Ingin berinvestasi tapi tidak punya banyak dana? Pemerintah kembali menawarkan SBR007 dengan kupon minimal 7,5%. Investasi SBR bisa dibeli hanya dengan Rp1 jutaan.

Agar lebih jelas, Mari simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Resmi Dibuka SBR007 Menawarkan Bunga 7,5%

Yang menjadi pusat perhatian dari SBR adalah instrumen investasi surat berharga negara yang bisa dibeli mulai dari Rp 1 juta. Dengan begitu siapapun bisa memulai investasi.

SBR diharapkan bisa memperluas basis investor dalam negeri termasuk pada investor muda.

SBR005 Masih Sepi Peminat, Penjualan di Mitra Tak Jauh dari Target 01 - Finansialku

[Baca Juga: Saving Bond Ritel: Kupon (SBR006) Terbaru Turun Menjadi 7,95%]

 

Pemerintah kembali menawarkan instrumen Surat Utang Negara (SUN) ritel kepada investor individu secara online (e-SBN) dengan tingkat kupon mengambang yaitu Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR007 pada hari ini, Kamis (11/7/2019).

SBR007 memiliki imbal hasil tertentu bagi pemegangnya yang dibayarkan setiap bulan.

SBR007 akan memasuki masa penawaran mulai hari ini, 11 Juli hingga 25 Juli 2019. Investasi di surat berharga negara yang bisa dibeli dilakukan mulai dari Rp1 jutaan yaitu Savings Bond Ritel (SBR), dan penawaran maksimal Rp3 miliar.

SBR007 adalah obligasi negara tanpa warkat, tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder, serta tidak dapat dicairkan hingga jatuh tempo kecuali pada masa pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption). 

Dikutip dari siaran pers Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Rabu (9/7/2019) SBR007 memiliki masa jatuh tempo pada 10 Juli 2021.

Tingkat Kupon untuk periode 3 bulan pertama (tanggal 31 Juli 2019 sampai dengan tanggal 10 Oktober 2019) adalah sebesar 7,50% (6% 7-DRRR+Spread 150 bps/1,50%).

Nilai tersebut berasal dari suku bunga acuan yang berlaku pada saat penetapan kupon yaitu sebesar 6,00% ditambah  spread tetap 150 bps (1,50%).

Tingkat Kupon berikutnya akan disesuaikan setiap 3 bulan pada tanggal penyesuaian kupon sampai dengan jatuh tempo.

Tingkat kupon sebesar 7,50% berlaku sebagai tingkat kupon minimal (floor) dan tingkat kupon minimal tidak berubah sampai dengan jatuh tempo.

Pembayaran kupon dilakukan tanggal 10 setiap bulan, pembayaran kupon pertama kali pada 10 September 2019.

Sementara periode pengajuan early redemption dibuka pada 27 Juli hingga 4 Agustus 2020 dengan nilai maksimal sebesar 50% dari transaksi pembelian. 

Dengan fasilitas ini, investor bisa mencairkan hingga 50% nilai kupon sebelum jatuh tempo. Biasanya fasilitas ini berlaku untuk investor dengan minimal kepemilikan Rp2 Juta.

Proses pemesanan pembelian SBR007 secara online dilakukan melalui 4 tahap yaitu:

  • Registrasi/pendaftaran
  • Pemesanan
  • Pembayaran
  • Setelmen/konfirmasi.

 

Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

SBR007 bisa didapatkan melalui 20 mitra distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online). 

Mitra-mitra distribusi tersebut, yakni PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Permata Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN).

Selanjutnya ada PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank Panin Tbk, PT Bank DBS Indonesia, dan PT Bank HSBC Indonesia.

Kemudian PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk, PT Danareksa Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, PT Bareksa Portal Investasi, PT Star Mercato Capitale (Tanamduit), dan PT Nusantara Sejahtera Investama (Invisee). Lalu PT Investree Radhika Jaka (Investree) dan PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku).

Bagi para kaum muda yang ingin menambah portofolio investasi, SBR007 akan sangat cocok untuk tambahan investasi, karena kupon ada di atas bunga deposito yang sedang berlaku. Serta pembayaran kupon dan pokok dijamin oleh undang-undang.

Sebelum berinvestasi pastikan kondisi keuangan Anda sudah siap dan sudah direncanakan dengan baik.

Oleh karena itu, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar keuangan Anda bisa terencana dengan tepat. Selamat membaca.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca berita di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat..

 

Sumber Referensi:

  • Yoga Sukmana. 10 Juli 2019. Investasi SBR007 Cocok untuk Milenial, Ini Keunggulannya. Money.kompas.com – http://bit.ly/2JrlRyg
  • Siaran Pers DJPPR. 9 Juli 2019. Rencana Penjualan Savings Bond Ritel (SBR) Seri SBR007. Djppr.kemenkeu.go.id – http://bit.ly/2NNLPAr
  • Agi. 10 Juli 2019. Pemerintah Tawarkan Obligasi Ritel SBR-007 Bunga 7,5 Persen. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/32is2fv

 

Sumber Gambar:

  • SBR007 – http://bit.ly/2JrDu11