Ternyata Kedai kopi Filosofi Kopi ini rintisan Rio Dewanto, lho. Dia merupakan salah satu aktor berbakat tanah air.

Seperti apa sepak terjangnya menuju kesuksesan? Yuk, simak perjalanannya dalam artikel ini. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Merintis Karier Sebagai Figuran

Dalam dunia perfilman Indonesia, sosok Rio Dewanto bukanlah sosok baru. Berbagai film populer telah dibintanginya.

Mulai dari 30 judul film televisi (FTV) sampai film layar lebar tanah air, termasuk film teranyar Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTI).

Kesuksesan yang diraih Rio Dewanto sampai bisa seperti sekarang ini tidak instan. Ia betul-betul membangun kariernya dari nol.

Butuh waktu lama sampai mendapatkan peran utama. Walaupun begitu, sebetulnya ada banyak hal yang bisa kita tiru dari sosok Rio Dewanto:

 

#1 Pantang Menyerah

Siapa sangka, pria kelahiran 28 Agustus 1987 ini mengawali kariernya sebagai figuran (cameo). Ia sama sekali tak malu meskipun kemunculannya hanya selewat saja.

Justru, dengan begitu, ia bisa mendapat kesempatan lebih banyak untuk belajar dan bertumbuh.

Memang, menjadi aktor harus pantang menyerah. Apalagi bagi seorang Rio Dewanto yang memulainya dari nol. Saingan sesama aktor tentunya tak bisa dihindari.

Namun, jika sudah punya mental baja, tak ada yang bisa menghalangi.

Kisah Sukses Rio Dewanto Tanda Tanya Hingga NKCTHI 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jejak Karir Dena Rachman, Artis Cilik Hingga Model Transgender]

 

#2 Banyak Belajar

Diakuinya bahwa ia memanfaatkan kesempatan untuk banyak bertanya dan belajar pada rekan-rekan aktor lainnya yang sudah senior. Hasilnya, pria ini berhasil mendapatkan peran utamanya pada tahun 2011 lewat film Tanda Tanya.

Di sini, Rio belajar untuk menikmati proses. Proses yang dilewatinya menjadi figuran membuat kualitasnya sebagai aktor semakin baik. Dengan banyak berdiskusi dan bertanya, ia menjadi lebih menjiwai peran.

 

#3 Tidak Gengsi

Menjadi figuran tidak lantas membuat Rio minder. Justru, ia tidak gengsi sama sekali. Bagaimana pun juga, figuran tetap bagian dari dunia film. Beradu akting dengan aktor senior tak membuat Rio gengsi untuk belajar dari mereka.

Tiga hal tersebut justru membawa sosok Rio Dewanto pada tangga kesuksesan dengan karier yang cemerlang.

 

Karier yang Cemerlang

Perjalanan karier Rio Dewanto semakin cemerlang dari tahun ke tahun. Sebetulnya, ada beberapa hal yang ia rintis selama ini. Selain dunia perfilman, Rio juga aktif mengembangkan kariernya di dunia iklan dan bisnis.

 

#1 Dunia Film

Kiprah Rio Dewanto di dunia perfilman dimulai pada pertengahan tahun 2008 lewat sinetron Cucu Menantu. Namun, namanya baru melambung sejak kemunculannya dalam film layar lebar berjudul Ratu Kosmopolitan dan Pintu Terlarang.

Berkat aktingnya itu, akhirnya Rio mendapatkan peran utama pertamanya di film besutan Hanung Bramantyo, Tanda Tanya (2011). Sejak itulah tawaran berakting mulai menyerbunya.

Kisah Sukses Rio Dewanto Tanda Tanya Hingga NKCTHI 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses dr. Terawan, Dari “Cuci Otak” Sampai MenKes RI]

 

Ayah dari Salma Jihane Putri Dewanto ini berakting di berbagai film layar lebar seperti Arisan! 2 dan Garuda di Dadaku 2. Di tahun berikutnya, ia melakoni Modus Anomali dan Hello Goodbye.

Rio pun terus menunjukkan kemampuan aktingnya lewat beberapa film seperti Java Heat, Mursala dan Optatissimus, Aku Cinta Kamu dan Me & You vs The World, sampai Filosofi Kopi.

Berkat kebolehan aktingnya itu, Rio berhasil menyabet penghargaan sebagai Pemeran Pembantu Pria Terpuji di ajang Festival Film Bandung tahun 2013.

 

#2 Dunia Iklan

Nama Rio Dewanto semakin dikenal ketika menjadi bintang iklan untuk berbagai produk terkenal. Sukses di layar lebar, Rio didapuk sebagai brand ambassador provider Simpati.

Selain itu dirinya dipercaya sebagai pleasure seeker untuk es krim Magnum. Ia pun membintangi iklan-iklan automotif seperti Suzuki Satria FU, Yamaha Vixion, dan Toyota Sienta.

 

#3 Dunia Bisnis

Karier sebagai aktor bukan hanya satu-satunya hal yang Rio rintis.

Pemeran sosok Angkasa di film NKCTHI pun mengelola berbagai bisnis seperti kedai kopi Filosofi Kopi, bisnis perawatan sepatu Wipe Shoe Treatment, sampai bisnis kuliner Martabak Yuk.

Menurut Rio, jatuh bangun pun banyak dialaminya dalam berbisnis. Namun, itu tak lantas membuatnya mati langkah. Terbukti dari kegigihannya yang berbuah manis di dunia bisnis.

Kisah Sukses Rio Dewanto Tanda Tanya Hingga NKCTHI 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Donald Trump, Pengusaha Sukses Hingga USA No.1]

 

Sukses Ala Rio Dewanto

Suami dari Atiqah Hasiholan ini berpendapat bahwa tampang ganteng saja tak akan cukup untuk modal sukses. Harus dibarengi dengan bakat, mau belajar, tak malu bertanya kepada senior, hingga bersedia kerja keras.

Hal ini seperti yang dilakukannya selama ini.

Namun, kesuksesan jangan sampai membuat kita menutup mata dengan sekitar. Ingat apa yang pernah dikatakan Rio Dewanto, “Jangan terlalu kompetitif dan ambisius. Cukup profesional dan totalitas.”

 

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Itu dia kisah karier Rio Dewanto yang dibangun dari nol sampai bisa sukses seperti sekarang. Makin kagum, kan? Jangan lupa share artikel ini, ya. Mari sebarkan hal positif.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Profil Rio Dewanto. Viva.co.id – https://bit.ly/2XvbKQ9
  • Merisa Risna Dini. 1 Januari 2020. Jadi Angkasa di NKCTHI, Ini 10 Potret Keren dan Macho Rio Dewanto. Idntimes.com – https://bit.ly/30cLtYu

 

Sumber Gambar:

  • Rio 1 – https://bit.ly/2A38m66
  • Rio 2 – https://bit.ly/2A31NAs
  • Rio 3 – https://bit.ly/30aoPQH