Ingin terjun ke dunia investasi dengan aplikasi Gotrade? Yuk simak artikel berikut ini, Finansialku akan review aplikasi Gotrade.

Jika kamu ingin beli saham perusahaan luar negeri, simak pembahasan Finansialku ini dulu yuk…

 

Berinvestasi Saham

Sobat Finansialku tertarik untuk mulai investasi saham perusahaan luar negeri? Sebelum kita masuk kepada review Gotrade yang akan kamu gunakan sebagai aplikasi yang menunjuang investasi kamu.

Ada baiknya Sobat Finansialku dengarkan terlebih dahulu audiobook berikut ini. Di mana dengan mendengarkan audiobook ini kamu dapat mempelajari dunia investasi. 

banner_jangan_asal,_ketahui_ini_dulu_sebelum_investasi_saham

 

Investasi menjadi salah satu jalan yang ditempuh banyak orang di masa ini. Hal ini disebabkan karena cara ini memungkinkan mereka mendapat penghasilan pasif dengan menggelontorkan sejumlah dana.

Investasi saham makin digemari, terutama saat akses edukasi mengenai hal ini begitu mudah didapat, seperti melalui video-video atau buku-buku investor top dunia.

Meskipun keuntungannya fluktuatif, namun investasi tetap menjanjikan. Kini, setiap orang bisa membeli saham perusahaan luar negeri dengan lebih mudah dengan kehadiran aplikasi, salah satunya Gotrade.

Dalam jual beli saham, aplikasi ini berperan sebagai service provider yang dalam kinerjanya turut didukung perusahaan lain.

Jika kamu menggunakan aplikasi ini, kamu berperan sebagai customer yang menggunakan jasa aplikasi Gotrade, seperti tools, deposit dana, charting tools, dan sebagainya.

Jika kamu ingin menggunakan, ada beberapa istilah yang harus kamu mengerti, antara lain:

  1. Kita: kita merupakan untuk pelanggan atau customer yang menggunakan jasa yang disediakan Gotrade.
  2. Gotrade/ TR8 Securities Inc. Adalah perusahaan yang terdaftar dalam Labuan Companies Act 1990, Malaysia, yang berlisensi untuk menjalankan bisnis dalam aturan Labuan Financial Services Authority dan Securities Act 2010.
  3. Labuan Finansial Services Authority merupakan lembaga pengatur dan pengawas dari pemerintah Malaysia. Fungsinya sama dengan Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia.
  4. Rapyd merupakan penyedia layanan pembayaran atau fintech-as-a-services
  5. Alpaca Securities, LLC perusahaan ini merupakan perusahaan broker terdaftar dan merupakan member FINRA dan SIPC US yang menjadi broker saham kita. Transaksi nantinya akan dilakukan melalui broker Alpaca ini.

 

Cara Beli Saham di Gotrade

Membeli saham perusahaan luar negeri adalah hal yang lumrah dilakukan investor. Perusahaan luar negeri dianggap sebagai diversifikasi yang baik dengan presentase keuntungan yang lebih banyak.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, membeli saham luar negeri kini tak lagi sulit. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti Gotrade untuk melakukannya.

 

Keunggulan Aplikasi Gotrade

Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki aplikasi Gotrade:

  1. User interface Gotrade terbilang user friendly dibanding aplikasi kebanyakan.
  2. Pembelian saham dilakukan dengan sistem fractional shares atau per lembar pecahan. Pembelian saham bisa dimulai dari US$1 saja.
  3. Gotrade merupakan platform legal yang diawasi oleh SIPC.
  4. Tanpa komisi transaksi jual beli.
  5. Registrasi mudah dan cepat.
  6. Tanpa perlu menggunakan VPN.
  7. Memungkinkan kamu membeli saham dari perusahaan-perusahaan top dunia, seperti Apple, Alibaba, Amazon, Google, Starbucks, dan sebagainya.
  8. Cara deposit sangat mudah karena terhubung dengan layanan perbankan besar di Indonesia, seperti Bank BNI, Bank MANDIRI, Bank BRI, serta Bank BCA.
  9. Trading dibatasi hanya 3x tiap 5 hari. Hal ini menjadikannya relevan untuk jangka panjang.
  10. Sudah memanfaatkan keamanan berbasis biometrik. Dengan begitu kamu bisa melakukan kegiatan tanpa repot mengetik email dan sandi berulang.

[Baca juga: Menyelidiki Berbagai Mitos Trading Komoditas yang Perlu Kamu Ketahui!]

 

Mendaftar Aplikasi Gotrade

Gotrade memiliki proses pendaftaran yang tidak terlalu memakan waktu. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Unduh aplikasi Gotrade di Google Play atau App Store. Setelahnya, silakan siapkan data pribadi dan identitas diri untuk mengonfimasi pendaftaran. Di sini, kamu juga akan diminta untuk berswafoto dan membubuhkan tanda tangan digital.
  2. Isikan identitas pada form yang diminta, seperti kebangsaan, token undangan, perusahaan yang ingin dipilih, tanggal lahir, dan sebagainya. Untuk kode undangan, kamu bisa menggunakan kode dari orang yang lebih dahulu mendaftar. Kamu bisa mencarinya di blog-blog investor yang juga membeli saham melalui Gotrade.
  3. Kamu harus menunggu kurang lebih sehari untuk verifikasi akun. Setelah berhasil, kamu akan mendapatkan US$4 untuk membeli saham pertama.

 

Cara Deposit di Aplikasi Gotrade

Ada beberapa cara untuk melakukan deposit di Gotrade. Berikut adalah cara paling mudah untuk deposit di Gotrade:

  • Pastikan kamu telah terdaftar di Gotrade. Silakan masuk aplikasi dan cari tombol dengan lambang “$”. Setelah kamu ketuk, akan muncul tampilan seperti berikut. 

Gotrade 1

  • Di halaman ini, silakan fokus pada bagian Instant Deposit to Gotrade (deposit instan hingga US$1.000 dengan cepat) dan Deposit to Gotrade (transfer langsung ke Gotrade. Biasanya memakan waktu hingga 3 hari kerja. keduanya bisa dibayar dengan transfer bank, virtual account, dan international wire transfer. Silakan perhatikan gambar di bawah. Gambar sebelah kiri adalah tampilan instan deposit, sementara sebelah kanan adalah deposit yang memakan waktu 3 hari. 

Gotrade 2

  • Silakan masukkan metode pembayaran yang kamu inginkan. Sebagai contoh, kami menggunakan virtual account. Masukkan nominal yang kamu inginkan.

Gotrade 3

Gotrade 4

  • Jika sudah yakin dengan nominal yang dipilih, silakan klik Preview deposit. Swipe up pada bagian yang diminta, kemudian kamu akan diberi instruksi pembayaran.

Gotrade 5

Gotrade 6

  • Silakan lakukan pembayaran. Kemudian masuk kembali ke aplikasi Gotrade dan klik I’ve made the payment. Setelahnya, kamu tinggal memeriksa menu berlogo “$” dan pilih My Funding Activity.

 

Keamanan Aplikasi Gotrade

Tentu saja, hal yang paling penting dan harus diperhatikan ketika berinvestasi adalah media yang digunakan. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena Gotrade adalah platform yang dapat dipercaya.

Mengingat lokasinya yang berada di luar Indonesia, Gotrade saat ini belum diawasi oleh OJK. Meski begitu, layanan ini diawasi langsung oleh Labuan Finansial Services and Securities Act yang berbasis di Malaysia.

[Baca juga: Trading Emas Online Di Forex: Cara, Kelebihan, dan Risiko]

Lembaga ini berperan layaknya OJK.

Gotrade juga mempunya kliring broker di Amerika bernama Alpaca yang telah diawasi dan terikat regulasi dengan US Securities and Exchange Commision (SEC) dan Financial Industry Regulatory Authority (FINRA).

Dana yang bisa diproteksi oleh Gotrade mencapai US$500.000. Perlindungan ini akan menjamin keamanan dana kita kalau Gotrade tutup.

 

Pajak yang Dibebankan Kepada Investor

Peraturan mengenai pajak dan pungutan serupa, investor mengikuti ketentuan pajak yang berlaku di Amerika Serikat. Pajak ini dilaporkan dalam laporan pajak tahunanmu.

Jika kamu warga Indonesia tanpa green card atau masuk dalam nonresident aliens, maka kamu tidak dikenakan pajak capital gain US. Meski begitu, kamu tetap dikenakan pajak penghasilan di Indonesia.

Sementara itu, rate pajak dividen dibebankan sebesar 30% dari dividen yang dikeluarkan perusahaan USA.

Tapi ada baiknya kamu memastikan dengan broker. Sebab, USA memberikan rate yang lebih rendah terhadap negara-negara yang memiliki perjanjian dengan mereka.

 

Jangan Takut Investasi!

Sudah saatnya anak muda berinvestasi. Hal ini didukung dengan mudahnya akses dan bisa dimulai dari nominal yang kecil. Kamu bisa memanfaatkan platform seperti Gotrade untuk memulai. Jangan takut investasi dan selamat mencoba!

 

Jadi Sobat Finansialku, sudah semakin yakin untuk mulai investasi dengan aplikasi Gotrade bukan? Yuk bagikan artikel ini kepada saudara dan sahabat lainnya, untuk semakin banyak orang yang sadar akan investasi.

 

Editor: Rincani Sinaga

Sumber Referensi:

  • Bagus Dwi Prasetyo. 20 Mei 2021. Cara Deposit di Gotrade. Bagusdwiprasetyo.com – https://bit.ly/3zWupFR
  • Bagus Dwi Prasetyo. Membuat Akun Gotrade. Bagusdwiprasetyo.com – https://bit.ly/2SXcM83
  • Rivan Kurniawan. 21 April 2021. Membeli Saham di US Stocks, Mudah Kok. Berikut Caranya!. Rivankurniawan.com – https://bit.ly/3qhOu4G
  • Ronaldo Sukianto. 23 Mei 2021. Aspek Hukum, T&C, dan Konsep dari Aplikasi Gotrade untuk Investasi Saham US. Ronaldosukianto.com – https://bit.ly/3vOfQki

Sumber Gambar:

  • Cover: https://bit.ly/3Alu6Ep