Sensus Penduduk 2020 kali ini berusaha meraup data akurat agar pembangunan bisa merata.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

Sensus Penduduk 2020 Lebih Akurat Dengan Kombinasi Data

Tahun 2020 ini ada kegiatan pemerintah yang perlu diperhatikan dan diketahui oleh publik yakni, Sensus Penduduk.

Pasalnya Sensus Penduduk diberlakukan dalam kurun waktu satu dekade sekali dan berdampak signifikan untuk pembangunan dan kebijakan pemerintah.

Selain itu, perhelatan ini akan diselenggarakan secara serentak oleh 54 negara lainnya.

Di Indonesia, Badan Pusat Statistik ikut andil dalam menyukseskan Sensus Penduduk 2020.

Dalam Kegiatan Apel Siaga, Jumat (14/02), kemarin, Kepala BPS Suhariyanto menyampaikan kegiatan Sensus Penduduk tahun ini akan mempengaruhi kredibilitas BPS sebagai lembaga pemerintah.

“Sensus Penduduk 2020 akan menjadi pertaruhan nama dan kredibilitas BPS. Beberapa inovasi telah kita buat, misalnya dengan memanfaatkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai data dasar dan penggunaan ‘multimode data collection’,” Pungkas Suhariyanto sebagaimana melansir dari Liputan6.com dari Antara, (17/02)

Sensus Penduduk 2020 Tentukan Pemerataan Pembangunan 02

[Baca Juga: 10 Negara Paling Sehat Penduduknya, Indonesia Duduki Peringkat]

 

Berbeda dengan sebelumnya, tahun ini BPS akan menggunakan metode kombinasi (Combine Method).

Metode kombinasi ini mengumpulkan basis data administrasi penduduk dari Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Artinya, data Dukcapil itu akan terakumulasi menghasilkan satu data kependudukan.

“…Pada Sensus Penduduk 2020 petugas tidak dengan data kosong, tapi sudah memiliki basis data administrasi, sehingga nanti ketika wawancara sifatnya hanya konfirmasi,” kata Suhariyanto melansir dari lama yang sama.

Untuk itu, berdasarkan informasi yang tersebar Badan Pusat Statistik akan membuka lowongan kerja pada bulan April mendatang untuk 390.000 orang berlaku seluruh Indonesia.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan pendapatnya perihal pelaksanaan Sensus Penduduk tahun ini. Jokowi mengajak masyarakat agar ikut aktif menyukseskan gelaran ini.

“Data hasil Sensus Penduduk ini sangat penting. Informasi yang kita isi akan menentukan kebijakan pembangunan ke depannya,” kata Jokowi melalui akun instagramnya, Sabtu (15/2/20).

Jokowi menekankan bahwa dengan data kependudukan yang akurat, penyusunan perencanaan pembangunan tepat sasaran dapat dilakukan.

“Sensus penduduk 2020 harus sukses. Yang pertama, terima kedatangan petugas sensus di rumah bapak ibu dan saudara saudara semuanya. Berikan informasi sejujurnya karena informasi yang bapak ibu berikan akan sangat menentukan kebijakan pembangunan pemerintah ke depannya,” Pungkas Jokowi sebagaimana melansir dari CNBC Indonesia (17/02).

 

Input Data Sensus Penduduk Secara Online

Terobosan lain dari penyelenggaraan Sensus Penduduk 2020 adalah input data secara online. Sensus online ini terlaksana sejak 15 Febuari yang lalu sampai 31 Maret 2020 mendatang.

Lantas, bagaimana cara untuk melakukan input data sensus online?

Langkah pertama yang perlu diperhatikan oleh peserta adalah menyiapkan dokumen.

Sensus Penduduk 2020 Tentukan Pemerataan Pembangunan 03

[Baca Juga: Mudah dan Cepat! Ini Syarat Membuat NPWP Pribadi]

 

Siapkan dokumen pribadi seperti, Kartu Keluarga/KTP/Buku Nikah/Dokumen Cerai/Surat Keterangan Kematian, termasuk anggota keluarga tambahan, sebelum melakukan pengisian data.

Penduduk dapat mengakses web sensus.bps.go.id menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana menurut Anda tentang artikel di atas? Semoga Sensus Penduduk 2020 nyata adanya untuk kepentingan dan kebutuhan bersama.

Anda bisa memberi tanggapan pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa bagikan informasi ini seluas-luasnya. Semoga bermanfaat. Tabik!

 

Sumber Referensi:

  • Arthur Gideon. 14 Februari 2020. Sensus Penduduk 2020 Dimulai Sabtu 15 Februari 2020. Liputan6.com – https://bit.ly/2SUslJs
  • Erlangga Djumena. 17 Febuari 2020. BPS Mau Buka Lowongan 390.000 Petugas Sensus Penduduk 2020, Cek Syaratnya. com – https://bit.ly/2SWdeQ2
  • Muhammad Choirul Anwar. 15 Febuari 2020. Sensus Penduduk 2020 Dimulai, Ini Pesan Jokowi. CNBC Indonesia – https://bit.ly/3200zzv
  • Nur Latifah Hanum. 16 Febuari 2020. Sensus Penduduk Bisa Online?. Ayo Bandung – https://bit.ly/2P1IqMp

 

Sumber Gambar:

  • Sensus 01 – http://bit.ly/325IVdB
  • Sensus 02 – http://bit.ly/2HwMj80
  • Sensus 03 – http://bit.ly/2SyonaF