Jangan terburu-buru! Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan sewa apartemen harian, bulanan, dan tahunan sebelum memutuskan!

Menghuni apartemen mungkin menjadi pilihan Anda di tengah kesibukan pekerjaan. Tak sedikit orang memilih untuk menyewa apartemen sebagai tempat tinggal mereka. Namun ada beberapa periode sewa yang ditawarkan untuk apartemen; harian, bulanan, dan tahunan.

Sebelum memutuskan, ada baiknya Anda membaca artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Sewa Apartemen Harian Vs Bulanan Vs Tahunan

Apartemen memang semakin populer di kalangan masyarakat urban sebagai pilihan untuk tempat hunian, apalagi di tengah kota besar yang sudah padat penduduk.

Hunian jenis ini menjadi pilihan yang tepat bagi beberapa kalangan yang ingin mendapatkan kemudahan akses dan juga fasilitas kenyamanan lainnya yang disediakan.

Setidaknya Ada 12 Tipe Apartemen, Mana Yang Sesuai Kebutuhan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Edukasi 10 Tips Produktif Kerja di Musim Hujan Kepada Karyawan Anda]

 

Jika Anda merupakan salah satu orang yang tertarik untuk tinggal dengan menyewa sebuah apartemen, mungkin Anda sedang berpikir manakah yang lebih baik, menyewa apartemen dengan sistem sewa harian, bulanan atau tahunan.

Tentunya menentukan pilihan di sini akan sangat berpengaruh dengan budget yang Anda miliki.

Melalui pembahasan kali ini, kita akan bahas satu per satu kelebihan dan kekurangan sewa harian, bulanan dan tahunan dari apartemen.

 

Sewa Apartemen Harian

Berdasarkan informasi dari Yukstay.com, menyewa apartemen harian cukup sulit ditemukan karena sistem sewa ini tidak begitu menguntungkan, terutama bagi pemilik apartemen.

Apabila Anda berencana tinggal dalam waktu yang singkat, misalnya kurang dari satu minggu, sewa apartemen harian mungkin bisa menjadi pilihan yang baik.

10 Cara Merawat Apartemen 09 Apartemen 9 - Finansialku

[Baca Juga: Para HRD Ketahui 5 Hal yang Harus Dibahas Pada Pelatihan Persiapan Pensiun Karyawan]

 

Tentu Anda juga perlu pertimbangkan harganya dengan hotel atau guest house yang sesuai dengan budget dan tawaran fasilitas yang diberikan untuk mendapatkan harga yang bersahabat dengan kantong.

Pada umumnya, satu unit apartemen harian, misalnya apartemen tipe studio ditawarkan sekitar Rp300.000 hingga Rp400.000 per harinya.

Apabila Anda ingin tinggal selama satu minggu (7 hari), tentu harganya akan lebih murah secara nominal (Rp300.000 x 7 hari = Rp2.100.000) jika dibandingkan dengan nominal harga sewa bulanan yang berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000.

Jika dibandingkan antara sewa harian dan menginap di hotel, sewa harian memang direkomendasikan, karena budget-nya akan lebih murah.

Namun Anda bisa membandingkannya lagi dengan indikator pembanding lainnya seperti, harga, fasilitas, kemudahan akses dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa keuntungan dari sewa apartemen harian dibandingkan dengan menginap di hotel.

 

#1 Kemudahan Administrasi

Dibandingkan dengan menginap di hotel, kemudahan administrasi adalah salah satu kelebihan dari sewa apartemen harian.

Ketika Anda menginap di hotel, Anda perlu mengisi data diri dan berbagai kelengkapan lainnya yang diperlukan sesuai prosedur yang ditentukan oleh pihak hotel.

Tidak semua orang suka dengan mengurus hal-hal yang mereka pikir sepele seperti itu. Tapi, itulah standar operasional yang harus dijalankan dari pihak hotel.

Berbeda dengan menyewa apartemen, Anda tidak perlu repot dengan masalah administrasi tersebut karena pemilik unit apartemen tidak akan meminta Anda untuk melengkapi form tertentu sebab transaksi sewa terjadi antar individu dengan individu.

Pertimbangkan_ Sewa Apartemen Harian, Bulanan atau Tahunan ya_ 02

[Baca Juga: Kenali 7 Jenis Motivasi Kerja Karyawan, Nomor Berapakah Motivasi Kerja Anda?]

 

Segera ketahui rencana keuangan Anda sesuai usia agar dapat mengalokasikan dana sesuai kebutuhan usia melalui E-Book Gratis Panduan Perencanaan Keuangan Sesuai Usia dari Finansialku berikut ini:

 

#2 Kemudahan Akses

Menyewa apartemen memudahkan Anda dalam hal akses komplek apartemen, apalagi yang terletak di daerah pusat perbelanjaan dan berbagai tempat umum lainnya.

Tak sedikit apartemen yang berada di tengah kota, pusat perbelanjaan dan bahkan di dalamnya terdapat komplek pusat perbelanjaan di dalamnya.

 

#3 Masa Sewa Fleksibel

Sudah menjadi hal yang lumrah jika menginap di hotel terdapat jam check in dan check out, selain itu biaya penggunaan kamar biasanya dihitung per hari.

Jika Anda menginap pada waktu yang lama, tentu akan sangat merugikan. Oleh sebab itu, menyewa apartemen harian bisa jadi pilihan yang oke.

 

#4 Dompet Terselamatkan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menyewa apartemen harian akan lebih menguntungkan daripada menginap di hotel sehingga kocek Anda tidak akan membengkak.

Biasanya, penyewa apartemen harian adalah orang-orang yang membutuhkan tempat tinggal dalam waktu singkat, seperti pendatang dari kota lain, liburan, urusan bisnis, dan sebagainya.

Nah, jika Anda sering bepergian dan memerlukan tempat tinggal, mungkin pilihan tinggal di apartemen dapat menyelamatkan dompet Anda, namun tetap saja semua dananya dibutuhkan perencanaan yang baik, agar dompet Anda tidak kian menipis.

Kabar baiknya adalah Anda dapat melakukan pencatatan dan perencanaan keuangan Anda melalui aplikasi Finansialku yang dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store atau registrasi dengan meng-klik banner di bawah ini.

Dengan aplikasi Finansialku, Anda dapat merencanakan dana untuk apa pun yang Anda inginkan, termasuk dana liburan, dana membeli rumah/tempat tinggal, hingga dana darurat.

Anda juga dapat melakukan Financial Health Check Up untuk melihat seberapa sehat kah kondisi keuangan Anda. Bukan hanya itu, dengan berlangganan aplikasi Finansialku, Anda juga mendapat kesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan Certified Financial Planner Finansialku.

Yuk, download aplikasinya sekarang!

 

Sewa Apartemen Bulanan

Cara pembayaran sewa apartemen bulanan cukup beragam, ada yang bisa dibayar per bulan, per tiga bulan dan per enam bulan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati antara pihak penyewa dan pemilik unit apartemen.

Apartemen jenis ini lebih mudah ditemukan karena banyaknya pemilik apartemen yang menawarkan sistem sewa bulanan. Namun, jika membandingkan tarif harga sewa apartemen tahunan, harga sewa tahunan akan jauh lebih murah.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan menyewa apartemen bulanan.

 

#1 Kelebihan

  • Menyewa apartemen bulanan membuat pihak penyewa lebih fleksibel, pasalnya jika si penyewa sudah tidak ingin tinggal di unit apartemen tersebut, sang penyewa bisa mengakhiri masa sewa di akhir bulan yang bersangkutan dan tidak ada denda karena melanggar perjanjian.
  • Sewa bulanan bisa menjadi pilihan tepat bagi mereka yang sedang mencari lowongan kerja di kota besar, apalagi mereka yang sedang menunggu hasil tes masuk kerja.
  • Beradaptasi dengan sebuah lingkungan tak selamanya mudah dan terkadang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Dengan menyewa apartemen bulanan, jika sang penyewa sudah tidak nyaman dengan lingkungan unit apartemennya, sewaktu-waktu mereka dapat pindah, berbeda dengan sewa tahunan karena harus menunggu akhir tahun masa sewa agar tidadk membuang-buang biaya sewa.

  • Tak perlu khawatir jika hanya memiliki budget pas-pasan dan tidak bisa membayar biaya sewa tahunan. Menyewa apartemen bulanan dapat memberi kelebihan tersendiri meski secara harga tarif, sewa tahunan akan lebih murah.
  • Apabila unit apartemen dirasa nyaman dan dapat beradaptasi dengan lingkungan apartemen, sang penyewa unit dapat bernegosiasi kepada sang pemilik apartemen untuk mengubah sistem biaya sewa menjadi sewa tahunan.

 

#2 Kekurangan

Di samping berbagai kelebihan di atas, pertimbangkan juga kekurangan sewa apartemen bulanan di bawah ini:

  • Dari segi biaya jika diakumulasikan, maka sewa bulanan akan lebih mahal jika dibandingkan dengan sewa tahunan.
  • Pihak pemilik unit tentu sewaktu-waktu dapat menaikkan harga tarif sewa bulanan dan bisa merugikan pihak penyewa.

 

Sewa Apartemen Tahunan

Sewa apartemen tahunan biasanya banyak ditemui di kota-kota besar dengan sewa kontrak minimal 1 tahun.

Memang akan dirasa mahal pada awal pembayaran, namun jika dibandingkan dengan sewa bulanan atau harian, maka tarif harga sewa tahunan akan jauh lebih murah, hanya saja perlu modal besar di awalnya.

 

Dengan biaya yang lebih hemat, tentu sewa tahunan dapat lebih aman bagi dompet. Dilansir dari Mamikos.com, berikut ini kelebihan dan kekurangan sewa tahunan.

 

#1 Kelebihan

  • Dengan menyewa apartemen tahunan ekonomi Anda akan stabil minimal untuk satu tahun kedepan. Karena anda tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya sewa setiap bulannya.
  • Harga sewa yang ditawarkan untuk sewa tahunan biasanya lebih murah jika diakumulasikan dengan biaya sewa bulanan.
  • Anda memiliki deposit sewaan yang akan diberikan saat nanti Anda akan pindah jika tidak melanggar peraturan yang sudah disepakati.
  • Karena sewa tahunan harganya sudah ditentukan sehingga Anda tidak perlu khawatir jika harga sewa akan naik secara tiba-tiba.

5 Hal Investasi Apartemen 02 Apatemen 2 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Cara Mengenali Model Bisnis Untuk Investasi Saham yang Memimpin Pasar ]

 

Menyewa apartemen menjadi salah satu opsi yang baik untuk menetap di sebuah tempat tinggal. Tapi, tidak dapat dipungkiri bahwa pada dasarnya setiap orang ingin memiliki tempat tinggalnya sendiri, bukan?

Temukan bagaimana strategi mengelola keuangan Anda untuk membeli rumah pertama dengan mengunduh E-book gratis Finansialku mengenai strategi membeli rumah pertama berikut.

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

#2 Kekurangan 

Meski dari segi biaya bisa dikatakan lebih hemat, namun sewa tahunan juga memiliki kekurangan yang perlu diketahui sebagai pertimbangan sebagai berikut:

  • Karena jangka waktu sudah disepakati dan biaya sudah dibayarkan, Anda tidak bisa langsung pindah bulan depan jika merasa tidak nyaman atau tidak cocok dengan lingkungannya.
  • Banyak peraturan yang mungkin harus ditaati untuk waktu satu tahun ke depan. Biasanya untuk sewa tahunan ada beberapa peraturan yang mengikat antara penyewa dan pemilik.
  • Sewa jangka panjang membuat Anda mau tidak mau harus mengeluarkan biaya untuk melakukan perawatan rutin.

 

Sewa Harian, Bulanan atau Tahunan, Mana Pilihan Anda?

Pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, atur dan sesuaikan dengan budget serta kebutuhan Anda.

Untuk hunian sementara dengan jangka waktu yang tidak lama (kurang dari satu minggu), ambil saja sewa harian.

Jika memerlukan waktu tinggal lebih lama, Anda mungkin dapat memilih sewa bulanan, namun jika Anda cocok dengan lingkungan apartemen, sewa tahunan akan membuat Anda lebih tenang tinggal di apartemen pilihan Anda.

 

Kini Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari periode sewa dari apartemen bukan? Bagaimana dengan rekan-rekan Anda? Mungkin beberapa dari mereka sedang bingung memilih periode sewa apartemen mereka.

Anda dapat menjadi pemberi solusi dengan membagikan artikel bermanfaat ini pada mereka hanya dengan klik salah satu tombol ikon sosial media di bawah ini. Selamat berbagi!

 

Sumber Referensi:

  • Regina Meliala. Manakah yang Lebih Untung: Sewa Apartemen Tahunan vs Bulanan vs Harian? Yukstay.com – https://bit.ly/2kiqIIs
  • Ismawati. 23 Oktober 2017. Antara Sewa Apartemen Bulanan Dan Tahunan, Untung Yang Mana? Jendela360.com – https://bit.ly/2me7Jzl
  • Adityo. 4 Maret 2019. Wajib Tahu, Ini Dia Keuntungan Sewa Apartemen Bulanan dan Tahunan. Spacestock.com – https://bit.ly/2lKl5mF
  • Mamikos. 27 September 2018. Lebih baik mana, Sewa Apartemen Bulanan atau Tahunan? Mamikos.com – https://bit.ly/2mgiUYn
  • Admin. Panduan Sewa Menyewa Apartemen. Jendela360.com – https://bit.ly/2kim79d
  • Jendela Butet. 14 Juli 2019. Kelebihan Dan Kekurangan Sewa Apartemen Harian Dibanding Nginap Di Hotel. Sartikasamosir.com – https://bit.ly/2kvgiW5
  • Green Bay Pluit. 5 Alasan Mengapa Sewa Apartemen Harian Lebih Baik Daripada Tinggal di Hotel. Apartemengreenbaypluit.com – https://bit.ly/2kimIrt

 

Sumber Gambar:

  • Apartemen 01 – http://bit.ly/2l35s9M
  • Apartemen 02 – http://bit.ly/2kxoHrU