Bagi kamu agen properti yang ingin keuangannya semakin baik, simak pembahasan cara mengatur keuangan khusus agen properti bersama Shierly CFP® ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Resolusi Keuangan Tahun 2021 Buat Agen Properti

Dalam rubrik ini, kita akan membahas tentang cara mengatur keuangan buat kamu para agen properti yang ingin kondisi keuangan sehat sebagai resolusi keuangan di tahun 2021.

Tahukah kamu bahwa ada beberapa masalah yang seringkali dihadapi oleh para agen properti?

Apa saja itu?

  1. Pendapatan tidak menentu tiap bulannya (kadang pendapatannya besar, bahkan tidak memiliki pendapatan), bergantung pada closing
  2. Tidak membuat dan menentukan target closing-an yang hendak dicapai
  3. Tidak punya target dan rencana keuangan

 

Tentunya setiap masalah tersebut sangat membahayakan kondisi keuangan, terutama para agen properti. Ya kan?

Oleh sebab itu, untuk mengawali tahun 2021 ini, yuk miliki resolusi yang benar soal mengatur keuangan, terutama bagi para agen properti, bersama saya, Shierly CFP®.

Tahukah kamu bahwa sebuah survei di luar negeri, hanya 12% saja dari resolusi di tahun baru yang berhasil tercapai. Seberapa penting sih memiliki resolusi di tahun yang baru?

Berhasil atau tidak, menurut saya resolusi itu dapat diartikan sebagai ketetapan diri kita untuk berubah.

Misalnya ingin memulai sebuah sifat, perilaku yang lama yang tidak diinginkan lagi, atau memulai sesuatu yang kita inginkan.

Sebetulnya, resolusi itu sendiri baiknya kita lakukan bukan hanya di special occasion seperti tahun baru, tapi kita lakukan setiap hari. Namun, melakukannya di awal tahun biasanya menjadi momen yang pas untuk memulai lembaran baru.

Seperti awal tahun 2021 ini, kita memulai sesuatu yang baru di tahun yang baru dan membingkai memori tahun-tahun sebelumnya.

Resolusi Keuangan dan Cara Mengatur Keuangan Agen Properti – Part 1 02

[Baca Juga: Pasti Sukses Dengan 8 Cara Menjadi Agen Properti Berikut Ini!]

 

Bagi para agen properti, tahun 2020 adalah tahun yang cukup spesial. Mengapa?

Seperti yang kita ketahui, di tahun 2020 Indonesia mengalami resesi terutama di sektor properti, sektor yang cukup terpukul di mana pertumbuhannya mengalami perlambatan.

Namun, memasuki tahun 2021, ada kabar baik bahwa sektor properti, yang diperkirakan oleh lembaga ekonomi luar negeri dan pemerintah dalam negeri, akan mengalami pemulihan dari resesi di tahun ini.  

Pemulihan perekonomian yang akan dimulai ini tentu akan berdampak pada industri properti meski pemulihannya tidak secepat lini atau sektor lain.

Jika kamu adalah agen properti atau bekerja di sektor properti, sinyal ini adalah sebuah tombol restart untuk memulai sesuatu yang baru.

Tahun 2021 mengajak kita untuk memulai lembaran-lembaran baru, terutama yang berkaitan dengan kondisi keuangan, antara lain:

  • Mencapai tujuan keuangan yang diinginkan
  • Adanya perbaikan kondisi keuangan dari tahun-tahun sebelumnya, tidak hanya mencapai goalnya saja
  • Pengelolaan yang baik dapat membuat kita menjadi bijaksana dalam membuat keputusan finansial atau berbelanja dan semakin disiplin dalam bekerja

 

So, yuk kita buat resolusi keuangan sekarang juga dan jangan ditunda-tunda!

 

Gimana Cara Bikin Resolusi Dari Skala Kecil Di Tahun 2021?

Dalam melakukan resolusi keuangan, tentu setiap orang punya liku-likunya sendiri.

Dari sisi pengeluaran, mungkin di tahun sebelumnya cukup boros, apalagi dengan ketidakpastian.

Misalnya pengeluaran kopi atau printilan yang kecil, tapi jika kita kumpulkan, maka pengeluaran bisa semakin besar.

So, bagaimana supaya menghemat pengeluaran?

Mungkin kamu bisa mengurangi jatah kopi setiap hari dari beberapa cangkir jadi secangkir sehari.

Dari segi penghasilan, mungkin kamu bisa memiliki resolusi untuk mencari rumah listing atau survei lebih rajin.

Selain itu, kamu bisa belajar untuk berinvestasi seperti saham atau reksa dana, memulai kursus, atau mulai mencari teman-teman yang bisa mendukung dan fokus untuk meningkatkan diri.

Dari segi administratif keuangan, mungkin kamu bisa mulai untuk mencatat keuangan harian, membuat anggaran dan lain sebagainya.

Kalau saya pribadi, dalam melakukan resolusi, saya suka memulai dari gambaran yang besar kemudian masuk ke yang lebih detailnya. Misalnya, kamu bisa mulai melihat apa yang kurang di tahun 2020 dan ingin ditingkatkan di tahun 2021.

 

Ketahui Kondisi Keuangan

Dalam hal keuangan, kamu bisa melakukan financial check-up.

Apa saja sih yang diperiksa dalam melakukan financial check-up? Biasanya seperti, seberapa besar keamanan keuangan kita, misalnya jika kamu punya cicilan, apakah batasnya masih aman.

Lalu berapa besar pengeluaran yang disisihkan untuk investasi dan pengeluaran sehari-hari, apakah rasionya ideal antara pengeluaran, tabungan, dan investasi?

Kemudian dari sisi dana darurat apakah sudah cukup aman?

Mungkin kalian pikir ini ribet ya! Tapi sebetulnya enggak lho!

Financial Check Up bisa kamu lakukan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi Finansialku.

Melalui aplikasi ini, kalian bisa cek kesehatan keuangan kalian plus langsung dikonsultasikan dengan para Certified Financial Planner dari Finansialku untuk diperiksa dan diberi “obat” apabila ada yang kurang sehat dari keuanganmu.

Selain cek kesehatan finansial, kamu sebagai agen properti juga bisa membuat anggaran, mencatat keuangan, membuat rencana tujuan keuangan, dan fitur-fitur yang membantumu mengelola keuangan dengan baik lainnya.

Kamu bisa akses seluruh fitur lengkapnya dengan upgrade aplikasi Finansialku ke premium sebesar Rp 300 ribu untuk penggunaan SATU TAHUN menggunakan kode voucher CUAN50.

Jika kamu ingin mencoba full feature-nya terlebih dulu, kamu bisa ikuti free trial-nya selama 30 hari sebelum memutuskan upgrade. Tapi jangan lupa catat kodenya ya supaya kamu bisa dapatkan harga promonya saat upgrade akun premium.

Nah, setelah kamu tahu kondisi keuangan, kamu bisa menentukan tujuan keuangan yang SMART. Apa itu SMART? Kalian bisa baca penjelasannya di artikel Komik: Pahami dan Ikuti Tips Smart Membuat Tujuan Keuangan.

 

Miliki Tujuan dan Rencana Keuangan

Tujuan keuangan juga bisa dibagi ke dalam beberapa bagian; tujuan keuangan jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang.

Misalnya, jangka pendek itu tujuannya bisa dicapai di akhir tahun 2021. Kemudian untuk tujuan jangka menengah dicapai sekitar 2 hingga 3 tahun mendatang, lalu tujuan keuangan jangka panjang yang kamu capai saat 10 tahun mendatang atau nanti saat menjelang pensiun.

Setelah daftar tujuan sudah kamu buat, masukkan dalam sebuah rencana keuangan!

Kamu bisa manfaatkan salah satu fitur dari aplikasi Finansialku yaitu Rencana Keuangan! Simak contoh Rencana Keuangan dengan tujuan membeli Honda PCX seharga Rp 35 juta berikut ini ya!

Dana Membeli Kendaraan

Kamu tinggal masukkan saja semua data yang perlu diisi seperti contoh di atas, lalu klik HITUNG!

Hasil Dana Membeli Kendaraan

Selanjutnya di layar kamu akan muncul kesimpulan dan berapa biaya yang harus kamu siapkan untuk bisa membeli barang tersebut.

Gampang kan?

 

Miliki Action dari Langkah Kecil

Selanjutnya, kamu lakukan action untuk mewujudkan tujuan keuangan tersebut, misalnya seperti:

  • Meningkatkan penghasilan,
  • Menekan pengeluaran,
  • Belajar investasi atau mendiversifikasi investasi,
  • Membuat catatan keuangan dan anggaran,
  • Menabung secara auto transfer,
  • dan lain sebagainya.

 

Setelah itu, fokus satu langkah demi satu langkah untuk mencapai tujuan keuanganmu. Sekecil apapun itu, tidak apa-apa, yang penting kamu melakukan action untuk mewujudkan tujuan keuanganmu!

 

Buat Tracking Progress

Jangan lupa juga untuk lakukan tracking your progress dengan cara kalian masing-masing, misalnya dalam aplikasi, jurnal atau dalam excel.

Buat kamu para agen properti, kamu bisa menambah listing rumah. Jika sehari hanya tiga, mungkin kamu bisa tingkatkan jadi lima sehingga dalam satu bulan saja kamu mengalami peningkatan.

 

Miliki Support System

Buat kamu yang ingin lebih sehat dan mengurangi kebiasaan merokok, kamu bisa cari teman yang bisa mendukungmu untuk bisa lepas dari rokok, atau berada dalam lingkungan yang mendukung.

Dalam hal perencanaan keuangan, kamu juga bisa cari mentor keuangan, misalnya di Finansialku, kamu bisa cari perencana keuangan yang bisa kamu ajak curhat dan mencari solusi dari masalah keuanganmu.

Kamu bisa bertemu dengan saya melalui fitur Konsultasi Keuangan, lalu cari nama saya, Shierly CFP® untuk berbincang lebih lanjut mengenai masalah keuanganmu.

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

So, itu dia beberapa langkah yang bisa kalian lakukan sebagai seorang agen properti untuk mengatur keuangan pribadi supaya lebih baik di tahun 2021.

Mau tahu beberapa tips sukses dari aku buat kamu para agen properti, simak artikel aku selanjutnya ya di Tips Sukses Agen Properti 2021 bersama saya, Shierly CFP®

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

3 Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur dan Freelancer

 

Sobat Finansialku dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan!

Jika kamu memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, silakan menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 01 – https://bit.ly/3buDoUC
  • Gambar 02 – https://bit.ly/3sbEDOF