Apa saja daftar sekuritas terbaik yang ada di Indonesia? Yuk, ketahui daftarnya pada artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Perusahaan Sekuritas

Para investor saham tentunya sudah tidak asing lagi dengan perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang berperan aktif dalam jual beli efek di pasar modal.

Perusahaan sekuritas ini berfungsi sebagai perantara antara investor dengan pasar modal. Jadi, Anda hanya bisa melakukan transaksi jual beli saham di bursa dengan melalui sekuritas.

Perusahaan sekuritas ini memiliki lisensi khusus untuk bisa menjalankan transaksi jual beli efek. Perusahaan sekuritas yang dipilih wajib terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan), ya.

Hal tersebut untuk memastikan legalitasnya sehingga uang yang Anda depositkan dapat terjaga dengan aman dan bukannya malah hilang tanpa kejelasan.

Selain itu, beberapa hal yang juga perlu dipertimbangkan oleh investor dalam memilih sekuritas seperti tingkat transaksi yang dilakukan, jumlah nasabah, kualitas pelayanan, serta biaya trading.

Wajib Dipertimbangkan, Ini Daftar Sekuritas Terbaik 2021! 01 - Finansialku

[Baca Juga: BJB Sekuritas, Perusahaan Efek Daerah Pertama Di Indonesia]

 

Daftar Sekuritas 2021

Memilih sekuritas merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Berikut daftar sekuritas terbaik di tahun 2021 yang dapat Anda pertimbangkan.

 

#1 Indo Premier Sekuritas

Indo Premier Sekuritas merupakan salah satu broker yang paling banyak digunakan oleh investor. Salah satu alasannya adalah karena modal awalnya yang terjangkau. Anda hanya memerlukan modal sebesar Rp 100 ribu untuk pembukaan akun saham di sekuritas ini.

Bahkan, sekarang Indo Premier Sekuritas tidak memiliki persyaratan modal minimal untuk pembukaan rekening sahamnya.

Sehingga, nasabah tidak diwajibkan setor dana untuk bisa membuka rekening. Jadi, hal ini tentunya sangat membantu para investor ritel untuk bisa masuk ke pasar modal.

Sekuritas ini menyediakan layanan dalam bentuk konvensional dan syariah yang dapat Anda akses melalui aplikasi di smartphone ataupun desktop.

Untuk biaya transaksinya, biaya beli sahamnya sebesar 0,19% per transaksi dan biaya jual sebesar 0,29% per transaksi.

 

#2 Mirae Asset Sekuritas

Salah satu keunggulan dari Mirae Asset Sekuritas adalah layanan customer service yang tersedia 24 jam untuk membantu investor apabila mengalami kendala.

Untuk setoran awal pembukaan akunnya sebesar Rp 10 juta – Rp 200 juta disesuaikan dengan akun yang dipilih. Pilihan akun yang tersedia untuk calon investor adalah margin, reguler, day trading, dan syariah.

Sekuritas ini tidak mengenakan biaya pemeliharaan akun dan minimal batasan transfer deposit berikutnya. Untuk biaya transaksinya adalah sebesar 0,15% untuk biaya beli per transaksi dan 0,25% untuk biaya jual per transaksi.

 

#3 BNI Sekuritas

Dalam BNI Sekuritas terdapat dua pilihan akun yaitu konvensional dan syariah dengan ketentuan yang berbeda. Menariknya, apabila Anda membuka akun syariah, maka Anda akan langsung mendapatkan akun konvensional. Namun, tidak berlaku sebaliknya, ya.

Untuk membuka akun konvensional dan syariah, setoran awal BNI Sekuritas ini adalah sebesar Rp 1 juta. Sedangkan untuk akun margin setoran awalnya lebih besar, yaitu Rp 200 juta.

Perusahaan ini juga tidak charge biaya pemeliharaan akun. Yang ada adalah biaya transaksi, untuk biaya beli per transaksi adalah sebesar 0,15% sedangkan untuk biaya jual adalah sebesar 0,25% per transaksi.

Wajib Dipertimbangkan, Ini Daftar Sekuritas Terbaik 2021! 02 - Finansialku

[Baca Juga: BNI Sekuritas: Ketahui Cara Daftar dan Keuntungannya]

 

#4 Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas merupakan anak perusahaan dari Bank Mandiri. Sekuritas ini juga banyak dipilih oleh investor karena memiliki berbagai kelebihan. Apabila Anda masih berstatus mahasiswa maka Anda akan diberikan penawaran khusus.

Anda hanya perlu melakukan setoran awal sebesar Rp 2 juta saja untuk mendapatkan akun reguler.

Sedangkan untuk masyarakat umum, setoran awalnya sebesar Rp 5 juta – Rp 25 juta, tergantung dengan pilihannya. Ada tiga pilihan akun yang dapat Anda pilih, yaitu full service, syariah, dan reguler.

Untuk biaya belinya adalah sebesar 0,18% per transaksi dan ditambah Rp 5 ribu per hari. Sedangkan untuk biaya jualnya adalah sebesar 0,28% per transaksi dan ditambah Rp 5 ribu per hari.

banner_jangan_asal,_ketahui_ini_dulu_sebelum_investasi_saham

 

#5 Sinarmas Sekuritas

Salah satu keunggulan dari Sinarmas Sekuritas ini adalah bekerja sama dengan Stockbit. Apa itu Stockbit?

Stockbit merupakan aplikasi komunitas saham online yang berkembang menjadi sarana untuk melakukan perdagangan saham. Dalam komunitas Stockbit terdapat komentar, chatting, serta info terbaru seputar saham.

Selain itu, Stockbit juga menyediakan berbagai data yang berguna untuk analisis fundamental dan analisis teknikal.

Dengan begitu, Stockbit tidak hanya sekadar forum, komunitas melainkan juga menjadi penyedia informasi yang membantu investor mengambil keputusan investasi saham.

Setoran minimal untuk melakukan perdagangan di Stockbit dengan Sinarmas Sekuritas adalah sebesar Rp 500 ribu.

Namun, jika Anda meningkatkan nilai portofolio menjadi Rp 5 juta, maka akan mendapatkan akun Stockbit Pro Lifetime yang memberikan banyak akses fasilitas di Stockbit menjadi gratis.

Sedangkan untuk biaya per transaksinya adalah sebesar 0,15% untuk biaya beli, dan 0,25% untuk biaya jual. Transaksi ini dapat Anda lakukan melalui aplikasi Stockbit di smartphone ataupun desktop.

Wajib Dipertimbangkan, Ini Daftar Sekuritas Terbaik 2021! 03 - Finansialku

[Baca Juga: PT Kresna Sekuritas Dibekukan OJK, Nasib Nasabah?]

 

#6 Trimegah Sekuritas

Trimegah Sekuritas yang merupakan salah satu sekuritas yang sering mendapatkan penghargaan.

Beberapa penghargaan yang pernah diperoleh adalah Best Listed Company, Digital Innovation Award, Most Admired Company, hingga Most Innovative Business Award.

Dengan banyaknya penghargaan yang diperoleh Trimegah Serukitas maka tidak salah jika sekuritas ini masuk dalam salah satu sekuritas terbaik.

Setoran awal di sekuritas ini juga tergolong rendah, yaitu hanya Rp 100 ribu. Sedangkan untuk biaya belinya adalah sebesar 0,18% per transaksi dan biaya jualnya sebesar 0,28% per transaksi.

 

#7 Samuel Sekuritas

Ada dua tipe akun yang disediakan oleh Samuel Sekuritas untuk nasabahnya yaitu, online dan regular. Untuk nasabah yang ingin membuka akun online, maka setoran awalnya adalah sebesar Rp 1 juta.

Sedangkan untuk akun reguler membutuhkan setoran awal yang lebih besar yaitu Rp 10 juta.

Biaya beli per transaksinya adalah sebesar 0,15% dan biaya jualnya adalah sebesar 0,25% per transaksi. Biaya lainnya adalah biaya untuk info real-time market yang diterima, sekuritas ini mengenakan biaya sebesar Rp 16.500.

 

Memilih Sekuritas yang Terbaik

Setiap sekuritas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda dapat memilih sekuritas yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Selain itu, Anda dapat memilih sekuritas yang disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda juga. Jika Anda sudah menemukan sekuritas yang cocok, maka Anda bisa langsung membuka akun dan mulai berinvestasi saham, ya.

 

Jadi, sekuritas mana yang Anda akan gunakan? Tuliskan jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang sedang ingin memilih sekuritas terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Aswin Dewantoro. 29 Desember 2020. 7 Perusahaan Sekuritas  Terbaik di Indonesia. Gopinjol.com – https://bit.ly/3nRvVBw
  • Admin. Review 5 Sekuritas  Terbaik -Broker Saham Indonesia (dari Pengalaman). Duwitmu.com – https://bit.ly/2KqTtQk
  • Yazid Muamar, CNBC Indonesia. 14 Juni 2019. Ini 10 Sekuritas Teraktif Yang Patut Dipertimbangkan Investor. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/38MJX3k
  • Nadhillah Kusindriani. 3 September 2020. 7 Broker Saham Terbaik di Indonesia yang Wajib Diketahui Investor! Cekaja.com – https://bit.ly/2XIzsI1
  • Tomyzul Habib. 25 Oktober 2019. Biaya Transaksi Rendah hingga Raih Penghargaan Nasional, Ini 5 Perusahaan Sekuritas  Terbaik Buat Tanam Saham. Akurat.co – https://bit.ly/3sv85iK

 

Sumber Gambar:

  • Sekuritas 1 – http://bit.ly/3a6HsJJ
  • Sekuritas 2 – http://bit.ly/3d0Cv7k
  • Sekuritas 3 – http://bit.ly/3cWJUEn