Ingin tau bagaimana caranya merawat sepatu Converse dengan benar? Yuk simak biar sepatu Converse kamu jadi awet dan tidak kelihatan jorok.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tips Merawat Sepatu Converse

Siapa sih yang gak kenal dengan sepatu Converse? Tentu semua sudah pada tau dong

Bagaimana tidak, Converse merupakan salah satu brand sepatu yang memiliki peminat terbanyak di dunia, termasuk di Indonesia.

Bahkan di negara asalnya sendiri, yaitu Amerika, kabarnya sekitar 50% dari penduduk di sana memiliki sepatu Converse.

Hmm… ini tentu bukan sesuatu yang aneh, mengingat Converse selalu mengeluarkan produk-produk yang berkualitas dan keren.

 

Namun disamping itu, Converse yang asli memiliki harga yang mahal, sebagaimana sepatu dengan brand ternama lainnya.

Maka dari itu, tentu kamu tidak mau dong kalau sepatu mahal seperti Converse terlihat jorok karena tidak dirawat dengan baik?

Nah berikut ini merupakan beberapa cara untuk merawat sepatu Converse, biar gak terlihat jorok, sekaligus bisa berumur panjang.

 

#1 Bersihkan dalam Ember Berisi Air

Untuk membersihkan sepatu Converse dengan mudah, kamu bisa melakukan pembersihan di dalam ember yang telah berisi air.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sabun atau pembersih sepatu lainnya ke dalam air tersebut.

Jika ingin merendam, kamu juga bisa melakukannya di ember, namun jangan lupa untuk memperhatikan waktu perendaman.

Jangan Jorok! Ini Cara dan Tips Perawatan Sepatu Converse 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Tampil Keren dengan Mengenakan Sepatu Sneakers]

 

Merendam sepatu Converse memang salah satu cara terbaik untuk memudahkan dalam melepaskan kotoran yang membandel, namun sangat tidak disarankan untuk merendam dalam jangka waktu yang lama, apalagi kalau kamu berencana untuk merendamnya semalaman.

Alasannya, merendam sepatu dalam waktu yang lama akan merusak sepatu Converse tersebut.

Maka dari itu perendaman sepatu hanya boleh sekitar 30 menitan saja, bahkan itupun hanya jika sepatu dalam kondisi yang sangat kotor.

Jika memang tidak terlalu kotor, kamu bisa membersihkannya tanpa harus membasahi seluruhnya.

 

#2 Gunakan Sabun atau Odol

Membersihkan dengan menggunakan air saja tentu tidak cukup bukan? Maka dari itu kamu butuh hal lain agar kotoran yang melekat pada sepatu bisa terangkat dengan efektif.

Di sini kamu bisa menggunakan sabun pada bagian atas midsole hingga bagian upper, ataupun untuk membersihkan tali sepatu.

Oh iya… biar proses bersih-bersihnya lebih gampang, kamu bisa melepaskan tali sepatunya terlebih dahulu ya.

Kemudian untuk membersihkan bagian midsole maupun outer sole, kamu bisa menggunakan odol.

Yap… membersihkan bagian ini dengan sabun memang tidak salah juga, tetapi menggunakan odol nyatanya lebih bersih dan dapat menjaga warnanya tetap bagus.

Namun kamu juga tidak boleh sembarang memilih odol ya, kamu sebaiknya menggunakan odol yang tidak memiliki deterjen.

 

#3 Gunakan Sikat untuk Bersihkan dari Kotoran

Pernah gak sih, kamu merasa kesulitan saat membersihkan kotoran yang membandel dari sepatu Converse? Padahal sebelumnya telah dibaluri dengan sabun yang bagus.

Jika pernah mengalami hal ini, sepertinya terjadi kesalahan dari tahap pembersihan yang kamu lakukan.

Sebenarnya, alih-alih langsung melumurinya dengan sabun, kamu bisa menyikat kotorannya terlebih dahulu dengan menggunakan sikat.

Namun tentu saja sikat yang digunakan harus yang cukup lembut atau tidak terlalu kaku, sehingga sepatu kamu tidak menjadi rusak.

Cara Mencuci Sepatu Untuk Mengembalikan Warna Sepatu yang Pudar 01 - Finansialku

[Baca Juga: Paduan Style 2020 dengan Sepatu Sneakers Putih yang Ciamik!]

 

Bagian yang disikat juga tidak semuanya, cukup bagian midsole dan sole bagian bawahnya saja.

Pasalnya, bagian atas midsole sepatu Converse biasanya terbuat dari bahan canvas, sehingga akan menjadi rusak seperti berbulu jika dibersihkan dengan menggunakan sikat.

Selain itu, cara menyikat juga perlu banget kamu perhatikan!

Cara yang bagus dalam menyikat sepatu ialah dengan sikat memutar, sehingga kotoran akan terangkat dengan lebih efektif, serta meminimalisasi munculnya serabut karena kesalahan saat menyikat.

 

#4 Gunakan Air Hangat

Biasanya saat mencuci sesuatu kita menggunakan air dingin bukan? Namun saat membersihkan sepatu Converse kesayanganmu, sebisa mungkin gunakanlah air hangat.

Menggunakan air hangat sebelum menyikat biasanya akan mempermudah dalam mengangkat kotoran, sebab kotoran seperti tanah ataupun yang lainnya akan menjadi lebih cepat larut.

Selain itu, air hangat juga cocok digunakan saat membilas sepatu dari busa sabun yang digunakan saat menyikat, karena akan membuat warna sepatu menjadi lebih cerah.

 

#5 Gunakan Semprotan Waterproof ataupun Obat Sepatu

Jika kamu tidak ingin ribet mencuci sepatu Converse dengan menggunakan sabun dan sikat, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan semprotan waterproof ataupun dengan menggunakan obat sepatu.

Kamu juga bisa menggunakan obat sepatu untuk menggantikan peran sabun, dan menyikatkannya pada bagian midsole sepatu Converse kamu.

Oh iya… cara ini sangat efektif digunakan jika sepatu kamu dalam kondisi yang tidak terlalu kotor, seperti misalnya setelah digunakan pada jalan yang basah akibat hujan.

 

#6 Jangan Biarkan Sepatu Converse Kamu Kotor dalam Waktu yang Lama

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah selalu membersihkan sepatu sesering mungkin.

Membiarkan noda atau kotoran yang melekat pada sepatu dalam jangka waktu yang lama hanya akan membuat sepatumu gampang rusak.

Selain itu, kotoran yang sudah lama tidak dibersihkan juga akan sangat sukar untuk diangkat, sehingga butuh waktu yang lebih banyak untuk membereskannya.

Belum lagi kalau nantinya warna sepatu kamu menjadi ternodai dan tidak bisa cerah lagi.

Maka dari itu, membersihkannya sesering mungkin merupakan hal yang tepat untuk kamu lakukan.

Tentunya kamu gak perlu tiap hari mencucinya, sebab itupun hal yang salah! Sebagai saran, kamu bisa menggunakan tisu basah untuk mengelap sepatu dari debu ataupun noda yang tidak terlalu sukar lepas.

Nah untuk kamu yang suka belanja sepatu, kamu harus bisa mengatur keuangan. Finansialku punya e-Book yang khusus membahas untuk mengatur keuangan. Download ya!

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Sekarang

 

Kesalahan dalam Merawat Sepatu Converse

Selain memberikan tips merawat sepatu Converse dengan baik, kita juga akan membahas beberapa kesalahan yang sering banget dilakukan dalam merawat sepatu Converse.

Pasalnya, setiap orang kerap merasa telah melakukan hal yang tepat, padahal tanpa ia sadari, apa yang telah ia lakukan hanya akan membuat sepatunya berumur pendek alias gak awet.

Nah… cara berikut ini pun bisa juga kamu terapkan dalam merawat sepatu sneaker jenis lainnya, jadi gak cuma buat sepatu Converse doang ya.

 

#1 Sepatu Tidak Pernah Dipakai Dalam Waktu yang Lama

Merawat sepatu yang mahal memang tidak ada salahnya, bahkan ini sangatlah dianjurkan.

Namun jangan sampai karena terlalu sayang dengan sepatu Converse tersebut, kamu malah jadi tidak menggunakannya dalam waktu yang lama, dan hanya didiamkan aja di rak sepatu.

Yang satu ini jelas sangat salah, sebab jika sepatu tersebut tidak kamu gunakan, bukannya awet malah sepatu tersebut akan menjadi cepat rusak ketika nantinya kamu gunakan.

Cara Mencuci Sepatu Untuk Mengembalikan Warna Sepatu yang Pudar 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Pilihan Sepatu Kets Keren, Murah, dan Berkualitas]

 

Maka dari itu, sebaiknya kamu menggunakan sepatu tersebut meskipun hanya sekali atau dua kali dalam satu minggu.

Memang nantinya kondisi sepatu yang sering dipakai gak bakalan semulus sepatu yang dipajang, namun dalam segi usia ia akan menjadi lebih awet.

Lagian sepatu kan dibelinya buat kamu pakai bukan? Kecuali jika memang sedari awal kamu sudah berniat membeli sepatu untuk dipajang saja, ya itu sudah beda lagi dong

 

#2 Menjemur di Bawah Terik Matahari

Menjemur di bawah terik matahari adalah hal yang salah? Kok bisa?

Mungkin pertanyaan ini akan muncul ketika kamu kesalahan kedua ini, namun disini kamu akan menemukan alasannya!

Mengeringkan sesuatu memang paling efektif dilakukan di bawah terik matahari, karena akan menjadi lebih cepat kering.

Namun di sinilah letak permasalahannya!

Ketika mengeringkannya di bawah terik matahari, sepatu akan menjadi panas dan akan teroksidasi.

Hal ini akan membuat sepatu yang awalnya berwarna putih berubah menjadi kekuningan. Hayoo… disini siapa yang sepatunya menjadi seperti itu? Komen di kolom komentar ya…

Namun jika kamu memang menginginkan hal tersebut, kamu bisa saja menjemur sepatumu di bawah terik matahari.

“truss kalau gak dijemur di bawah terik matahari, ngeringinnya gimana?”

Sebagai pengganti, kamu bisa mengangin-anginkan sepatu Converse kesayangan di dalam ruangan, atau ditempat lain yang tidak langsung terkena matahari.

Berbicara tentang sepatu, tidak afdol rasanya kalau belum tahu kisah sukses dari merek sepatu terkenal di Indonesia. Yuk simak!

 

#3 Membersihkan Sepatu dengan Detergen

Ini dia nih kesalahan yang sering banget dilakukan saat membersihkan sepatu Converse. Teman-teman perlu ingat, sepatu tidak sama dengan baju yang efektif bila dibersihkan menggunakan detergen.

Memang membersihkan sepatu menggunakan detergen juga bisa bersih, namun lama kelamaan sepatu akan gampang rusak karena detergen bersifat panas.

Sebagai pengganti, kamu bisa menggunakan sabun khusus untuk sepatu, ataupun menggunakan pasta gigi yang tidak mengandung detergen.

 

#4 Menyimpan Sepatu Sembarangan

Menyimpan sepatu sembarangan juga termasuk kesalahan yang dianggap sepele namun sebenarnya dapat berakibat buruk bagi sepatu kamu.

Seperti misalnya, menyimpan sepatu di atas ubin tanpa menggunakan box sepatu.

Mengapa demikian?

Alasannya adalah, ubin memiliki suhu yang gampang banget untuk berubah, sehingga sepatu pun mengalami hal yang sama.

Dengan adanya perubahan suhu yang ekstrem ini, lem yang ada pada sepatu menjadi gampang terlepas.

Maka dari itu, jika kamu ingin sepatu kamu awet, maka perhatikan tempat kamu menyimpannya.

 

#5 Jangan Terlalu Sering Mencuci Sepatu

Membersihkan sepatu gak harus dengan mencuci atau membawanya ke laundry khusus sepatu.

Kamu cukup mengelap dengan kain atau dengan tisu basah saja, agar sepatu gak jadi cepat rusak.

Idealnya, sepatu dicuci cukup satu kali dalam dua minggu, atau jika kamu terlalu sering menggunakannya maka kamu bisa mencucinya sekali dalam seminggu.

 

Ingin Keren? Jangan Jorok!

Nah sekarang kamu sudah tau bagaimana caranya merawat sepatu Converse bukan?

Dengan begitu, kamu bisa tampil semakin keren dan bersih mulai dari sekarang. Ingin Keren? Ya jangan jorok dong

Suka koleksi sepatu tapi budget minim? Sayang banget! Kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku, dijamin deh segala kebutuhan kamu pasti terpenuhi.

Download di sini ya!

playstore icon
appstore icon

 

Oh iya… kalau kamu punya tips lain dalam merawat sepatu Converse, kamu juga bisa menuliskannya di kolom komentar ya…

 

Sumber Referensi:

  • Agus Siswoyo. 11 September 2018. 5 Cara Terbaik Merawat Sepatu Converse. Agussiswoyo.com – https://bit.ly/2W7qIuk
  • Dsports id. 19 Januari 2020. 5 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Merawat Sepatu Sneakers. Youtube.com – https://bit.ly/2W9mGlk

 

Sumber Gambar:

  • Converse 01 – https://bit.ly/2OU0Yxv
  • Converse 02 – https://bit.ly/2Bm9h24