Presiden Jokowi sebut ada 119 perusahaan yang akan relokasi ke Indonesia, salah satunya relokasi perusahaan China ke Jawa Tengah.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Relokasi Perusahaan China, Jepang, Korea dan Lainnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan ada tujuh perusahaan asing yang merelokasi pabriknya ke Indonesia.

Lima dari tujuh pabrik tersebut pindah dari China sementara dua lainnya dari Korea dan Jepang. Jokowi juga menyebut ada potensi 119 perusahaan yang akan merelokasi pabriknya dari China.

Selain tujuh perusahaan yang dipastikan masuk, ada 17 perusahaan yang sudah berkomitmen besar untuk masuk dengan total investasi US$37 miliar (sekitar Rp 536 triliun) dan potensi serapan tenaga kerja sebanyak 112 ribu orang.

Bidang usaha perusahaan yang akan relokasi tersebut meliputi industri elektronika, audio dan video, lampu dengan tenaga surya, hingga suku cadang kendaraan bermotor yang semuanya berorientasi ekspor.

Perusahaan asing yang sudah relokasi industri tersebut memilih lahan pendirian pabrik di kawasan industri Batang, Jawa Tengah.

10 Prospek Kerja Teknik Industri yang Harus Diketahui Semua Mahasiswa Jurusan Teknik Industri 02 - Finansialku

[Baca Juga: Intip Fasilitas Kerja Perusahaan Unicorn yang Buat Karyawan Hepi]

 

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan mengapa akhirnya kawasan Batang yang dipilih sebagai prioritas sebagai kawasan industri untuk menyambut relokasi-relokasi pabrik dari negara lain.

Ini karena lahan tersebut merupakan milik BUMN PTPN IX sehingga tak ada masalah soal lahan maupun perizinan.

“Kita ketahui lokasi yang prima dan memang ini merupakan satu kepemilikan di bawah PTPN IX. Jadi tidak ada isu relokasi atau mandeknya perizinan,” kata Erick Thohir sebagaimana dikutip dari CNBC Indonesia.

Beberapa perusahaan multinasional yang akan merelokasi pabriknya dari China ke Indonesia, antara lain berasal dari Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Amerika Serikat.

Berikut ini ketujuh perusahaan asing yang relokasi industri dari China ke Batang, melansir dari Kontan, Rabu (01/07);

  1. Alpan Lighting, dengan mendirikan PT CDS Asia merupakan perusahaan di bidang usaha industri lampu dengan tenaga surya.
  2. Sagami Electric, dengan mendirikan PT Sagami Indonesia yakni perusahaan bidang usaha industri komponen elektronika.
  3. Denso, dengan mendirikan PT Denso Indonesia yakni bergerak di bidang usaha industri suku cadang kendaraan bermotor.
  4. Panasonic, dengan mendirikan PT Panasonic Manufacturing Indonesia yakni perusahaan yang bergerak di bidang usaha industri barang elektronika.
  5. Meiloon, dengan mendirikan PT Meiloon Technology Indonesia yakni perusahaan yang bergerak di bidang usaha industri speaker, audio dan video elektronik.
  6. Kenda Tire, dengan mendirikan PT Kenda Rubber Indonesia yakni perusahaan di bidang usaha industri ban.
  7. LG Electronics, dengan mendirikan PT LG Electronics Indonesia yakni perusahaan di bidang usaha industri perlengkapan elektronika.

 

CNN Indonesia mewartakan, salah satu perusahaan yang telah menyatakan komitmennya yaitu LG Chemical dengan nilai investasi US$ 9,8 miliar (sekitar Rp 142 triliun), dan potensi penyerapan tenaga kerja 14.000 orang.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 30 Juni 2020. 7 Perusahaan yang Disebut Jokowi Relokasi Pabrik ke RI. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3ghBKFk
  • Yusuf Imam Santoso. 30 Juni 2020. 7 perusahaan sudah pindah dari China ke Jawa Tengah, 17 perusahaan siap menyusul. Industri.kontan.co.id – https://bit.ly/2Zn0PaZ
  • Chandra Gian Asmara. 30 Juni 2020. Erick Ungkap Alasan Batang Terpilih Relokasi Pabrik China cs. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3eMPHKQ
  • Wayan Adhi Mahardika. 30 Juni 2020. 7 Perusahaan Relokasi dari Cina ke RI, Kemenperin Kebut Pengembangan Kawasan Industri Batang. Akurat.co – https://bit.ly/3gdwNx1

 

Sumber Gambar:

  • Relokasi Perusahaan China – https://bit.ly/2YSicl3