Hari Kartini tidak terlepas dari baju tradisional atau kebaya. Apakah kamu ingin memperingati hari Kartini tapi bingung sewa pakaian adatnya dimana? 

Daripada bingung, kali ini Finansialku akan membahas mengenai pengusaha yang menyewakan baju tradisional. Agar lebih jelas mari simak ulasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Memperingati Hari Kartini

Memperingati kelahiran Raden Ajeng Kartini yang jatuh pada 21 April membuat bisnis penyewaan pakaian adat tradisional kebanjiran pesanan. Antusiasme masyarakat Indonesia pun sangat tinggi dalam memperingati hari Kartini ini.

Biasanya dalam memperingati hari Kartini, anak-anak sekolahan diwajibkan mengenakan pakaian adat tradisional, terutama bagi kaum wanita. Tapi jangan salah, para laki-laki pun ada yang turut ikut merayakannya.

Ini Dia Penghasilan Sewa Pakaian Adat di Hari Kartini 02 Hari Kartini 2 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Langkah Sukses Dalam Memulai Bisnis Pakaian Bagi Pemula]

 

Tidak hanya anak sekolahan yang hampir tiap tahun diharuskan mengenakan pakaian adat, kini di beberapa perusahaan pun ada yang ikut serta memperingati hari Kartini dengan mengenakan pakaian adat.

Dan biasanya akan ada lomba-lomba seperti sastra bahkan hingga lomba pakaian adat yang dikenakan. Jadi tidak heran jika tempat sewa pakaian adat laris manis.

Salah satu tempat penyewaan pakaian adat yang sedang banyak diminati adalah Sewaajah.com gerai yang berada di Bintara, Bekasi Barat ini kebanjiran pesanan.

Seperti dilansir di Detik.com, bahwa banyak pelanggan yang antre untuk menyewa pakaian adat. Menurut Tia Amalia Ulfah selaku pemilik Sewaajah.com, event Kartini memang ramai, pesanannya bisa dua sampai tiga kali lipat.

Bahkan dirinya mengatakan, pesanannya telah mencapai 80 baju. Sejauh ini, pakaian yang paling banyak disewa yaitu pakaian untuk orang dewasa.

Pakaian adat yang paling banyak diminati dan dipesan yaitu pakaian adat Papua, suku Dayak, pakaian adat Sumatera Barat, dan Makasar.

Hari Kartini ini memang menjadi ajang untuk membuat para wanita kembali bersinar dengan tampil cantik menggunakan pakaian adat dan polesan make up di wajah.

Dalam memasarkan produk sewaannya, Tia mengandalkan kekuatan media sosial Instagram dan di web resmi Sewaajah.com.

Meskipun situs yang dimilikinya hanya mengandalkan SEO dan belum memanfaatkan layanan iklan, dirinya sudah kebanjiran pesanan.

Perayaan hari lahir Raden Ajeng Kartini sangat erat dengan pawai pakaian adat tradisional. Perayaan ini kerap disebut ‘Kartinian’ yang biasanya diselenggarakan di sekolah dan kantor.

Penggunaan baju adat tradisional Indonesia yang beraneka ragam ini menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk memperingati hari lahir Kartini.

 

Penghasilan Dari Sewa Baju Adat

Penghasilan yang didapatkan oleh Sewaajah.com dalam peringatan hari Kartini ini keuntungannya sangat menakjubkan, keuntungan yang diraup bisa mencapai Rp20 juta sampai Rp30 juta hanya dalam sewa pakaian baju adat.

Menurut owner-nya yang biasa di sapa Tia ini, dirinya memulai usaha penyewaan pakaian adat ini pada 2016 dengan modal awal Rp5 juta. Pada saat itu, dirinya memiliki kurang lebih 20 macam baju adat.

Dan saat ini baju adat yang terkumpul mencapai 250 baju. Tidak heran banyak yang memiliki untuk menyewa pakaian adat di gerai ini, karena pilihan baju adat dari berbagai daerahnya pun beragam dan komplit.

 

Dalam menyewakan bajunya, Tia membandrol dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp100.000 hingga Rp700.000. Tia menambahkan harga untuk mengantisipasi apabila terjadi kerusakan pada baju ketika dipinjam.

Setiap satu baju, dikenakan biaya jaminan sebesar Rp50.000 untuk anak-anak, dan Rp100.000 untuk dewasa. Tia mengatakan:

“Kita pernah dapat kerusakan di baju dari customer. Tapi kita ada uang jaminan. Kalau kerusakannya kecil, kita potong dari uang jaminan. Kalau besar, kita minta tambahan lagi.”

 

Tia mengatakan, hingga saat ini bisnisnya dapat dikatakan masih stabil. Setiap bulannya ia bisa meraup untung hingga Rp10 juta.

Maka dari itu, Tia yang sebelumnya seorang karyawan, memilih untuk fokus pada usaha penyewaan pakaian adat miliknya.

Bahkan di luar event Kartini seperti ini pun, dirinya menerima pesanan sewa hingga 40 baju. Hanya dengan mengandalkan media sosial pun dirinya mampu mempertahankan performa bisnisnya.

Ternyata dengan bisnis pakaian adat pun, ia mampu mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta rupiah. Di hari Kartini ini pun mengajarkan bahwa sebagai seorang wanita, kita harus semangat, optimis jangan pantang menyerah.

Seperti yang dilakukan oleh Tia pemilik Sewaajah.com yang bisa mengembangkan kariernya sendiri.

Jika kamu ingin membuka bisnis atau kamu ternyata seorang pelaku bisnis juga, kamu bisa membaca ebook Pentingnya mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Bagaimana pendapat kamu setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan kamu pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabatmu. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Vadhia Lidyana. 20 April 2019. Laris Manis Bisnis Sewa Pakaian Adat, Raup 30 Juta Jelang Hari Kartini. Finance.detik.com – http://bit.ly/2GqzBXy

 

Sumber Gambar:

  • Hari Kartini 1 – http://bit.ly/2IKz31j
  • Hari Kartini 2 – http://bit.ly/2ZrOEsn