Adakah rekan Anda yang hobi mendaki gunung? Apakah Anda ingin mencobanya?

Kalau begitu, ketahuilah terlebih dulu berbagai persiapan yang harus dilakukan para pendaki gunung melalui artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengetahui Berbagai Kebutuhan untuk Hobi Mendaki Gunung

Mendaki gunung menjadi hobi yang popular saat ini. Berbagai kalangan sudah berani mencobanya, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Pesona alam yang benar-benar indah selalu dipamerkan alam kepada para pendaki gunung yang akhirnya membuat orang lain kagum dan ingin mencobanya.

Bagi yang belum pernah mendaki gunung biasanya beranggapan bahwa pendakian adalah kegiatan yang mudah dilakukan dan tidak menghabiskan banyak biaya.

Tentu saja anggapan ini bisa jadi benar atau tidak, tergantung kondisi ekonomi setiap orang yang melakukannya.

Penting untuk diketahui bahwa kebutuhan untuk mendaki gunung tidaklah sederhana. Persiapannya meliputi banyak hal, baik itu kesehatan fisik, mental, juga finansial.

Beberapa hari sebelum mendaki, setidaknya Anda harus melakukan olah raga rutin terlebih dahulu. Seperti jogging jarak jauh, serta memaksimalkan nutrisi untuk tubuh agar staminanya lebih terjaga.

 

Rincian Biaya Ketika Mendaki Gunung

Tidak hanya kondisi fisik yang perlu dipersiapkan secara maksimal, kondisi keuangan atau finansial juga harus dimaksimalkan, mengingat banyaknya perlengkapan dan peralatan yang digunakan untuk mendaki gunung.

Anda perlu merencanakannya dengan baik agar tidak terjadi yang namanya over budget dan mengganggu kebutuhan lainnya.

Barang-barang yang harus Anda persiapkan dengan cermat, antara lain seperti tas carrier, yakni tas besar yang khusus digunakan untuk pendakian.

Kemudian sepatu khusus untuk mendaki, tenda, nesting, kompor, matras, sleeping bag sebagai alas tidur yang bisa dilipat dalam bentuk seperti tas, terpal, jaket gunung yang dibuat khusus dengan ketebalan sesuai untuk para pendaki gunung, serta makanan cepat saji sebagai bekal.

arang-barang tersebut harus dalam keadaan yang baik, tidak ada cacat untuk mengantisipasi terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan.

Tips Hemat Hobi Mendaki Gunung 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Sukses Memulai Bisnis Dengan Tim Baru]

 

Banyaknya perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki gunung yang telah Anda ketahui seperti di atas, bisa dijadikan sebagai acuan untuk memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan.

Perkiraan biaya mendaki gunung bisa mencapai hingga puluhan juta tergantung berbagai jenis peralatan pendakian yang dibawa.

Untuk carrier saja, saat ini berada pada rentang harga Rp500.000 hingga jutaan rupiah, nesting sekitar Rp140.000, sleeping bag minimal seharga Rp150.000, dan jaket gunung minimal dijual dengan harga Rp200.000.

Ditambah lagi perlengkapan lainnya seperti sepatu mendaki yang harganya bervariasi mulai dari Rp500.000 hingga jutaan rupiah tergantung merek dan kualitasnya.

Serta perlengkapan lainnya yang masih banyak dan belum terhitung harganya.

Untuk memenuhi semua kebutuhannya, diperlukan yang namanya perencanaan keuangan.

Perencanaan sangat penting untuk dilakukan agar Anda dapat mengetahui hal apa saja yang dapat direncanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Selain itu, Anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memenuhi suatu kebutuhan ataupun keinginan juga berapa besar dana yang perlu dialokasikan tanpa mengganggu dana untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Untuk mempraktikkannya, sangat disarankan bagi Anda untuk memanfaatkan teknologi di sekitar Anda, seperti aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi berbasis website yang dapat memudahkan penggunanya dalam hal pengelolaan dan perencanaan keuangan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Terdapat sejumlah fitur yang dimilikinya, termasuk “Rencana Keuangan”. Langkahnya pun sangat mudah.

Namun sebelumnya, pastikan dulu untuk memiliki aplikasinya dengan men-download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Setelah itu, lakukan beberapa langkah di bawah ini”

  1. Buka aplikasi dan pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Untuk menambahkan rencana keuangan, klik simbol “+” di bagian kanan bawah layar.
  3. Setelah itu, pilih “Dana Membeli Barang”.
  4. Isi sejumlah data yang diperlukan:
  • Nama barang: Persiapan daki gunung.
  • Harga barang saat ini: Rp3.015.000.
  • Berapa lama lagi Anda akan membeli: 4 bulan.
  • Dana yang telah tersedia: Rp500.000.
  • Inflasi: 10% per tahun.
  • Estimasi hasil investasi: 12% per tahun.
  1. Setelah data terisi, klik “Hitung”. Kesimpulan berupa hasil perhitungan pun muncul dan Anda sudah dapat mengetahui berapa besar dana yang perlu dialokasikan tiap bulannya.

 

 

Besar biaya yang dibutuhkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk contoh di atas, rincian biayanya ialah sebagai berikut:

  1. Tas carrier ukuran 35 liter: Rp695.000.
  2. Sleeping bag: Rp275.000.
  3. Jaket gunung: Rp395.000.
  4. Sepatu gunung: Rp650.000.
  5. Alat dapur khusus (gelas, piring, sendok, botol minum): Rp350.000.
  6. Head lamp: Rp150.000.
  7. Biaya lain-lain: Rp500.000.

 

Bagaimana? Mudah bukan?

Ilustrasi tersebut bisa saja berubah. Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu melakukan perencanaan keuangan untuk hal lainnya.

Alangkah lebih baiknya agar Anda mempelajarinya terlebih dahulu menggunakan ebook Finansialku yang satu ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Ilmu yang akan Anda dapatkan bisa diperoleh secara GRATIS tanpa dipungut biaya apapun.

Tunggu apalagi? Yuk segera miliki dan praktikkan sekarang juga!

 

Tips Hemat untuk Persiapan Mendaki Gunung

Bagi Anda yang belum pernah melakukan pendakian sebaiknya jangan sekedar mengandalkan intuisi pribadi Anda.

Sebaiknya carilah informasi mengenai persiapan pendakian melalui kisah orang-orang yang sudah berpengalaman.

Anda juga bisa mengajak teman yang sudah berpengalaman dalam hal mendaki gunung.

Selain itu, ada juga nih beberapa tips bagi Anda yang ingin melakukan pendakian tanpa mengeluarkan banyak biaya, yaitu:

 

Tips #1: Menjaga Stamina dan Kesehatan Tubuh

Mengapa kesehatan juga masuk dalam rencana keuangan? Karena tentu jika Anda sakit biaya yang dikeluarkan lebih besar bukan?

Kebutuhan vital para pendaki gunung yang lebih penting dibandingkan dengan peralatan pendakian yakni kesehatan fisik dan mental.

Mendaki gunung tidak semudah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang awam.

Apabila terdapat seseorang yang kesehariannya jarang melakukan aktivitas olahraga, maka gangguan otot seperti kram, kesemutan, dan lain-lain bisa saja dialami oleh mereka saat sedang mendaki.

Jika gangguan tersebut terjadi di tengah perjalanan tentu akan sangat mengganggu, khususnya bagi orang lain dalam satu rombongan pendakian.

Oleh karena itu, biasakan berolahraga setiap hari sebelum mendaki, dan jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi sehingga tidak menyebabkan sakit atau membengkaknya biaya berobat di sana.

Tips Hemat Hobi Mendaki Gunung 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Jocko Willink: Mulailah Melakukannya]

 

Tips #2: Hemat dan Menabung

Biaya pendakian memang mahal, selain dikeluarkan untuk membeli peralatan dan perlengkapan mendaki, juga digunakan sebagai ongkos kendaraan, membayar tiket masuk, dan lain-lain.

Sebelum merencanakan kegiatan mendaki gunung, sebaiknya Anda harus memiliki pengaturan sistem keuangan yang tertata dengan baik.

Alokasikan sejumlah uang dari sebagian gaji bulanan Anda dan tabung secara rutin tiap bulan agar saat berencana mendaki, Anda masih memiliki cadangan uang dan tidak menghabiskan gaji yang baru diperoleh sekaligus.

 

Tips #3: Meminjam Perlengkapan Agar Irit

Tidak hanya kalangan masyarakat kelas atas yang bisa melakukan pendakian, masyarakat kelas menengah ke bawah pun bisa melakukannya asalkan ada usaha.

Tanpa harus membeli perlengkapan dan peralatan untuk mendaki, setiap orang bisa melakukannya dengan cara meminjam atau menyewa dengan biaya normal.

Namun, apabila Anda khawatir akan ada barang yang rusak, Anda juga bisa membeli peralatan bekas dengan kondisi baik ke rekan atau kerabat dekat yang memiliki hobi mendaki gunung.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan peralatan lengkap tanpa harus menguras banyak uang.

Tips Hemat Hobi Mendaki Gunung 04 - Finansialku

[Baca Juga: Rencanakan Dana Liburan untuk Melihat Keindahan Pulau Komodo (Hemat dan Murah)]

 

Tips # 4: Mengontrol Kelengkapan dan Kondisi Peralatan

Jika peralatan dan perlengkapan pendakian sebelumnya telah dibeli secara lengkap tanpa ada yang kurang, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah segera memasukkannya ke dalam carrier.

Hal itu untuk menghindari kealpaan pada saat berangkat mendaki gunung.

Jangan sampai menyiapkan segala peralatan satu hari sebelum mendaki, karena terlalu berisiko dan bisa saja terdapat barang-barang yang lupa untuk dikontrol.

Siapkan segala perlengkapan tersebut minimal tiga hari sebelum mendaki. Kemudian sehari sebelum pendakian lakukan pengecekan kelengkapan semua barang yang harus dibawa.

Buatlah list barang yang diperlukan saat mendaki gunung, lalu centang jika barang-barang tersebut sudah siap dan tertata dengan rapi.

Daftar tersebut sangat penting karena biaya sewa alat pendakian ketika tertinggal tentu sangat mahal.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Tips #5 Mencari Rekan Pendakian yang Bisa Bekerja Sama dengan Baik

Pendakian tentu bisa dilakukan dengan siapapun yang Anda kenal secara baik, minimal 2 orang untuk bisa mencapai puncak gunung.

Hal itu diperlukan agar bisa saling membantu saat ada permasalahan atau kendala pribadi saat mendaki.

Apabila pendakian dilakukan oleh satu orang saja tentu akan sangat berisiko, serta membahayakan diri Anda sendiri.

Tetapi, jika Anda melakukan kegiatan tersebut dengan orang yang tidak bisa bekerja sama dengan baik, tentu akan sangat merepotkan.

Sebaiknya, kenali kepribadian dan karakter rekan-rekan atau kerabat yang akan melakukan pendakian bersama Anda terlebih dahulu meskipun dalam waktu yang singkat.

 

Menerapkan 5 Tips Persiapan Mendaki Gunung dengan Baik

Tips mengenai persiapan mendaki gunung sebenarnya sudah bisa diperoleh melalui berbagai sumber yang terpercaya.

Namun hal tersebut masih membutuhkan penyesuaian dengan kriteria personal Anda, khususnya para pendaki pemula, atau bahkan yang belum pernah melakukannya.

Anda bisa mulai menerapkan 5 tips di atas dan melakukan persiapan lainnya dengan baik. Semoga berhasil dan selamat mendaki gunung!

 

Apabila Anda masih berencana melakukan pendakian bersama rekan Anda, maka lakukan dan terapkan dengan baik 5 tips di atas.

Selain itu, bagikan juga artikel ini kepada rekan Anda yang juga ingin mendaki gunung. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Ageng Prabowo. Mendaki Gunung, Hobi yang Disangka Murah. Hipwee.com – https://goo.gl/834xdP
  • Agus Pranoto. 17 Oktober 2016. Mendaki Gunung, Hobi Mahal Yang Dikira Murah. Yukpiknik.com – https://goo.gl/7T7Hgk

 

Sumber Gambar

  • Tips Hemat Hobi Mendaki Gunung 1 – https://goo.gl/Q7mRHL
  • Tips Hemat Hobi Mendaki Gunung 2 – https://goo.gl/V6ppJu
  • Tips Hemat Hobi Mendaki Gunung 3 – https://goo.gl/3bNGVN
  • Tips Hemat Hobi Mendaki Gunung 4 – https://goo.gl/8t3UMq