Seiring dengan rencana pemindahan Ibu Kota baru, rumah PNS di ibu kota baru akan dibangun di dekat kantor. Seperti apa rumah yang akan digunakan para PNS ini?

Agar lebih jelas, yuk simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

2 Tipe Rumah PNS Di Ibu Kota Baru (Rusun dan Rumah Tapak)

Tak hanya ibu kota yang pindah ke Kalimantan Timur, para PNS pun siap diboyong ke ibu kota baru. Maka dari itu, segala bentuk fasilitas dan hunian untuk para PNS pun menjadi perhatian pemerintah.

Konsekuensi ibu kota pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur mulai 2024 maka akan berdampak pada perpindahan ASN atau PNS pemerintah pusat yang jumlahnya sekitar 1,5 juta orang.

Kementerian dan lembaga negara pun bakal diboyong ke ibu kota baru nantinya, kecuali kementerian di sektor keuangan, hingga Bank Indonesia yang bakal tetap di Jakarta. Artinya, akan ada pemindahan massal ASN ke Kalimantan. 

Pemerintah akan menyiapkan rumah bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) di lokasi ibu kota baru, Kalimantan Timur, di lokasi yang dekat dengan kantor pemerintahan.

Jokowi Resmi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru di Kaltim 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jokowi Resmi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru di Kaltim, Ini Penjelasannya]

 

Proyek ini menjadi wewenang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan:

“Untuk rumah pejabat dan ASN. Kita siapkan di sana. Kita usahakan dekat dengan tempat kerja. Jadi kantor dibangun, ada asrama atau tempat tinggal.”

 

Asrama untuk para PNS eselon 2 dan seterusnya tersebut dibangun vertikal, sedangkan pembangunan rumah tapak diperuntukkan bagi pejabat tinggi negara seperti menteri dan kepala sejumlah lembaga.

Khalawi mengatakan, pihaknya siap memenuhi kebutuhan perumahan bagi PNS atau ASN yang pindah ke ibu kota baru baru. Nantinya akan disediakan dua jenis hunian, yakni rumah dinas dan rumah umum.

Rumah PNS ini dekat dengan tempat kerjanya. Contohnya dibangun asrama atau tempat tinggalnya. Untuk rumah umum akan kita petakan di sana. Tapi jumlahnya masih dalam analisis dan perhitungan.

Ia pun menambahkan, jika nantinya rumah ASN akan dibangun dalam dua tipe. Pertama model rusun atau apartemen, kedua dalam bentuk landed house atau rumah tapak.

Namun akhirnya akan diputuskan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Mereka lah yang akan menyiapkan urban design-nya karena hingga saat ini, belum sampai ke tahap urban design.

Rumah ini nantinya tidak menjadi hak milik pejabat yang bersangkutan, tetapi hanya sebagai rumah dinas milik negara. Ia mengatakan:

“Rumah negara. Saya katakan rumah dinas itu rumah negara. Nggak jadi milik. Yang milik itu rumah umum. Kalau mau beli nanti pengembang yang menyiapkan.”

 

Hingga saat ini untuk penyediaan rumah umum di kawasan ibu kota ini masih menunggu konsep makro pembangunan ibu kota baru dari Bappenas.

 

Bingung bagaimana mewujudkan impian keuangan Anda? Tenang, Anda bisa membaca buku “Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True” yang ditulis langsung oleh Melvin Mumpuni CFP, selaku CEO Finansialku.

Yuk order bukunya sekarang!

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat

 

Sumber Referensi:

  • Muhammad Choirul Anwar. 27 Agustus 2019. Catat! Rumah PNS Ibu Kota Baru akan Dibangun di Dekat Kantor. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3281QU6
  • Admin. 27 Agustus 2019. Di Ibu Kota Baru, PNS Bakal Tinggal di Rusun. Liputan6.com – https://bit.ly/2ZD75h2

 

Sumber Gambar:

  • Rumah PNS di Ibu Kota Baru – http://bit.ly/2LbQHe7

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang