Setelah bekerja keras selama 5 sampai 6 hari dalam seminggu, boleh gak sih kita berikan self reward? Yuk simak dalam pembahasan berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Self Love, Self Reward

Jika kamu diminta untuk menceritakan dengan tulisan, usaha apa saja yang sudah kamu lakukan untuk bisa mengejar mimpi-mimpimu, pasti akan berlembar-lembar panjangnya.

Waktu berjalan begitu cepat dan kita sudah melakukan segala hal untuk mengejar impian yang diinginkan.

Tanpa disadari, kita sudah memeras tubuh dengan bekerja keras dari pagi hingga malam hari. Sering kali kita juga lupa makan dan kurang tidur.

Bahkan weekend pun digunakan untuk mencari income tambahan. Bukan hanya fisik yang lelah, pikiran kita pun ikut lelah, dan akhirnya kita sering lupa untuk memperhatikan diri sendiri.

Bicara tentang memperhatikan diri sendiri, memang sering dihubungkan dengan self love. Akhir-akhir ini sering kita mendengar istilah self love atau mencintai diri sendiri.

Self love sedang banyak digaungkan oleh masyarakat modern yang aware terhadap kesehatan mental.

Perlakuan self love tidak sama untuk setiap orang, karena kita memiliki banyak cara berbeda untuk menunjukkan bahwa kita mencintai diri sendiri.

Nah, termasuk ketika kita bekerja banting tulang memeras tubuh kita, pada suatu titik kita akhirnya memberikan self reward bagi diri sendiri secara berlebihan.

Royal Garden Spa 03 - Finansialku

[Baca Juga: #HargaiKerjaKerasmu Biar Hasil Enggak Berkhianat]

 

Apa sih self reward? Self reward merupakan bagian penting dari self love.

Self reward adalah cara menghargai diri sendiri yang tujuan utamanya adalah berupa kesadaran terhadap kebahagiaan diri sendiri ini tentu saja penting untuk membuat kamu lebih bahagia dan merasa berharga.

Salah satu bentuk self reward biasanya dengan membeli barang atau jasa yang diinginkan.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Misalnya setelah lima hari penuh bekerja, kamu memberikan self reward berupa memanjakan diri pada akhir pekan dengan pergi ke spa, nonton bioskop, atau belanja barang-barang yang kamu idam-idamkan untuk mengapresiasi hasil kerja kerasmu.

Salah atau benar sih?

Tentu hal ini sama sekali tak salah. Self reward atau self love memang diperlukan untuk membuatmu lebih bahagia.

Tapi perlu diingat, self reward bukan sekadar menghabiskan uang untuk secangkup kebahagiaan yang sesaat.

Dalam bentuk apa sih idealnya self reward kepada diri sendiri?

Banyak bangeettt… Tapi ingat, apa pun upaya self reward yang dilakukan, pastikan bahwa kamu senantiasa bahagia dan terhindar dari stres.

Cinta pada diri sendiri juga dilakukan dengan bentuk meluangkan waktu khusus untuk diri sendiri atau bersama keluarga tercinta.

Luangkan waktu khusus untuk ‘me time’.

Jangan ragu untuk memanfaatkan jatah cuti, gunakan untuk beristirahat sejenak dari aktivitas pekerjaan, meeting atau bisnis yang ekstra padat.

Selain digunakan untuk istirahat cukup, manfaatkan waktu dengan makan sehat dan berolahraga supaya tubuh dan pikiran bisa bekerja lebih optimal.

Luangkan waktu bersama keluarga tercinta.

Ingatlah bahwa saat kamu bekerja keras, ada doa dari keluarga untukmu agar impianmu tercapai.

Alangkah indahnya jika kamu juga punya waktu senggang bersama keluarga, misalnya untuk bersantai di rumah atau berlibur selama beberapa hari.

 

Pemborosan?

Nah, tentunya kalian ingin memberikan self reward juga kan untuk diri sendiri. Tapi gimana caranya jika self reward itu membutuhkan dana atau biaya tambahan?

Supaya tetap bisa mengapresiasi diri tanpa mengganggu keuangan, kamu harus bisa mengatur budget untuk self reward-mu.

Pertama, coba lakukan financial check up. Tentunya kalian bisa melakukan dengan mudah melalui aplikasi Finansialku ya.

Di dalamnya kalian bisa mengisi pendapatan sekaligus pengeluaran bulanan kalian. Kamu bisa download aplikasinya secara gratis di Google Play Store maupun Apple Apps Store.

Nah, kalian bisa cek di sana, apakah masih ada sisa yang bisa dipergunakan sebagai dana self reward?

Cara Sederhana Mengatur Keuangan Bagi Yang Punya Hobi Menguras Kantong 01 - Finansialku

[Baca Juga: Save Money! Ini Segudang Manfaat Thrift Shopping, Gak Nyesel!]

 

Sebagai saran ya.. anggarkan dana self reward ke dalam pos pengeluaran pada anggaran bulananmu.

Dengan begitu, kamu seperti memberi jatah untuk membahagiakan dirimu sendiri setiap bulannya. Dan pastikan self reward itu masih on budget ya, tidak boleh lebih dari itu…

Atau kalau mau sedikit usaha, ketika akan membeli atau melakukan sesuatu, sering-seringlah melihat promo diskon yang berlaku. Dengan begitu, kamu bisa menghemat budget-mu dan jika ada sisa, bisa dialokasikan ke dana darurat.

Sebenarnya, self reward enggak melulu diterapkan dengan hal yang berbau materi.

Apresiasi terhadap diri sendiri bukan bertujuan untuk gengsi semata. Jadi, jangan sampai kamu emosi sesaat dan akhirnya hanya memamerkan pencapaian yang berhasil didapatkan.

Lakukanlah aktivitas atau belilah barang-barang tertentu berdasarkan kebutuhan.

Membahagiakan diri sendiri bukan berarti kamu boleh menjadi super boros.

Alokasikan budget secara cermat jika ingin membeli barang-barang yang disukai.

Jangan sampai kegiatan belanja yang menyenangkan menguras isi tabungan secara berlebihan bahkan hingga kamu tidak punya dana darurat.

 

Jadi…

Self love adalah proses yang selamanya harus terus dilakukan, dan tak akan selesai hanya ketika kamu membeli barang impian.

Membeli sesuatu sebagai bentuk penghargaan pada diri sendiri boleh saja, tapi jangan sampai kamu terlena, dan keuanganmu malah jadi sengsara!

 

Setujukah dengan artikel di atas? Apa tanggapanmu mengenai hal ini? Kamu bisa tuliskan komentarmu pada kolom di bawah ini.

Jangan lupa juga bagikan artikel bermanfaat ini pada rekan-rekanmu ya. Love yourself!

 

Sumber Referensi:

  • Anindi Harahap. 5 Juli 2019. 4 Cara SelfReward yang Tetap On Budget. Kredivo.com – https://bit.ly/34u45Dy
  • Melisa. 28 November 2019. SelfReward: Cara Terbaik Mengapresiasi Pencapaian Diri Sendiri. Job-like.com – https://bit.ly/2RyfaOO