Mau Bahagia? Ketahui Cara Menghemat BBM Mobil Agar Super Irit

Harga bahan bakar minyak (BBM) kini memang semakin mahal, sehingga masyarakat terus mencari cara untuk menghemat BBM mobil.

Jika Anda juga sedang kebingungan karena BBM mobil Anda sangat boros, simak beberapa tips mudah dari Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Menghemat BBM Mobil agar Super Irit

Berbagai produsen kendaraan terus membuat inovasi dan meluncurkan seri terbarunya. Mulai dari tenaga yang besar, fitur yang canggih hingga kemewahan badan mobil terus ditonjolkan.

Tetapi satu hal yang sering terlupakan adalah segi bahan bakarnya. Fitur canggih dan tenaga besar tentunya perlu didukung dengan bahan bakar yang banyak.

Mau Bahagia Ketahui Cara Menghemat BBM Mobil Agar Super Irit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana, Kredit Mobil di Bank atau Kredit Mobil di Leasing?]

 

Mengingat BBM merupakan salah satu kebutuhan primer mobil, dan harganya pun terus naik, maka banyak cara yang dilakukan hanya demi penghematan BBM.

Memang bagaimana sih cara agar tetap hemat BBM?

Jika Anda juga kesulitan menghemat anggaran BBM bagi mobil kesayangan, Finansialku mengajak Anda melihat beberapa cara penghematan BBM mobil agar super irit berikut ini:

 

Berdasarkan Kondisi Mobil

Salah satu faktor yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil tentunya kondisi mobil itu sendiri. Perawatan yang rutin dan baik bisa mengurangi konsumsi BBM.

Nah, mari kita lihat beberapa tips menghemat BBM berdasarkan kondisi mobil:

 

#1 Memastikan Ban Terpompa dengan Benar

Tahukah Anda bahwa ban yang terpompa dengan benar akan mengurangi pemakaian bahan bakar hingga 3%? Nyatanya, tekanan ban mobil Anda akan berkurang 1 PSI setiap bulannya. Selain itu, suhu yang rendah juga bisa mempengaruhi tekanan bank mobil.

Oleh karena itu, lakukan pengecekan secara berkala terhadap kondisi tekanan ban minimal sebulan sekali. Selain menghemat BBM, ban yang dipompa dengan benar akan mengurangi risiko ban cepat aus.

Apabila Anda merasa tekanan ban kurang, maka Anda bisa mengisinya sendiri dengan mengunjungi SPBU terdekat.

Beberapa SPBU umumnya menyediakan kompresor otomatis yang dapat mengisi angin pada ban mobil Anda sesuai dengan tekanan yang Anda inginkan.

Disarankan untuk mengisi sekitar 3 PSI ketika kondisi ban Anda dalam keadaan dingin. Selain itu, jangan sembarangan mengisi angin hingga tekanan maksimumnya, namun isi sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Tekanan berlebih dapat menyebabkan ban cepat aus dan membuat boros bahan bakar.

 

Tips tambahan: cek dahulu penutup pentil mobil Anda, apakah dapat diisi angin tanpa perlu membuka penutupnya. Dan cek juga penutup pentil mobil anda karena bisa saja terjadi macet akibat kotoran atau kebocoran.

 

#2 Tune Up secara Rutin

Selain dari segi ban, Anda juga bisa menghemat bahan bakar dengan melakukan tune up pada mesin. Mesin mobil yang di tune up secara rutin mengakibatkan performa mobil lebih maksimal.

Namun sayangnya, mekanik bengkel terkadang melupakan faktor penghematan bahan bakar, sehingga biasanya akhir-akhirnya akan memakan bahan bakar untuk tenaga yang besar.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengingatkan mekanik bengkel untuk mengupayakan penghematan bahan bakar.

Bingung Perawatan Mobil 6 Cara Merawat Mobil yang Mudah dan Bisa Menghemat Biaya - Finansialku 02

 [Baca Juga: Jangan Kredit Mobil Lagi, Jika Anda Belum Tahu Aturan Mainnya]

 

#3 Rutin Membersihkan Filter Udara

Rutinitas selanjutnya adalah pada perawatan filter udara. Filter udara yang kotor dapat memboroskan pemakaian bahan bakar lho. Selain itu, juga dapat menyebabkan mesin mobil Anda mati pada saat idle.

Dengan demikian, lakukan perawatan dengan membersihkan filter udara secara rutin. Hindari filter udara tersumbat oleh debu, terlebih apabila Anda sering melewati jalanan yang kotor dan berdebu.

 

#4 Mengurangi Beban

Jika Anda sudah melakukan ketiga cara tadi namun BBM masih saja boros, maka ada cara termudah dalam penghematan bahan bakar. Caranya adalah dengan memilih mobil yang lebih ringan dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tambahan beban 100 pon dapat meningkatkan pemakaian bahan bakar sebesar 1-2% lho!

Beban mobil dapat menjadi penyebab utama pemborosan bahan bakar. Hal ini dikarenakan beban yang berat dapat menghilangkan energi kinetik pada mobil non hybrid.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa mengurangi beban kendaraan dengan melepas jok mobil yang tidak digunakan atau meminimalkan bawaan dalam mobil Anda dan hindari membawa barang-barang berat di bagasi.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#5 Menggunakan Ban yang Sesuai dengan Kebutuhan

Saya saja baru tahu bahwa ban mobil yang lebih sempit akan lebih aerodinamis dan traksi akan lebih kecil.

Namun, bukan berarti Anda bisa menggunakan ban yang berukuran lebih kecil daripada yang dianjurkan oleh pabrik. Hal terpenting adalah menggunakan ban yang sesuai dengan velg.

Cobalah untuk memilih ban mobil yang memiliki hambatan gelinding kecil. Hal ini dapat menghemat bahan bakar hingga beberapa persen.

 

#6 Memilih Oli Sintetis

Ternyata pemilihan oli juga sangat mempengaruhi penghematan bahan bakar pada kendaraan Anda.

Penggunaan oli sintetis akan membuat konsumsi bahan bakar mobil Anda menjadi lebih hemat 5%. Selain itu, Anda juga akan merasakan pergantian oli tidak terlalu sering di lakukan. Luar biasa ya?

Bingung Perawatan Mobil 6 Cara Merawat Mobil yang Mudah dan Bisa Menghemat Biaya - Finansialku 04

[Baca Juga: Apa Saja yang Harus Kamu Tahu Mengenai Kredit Mobil Bekas ?]

 

Berdasarkan Cara Mengemudi

Selain berdasarkan kondisi mobilnya, cara mengemudi pun dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar lho! Tidak percaya, simak pembahasan berikut:

 

#1 Mobil Berinjeksi

Pada mobil berinjeksi, selalu pastikan untuk mengecek sensor oksigen, sistem emisi mobil, dan saluran pembuangan dalam kondisi yang cukup baik. Mengapa demikian?

Terkadang menyalanya lampu check engine menunjukkan kurang baiknya sistem dalam mobil. Sebagai contoh, kerusakan pada sensor oksigen dapat meningkatkan pemakaian bahan bakar hingga 20%.

 

#2 Memanfaatkan Penghemat Bahan Bakar

Dewasa ini, banyak beredar alat penghemat bahan bakar di pasaran. Tidak ada salahnya jika anda mencoba memakainya saat mengemudi dan melihat dampak positifnya. Jangan lupa pelajari terlebih dahulu cara menggunakannya dan lakukan perbandingan kinerja dari alat-alat yang berbeda.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Pengisian Bahan Bakar

Dalam mengemudi, disarankan untuk mengisi bahan bakar Anda hingga setengah tangki Anda atau minimal diatas seperempat tangki. Mengapa demikian?

Jawabannya adalah karena saat bahan bakar yang terisi hanya sedikit, pompa bensin akan bekerja lebih berat. Selain itu, bahan bakar yang berada di dalam tangki yang akan menguap lebih cepat.

 

Tips tambahan: Pilihlah bahan bakar yang berkualitas, dimana kandungan etanol tinggi akan memudahkan proses pembakaran. Selain itu, Anda dapat menggunakan bahan bakar alternatif seperti etanol atau biodiesel yang dapat menghemat pemakaian konsumsi bahan bakar mobil anda.

 

#4 Mematikan AC saat Jalanan Macet

Saat terjebak kemacetan, pemakaian AC menjadi salah satu penyebab pemborosan BBM.

Alasannya adalah karena saat AC dinyalakan terus menerus maka kerja mesin akan semakin berat, yang secara otomatis akan mengonsumsi banyak bahan bakar.

Mau Tahu Cara Memiliki Mobil Pribadi Tanpa Kredit dan Tanpa Utang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Malapetaka Kredit Mobil, Jika Tanpa Perhitungan]

 

Tips lainnya terkait penggunaan AC adalah jangan membuka jendela mobil saat Anda menyalakan AC, karena akan lebih sulit untuk menurunkan temperatur, dan akan menyebabkan kerja AC berat.

 

#5 Monitor Kerja Mesin

Apabila Anda menggunakan mesin secara berlebihan, tentunya pemakaian bahan bakar akan lebih tinggi. Sebagai contoh, pemakaian AC berlebih, percepatan tiba-tiba yang sering, atau perubahan kecepatan bisa menjadi penyebabnya.

Sayangnya, tidak ada indikator yang akan mengingatkan Anda saat hal ini terjadi. Oleh karena itu, sering-seringlah memperhatikan rpm mesin mobil Anda, pastikan bila rpm mesin mobil sesuai dengan kondisi ideal, yakni sekitar 3.000 rpm.

 

#6 Kurangi Mengubah Kecepatan Tiba-Tiba

Memang betul mengurangi kecepatan mobil juga busa mengurangi penggunaan bahan bakar hingga 33%, tetapi yang terpenting adalah agar jangan menambah atau mengurangi kecepatan secara tiba-tiba.

Mesin akan bekerja secara lebih efisien bila aliran udara cukup tinggi dan pada keadaan RPM tertentu.

Anda juga sebaiknya tidak terlalu banyak mengerem, kecuali memang dibutuhkan. Karena pengereman lagi-lagi menyebabkan perubahan kecepatan tiba-tiba yang mengonsumsi banyak bahan bakar.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#7 Hindari Mesin Menyala saat Mobil Berhenti Lama

Apabila mobil Anda berhenti lebih dari satu menit maka sebaiknya matikan mesin Anda. Hal ini akan berpengaruh dalam konsumsi bahan bakar, dimana memanaskan mobil terlalu lama dalam keadaan berhenti akan memboroskan bahan bakar.

Selain itu, memanaskan mobil juga termasuk dalam kondisi idle, yaitu kondisi kendaraan yang kurang gerak atau pelan serta penggunaan energi yang sedikit. Hindari idle terlalu lama dengan cara memanaskan mobil Anda dengan membawanya berkendara secara perlahan sampai mencapai suhu yang ideal.

Fresh Graduate Gaji Rp5 Jutaan Bisa Beli Mobil Baru Ini Cara Siapkan DP Mobil! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Simulasi Kredit dan Mengenal 3 Jenis Bunga Kredit yang Perlu Anda Ketahui]

 

#8 Menggunakan Cruise Control

Saat Anda berkendara secara umum, cruise control dapat membantu Anda menghemat pemakaian bahan bakar dengan menjaga kecepatan mobil agar tetap konstan.

Kembali pada poin sebelumnnya, kecepatan yang konstan akan menghemat penggunaan bahan bakar secara signifikan.

 

Berdasarkan Pemilihan dan Proses Pengisian SPBU

Mungkin terdengar janggal, tetapi nyatanya pemilihan dan proses pengisian dalam SPBU yang baik dan benar akan mempengaruhi penggunaan bahan bakar Anda.

Setiap tempat pengisian bahan bakar memiliki kode tersendiri. Sebagai contoh di Jakarta dan sekitarnya SPBU menggunakan kode 31XXX atau 34XXX. Angka pertama menunjukkan kode wilayah dan angka kedua merupakan angka yang menunjukkan kepemilikan.

Bingung Perawatan Mobil 6 Cara Merawat Mobil yang Mudah dan Bisa Menghemat Biaya - Finansialku 01

[Baca Juga: [Kalkulator] Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru]

 

Misalnya, jika Anda melihat kode SPBU dengan angka pertama 3, artinya SPBU tersebut berdomisili di Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Sekitarnya. Sedangkan untuk angka yang kedua:

  • Jika menggunakan angka 1 artinya pertamina milik sendiri
  • Jika menggunakan angka 4 artinya pihak swasta.

 

Selain mengetahui kode SPBU-nya, Anda juga bisa memperhatikan proses pengisian bahan bakarnya. Beberapa tips dalam pengisian bahan bakar untuk menghemat BBM adalah sebagai berikut:

  • Tidak menekan tuas selang saat mengisi BBM.
  • Lakukan pengisian BBM pada pagi hari.
  • Lakukan pengisian BBM saat BBM masih dalam kondisi minimal setengah.
  • Menghindari pengisian BBM saat ada truk yang sedang mengisi tangki penyimpanan.

 

Berkendara Menjadi Menyenangkan dan Hemat BBM

Bagaimana, apakah artikel ini sudah memberi gambaran tentang tips menghemat bahan bakar?

Kesimpulannya, Anda bisa menghemat dengan cara mengecek dan mengontrol beberapa hal berikut:

  1. Kondisi dan perawatan mobil
  2. Cara berkendara
  3. Cara mengisi bahan bakar

 

Di samping itu, beberapa tips umum dalam menghemat bahan bakar adalah sebagai berikut:

  1. Mengatur putaran mesin pada mobil
  2. Menambahkan kecepatan secara bertahap
  3. Menggunakan gigi yang sesuai dengan kondisi jalan
  4. Parkir di tempat yang dingin
  5. Menghindari kemacetan
  6. Menghindari cuaca buruk
  7. Tidak menggunakan mobil dalam jarak dekat

 

Jika artikel ini bermanfaat, maka sayang sekali jika teman-teman kantor Anda yang juga pusing karena BBM yang boros tidak bisa memperoleh informasi yang bermanfaat seperti ini.

Apabila Anda membagikan artikel ini, tentunya Anda juga membantu mereka dalam menghemat BBM agar super irit. Anda bisa share artikel ini via WhatsApp atau media sosial lainya.

 

Apakah Anda juga pusing dengan BBM yang boros setiap bulan? Apa Anda memiliki pertanyaan mengenai cara menghemat BBM lainnya?

Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 31 Cara Menghemat BBM Mobil Agar Super Irit. Showroommobil.co.id – https://goo.gl/ypZR5i

 

Sumber Gambar:

  • Cara Menghemat BBM Mobil – https://goo.gl/bGkNt1
  • Menghemat BBM Mobil – https://goo.gl/RGtQpg

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-11-27T15:01:18+00:00 November 26th, 2017|Categories: Kredit Kendaraan Bermotor, Lifestyle|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download