Mau liburan ke Shanghai? Udah persiapkan dana perjalanan liburannya belum? Sambil liat-liat tiket murah dan jangan lupa perpanjang paspor bagi yang sebentar lagi memasuki kedaluwarsa.

Simak dulu pengalaman perjalanan saya selama liburan ke Shanghai pada bulan Maret 2019 silam yuuk! Siapa tahu dapat wangsit guys!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Liburan ke Shanghai Dengan Biaya Murah? BISA!

Halo sobat Finansialku! Apa kabar? Semoga dalam keadaan yang baik ya!

Kira-kira sobat Finansiaku ada yang mau rencanakan liburan ke Shanghai?

Kebetulan saya baru aja liburan ke Shanghai bulan Maret 2019 silam selama 4 hari 3 malam.

Mau tahu destinasi wisata apa aja yang saya kunjungi dan bagaimana persiapkan dana perjalanan saya selama di Shanghai, China?

Simak ulasannya berikut ini ya!

 

Destinasi Wisata di Shanghai

Shanghai adalah salah satu kota tersibuk di dunia yang terletak di Negeri Tirai Bambu, China.

Mau liburan ke Shanghai? Yuk simak sejenak pengalaman saya liburan ke Shanghai, siapa tahu bisa jadi referensi buat kamu.

Tahun 2019 tepatnya di Bulan Maret, saya berkesempatan untuk liburan ke Shanghai, China selama 4 hari 3 malam.

Pada saat itu sedang masa peralihan dari musim dingin ke musim semi, tapi suhu udaranya masih cukup dingin berkisar 5 hingga 15 derajat celcius, jadi saya perlu membawa beberapa pakaian hangat, termasuk jaket, kupluk, syal dan sweater supaya gak kedinginan guys.

Mau Liburan ke Shanghai 02 - Finansialku

Pemandangan kota Shanghai saat malam hari, tampak banyak gedung pencakar langit.

 

Oiya, beberapa orang menyarankan untuk mengenakan pakaian berstandar heat system seperti Long John. Jadi kalau gak kuat sama dingin, Long John bisa sangat bermanfaat lho!

Seperti biasa, maskapai penerbangan yang saya pakai adalah Air Asia, tentunya dengan harga promo sekitar Rp3,5 jutaan untuk round trip. Bersyukur saya mendapatkan tiket penerbangan yang murah.

 

#1 The Bund

Tempat liburan ke Shanghai pertama yaitu The Bund.

The Bund merupakan sebuah area yang dulunya merupakan daerah jajahan Inggris di Shanghai, China. Area ini kini berubah menjadi daerah wisata yang terletak di sepanjang tepi sungai Huangpu, The Mother River of Shanghai dengan panjang sekitar 1,6 km.

Tak perlu repot mencari karena The Bund terletak di pusat kota Shanghai, tepatnya di distrik Huangpu, Zhongshan.

Baik siang hari maupun malam hari, kawasan The Bund memang selalu ramai dikunjungi oleh para pejalan kaki, baik masyarakat lokal maupun para pelancong dari dalam maupun luar negeri.

Kamu bisa menikmati suasana pinggir sungai yang dihiasi oleh hiruk pikuk kapal yang berseliweran serta pemandangan gedung-gedung bercita rasa Eropa kuno.

Suasana bak berada di negara Eropa dengan pemandangan bangunan gaya Eropa kuno yang dapat kamu nikmati seperti, arsitektur Renaissance, Romanesque, Neo Classical, Gothic, Baroque dan sejumlah bangunan art deco Shanghai.

Mau Liburan ke Shanghai 03 The Bund - Finansialku

Kawasan The Bund saat malam hari. Di kawasan inilah banyak terdapat bangunan Eropa.

 

Berwisata ke The Bund tak perlu merogoh kocek sepeser pun karena ini adalah area publik tak berbayar alias gratis.

Jangan lewatkan pemandangan romantis di malam hari karena gemerlapnya lampu yang menyinari setiap gedung bangunan klasik Inggris yang menakjubkan ini bisa menyejukkan mata kamu.

 

#2 French Concession

Destinasi liburan ke Shanghai berikutnya saat berkunjung ke kota Shanghai, China, yaitu French Concession atau Konsesi Perancis.

Tempat ini merupakan sebuah wilayah yang pernah dihuni oleh orang-orang Perancis selama 94 tahun dari tahun 1849 hingga 1943 setelah penandatanganan yang dilakukan oleh pemerintah pro Jepang di Nanjing, China.

Meski hanya 94 tahun bermukim dan kemudian ditinggalkan, ternyata bangunan khas Perancis masih saja dipertahankan oleh warga dan pemerintah setempat dan kini berubah menjadi sebuah tujuan wisata yang menarik perhatian para traveller.

Mau Liburan ke Shanghai 04 French - Finansialku

French Concession disibukkan oleh pusat perbelanjaan, bar, kafe-kafe, restoran, dan lain sebagainya.

 

Tak perlu jauh ke Perancis, ternyata di Shanghai, China juga ada area bernuansa Perancis dengan arsitektur bangunan klasik Perancis yang khas.

Di area French Concession yang cukup luas, Anda dapat menemukan berbagai tempat hiburan seperti bar, kafe yang kental dengan unsur Perancis untuk hang out dan banyak restoran yang menawarkan varian makanan khas barat yang semuanya terletak di dalam bangunan tua khas Perancis yang indah.

Wilayah French Concession terdiri dari Distrik Luwan yang terdapat Huahai road dimana jalan ini sibuk oleh pusat perbelanjaan, bar, kafe-kafe trendi, restoran termasuk rumah bagi tempat wisata Tian Zi Fang dan Xintiandi yang merupakan salah satu area populer di French Concession.

French Concession juga terletak di Distrik Xuhui, tempat dimana Shanghai Stadion berdiri yang juga dikenal oleh para turis.

 

#3 Dek Observasi Di Shanghai World Financial Center

Mau coba pengalaman naik gedung pencakar langit yang masuk dalam daftar gedung tertinggi di dunia? Shanghai adalah kota yang punya gedung ini, namanya Shanghai World Financial Center dengan tinggi 492 meter dan memiliki 101 lantai.

Pembangunan untuk gedung pencakar langit ini menghabiskan dana sebesar US$1,2 miliar atau sebesar Rp17,34 triliun.

Bentuk dari bangunan ini seperti tutup botol sehingga diberi nama ”Bottle Opener”.

Mau Liburan ke Shanghai 05 Shanghai Tower - Finansialku

3 gedung terkenal di Shanghai yang termasuk ke dalam daftar gedung tertinggi di dunia. Shanghai Tower (kiri), Shanghai World Financial Center (tengah) dan Jin Mao Tower (kanan) yang ditemani orang cakep :D

 

Gedung pencakar langit ini berada di area Badu di distrik Pudong, di area Lujiazui finance dan trade zone. Ke-101 lantai di dalam Shanghai World Financial Center terdiri dari beberapa bagian, yaitu untuk kantor, hotel mewah, ruang konferensi, pusat perbelanjaan di lantai dasar dan dek observasi untuk wisatawan.

Menariknya, di lantai 100 terdapat lubang tower bottle opener dan jika Anda ke tempat itu, Anda dapat melihat kaki Anda berjejak di atas kaca transparan.

Dek Observasi di lantai 100 ini merupakan yang tertinggi ke-3 di dunia.

Ada 3 dek observasi yang bisa dikunjungi di Shanghai World Financial Center, yaitu di lantai 94, 97 dan 100.

Untuk menikmati pemandangan dek observasi itu ada 2 pilihan tiket, yaitu tiket menuju ke lantai 94 saja dan tiket ke semua lantai.

Jika Anda ingin memasuki semua dek observasi di gedung ini, Anda perlu mengeluarkan biaya hampir Rp400 ribu. Namun jika Anda hanya melihat pemandangan kota Shanghai hanya dari lantai 94, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp260 ribu.

Pada kesempatan kali ini, saya tidak berkesempatan untuk naik ke gedung itu karena saya sudah berpengalaman naik gedung tertinggi no 1 di dunia, Burj Khalifa di Dubai. So, I think it’s enough coz I scared of height, guys!

 

#4 Longhua Temple

Destinasi wisata Shanghai berikutnya yang tak kalah menarik dan perlu dikunjungi adalah Longhua Temple yang berada tak jauh dari French Concession.

Longhua Temple merupakan sebuah kuil kuno tertua dan terbesar di kota Shanghai dengan kentalnya sejarah panjang lebih dari 1700 tahun.

Kuil ini pertama kali dibangun pada tahun 242 Masehi selama periode 3 kerajaan dan berkali-kali kuil ini pernah hancur karena terjadi perang namun selalu dibangun kembali dengan rekonstruksi yang kuat yang kental dengan arsitektur dari Dinasti Song (960-1279).

Jika kamu bertandang ke kuil kuno ini, kamu akan menemukan pagoda dengan 7 lantai yang berdiri kokoh di depan gerbang kuil.

Pagoda ini merupakan salah satu pagoda yang paling terkenal di antara 16 pagoda yang terdapat di Shanghai yang dibangun di atas bata merah.

Mau Liburan ke Shanghai 06 Longhua Temple - Finansialku

Longhua Temple berada di Jalan Longhua, area Xuhui, kota Shanghai.

 

Ambil tindakan untuk mencapai kebebasan finansial dengan mencatat arus keuangan pribadi setiap hari dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Kamu dapat menggunakan fasilitas free trial-nya untuk mengenal lebih jauh manfaat dari setiap fitur yang tersedia.

Fitur Dana membeli barang dan dana liburan dapat menolongmu dalam melakukan perencanaan keuangan.

Jika kamu berminat untuk berlangganan, disarankan untuk berlangganan selama 1 tahun. Selain menghemat biaya langganan, kamu juga akan mendapatkan benefit tambahan berupa kursus online secara gratis selama satu tahun yang dipandu oleh Perencana Keuangan dari Finansialku.

Gunakan kode promo: POTONG50RIBU untuk mendapatkan harga berlangganan yang lebih ekonomis.

 

#5 Nanjing Road

Nanjing Road dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan di kota Shanghai dan menjadi salah satu jalan tersibuk di dunia dengan panjang sekitar 5,5 km. Nanjing Road dihiasi oleh bangunan kokoh nan megah ala Inggris klasik.

Sekarang, bangunan tersebut digunakan sebagai mall modern dengan berbagai brand dari lokal hingga brand internasional, semua ada di sini.

Selain itu, tempat penginapan seperti hotel dengan harga bervariasi dan juga tempat hiburan seperti bar juga berdiri di sekitar Nanjing Road.

Baik siang hari maupun malam hari, Nanjing road selalu dipadati oleh para turis domestik maupun mancanegara.

 

#6 Taman Yuyuan atau Yu Garden

Konon, pejabat kaya bermarga Ban dari Dinasti Ming membangun taman yang kental dengan unsur filosofis feng shui, sebuah kombinasi yang menawan antara bebatuan, tanaman, kolam dan juga bangunan.

Menurut kabar, Taman Yuyuan ini dibangun selama 18 tahun. Tak heran banyak wisatawan rela memadati tempat wisata ini.

Selain menikmati keindahan taman dan mengagumi hasil bangunan yang erat dengan unsur filosofis rakyat Tiongkok ini, para wisatawan yang datang ke tempat ini juga dapat menikmati suasana minum teh di Lao Shanghai Chaguan dan juga kuliner khas Shanghai Xiao Long Bao di Nan Xiang.

Selain keindahan taman, para turis juga dapat berbelanja di pertokoan yang dibangun dengan cita rasa tradisional China di sekitar taman Yuyuan.

Mau Liburan ke Shanghai 08 Yu Yuan Garden - Finansialku

Saat malam hari, taman Yuyuan selalu dihiasi lampu yang menyala di setiap sudut bangunan megah yang berdiri. Ini yang membuat banyak orang berkunjung saat malam hari.

 

#7 Shanghai Tower – Gedung Tertinggi Kedua di Dunia

Setelah Burj Khalifa di Dubai, gedung pencakar langit tertinggi ke-2 di dunia terdapat di Shanghai dengan nama Shanghai Tower.

Ikon China ini dibangun dengan tinggi 632 meter dengan 127 lantai di dalamnya.

Shanghai Tower dinobatkan sebagai “The Best Building Worldwide” oleh sebuah ajang bernama The Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CBTUH).

Gedung ini memiliki kecanggihan antara lain anti gempa dan anti badai.

Shanghai Tower merupakan gedung tertinggi kedua di dunia, setelah Burj Khalifa di Dubai.

 

Siapkan Dana Perjalanan ke Shanghai

Namanya juga liburan ke luar negeri, tentu harus dipersiapkan dong, termasuk dana liburannya.

Berikut ini rincian dana yang perlu disiapkan kalau mau liburan ke Shanghai, China selama 4 hari 3 malam. Ini berdasarkan budget saya saat pergi ya. Kamu masih bisa mengaturnya kembali supaya biaya tidak terlalu besar.

  • Tiket Pesawat PP: Rp3.679.000
  • Visa China: Rp575.000 (dibantu oleh travel agent)
  • Akomodasi Hotel: Rp1.065.000
  • Biaya Transportasi: Rp200.000
  • Biaya Makan: Rp500.000
  • Biaya Lain-lain: Rp500.000
  • Total: Rp6.519.000

 

Untuk mempermudah mencatat dana perjalanan liburanmu, gunakan saja Aplikasi Finansialku. Unduh dari Google Play Store dan manfaatkan saja free trial-nya terlebih dahulu.

Catat dana perjalanan yang diperlukan untuk biaya liburanmu dengan Aplikasi Finansialku.

Jika menurutmu aplikasi ini sangat bermanfaat, kamu bisa berlangganan mode PREMIUM untuk dapatkan akses dan fasilitas lebih seperti berkonsultasi langsung dengan Perencana Keuangan Profesional Finansialku.

Gunakan kode promo: POTONG50RIBU untuk dapatkan biaya berlangganan yang lebih ekonomis.

 

Oh iya, untuk melengkapi keterampilan kamu dalam merencanakan dana liburan, apakah kamu sudah baca buku keren yang berjudul “Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True”? Buku ini ditulis oleh perencana keuangan terkenal, CEO dan founder Finansialku.com lho!

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 02 - Finansialku

 

Jika kamu ingin membacanya, silakan klik tombol berikut ini ya…

Mau Buku Finansialku

 

Sudah siap menjelajahi kota Shanghai? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Apabila ada rekan atau saudara yang membutuhkan informasi tentang liburan ke Shanghai, Anda dapat membagikannya kepada mereka!

 

Hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Finansialku. Silakan hubungi admin Finansialku jika kamu mendapatkan kecurigaan. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Dek Observasi Di Shanghai World Financial Center Tertinggi Ke 3 Di Dunia. https://bit.ly/2knYhJe
  • Admin. The Bund Area Wisata Bekas Jajahan Inggris Di Shanghai China. Indobritpedia.com – https://bit.ly/2kLb60f
  • Admin. Wisata Di French Concession, Little France Di Tengah Kota Shanghai. Indobritpedia.com – https://bit.ly/2mhVm5l
  • Kuil Tertua Berusia 1700 Tahun Lebih, Longhua Temple Di Shanghai China. Indobritpedia.com – https://bit.ly/2kh3QsI

 

Sumber Gambar:

  • Liburan ke Shanghai – Dokumentasi Pribadi
  • Liburan ke Shanghai French Concession – https://bit.ly/2nfY7ER
  • Liburan ke Shanghai Longhua Temple – https://bit.ly/2ngkDgG