Tidak semua perempuan mau jadi Ibu, dan tidak semua perempuan bisa jadi ibu. Selamat hari Ibu untuk single mom kuat di Indonesia!

Artikel ini dipersembahkan untuk para single mom kuat di Indonesia. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Untuk Para Single Mother di Luar Sana, Selamat Hari Ibu

Di Indonesia, 22 Desember menjadi hari yang spesial untuk para perempuan, karena kerap kali diperingati sebagai hari Ibu se-Indonesia.

Hari Ibu sendiri merupakan peringatan yang didasarkan pada Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 2020 yang membahas hak mendapatkan pendidikan untuk perempuan, pemberantasan kawin anak, dan lain-lain.

Ketika di depan nama perempuan tersemat kata Ibu, tidak jarang mereka kehilangan juga nama dan identitasnya.

Mau pergi atau datang ke mana pun, bahkan ke ujung dunia sekalipun, perempuan seolah bertransformasi menjadi makhluk dengan identitas baru yang mereka panggil ‘Ibu’.

Oleh anak, oleh pasangan, bahkan oleh lingkungan sekitar, perempuan tidak lagi dikenal sebagai seorang individu yang utuh, tapi seorang Ibu.

Selamat Hari Ibu, Para Single Mom yang Kuat! 02

[Baca Juga: 5 Kesalahan Single Parent Menyiapkan Dana Pendidikan, Jangan Lakukan Moms!]

 

Bukan, ini bukan sebuah ironi, tapi bukti, kalau menjadi Ibu seyogyanya tidak lah mudah, dan seharusnya, bukan menjadi sebuah keharusan atau kodrat, tapi sebuah pilihan.

Karena tidak semua perempuan mau menjadi Ibu, pun tidak semua perempuan bisa dan mampu menjadi Ibu.

Apalagi ketika perempuan menemui takdir menjadi seorang orang tua tunggal, atau single mom.

Tugasnya menjadi semakin berat. Mengurus anak, urusan domestik, mencari nafkah, bahkan menghadapi tekanan dari lingkungan dengan semua stereotip lama yang menempel tentang single mom.

Pada keadaan apa pun, single mom harus merepresentasikan sebagai perempuan mandiri dan kuat.

Padahal, kami yakin, semua hal itu adalah hal yang berat. Menanggung beban yang seolah terus bertambah setiap harinya, membuat para single mom merasa kalau tidak ada waktu yang tepat untuk mereka mengekspresikan rasa kesal, sedih, lelah, dan semua perasaan-perasaan lain yang selama ini mereka abaikan.

Kekuatan serta energinya tentu mereka dapatkan dari pemandangan anak yang tetap sehat dan bahagia, juga orang tua dan lingkungan yang selalu memberikan dukungan.

Dengan itu saja, rasanya cukup untuk menekan rasa sedih dan menyulut kembali semangat mereka dalam menafkahi dan membesarkan anaknya.

 

Tips Untuk Single Mom

Finansialku tidak ingin semua perjuangan yang sudah dilakukan oleh single mom dalam menjalankan tanggung jawabnya menjadi sia-sia karena kurangnya literasi keuangan yang baik.

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, Finansialku juga ingin memberikan lima tips untuk mengatur keuangan buat para single mom, agar setidaknya, kehidupan dan beban mereka lebih ringan dibandingkan sebelumnya:

 

#1 Cari Tahu Kondisi Keuangan Sekarang

Sebelum merencanakan keuangan, Anda tentu harus mengetahui terlebih dulu bagaimana kondisi keuangan Anda yang sebenarnya.

Anda bisa mengetahuinya secara GRATIS dengan memanfaatkan free trial dari aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apple Apps Store.

Selain itu, dengan free trial tersebut, Anda juga bisa melakukan konsultasi GRATIS selama jam bekerja.

Kalau ini dirasa bermanfaat, Anda bisa memperpanjang masa premium ini dengan berlangganan Rp 350 ribu untuk 365 hari penuh alias satu tahun!

Artinya, Anda cuma perlu menganggarkan dana di bawah Rp 1000 per harinya saja, dan Anda sudah bisa menikmati semua fasilitas keuangan bahkan mendapatkan literasi keuangan secara GRATIS.

 

#2 Tidak Mengutang Terlalu Banyak

Meski dalam satu keadaan, kita dihadapkan pada keharusan untuk mengajukan utang atau pinjaman, usahakan untuk tidak terlalu banyak jumlahnya agar tidak memberatkan kita di masa depan.

Jangan lupa juga untuk melakukan pembayaran lebih dari jumlah minimum jika memungkinkan, dan prioritaskan satu utang, agar bisa meringankan beban di masa depan nanti.

 

#3 Buatlah Anggaran Bulanan

Buat beberapa orang termasuk single mom, merencanakan anggaran keuangan bulanan adalah hal yang sangat berat karena bisa menyita banyak waktu.

Padahal, membuat anggaran bulanan adalah hal yang wajib dilakukan agar keuangan tetap tertata dan menghindarkan Anda dari pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu.

Tapi sekarang, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini, karena kini Anda bisa memanfaatkan aplikasi Finansialku untuk menganggarkan keuangan bulanan secara otomatis, bahkan bisa diselesaikan dalam waktu 5 menit saja!

 

#4 Catat Keuangan

Setelah membuat anggaran keuangan, jangan lupa untuk catat semua pengeluaran serta pemasukan setiap hari agar keuangan Anda tetap terkontrol.

Tidak perlu khawatir menggunakan buku catatan manual atau menggunakan aplikasi lain, Anda bisa menggunakan aplikasi yang sama, yaitu Finansialku untuk melakukan ini dengan praktis.

 

#5 Tentukan Target atau Tujuan Keuangan

Anak-anak dan Anda, punya masa depan. Anda tidak bisa berpikir kalau Anda akan hidup di masa kini saja, ‘kan?

Maka dari itu, mulailah untuk menentukan target-target atau tujuan keuangan Anda, yang harus Anda capai di masa depan.

Buatlah pertanyaan-pertanyaan mikro terkait target-target keuangan Anda, seperti misalnya, apakah Anda perlu membutuhkan pekerjaan dengan penghasilan lebih?

Berapa tahun lagi anak Anda akan sekolah? Jenis sekolah apa yang diinginkan oleh Anak Anda?

Dengan pertanyaan-pertanyaan ini, membantu Anda untuk menyortir mana target yang harus dijadikan prioritas, dan berapa dana yang harus Anda siapkan dari sekarang.

Agar tidak menghabiskan waktu, Anda bisa merencanakan keuangan lebih detil menggunakan fitur dari Aplikasi Finansialku bernama ‘Rencana Keuangan’.

Dengan aplikasi Finansialku, Anda bisa mencapai target keuangan Anda, bahkan memberikan Anda informasi terkini soal dunia, juga literasi keuangan.

Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk melibatkan aplikasi Finansialku untuk setiap perjalanan keuangan Anda, ya.

 

Ebook Mommy & Money: Panduan Cara Mengatur Keuangan IBU RUMAH TANGGA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

7 Ebook Mom and Money

 

Jangan Lupa Rehat Sejenak

Finansialku tahu, Anda punya banyak target dan mimpi yang harus dicapai demi kesejahteraan anak Anda.

Tapi, Finansialku ingin Anda ingat kalau Anda juga punya kehidupan sebagai pribadi Anda sebelum menjadi seorang Ibu.

Anda juga punya hak untuk berhenti sejenak dan mengistirahatkan pikiran Anda yang tidak jarang sangat kalut seperti benang kusut.

Dengan beristirahat sebentar, tidak membuat Anda tertinggal, tidak juga membuat Anda gagal.

Justru, istirahat perlu dilakukan agar Anda bisa mengisi kembali energi Anda dan semangat menjalani hidup yang tidak mudah.

 

Apakah Sobat Finansialku punya ucapan selamat untuk Ibu? Yuk, sampaikan lewat kolom komentar!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada teman-teman atau saudara single mom di sekitar kita lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini, agar mereka bisa terus semangat menjalani hari-harinya. Terima kasih.

 

 

Sumber Gambar:

  • Mom – http://bit.ly/3rggvKl, http://bit.ly/3h8hjMD