Pertumbuhan ekonomi akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Apa kabar dengan perekonomian di Indonesia?

Saat ini ekonomi di dunia terus mengalami kemajuan. Terlebih lagi dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pertumbuhan Ekonomi Saat Ini

Perkembangan perekonomian saat ini dapat dikatakan mengalami kemajuan. Dengan pertumbuhan serta pendapatan nasional kini semakin meningkat. Salah satu pertumbuhan ekonomi itu dapat dilihat dari permintaan domestik.

Selain itu juga dapat dilihat dari ekspor, impor serta investasi yang ada di suatu negara. Dampak dari globalisasi pun turut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di setiap negara.

Indonesia Negara Ekonomi Terbesar 02 Ekonomi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Definisi Unicorn dan Ketahui Startup yang Sudah Menjadi Unicorn]

 

Pengaruh dari globalisasi ini pun membawa dampak positif seperti meningkatnya kreativitas dan daya saing dalam hal kualitas dan produksi.

Dunia perekonomian ini akan terus berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Perekonomian sejumlah negara diprediksi akan terus mengalami kenaikan pada 2023.

Untuk mengetahui perkembangan tersebut, bisa dilihat dari Dana Moneter Internasional. DMI atau Dana Moneter Internasional merupakan organisasi internasional yang anggota terdiri dari 189 negara.

 

Tujuan dari DMI ini untuk mempererat kerjasama moneter global, memperkuat kestabilan keuangan, mendorong perdagangan Internasional, memperluas lapangan pekerjaan di seluruh dunia.

Berdasarkan data yang telah di dapatkan dari Dana Moneter Internasional atau IMP, jika dilihat dari produk domestik bruto berdasarkan paritas daya beli China akan tetap menjadi pemimpin sebagai Negara dengan perekonomian terbesar pada 2023

Indonesia Negara Ekonomi Terbesar 02 Ekonomi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Menabung Demi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia]

 

Seperti dilansir di Kompas.com, Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia, Ignatius Untung mengatakan bahwa Indonesia sudah menduduki posisi utama di Asia Tenggara.

Ignatius juga berpendapat bahwa Indonesia di Asia Tengara akan menjadi market terbesar dan sekarang sudah terlihat.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

Daftar 10 Negara dengan Ekonomi Terbesar

Di bawah ini adalah daftar 10 negara yang diprediksi akan memperingkati ekonomi terbesar pada 2023:

  1. China (20,97%)
  2. Amerika Serikat (13,91%)
  3. India (9,34%)
  4. Jepang (3,6%)
  5. Jerman (2,92%)
  6. Indonesia (2,8%)
  7. Rusia (2,8%)
  8. Brazil (2,34%)
  9. United Kingdom (2,03%)
  10. Perancis (2%)

 

Perekonomian indonesia saat ini mencapai 2,59%. Maka dari itu diperkirakan pada 2023 Indonesia akan mencapai 2,8%. Indonesia akan masuk di posisi keenam, dan posisi Indonesia pada tahun 2000 ada di peringkat 13.

Hal ini bisa terjadi karena dalam beberapa tahun ini e-commerce semakin menjamur di Indonesia.

Bahkan pertumbuhannya telah mencapai 500%. Pencapaian tersebut akan membuat transaksi pembelian atau penjualan melalui e-commerce akan meningkat lebih besar lagi.

Indonesia diprediksi akan mempunyai 12 miliar transaksi melalui e-commerce pada 2020.

Prediksi angka tersebut didapatkan dengan melihat jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 130 juta orang, dimana 31 diantaranya adalah pengguna internet yang menggunakan e-commerce dalam bertansaksi.

Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Ekonomi Nasional 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pemerintah Dorong UMKM Jualan Online, Berharap Tingkatkan Devisa Negara]

 

Dalam prediksi ini ada pula negara yang mengalami penurunan di tahun 2023. Perancis pada tahun 2000 menempati posisi 6, tetapi pada 2023 Perancis menurun menjadi peringkat ke-10.

Semoga prediksi Indonesia di peringkat ke-6 di tahun 2023 itu benar adanya ya. Jika pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin pesat maka penghasilan pun turut meningkat.

Namun dengan penghasilan yang tinggi Anda harus mengatur keuangan anda dan rencanakan untuk berinvestasi agar bisa membantu mengembangkan perekonomian Indonesia misalnya dengan membuka usaha.

Anda dapat dengan mudah menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda.

Aplikasi Finansialku dapat Anda download melalui Google Play Store secara gratis.

 

Apa tanggapan Anda setelah membaca berita tentang negara dengan ekonomi terbesar?

Berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Yoga Sukmana.20 Februari 2019.10 Negara dengan Ekonomi terbesar pada 2023 Indonesia Urutan Berapa. Ekonomi.kompas.com – https://goo.gl/zQcEd7
  • Murti Ali Lingga. 19 Februari 2019. Asosiasi e-Commerce: Indonesia akan Jadi Market Ekonomi.kompas.com – https://goo.gl/HM5S7b

 

Sumber Gambar:

  • Ekonomi 1 – https://goo.gl/YXseRM
  • Ekonomi 2 – https://goo.gl/wtrJ2R