E-commerce Shopee berhasil menggeser posisi Tokopedia sebagai toko online yang paling banyak dikunjungi!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Wow, Shopee Jadi Jawara Toko Online Indonesia

Di era digital sekarang ini toko-toko online beradu saing dengan menunjukkan performanya untuk menggaet para konsumen. Diskon gede-gedean, gratis ongkir, berbagai bentuk promo jadi alat pancingnya.

Menurut informasi yang tersebar, kini Shopee menjadi jawara situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi warga Indonesia, menggeser posisi Tokopedia.

Melansir dari CNBC Indonesia, pada kuartal IV-2018 Tokopedia merupakan e-commerce paling banyak dikunjungi dengan 168 juta pengunjung setiap bulannya.

Selamat! Shopee Jadi E-commerce yang Paling Banyak Dikunjungi! 02

[Baca Juga: Forrest Li, Gamers yang Sukses Mendirikan Shopee]

 

Tokopedia sempat bertahan di puncak situs paling ramai dikunjungi di Indonesia selama 4 kuartal. Sementara, Shopee berada di peringkat ketiga dengan 67,68 juta pengunjung per bulan.

Pada kuartal IV-2019, Shopee menjadi situs yang paling ramai dikunjungi dengan 72,973 juta pengunjung per bulannya. Sedangkan Tokopedia memiliki 67,900 juta pengunjung per bulan.

Namun kejayaan Tokopedia tidak bertahan selamanya. Pada kuartal II-2020, total pengunjung website Shopee mencapai 93,44 juta per bulan. Sedangkan Tokopedia hanya 86,103 juta per bulan.

Persaingan yang kian ketat membuat Shopee memimpin di atas Tokopedia baik pada kunjungan melalui aplikasi AppStore maupun PlayStore.

Pada peringkat selanjutnya ada Bukalapak yang dikunjungi 35,288 juta per bulan selama kuartal II-2020. Lalu Lazada dengan 22,021 juta pengunjung dan Blibli dengan 18,307 juta pelanggan setiap bulan.

Masih dari laman yang sama, setiap bulan Twitter Shopee memiliki 320.800 follower, Instagram 4,851 juta follower an 17,84 juta follower.

Sementara Twitter Tokopedia memiliki 445.100 follower, 1,78 juta follower Instagram, dan 6,377 juta follower Facebook.

Dua platform lainnya, yakni Lazada dan Blibli menduduki peringkat 4 dan 5 dengan total pengunjung bulanan masing-masing sekitar 22 juta dan 18 juta visitor.

Sebagai informasi, untuk mendapatkan rata-rata pengunjung situs per bulan, iPrice menggunakan data dari SimiliarWeb dan ranking aplikasi di Play Store dan App Store menggunakan data dari App Annie.

Adapun sumber follower sosial media diambil dari Facebook, Twitter, dan Instagram.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Roy Franedya. 24 Agustus 2020. Jadi Juara e-Commerce RI, Shopee Geser Tokopedia di 2019. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3aT5syN
  • Rahmad Fauzan. 24 Agustus 2020. Pengunjung Bulanan Shopee Capai 93 juta Orang, Geser Tokopedia. Bisnis.com – https://bit.ly/31ocJDG
  • Trio Hamdani. 24 Agustus 2020. Salip Tokopedia, Shopee Jadi e-Commerce yang Paling Sering Dikunjungi. Detik.com – https://bit.ly/2CZHntG

 

Sumber Gambar:

  • Shopee01 – https://bit.ly/2Qmz9if
  • Shopee02 – https://bit.ly/3lhYcRF