Kesehatan menjadi salah satu indikator kemajuan sebuah negara. Lalu, negara mana saja yang termasuk dalam negara paling sehat penduduknya?

Apakah Indonesia termasuk salah satunya?

Yuk, intip negara-negara yang termasuk ke dalam kategori negara maju dan sejahtera berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kesehatan, Salah Satu Penentu Kemajuan Sebuah Negara

Negara yang maju tidak hanya dilihat dari sisi keberhasilan mengatur pemerintahan saja, melainkan bagaimana kondisi masyarakat atau penduduknya.

Ada beberapa aspek yang menjadi tolok ukur keberhasilan dan kemajuan sebuah negara.

Satu di antaranya yaitu kesehatan penduduk yang sangat penting diperhatikan.

World Health Organization (WHO) menetapkan 100 indikator kesehatan yang diprioritaskan oleh masyarakat global untuk memberikan informasi ringkas mengenai situasi kesehatan di tingkat nasional dan global.

Dari 100 indikator kesehatan tersebut terbagi menjadi 4 bagian yaitu status kesehatan, faktor risiko, layanan kesehatan, dan sistem kesehatan.

Aspek kesehatan juga meliputi tingkat harapan hidup di sebuah negara, tingkat merokok, obesitas, dan akses ke air bersih atau sanitasi.

Hasilnya di tahun 2019 ini, dunia cukup menyoroti negara-negara di Eropa yang mendominasi urutan teratas negara tersehat.

Negara Paling Sehat Penduduknya 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kuliner dan Destinasi Mudik Lebaran di Jogja versi Kementerian Pariwisata]

 

Melansir Bloomberg Healthiest Country Index edisi 2019 menetapkan Spanyol duduki peringkat utama sebagai negara tersehat karena mayoritas penduduknya menerapkan diet Mediterania.

Diet ini adalah diet yang memprioritaskan lebih banyak asupan buah dan ikan, dan lebih sedikit minuman manis dan makanan ringan.

Sementara itu, University of Navarra telah melakukan penelitian bahwa diet Mediterania di Spanyol yang menambahkan minyak zaitun dan kacang-kacangan memiliki peluang terjangkitnya penyakit kardiovaskular lebih rendah daripada mereka yang menerapkan diet rendah lemak.

Para ilmuwan secara berkelanjutan turut memuji manfaat kesehatan dari diet Mediterania, yang mengandung banyak sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan minyak.

Hal ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga diyakini baik untuk otak dan hati, serta dapat meningkatkan fungsi seksual pada pria.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Inilah 10 Daftar Negara Tersehat di Dunia

“Sehat itu Mahal” memang benar adanya, sangat terasa berbeda ketika dalam tidak sehat maka banyak aktivitas produktif yang terbengkalai.

So, sudah seharusnya masyarakat menyadari akan pentingnya pola hidup sehat mengingat dampaknya tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi bisa mempengaruhi kemajuan sebuah negara.

Nah jika di tahun ini Spanyol berhasil menyandang gelar sebagai negara tersehat di urutan pertama, kira-kira apa aja ya negara lainnya yang ada di peringkat 10 besar?

Apakah Indonesia termasuk salah satunya? Yuk langsung simak daftar berikut ini!

 

#10 Israel

Posisi kesepuluh diduduki salah satu negara Timur Tengah yakni Israel. Negara yang juga memberlakukan diet Mediterania.

Selain karena pola makan yang baik, Israel juga memiliki usia harapan hidup relatif tinggi sebesar 82,9 tahun menurut data WHO 2017, tertinggi kedelapan di dunia.

Negara Paling Sehat Penduduknya 03 - Finansialku

[Baca Juga: TOP 10 Harga Tiket Taman Hiburan Termahal Di Dunia, Mau Coba?]

 

#9 Norwegia

The land of Fjords adalah salah satu dari enam negara di Eropa yang masuk ke dalam peringkat sepuluh besar negara tersehat di dunia, dan kedua di negara Nordik atau negara yang menempati wilayah di Eropa Timur dan Atlantik Utara.

Norwegia di tahun 2015, memiliki jumlah perawat dan bidan per kapita tertinggi di Eropa.

Kendati demikian negara ini memiliki tingkat overdosis dan angka bunuh diri tertinggi di antara negara-negara Nordik untuk di bawah 49 tahun.

 

#8 Singapura

Nah di urutan kedelapan diisi oleh Singapura. Sayangnya, negara dengan harus rela turun empat peringkat dan kehilangan posisinya sebagai negara Asia yang paling sehat.

Singapura memiliki salah satu harapan hidup tertinggi di kawasan ini dan sistem perawatan kesehatan yang dianggap baik.

Ingin Cari Tanah Murah Coba Cek Berapa Harga Tanah di 7 Kota Ini! 05 Singapura - Finansialku

[Baca Juga: Studi Kasus: Ini Harga Jasa Desain Rumah di Perkotaan]

 

#7 Australia

Turun dua peringkat, Australia kini berada di peringkat ketujuh negara tersehat di dunia.

Negara yang terkenal cerah ini memiliki budaya olahraga yang baik, karena tersedia banyak ruang terbuka sangat mendukung untuk melakukan berbagai aktivitas yang menunjang kesehatan.

So, tidak mengherankan jika negara kangguru ini menjadi salah satu tempat tersehat di dunia.

 

#6 Swedia

Jika Australia turun dua peringkat, lain halnya dengan Swedia yang berhasil menempati posisi keenam dari sebelumnya kedelapan.

Negara Swedia menawarkan sistem perawatan kesehatan yang didanai pemerintah secara mumpuni, di mana memerlukan sekitar 12% dari PDB, di antara yang tertinggi di dunia.

10 Negara Paling Bahagia 10 Swedia - Finansialku

[Baca Juga: Harga dan Detail Konser Backstreet Boys di Jakarta]

 

#5 Swiss

Negara pegunungan Eropa tengah yaitu Swiss memiliki banyak kelebihan yang diunggulkan terutama pada keindahan alam yang berlimpah.

Swiss menerapkan diet yang kaya akan buah dan biji-bijian serta budaya olahraga yang aktif sehingga tidak mengejutkan jika Swiss berada di 10 besar negara tersehat di dunia.

 

#4 Jepang

Mengikuti jejak Singapura, kembali salah satu negara di Asia berhasil dikategorikan dalam top 10 negara tersehat di dunia, Jepang, yang naik tiga urutan di peringkatnya tahun ini.

Negara dengan julukan ‘Negeri Matahari Terbit’ memiliki makanan yang didominasi dengan nasi dan ikan, menjadikannya salah satu harapan hidup tertinggi di dunia.

Liburan Natal Tokyo Jepang - Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran Keuangan dari Cerita Sangkuriang Gunung Tangkuban Parahu]

 

#3 Islandia

Letaknya memang di pulan kecil Atlantik Utara, tetapi dalam urusan kesehatan masyarakat negara Islandia patut diacungi jempol.

Negara ini memiliki harapan hidup yang tinggi dan sistem kesejahteraan gaya Nordik dengan model layanan kesehatan publik yang sangat luas.

 

#2 Italia

Posisi Italia harus mengalami pergeseran dari yang sebelumnya menduduki peringkat pertama.

Negara Mediterania yang terkenal dengan cuaca luar biasa, keajaiban alam yang berlimpah, beberapa makanan terbaik di dunia, dan tampaknya paling sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet Mediterania adalah salah satu yang paling sehat di dunia dan Italia mempertahankan harapan hidup yang tinggi serta membanggakan apa yang disebut “Zona Biru” untuk kualitas hidup yang tinggi di Sardinia.

10 Negara Pariwisata Terbesar 08 Italia - Finansialku

[Baca Juga: Hobi Mendaki Gunung? Mahal Atau Murah Ya?]

 

#1 Spanyol

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa urutan pertama negara tersehat di dunia tahun 2019 diraih oleh Spanyol.

Melompat lima tempat dari peringkat sebelumnya, Spanyol menyalip Italia ke posisi teratas.

Nampaknya paella dan gazpacho akan masuk dalam daftar tren makanan sehat yang maju dengan masakan Mediterania sebagai pemenang yang jelas untuk negara Eropa Selatan.

Tahun 2040 Spanyol diperkirakan memiliki angka harapan hidup tertinggi di dunia yakni mencapai hamper 86 tahun diikuti oleh Jepang, Singapura, dan Swiss, menurut Washington’s Institute for Health Metrics and Evaluation.

Spanyol pun telah memiliki angka harapan hidup tertinggi di Uni Eropa.

 

Itulah 10 besar negara tersehat di dunia, Indonesia sendiri tidak termasuk ke dalam 50 besar Indeks Negara Sehat versi Bloomberg.

Singapura menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang masuk dalam 50 besar negara tersehat versi Bloomberg.

 

Negara Sehat, Penduduk Sehat

Kondisi kesehatan di dalam sebuah negara merupakan faktor penting yang harus diperhatikan.

Negara yang dikatakan maju memiliki penduduk yang tingkat kesehatannya tinggi.

Membangun negara yang sehat harus selaras dengan kondisi penduduknya.

Hal ini dapat ditunjang dengan ketersediaan tenaga medis, rumah sakit, dan jaminan kesehatan yang baik, sehingga negara akan memiliki rasio umur dan angka harapan hidup yang tinggi.

Meskipun Indonesia belum termasuk ke dalam 10 besar negara tersehat di dunia tahun 2019, semoga artikel ini dapat memberikan motivasi kepada kita semua untuk menerapkan pola hidup sehat.

Karena sehat itu mahal, maka jagalah selalu kesehatan.

 

Apakah artikel ini bermanfaat? Jangan lupa untuk bagikan kepada teman-teman lainnya ya, terima kasih. Salam hidup sehat!

 

Sumber Referensi:

  • Callum Burroughs. 25 Februari 2019. These are the 10 healthiest countries in the world in 2019. Businessinsider.sg- https://bit.ly/2Kd7Jum

 

Sumber Gambar:

  • Negara Paling Sehat Penduduknya 1 – http://bit.ly/2MPPvAW
  • Negara Paling Sehat Penduduknya 2 – http://bit.ly/2XRZ4k6
  • Negara Paling Sehat Penduduknya 3 (Israel) – http://bit.ly/2XONTbH