Bursa Efek Indonesia membatalkan rencana penghapusan harga saham batas bawah yang saat ini ada di Rp50 per saham.

Kali ini Finansialku akan membahas berita mengenai saham gocap di pasar negosiasi. Agar lebih jelas simak penjelasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Transaksi Saham Gocap

Saham yang harganya masih ada di level Rp50 per saham masih menjadi incaran, pada saat saham cenderung tertekan seperti sekarang ini, lumayan banyak pelaku pasar yang mencoba mengalap cuan dari saham Gocap.

Saham Gocap itu didapatkan melalui transaksi di pasar negosiasi. Beberapa saham cukup ramai ditransaksikan pada pasar negosiasi.

Berdasarkan data yang tertera di Bursa Efek Indonesia (BEI), saham yang banyak di pilih antara lain PT Ratu Prabu Energi Tbk (ARTI). Nilai transaksi ARTI di pasar negosiasi mencapai Rp299,9 miliar.

Saham PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk (BIPI) juga ramai diperdagangkan. Nilai transaksi ini bahkan mencapai Rp124,3 miliar.

Harga terendah untuk saham ARTI yang diperdagangkan mencapai Rp30 per saham, sedangkan untuk BIPI Rp20 per saham.

Data ini menandakan secara valuasi harga saham banyak permintaan untuk harga saham di batas bawah. Sebelumnya BEI pernah mengatakan, bahwa hampir 60% transaksi di pasar negosiasi adalah transaksi saham gocap.

Data statistik bulanan BEI menunjukan jika transaksi saham di pasar negosiasi per Maret 219 mencapai Rp44,81 triliun yang kemudian naik dari Februari Rp39,86 triliun.

BEI sempat berniat untuk menghapus batas bawah harga saham. Saham yang harganya sudah Rp50 berpotensi akan turun. Tapi saham bisa kembali diperdagangkan di pasar reguler.

Wiliam Hartono selaku Analis Panin Sekuritas menilai jika batas bawah dibuka, akan banyak saham yang harganya turun ke bawah Rp50.

Apalagi kinerja dari emiten gocap belum terlalu bagus.  Wiliam mengatakan:

“Jadi menurut saya tepat BEI belum memberlakukan aturan ini.”

Berdasarkan data BEI, saat ini ada sekitar 33 saham yang dengan harga Rp50/saham. Harga saham 33 emiten ini, relatif tak gerak dalam waktu yang cukup lama. 

Dari 33 saham tersebut, sebanyak 20 saham punya valuasi price to earning ratio negatif. Sementara dari 13 saham dengan PER positif, 3 saham tercatat punya PER sebesar 50 kali.

Berikut ini Daftar Emiten dengan Saham Gocap yang dilansir pada Cnbcindonesia.com:

Primadona Transaksi Saham Gocap Di Pasar Negoisasi 02 Valuasi Saham Gocap - Finansialku

 [Baca Juga: Kenali Metode Price To Cash Flow Ratio dalam Valuasi Harga Saham, Lebih Akurat!]

 

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Chris Apriliony menambahkan, transaksi di pasar negosiasi akan berkurang, Chris mengatakan:

“Investor lebih mudah transaksi di pasar regular.”

 

Dirinya menilai belum saatnya batas bawah harga saham dibuka. Selain berbenturan dengan aturan auto rejection, dimana transaksi ini di pasar negosiasi banyak digunakan pelaku pasar untuk mengambil dana tambahan.

M. Nafan Aji selaku Analis Binaartha Sekuritas, berpendapat jika penghapusan batas bawah harga saham itu langkah yang bagus.

Hal ini menunjukkan bahwa permintaan dari saham tersebut masih ada, kendati harganya di bawah harga yang ditetapkan pasar reguler. Menurutnya, jika ada permintaan seharusnya harga saham akan lebih terbentuk.

Harga saham benar-benar dibentuk oleh mekanisme pasar. Saat ini saham level gocap terus bertambah. Jumlah saham gocap saat ini ada 37 saham, dan naik dari 34 saham di 1 April 2019.

 

Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi saham? Jika ya, Anda bisa membaca ebook Panduan Berinvestasi Saham untuk Pemula dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca.

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Yoliawan Hariana. Adu Untung di Saham Gocap. Tabloid Kontan
  • Houtmand P Saragih. 4 Maret 2019. Menanti Nasib 33 Saham Gocap, Simak Valuasi PER-nya. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2XSqs0P

 

Sumber Gambar:

  • Saham Gocap 1 – http://bit.ly/2IP7kgK