selama ini.

Anda pun bisa mendapatkan dana segar dengan suku bunga lebih rendah. Jadi, tertarik memperbaharui kredit mobil Anda?

Bila Anda tertarik melakukan refinancing, hubungi leasing atau bank terkait sesegera mungkin. Tapi, sebelum memutuskan untuk terikat dalam kontrak kredit, sebaiknya Anda cek kesehatan keuangan terlebih dahulu.

Gunakan fitur Financial Health Check Up di aplikasi Finansialku untuk melihat apakah ke depannya Anda bisa terus membayar cicilan atau tidak. Belum punya aplikasinya?

Download sekarang di Google Play Store atau Apple Apps Store. Gratis!

 

Bicara soal refinancing kredit mobil, apakah artikel di atas bermanfaat untuk Anda? Jika ya, jangan ragu untuk berbagi informasi ini pada sesama pemilik kendaraan roda empat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Apa Itu Refinancing Kredit Mobil? Bagaimana Caranya?. Simulasikredit.com – http://bit.ly/2wrv1a5

 

Sumber Gambar:

  • Refinancing 1 – http://bit.ly/37CHrJ5