Apa saja daftar cryptocurrency 2021 yang layak dikoleksi untuk investasi? Yuk, cek daftar lengkapnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet. Dikarenakan sandi-sandi rahasia cryptocurrency yang cukup rumit, maka dapat melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini.

Berdasarkan history-nya, ada banyak cerita orang-orang yang sukses pada investasi crypto ini dan menghasilkan keuntungan yang fantastis. Bahkan sempat booming pada masanya.

Cryptocurrency juga diprediksi akan mengalami kenaikan yang bisa menghasilkan keuntungan di masa depan. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang berminat untuk investasi pada cryptocurrency, apakah Anda salah satunya?

Jika ya, yuk cek daftar cryptocurrency 2021 yang bisa Anda pertimbangkan untuk diinvestasikan.

 

Daftar Cryptocurrency Yang Layak Koleksi Untuk Investasi 2021

Apabila Anda masih bingung memilih cryptocurrency yang terbaik, Anda bisa memilih salah satu atau beberapa dari aset crypto berikut. Ada beberapa cryptocurrency yang layak dikoleksi untuk investasi tahun 2021.

 

#1 Bitcoin (BTC)

Aset crypto bitcoin mungkin sudah terdengar familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak heran, karena bitcoin merupakan aset crypto yang paling bayak diperdagangkan saat ini. Bahkan, bitcoin dijuluki sebagai the king of cryptocurrency, lho.

Permintaan untuk bitcoin ini sangat tinggi, namun jumlahnya terbatas. Saat ini jumlah bitcoin yang beredar hanya 21 juta saja. Dengan permintaan yang tinggi tersebut, maka aset kripto ini terus menerus mengalami kenaikan harga.

Walaupun bitcoin sempat mengalami penurunan yang signifikan pada tahun 2018, tapi koin ini masih menjadi salah satu crypto yang layak untuk dikoleksi untuk investasi tahun 2021.

Mengapa demikian? Karena harganya sudah “murah” dan memiliki kemungkinan naik di masa depan.

Rekomendasi Cryptocurrency Layak Koleksi untuk Investasi 2021 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Investasi Bitcoin Cocok untuk Mengejar Kebebasan Keuangan?]

 

#2 Ethereum (ETH)

Ethereum berada pada posisi kedua setelah bitcoin dalam hal likuiditas. Jadi, aset crypto ini banyak diperdagangkan sehingga pencairan dananya sangat mudah.

Pada tahun 2018, ethereum juga turun signifikan. Namun, akan menjadi koin peringkat ke dua menurut CoinMarketCap pada tahun 2020.

 

#3 Litecoin (LTC)

Seperti dua aset crypto sebelumnya, crypto ini juga memiliki kapitalisasi pasar yang besar dan tingkat likuiditas yang tinggi. Oleh karena itu, Litecoin menjadi salah satu koin crypto yang terbaik. 

Jumlah Litecoin yang beredar di pasaran adalah 84 juta. Salah satu kelebihan dari aset crypto ini adalah proses penambangan yang sangat singkat yakni hanya sekitar 2 menit.

Dengan kecepatan proses penambangan yang di atas rata-rata dari aset kripto lain maka litecoin masih menjadi koin yang diandalkan oleh banyak trader dan investor.

 

#4 NEM

Untuk mendapatkan aset crypto NEM, Anda harus memanen atau harvest terlebih dahulu sedangkan aset crypto lain harus ditambang. Hal itulah yang membuat NEM sedikit berbeda dengan aset crypto lainnya.

Namun, menariknya proses transaksi yang dibutuhkan untuk koin ini merupakan yang tercepat, lho. Anda hanya perlu 6 detik saja untuk membuat transaksi baru serta hanya 20 detik sampai transaksi tersebut berhasil dikonfirmasi.

Untuk keunggulan lainnya, NEM membuat lebih hemat karena membutuhkan tenaga 100 kali lebih sedikit untuk memanen.

Rekomendasi Cryptocurrency Layak Koleksi untuk Investasi 2021 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Trading, Kenali Dulu Perbedaan Forex dengan Bitcoin]

 

#5 Basic Attention Token (BAT)

Basic Attention Token dirilis dan dikembangkan oleh perusahaan Brave Browser. Penggunaan token ini disamakan dengan penggunaan tip atau bonus untuk content creator, dan sebagainya.

Untuk besarnya tip atau token yang bisa Anda berikan untuk content creator tergantung dari seberapa banyak informasi yang mereka berikan untuk Anda.

Semakin banyak informasi yang mereka berikan, maka semakin banyak juga token yang akan diberikan.

 

#6 Binance Coin (BNB)

Binance Coin dikembangkan oleh perusahaan yang dikenal sangat mapan dan kokoh dalam sejarah bisnis, termasuk dalam hal uang digital.

Dengan perusahaan pengembang yang berpengalaman maka tidak heran jika binance coin masuk dalam kategori aset crypto yang layak diinvestasikan pada tahun 2021. Selain itu, coin ini juga layak Anda jadikan alternatif diversifikasi portofolio.

 

#7 VidyCoin

Vidycoin merupakan aset crypto utama yang digunakan pada platform Vidy. Anda bisa mendapatkan koin ini hanya dengan menonton sebuah iklan.

Koin ini juga dinilai sangat potensial dan menjanjikan untuk memiliki kinerja yang baik dan menguntungkan. Oleh karena itu, aset kripto ini mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu yang terbaik.

Alasan utamanya adalah karena koin ini berbeda dengan yang lain dimana koin ini memiliki sebuah teknologi unik dan mutakhir dalam bagian dari ekosistem Vidy.

Salah satunya adalah teknologi The Video Layers for Ads yang menjadi salah satu inovasi di dunia industri iklan digital.

 

#8 NEO

Aset crypto NEO ini dinilai memiliki kesamaan dengan ethereum. Banyak pengamat yang berspekulasi bahwa NEO akan mengalami perkembangan nilai seiring dengan berjalannya waktu.

Untuk saat ini, NEO banyak digunakan sebagai landasan atau pondasi untuk membangun aset finansial digital, smart contract, serta aplikasi blockchain.

Rekomendasi Cryptocurrency Layak Koleksi untuk Investasi 2021 04 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Ada Mesin ATM Bitcoin di Indonesia? Bagaimana Penampakannya?]

 

#9 EOS

Di antara semua jenis mata uang digital lainnya, EOS merupakan salah satu aset kripto yang memiliki komunitas paling besar.

EOS ini mempermudah pengembang untuk membuat database dan manajemen akun tanpa harus memiliki latar belakang ilmu pemrograman.

Oleh karena itu, sejak dirilis EOS telah menarik banyak perhatian pengembang serta memperoleh modal untuk terus mengembangkan potensinya.

 

#10 Tron (TRX)

Tron merupakan salah satu aset kripto yang baru. Namun, aset kripto ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Walaupun saat ini baru memiliki sekitar 300.000 akun saja tapi aset kripto ini dipercaya akan terus mengalami perkembangan nilai.

Tron sebagai alat bayar akses premium ini akan semakin banyak digunakan di masa yang akan datang. Mengapa demikian? Karena saat ini sudah banyak orang yang rela membayar untuk mendapatkan akses konten-konten yang premium.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

12 Ebook Perencanaan Keuangan 30an

 

Berinvestasi Cryptocurrency di Tahun 2021

Ada berbagai cryptocurrency yang layak untuk diinvestasikan pada tahun 2021.

Apabila Anda bingung memilih cryptocurrency yang mana untuk diinvestasikan, maka Anda dapat memilih salah satu atau beberapa cryptocurrency berdasarkan daftar di atas.

Setiap cryptocurrency tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Tentunya setiap investasi memiliki risiko, termasuk investasi cryptocurrency.

Risiko cryptocurrency juga termasuk tinggi, namun dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi juga alias high risk high return. Jadi, sebelum berinvestasi kamu perlu pelajari risikonya dan miliki manajemen keuangan yang baik, ya.

 

Jadi, daftar cryptocurrency 2021 mana yang akan Anda pilih untuk diinvestasikan? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Tanayastri Dini Isna. 4 Desember 2020. 10 Koin Kripto Terbaik, Buat Anda yang Minat Investasi Cryptocurrency! Wartaekonomi.co.id – https://bit.ly/2J1pNIG
  • Admin. 21 Mei 2020. 10 Cryptocurrency Terbaik Untuk Investasi Di Tahun 2020. Cryptoharian.com – https://bit.ly/2LJEkcV
  • Niko Ramadhani. 26 Januari 2020. Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Cryptocurrency dalam Dunia Finansial. Akseleran.co.id – https://bit.ly/2Wzs297

 

Sumber Gambar:

  • Cryptocurrency 1 – http://bit.ly/2WZdf8f
  • Cryptocurrency 2 – http://bit.ly/3aY4XWd
  • Cryptocurrency 3 – http://bit.ly/3o8ReiY
  • Cryptocurrency 4 – http://bit.ly/2Jz9bIy