Sanggupkah single parents menyekolahkan anak hingga sarjana? Ternyata, ada beberapa hal yang harus dilakukan supaya sukses membiayai pendidikan anak!

Kali ini Finansialku akan membahas tips-tips yang dapat dilakukan seorang single parent untuk sukses menyekolahkan anaknya hingga sarjana.

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Jadi Single Parents Itu Butuh Perjuangan!

Pilihan menjadi orangtua tunggal baik itu bagi seorang ibu maupun ayah tentu terasa sangat berat.

Apabila sebelumnya Anda bisa membagi tugas dalam berumah tangga dengan pasangan, sekarang Anda harus melakukannya sendiri.

Namun, ini bukanlah alasan bagi seseorang untuk menyerah pada keadaan.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Pilihan untuk tidak menikah lagi harus disertai usaha keras agar keluarga tetap bahagia. Apalagi jika anak Anda masih kecil, banyak hal yang harus disiapkan, salah satunya biaya pendidikan.

Seperti yang kita tahu, biaya pendidikan kian lama kian merangkak naik. Alhasil, banyak single parents yang khawatir tidak dapat membiayai anaknya hingga jenjang perkuliahan.

 

Pengelolaan Keuangan Seorang Single Fighter

Orangtua tunggal yang kini memegang penuh rencana keuangan keluarga harus jeli dan disiplin.

Pemasukan yang hanya bersumber dari satu orang saja harus dikelola lebih cermat.

Saat jumlah penghasilan menurun, usahakan untuk meninggalkan hal-hal yang berbau konsumtif.

20 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan 03 Finansialku

[Baca Juga: Apakah Tabungan Merupakan Aset? Atau Hanya Sebagai Liabilitas?]

 

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran keluarga, salah satunya menekan anggaran belanja bulanan.

Anak-anak juga bisa dilatih untuk tidak terlalu banyak jajan dan mulai menabung dari usia dini.

 

7 Rahasia Single Parents Bisa Menyekolahkan Anak Hingga Sarjana

Seorang orangtua tunggal harus bekerja ekstra keras serta optimis.

Kondisi ini memang akan terasa sulit secara ekonomi khususnya untuk membiayai pendidikan anak.

Perkiraan, perencanaan, serta usaha keras dapat menuntun anak menuju sarjana, berikut 7 rahasia yang perlu Anda pelajari!

Eits, tapi sebelum masuk ke pembahasan di bawah ini, saya rasa Anda wajib download ebook Rahasia Menyekolahkan Anak dari TK hingga Sarjana, Tanpa Utang!

Ebook ini akan membahas beberapa kisah nyata tentang kesalahan-kesalahan orangtua dalam mempersiapkan dana pendidikan anak. Dijamin, isi buku ini dapat membuka mata Anda dan para orangtua untuk tidak lain menyepelekan hal tersebut.

Yuk, cari tahu rahasianya dengan men-download ebook di bawah ini. Gratis!Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Rahasia 1: Mendiversifikasi Tabungan

Saat mendapatkan gaji atau penghasilan setiap bulan, tabungkan uang tersebut ke lebih dari satu akun bank. Apa alasannya? Tabungan perlu didiversifikasi atau dibagi-bagi ke beberapa tempat untuk menghindari kerugian yang lebih besar jika terjadi masalah di suatu bank.

 

Rahasia 2: Proyeksikan Dana Pendidikan dari Survei Akurat

Apabila Anda memiliki anak, tentu Anda perlu memikirkan tentang biaya pendidikannya.

Biaya pendidikan saat Anda sekolah dulu dengan biaya yang dibutuhkan saat ini tentu jauh berbeda. Jangankan begitu, selang 5 tahun saja biaya pendidikan bisa termakan inflasi hingga puluhan persen.

Saat anak Anda lahir, alangkah bijaknya bila Anda langsung mencari tahu berapa jumlah biaya pendidikan saat itu.

Lakukan survei untuk mengetahui secara jelas dan pasti sehingga bisa Anda gunakan sebagai acuan dalam mengatur keuangan nantinya.

Sanggupkah Single Parents Menyekolahkan Anak Hingga Sarjana Ini Rahasianya 02 Finansialku

[Baca Juga: Bingung Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak Anda? Simak Cara Rahasia Berikut Ini!]

 

Biaya apa saja yang perlu Anda ketahui? Selain SPP, Anda juga perlu mengetahui besaran uang gedung, transportasi, uang saku atau kost untuk anak yang akan berkuliah.

Dengan mengetahui biaya yang dibutuhkan saat itu, Anda bisa mengestimasikan besar kenaikannya. Untuk menghitung besaran dana yang dibutuhkan nanti, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku!

Dengan fitur “Dana Pendidikan” Anda bisa menghitung berapa uang yang harus Anda kumpulkan setiap bulannya untuk tabungan pendidikan anak.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Rahasia 3: Jangan Ragu Berinvestasi

Investasi adalah cara efektif menumbuhkan uang Anda. Namun, bukannya tanpa risiko, berinvestasi juga bisa membuat Anda rugi. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dan melakukan riset serta analisis dengan baik sebelum investasi.

Saat Anda berinvestasi, usahakan untuk tidak menyimpan modal Anda di satu instrumen saja. Sama seperti poin 1, tujuannya adalah agar saat satu investasi merugi masih ada lainnya yang mendapatkan keuntungan. 

 

Rahasia 4: Deposito Atau Emas Bisa Untuk Jangka Pendek

Tabungan dalam bentuk emas ataupun deposito bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif untuk meningkatkan jumlah tabungan Anda.

Sebelum menaruh modal pada suatu instrumen investasi, pastikan Anda telah menyesuaikannya dengan perencanaan Anda.

Bagaimana-Cara-Merencanakan-Investasi-2-Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini 12 Pertimbangan Saat Memilih Sekolah untuk Si Kecil]

 

Apabila Anda tidak mempermasalahkan kelikuiditasan investasi Anda, pemilihan deposito mungkin bisa jadi pilihan yang tepat karena hanya bisa diambil pada saat jatuh tempo saja.

Bila Anda menjatuhkan pilihan di logam mulia emas sebagai instrumen investasi, Anda menghindarkan diri dari risiko inflasi. Investasi emas juga cocok untuk jangka waktu yang panjang.

Anda belum paham bagaimana caranya meraih keuntungan tinggi dengan investasi emas? Pelajari dasar-dasar dan kiat sukses investasi emas lewat ebook Panduan Berinvestasi Emas! Download sekarang juga, gratis!

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

 

Rahasia 5: Manfaatkan Berbagai Pekerjaan Online

Saat ini, majunya teknologi terutama internet menjadi peluang yang sangat besar dalam berbisnis.

Apabila Anda seorang single mother, Anda maka bisa memilih berbisnis online sehingga tetap bisa melakukan aktivitas lain di rumah. Anda bisa menambah penghasilan utama dengan cara lebih santai.

Ada berbagai kelebihan untuk mengambil pekerjaan ini, di antaranya adalah waktunya yang fleksibel sehingga bisa tetap mendidik serta bercengkrama dengan anak.

Sanggupkah Single Parents Menyekolahkan Anak Hingga Sarjana Ini Rahasianya 01 Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Investasi Emas? Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas]

 

Sementara bila Anda seorang single father, Anda bisa memilih bekerja sebagai sopir ojek online untuk dijadikan sebagai pekerjaan tambahan.

 

Rahasia 6: Diskusi dengan Keluarga Sebelum Berbisnis

Saat mulai merintis usaha baru Anda dapat mendiskusikannya terlebih dahulu dengan keluarga Anda supaya Anda bisa bertukar pikiran, meminta saran dan pendapat, serta meminta dukungan dengan bercerita tentang rencana bisnis Anda ke mereka.

 

Rahasia 7: Cari Info Les Gratis Sampai Beasiswa

Carilah berbagai informasi seperti les gratis ataupun beasiswa sehingga Anda dapat meringankan biaya pendidikan anak.

Saat sedang duduk di bangku perkuliahan, terutama di universitas negeri, akan ada banyak lowongan beasiswa. Manfaatkanlah peluang tersebut dengan maksimal.

Apabila sang anak didorong untuk mengejar beasiswa, tentu akan memberikan dampak positif terhadap prestasinya sehingga peluang menjadi sukses pun lebih besar.

 

Meskipun Sibuk Cari Uang, Jangan Lupakan Anak

Sudah barang pasti, orangtua tunggal perlu bekerja lebih keras dalam mencari uang guna membiayai keperluan keluarganya. Tapi, jangan sampai Anda melupakan anak Anda.

Ingat, kasih sayang dan perhatian terhadap anak lebih penting dari apapun. Hubungan anak dan orangtua yang dekat dan akur akan menghindarkannya dari berbagai hal negatif.

 

Bagaimana Anda akan memulai rencana dalam memaksimalkan dana pendidikan anak? Karena informasi ini sangat penting, maka bagikan juga pada rekan atau keluarga yang berstatus sebagai single parent atau ingin tahu banyak soal mempersiapkan dan pendidikan. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 4 April 2014. Kisah Inspirasi: Demi Bisa Menyekolahkan Anaknya, Ibuku Rela Kelaparan. Vemale.com – https://goo.gl/fM4xPw
  • Admin. Lima langkah menyiapkan dana pendidikan. Greateasternlife.com – https://goo.gl/gguiB6
  • Danang Sugianto. 15 Juni 2017. Tips Cerdik Persiapkan Biaya Sekolah Anak Hingga Kuliah. Finance.detik.com – https://goo.gl/PwkwVJ

 

Sumber Gambar:

  • Ibu Anak – https://goo.gl/9L4P2X
  • Menghitung Biaya Pendidikan – https://goo.gl/8yrh4n
  • Single Parent – https://goo.gl/FRvMpd