Registrasi akun LTMPT dan SBMPTN tahap kedua dibuka mulai hari ini, Finansialku punya syarat dan tahapannya, lho!

Selengkapnya ada di berita Finansialku di bawah ini, ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Tahapan Registrasi Akun LTMPT Tahap Dua

Senin (17/02) hari ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara resmi membuka registrasi akun tahap dua Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri bagi para siswa yang ingin mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.

“Registrasi akun tahap kedua ini untuk peserta yang akan mendaftar UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan SBMPTN 2020.” Jelas Ketua LTMPT, Prof Dr M Nasih melalui keterangan tertulis yang dilansir dari laman suryamalang.tribunnews.com, Minggu (16/02).

Calon mahasiswa yang akan berpartisipasi dalam seleksi tahunan ini, bisa melakukan registrasi menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir di laman resmi LTMPT, portal.ltmpt.ac.id.

Hari Terakhir Daftar LTMPT Buat SNMPTN, Gimana Daftarnya_ 02

[Baca Juga: Masuk PTN, Ini 10 Fakta SNMPTN yang Harus Kamu Tahu!]

 

Terdapat beberapa informasi yang harus diketahui oleh para siswa yang akan melakukan registrasi, di antaranya adalah:

 

#1 Langkah Pendaftaran

Melansir laman bali.tribunnews.com, berdasarkan laman resmi LTMPT, terdapat beberapa langkah yang harus dilewati oleh siswa dalam melakukan registrasi tahap kedua, di antaranya adalah:

  1. Registrasi akun Siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir mulai tanggal 17 Februari – 05 April 2020 di laman resmi LTMPT, ltmpt.ac.id. setelah itu, siswa yang telah terdaftar dapat menggunakan username/email dan password untuk login.
  2. Memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
  3. Memilih menu Pendaftaran UTBK. Memilih jenis dan sesi ujian, lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

  1. Melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang tertera di bank yang ditunjuk menggunakan slip pembayaran, kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KPI-K). Pembayaran tersebut harus dilakukan paling lambat 1×24 jam.
  2. Setelah berhasil melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk, siswa diharuskan untuk melakukan login kembali ke laman resmi LTMPT dan memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  3. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

 

#2 Syarat

Sementara itu, untuk syarat atau kriteria siswa yang bisa melakukan registrasi akun LTMPT untuk mengikuti UTBK dan SBMPTN 2020 sebagaimana Finansialku lansir dari laman bali.tribunnews.com, terdiri dari:

  1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019.
  3. Siswa SMA/MA/SMK di Sekolah Republik Indonesia (SRI) di Luar Negeri yang akan lulus tahun 2020.

  1. Sekolah Luar Negeri Non-SRI, lulusan tahun 2018 dan 2019.
  2. Siswa sudah memiliki akun lewat jalur SNMPTN tetapi belum melakukan simpan permanen saat Registrasi Akun Tahap Kesatu, pada 2 Desember 2019 – 10 Januari 2020.
  3. Siswa lulusan Sekolah Luar Negeri Non-SRI yang memiliki Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Kemdikbud dan sudah tercatat di Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemdikbud.

Pengumuman-SNMPTN-Hari-Ini,-Siapkan-Uang-Kuliah-Anak-2-Finansialku

[Baca Juga: Fakta Menarik Biaya Kuliah Tunggal & Uang Kuliah Tunggal]

 

Dalam periode registrasi tahap kedua ini, siswa yang mengalami kendala teknis dalam Registrasi Akun LTMPT, bisa menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau mengakses laman halo.ltmpt.ac.id.

 

Pendidikan Anak: Bagaimana Caranya MENYEKOLAHKAN ANAK dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Ebook Sekarang

 

Sobat Finansialku, jangan lupa untuk turut menyebarkan informasi ini kepada rekan atau saudara Anda yang membutuhkan, ya! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 Februari 2020. Registrasi akun LTMPT untuk UTBK dimulai Senin. Aceh.antaranews.com – http://bit.ly/321nCKd
  • Yohanes Enggar Harususilo. 17 Februari 2020. Hari Ini Pendaftaran LTMPT UTBK-SBMPTN Dibuka, Syarat dan Tahapan, Registrasi di Laman Resmi di Sini. Tribunnews.com – http://bit.ly/2Sz49xC
  • Sylvianita Widyawati. 16 Februari 2020. Buat Daftar UTBK-SBMPTN, LTMPT Buka Registrasi Tahap Kedua. Suryamalang.tribunnews.com – http://bit.ly/39CVIH5
  • Admin. 16 Februari 2020. Registrasi Akun Tahap kedua LTMPT Bagi Peserta UTBK dan SBMPTN 2020 Dimulai Senin 17 Februari, Simak Syaratnya. Pikiran-rakyat.com – http://bit.ly/39DMyKh
  • Albertus Adit. 17 Februari 2020. Hari Ini Registrasi Akun LTMPT Tahap 2 UTBK-SBMPTN 2020, Ini 7 Tahapannya. Kompas.com – http://bit.ly/39LCIGB
  • Admin. 17 Januari 2020. Pendaftaran SBMPTN 2020 Kembali Dibuka Hari Ini. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2SBRnhP
  • Danu Damarjati. 17 Februari 2020. Mau Ikut SBMPTN 2020? Daftar Dulu di Situs LTMPT Mulai Pukul 14.00. News.detik.com – http://bit.ly/2UXL8Xd

 

Sumber Gambar:

  • SBMPTN 01 – http://bit.ly/38BeIFF