Dari pecandu game, Forrest Li sukses menjadi miliuner yang menciptakan bisnis game online, pembayaran digital, dan e-commerce Shopee.

Simak kisah suksesnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Mengenal Sosok Forrest Li

Shopee, platform e-commerce yang kini banyak digunakan para konsumen sekaligus sangat menguntungkan para penjual yang tidak memiliki lahan untuk berjualan secara offline.

Shopee merupakan salah satu garapan perusahaan Startup SEA Ltd (sebelumnya Garena) di mana Forrest Li, pria berkebangsaan China, adalah sosok Chairman sekaligus CEO-nya. 

Kini, ia telah resmi menjadi warga negara Singapura.

Forrest Li 02 - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Ekspansi Adalah]

 

Bernama asli Li Xiaodong, mahasiswa asal Shanghai Jiaotong University yang masuk kelas Bahasa Inggris dan berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Engineering.

Namanya diambil dari film yang dibintangi Tom Hanks berjudul “Forest Gump” sebagai nama panggilan di dalam kelas saat berkuliah.

Setelah lulus, ia sempat bekerja di Motorola Solutions Inc. dan Corning Inc. di China. Namun, ia merasa bahwa menjadi pegawai bukanlah panggilan hidupnya.

Ia pun kemudian meng-upgrade pendidikannya dan masuk ke program Master of Business Administration (MBA) di Stanford Graduate School of Business hingga bertemu dengan sang kekasih yang kemudian menjadi istrinya.

Menjelang kelulusan calon istri di tahun 2005, ia mendapat kabar bahwa Steve Jobs, sang pendiri Apple, akan berpidato pada upacara kelulusan tersebut.

Ia pun memutuskan untuk ikut hadir dan mendengar pidato yang di dalamnya terdapat mantra sukses: “Tetap Lapar, Tetap Bodoh”.

Selama beberapa bulan ia memutar ulang video pidato tersebut sambil mengumpulkan tekad serta keberanian untuk memulai usahanya.

Itulah yang membuatnya bertekad untuk membangun Garena yang kemudian berganti nama menjadi SEA Ltd.

Garena dan SEA Ltd. - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Murabahah Adalah]

 

Pada bulan Oktober 2017, Forrest Li masuk dalam daftar 50 orang terkaya Singapura sesaat setelah mendaftarkan SEA Ltd di Bursa Efek New York.

Di tahun 2018, dengan kekayaan bersihnya yang mencapai US$738 juta atau Rp10,3 triliun (kurs Rp14.000 per US$), ia berhasil mengalahkan Min-Liang Tan yang berada di posisi ke-45, dilansir dari okezone.com.

Berdasarkan Real Time Net Worth situs Forbes di tanggal 18 Desember 2019, nama Forrest Li memiliki kekayaan bersih sebesar US$1,7 triliun.

 

CEO SEA Ltd

Forrest Li digadang-gadang sebagai orang kedua di dunia yang menjadi miliuner karena permainan game online setelah Tim Sweney, pendiri game online Fortnite.

Garena adalah sebuah platform hiburan digital yang membuat serta mengembangkan game online berbasis PC dan juga mobile, di samping konten digital seluler di Asia Tenggara dan Taiwan.

Didirikan oleh Forrest Li pada tahun 2009, saat dirinya berperan sebagai CEO Grup.

Tahun 2010 produk pertama Garena diluncurkan, yaitu Garena+ dengan Black Shot sebagai game pertama yang dirilis.

Game lainnya yang kemudian dirilis dan terkenal di dunia antara lain League of Legends dan Point Blank.

Garena Free Fire Game Gratis No.1 di Google Play Store! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Gharar Adalah]

 

Selanjutnya, lahirlah game Free Fire, game berbasis battle royale mobile berhasil menjadi permainan online yang paling banyak diunduh kedua di Google Play Store pada kuartal tahun 2018.

Dalam prestasi dunia, game ini menjadi game ke-4 yang paling banyak diunduh pada tahun yang sama (gabungan dari iOS dan Google Play Store) dengan lebih dari 350 juta pengguna terdaftar dari Brasil hingga Indonesia.

Kini SEA Limited menjadi induk usaha dari berbagai lini usaha lainnya seperti Shopeemarketplace yang berbasis perangkat mobile dan AirPay – produk e-payment.

Posisi Forrest Li di dalam SEA Ltd adalah sebagai CEO dan Chairman of the Board sejak Mei 2009.

 

Shopee – Lini E-commerce Garapan Forrest Li

SEA LTd memiliki 3 lini bisnis, antara lain konten digital, e-commerce, dan pembayaran digital.

Shopee adalah salah satu marketplace yang berbasis perangkat mobile, yang dikembangkannya di bawah naungan SEA Ltd.

Shopee meraih pendapatan tahunan sebesar US$346 juta (sekitar Rp4,5 triliun) untuk gross merchandise volume (GMV) pada Februari 2016 (kira-kira US$28,9 juta (sekitar Rp380 miliar) perbulan) seperti yang dilansir dari Tech in Asia.

Bahkan pertumbuhannya mencapai lebih dari 60 kali lipat pada Juni 2015.

Shopee

[Baca Juga: Definisi Riba Adalah]

 

Pertama kali diluncurkan di Singapura di tahun 2015, Shopee kemudian mengembangkan sayap bisnisnya hingga Indonesia, Vietnam, Filipina, Thailand, Taiwan, juga Malaysia.

Shopee pun menjual menjual produk mereka sendiri.

Setidaknya ada 70 penyedia layanan kurir di seluruh pasarnya yang menjadi mitra Shopee yang memberikan layanan dukungan secara logistik bagi para penggunanya, baik berskala lokal dan penyedia jasa transportasi online.

 

Patut Diajungi Jempol

Kesuksesan Forrest Li patut diacungi jempol. Tidak pernah ada kata menyerah dalam perjalanan bisnisnya.

Selalu saja ada ide baru yang dikembangkannya. Ia pun pandai dalam melihat kesempatan yang ada.

Selain itu, ia juga pandai mengatur keuangan bisnis juga uang pribadi yang dimilikinya.

Anda bisa mengikuti jejaknya dengan memahami dan mulai menerapkan langkah yang tepat dalam mengelola keuangan bisnis dan pribadi Anda.

Alangkah lebih baik gunakan saja Aplikasi Finansialku yang bisa Anda unduh melalui Google Play Store untuk membuat perencanaannya.

Tunggu apalagi? Yuk lakukan sekarang juga!

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Anda dapat membagikan artikel di atas kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Tuliskan komentar dan tanggapan Anda pada kolom di bawah ini! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Forest Li. Forbes.com – https://bit.ly/34zEKXh
  • Admin. Forest Li. Sg.asiatatler.com – https://bit.ly/2Py3RFD
  • Admin. Biografi Forest Li – Pendiri SEA Ltd dan Shopee. Sepositif.com – https://bit.ly/2EAK41L
  • Ahmad Zaenudin. 2 Maret 2018. Di Balik Kerugian Bisnis Induk Usaha Shopee dan Startup Teknologi. Tirto.id – https://bit.ly/2Sb7Ucq
  • M Heru Kurnia. 9 Mei 2016. Garena, Startup Paling Bernilai di Asia Tenggara dengan Valuasi US$3,75 Miliar. Id.techinasia.com – https://bit.ly/2s2gmAj
  • Riski. Siapa Pemilik dan Pendiri Shopee, ini Jawabannya. Berwirausaha.net – https://bit.ly/2r4OL0V
  • Retno Tri Wardani. 6 Maret 2019. Sederet Fakta Forrest Li, Miliarder Baru Singapura yang Punya Duit Rp10 Triliun. Economy.okezone.com – https://bit.ly/2Z04zhS
  • Wangi Sinintya Mangkuto. 3 Maret 2019. Berkat Game Free Fire, Pemuda Singapura Jadi Miliuner Dunia. Cnbc.com – https://bit.ly/2Et4UQN

 

Sumber Gambar:

  • Forrest Li 1 – http://bit.ly/2ZC8UrQ
  • Forrest Li 2 – http://bit.ly/2SFy2MY
  • Garena dan SEA Ltd. – http://bit.ly/39slTRz dan http://bit.ly/36awM8E