Steve Jobs (24 Februari 1955 – 5 Oktober 2011) adalah seorang pengusaha dan penemu Amerika yang memainkan peran penting dalam keberhasilan komputer Apple dan pengembangan teknologi baru yang revolusioner seperti iPod, iPad dan MacBook.

Mari petik serangkaian inspirasi yang tersirat dibalik kata-kata motivasi Steve Jobs.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Steve Jobs

Steven Jobs atau Steve Jobs lahir pada 24 Februari 1955 di San Francisco, California. Ia diadopsi oleh pasangan Paul dan Clara Jobs serta tumbuh bersama seorang saudara perempuan bernama Patty.

Paul Jobs, sang ayah adalah seorang ahli mesin yang memiliki hobi memperbaiki mobil.

Pada tahun 1961 keluarga ini pindah ke Mountain View, California. Daerah ini berada tepat di sebelah selatan Palo Alto, California yang merupakan daerah pusat elektronik, sehingga perangkat elektronik seperti radio, televisi, stereo, dan komputer sudah tak asing lagi bagi penduduk di sana.

Pada saat itu orang-orang mulai menyebut daerah tersebut dengan “Sillicon Valley”.  Ini karena zat yang disebut silikon digunakan dalam pembuatan komponen elektronik.

Sebagai seorang anak, Steve Jobs lebih suka melakukan sesuatu sendiri. Dia berenang secara kompetitif, tetapi tidak tertarik pada olahraga dalam tim atau kegiatan kelompok lainnya. Dia menunjukkan minat yang khusus pada perangkat elektronik dan gadget.

Steve Jobs menghabiskan banyak waktu bekerja di bengkel garasi seorang tetangga yang bekerja di Hewlett-Packard, sebuah pabrik elektronik.

Ia juga mendaftar di Hewlett-Packard Explorer Club. Di sana dia melihat para insinyur menunjukkan produk-produk baru dan melihat komputer pertamanya di usia dua belas. Steve Jobs muda sangat terkesan dan ingin segera mengulik perangkat komputer.

Suatu ketika di sekolah menengah, Steve Jobs menghadiri kuliah di pabrik Hewlett-Packard dan dengan berani bertanya kepada William Hewlett (1931–2001) mengenai beberapa bagian yang dia perlukan untuk menyelesaikan proyek kelasnya.

William Hewlett sangat terkesan dengan pertanyaan dan isi dari kepala Steve Jobs. Rasa simpati Hewlett membuatnya menawari Jobs beberapa proyek termasuk magang di musim panas.

Barang Steve Jobs Ini Dijual dengan Harga Miliaran Rupiah 03 - Finansialku

[Baca Juga: Solusi UKM: Peluang Usaha dan Bisnis Unik Lukisan Kertas Dengan Laba Jutaan]

 

Kata-kata Motivasi Steve Jobs

Berikut ini kumpulan kata-kata motivasi Steve Jobs yang bisa segarkan pikiran dan membangkitkan gairah hidup Anda kembali.

 

#1 Your time is limited, so don’t waste it living someone else’s life.

Waktu Anda terbatas, jadi jangan sia-siakan untuk menjalani kehidupan orang lain.

 

#2 I always thought of myself as a Humanities person as a kid, but I liked electronics… Then I read something that one of my heroes, Edwin Land of Polaroid, said about the importance of people who could stand at the intersection of humanities and sciences, and I decided that’s what I wanted to do.

Saya selalu menganggap diri saya sebagai orang Humaniora layaknya seorang anak kecil, tetapi saya menyukai elektronik … Kemudian saya membaca sesuatu dimana salah satu pahlawan saya, Edwin Land dari Polaroid, mengatakan tentang pentingnya orang yang bisa berdiri di persimpangan humaniora dan ilmu pengetahuan, dan saya memutuskan bahwa itulah yang ingin saya lakukan.

 

#3 My favorite things in life don’t cost any money. It’s really clear that the most precious resource we all have is time.

Saya tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk melakukan hal-hal yang saya sukai. Sangat jelas bahwa sumber daya paling berharga yang kita miliki adalah waktu.

 

#4 When you first start off trying to solve a problem, the first solutions you come up with are very complex, and most people stop there. But if you keep going, and live with the problem and peel more layers of the onion off, you can oftentimes arrive at some very elegant and simple solutions. Most people just don’t put in the time or energy to get there. We believe that customers are smart, and want objects which are well thought through.

Ketika Anda pertama kali mencoba memecahkan masalah, solusi pertama yang Anda buat sangat kompleks, dan kebanyakan orang berhenti di titik itu. Tetapi jika Anda terus maju, hidup dengan masalah dan berusaha sedikit demi sedikit mencari celah solusi dari setiap masalah tersebut, Anda akan dapat menemukan beberapa solusi yang sangat elegan dan sederhana. Namun kebanyakan orang tidak menggunakan waktu dan tenaga mereka untuk sampai ke sana. Kita percaya bahwa pelanggan itu cerdas, dan mereka menginginkan sesuatu yang dipikirkan dengan baik.

 

#5 The only way to do great work is to love what you do.

Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah dengan mencintai apa yang Anda lakukan.

 

#6 Sometimes when you innovate, you make mistakes. It is best to admit them quickly, and get on with improving your other innovations.

Terkadang saat Anda berinovasi, Anda membuat kesalahan. Langkah terbaik adalah mengakuinya dengan cepat, dan terus meningkatkan inovasi Anda yang lain.

 

#7 We don’t get a chance to do that many things and everyone should be really excellent. Because this is our life. Life is brief, and then you die, you know? And we’ve all chosen to do this with our lives. So it better be damn good. It better be worth it.

Kami tidak mendapatkan kesempatan untuk melakukan banyak hal dan semua orang perlu melakukannya dengan benar. Karena ini adalah hidup kita. Hidup ini singkat, tahukah Anda bahwa Anda akan mati? Dan kita semua telah memilih untuk melakukan ini dengan hidup kita. Jadi kita perlu menjadi lebih baik.

 

#8 That’s been one of my mantras — focus and simplicity. Simple can be harder than complex; you have to work hard to get your thinking clean to make it simple.

Ini adalah salah satu mantra saya – fokus dan kesederhanaan. Sederhana bisa lebih sulit daripada rumit; Anda harus bekerja keras agar pemikiran Anda bersih dan membuatnya sederhana.

 

Segarkan Pikiran & Bangkitkan Gairah Motivasi Dengan Kata-kata Motivasi Steve Jobs 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor, Kenali Tips Bisnis Kondotel yang Bisa Meraih Keuntungan Besar]

 

Apa Anda tertarik untuk melakukan investasi? Bagi Steve Jobs, melakukan inovasi membutuhkan investasi waktu, yang berarti tidak menyia-nyiakan waktu yang ada dan terus berusaha agar inovasi bisa terlaksana.

Berinvestasi adalah sebuah tindakan saat ini yang dapat memudahkan Anda mencapai cita-cita hidup Anda. Tidak hanya waktu, Anda juga dapat menginvestasikan uang yang dimiliki ke dalam beberapa jenis investasi keuangan.

Menginvestasikan keuangan sedikit berbeda dengan investasi waktu. Jika investasi waktu membutuhkan ketetapan hati, investasi keuangan membutuhkan juga pengetahuan untuk melakukannya.

Apabila ingin menginvestasikan keuangan Anda namun awam dengan pengetahuannya, Anda dapat mempelajari E-Book Gratis Panduan Berinvestasi untuk Pemula dari Finansialku yang dapat diunduh berikut ini:

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Anda juga dapat mengunduh aplikasi Finansialku melalui Google Play Store atau registrasi terlebih dulu di PC untuk mempermudah Anda melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan.

Steve Jobs Famous Speech Stanford Graduation 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Untung? Ketahui Dulu Hitung-hitungan Modal Awal Bisnis Kopi yang Benar]

 

#9 I’m convinced that about half of what separates the successful entrepreneurs from the non-successful ones is pure perseverance. It is so hard. You put so much of your life into this thing. There are such rough moments in time that I think most people give up. I don’t blame them. It’s really tough and it consumes your life. If you’ve got a family and you’re in the early days of a company, I can’t imagine how one could do it. I’m sure it’s been done but it’s rough. It’s pretty much an 18-hour day job, seven days a week for a while. Unless you have a lot of passion about this, you’re not going to survive.

Saya yakin bahwa sekitar setengah dari apa yang memisahkan pengusaha sukses dari yang tidak sukses adalah ketekunan yang murni. Ini sangat sulit. Anda memasukkan begitu banyak hidup Anda ke dalamnya. Ada saat-saat sulit yang harus dihadapi sehingga saya pikir kebanyakan orang menyerah. Saya tidak menyalahkan mereka. Ini sangat sulit dan menghabiskan hidup Anda. Jika Anda memiliki keluarga dan Anda berada di masa-masa awal membangun perusahaan, saya tidak bisa membayangkan bagaimana orang bisa melakukannya. Saya yakin ini sudah dilakukan namun dengan cara yang kasar. Cukup banyak pekerjaan yang dilakukan selama 18 jam sehari, tujuh hari seminggu untuk sementara waktu. Anda tidak akan bertahan jika Anda tidak memiliki hasrat besar tentang hal itu.

 

#10 Quality is much better than quantity. One home run is much better than two doubles.

Kualitas jauh lebih baik daripada kuantitas. Satu home run jauh lebih baik daripada two doubles dalam permainan kasti.

 

#11 I think if you do something and it turns out pretty good, then you should go do something else wonderful, not dwell on it for too long. Just figure out what’s next.

Saya pikir jika Anda melakukan sesuatu dan ternyata cukup bagus hasilnya, maka Anda harus melakukan hal tersebut dengan luar biasa, jangan terlalu lama memikirkannya. Cari tahu apa yang harus Anda lakukan selanjutnya.

Steve Jobs Famous Speech Stanford Graduation 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Sederhana Memulai Bisnis Rumah Kost Minim Dana yang Mudah Dipraktikkan]

 

#12 The greatest thing is when you do put your heart and soul into something over an extended period of time, and it is worth it.

Hal terbesar adalah ketika Anda menaruh hati dan jiwa Anda ke dalam sesuatu dalam jangka waktu yang lama, dan itu sangat berharga.

 

#13 It’s really hard to design products by focus groups. A lot of times, people don’t know what they want until you show it to them.

Sangat sulit untuk merancang produk dengan memfokuskannya pada kelompok-kelompok. Sering kali, orang tidak tahu apa yang mereka inginkan sampai Anda menunjukkannya kepada mereka.

 

#14 Being the richest man in the cemetery doesn’t matter to me … Going to bed at night saying we’ve done something wonderful. That’s what matters to me.

Menjadi orang terkaya di kuburan tidak masalah bagi saya … Tidur di malam hari dengan mengatakan kami telah melakukan sesuatu yang luar biasa. Itu yang penting bagiku.

 

#15 When you grow up you tend to get told the world is the way it is and…to live your life inside the world. Try not to bash into the walls too much. Try to have a nice family, have fun, save a little money. That’s a very limited life. Life can be much broader once you discover one simple fact: Everything around you that you call life was made up by people that were no smarter than you and you can change it, you can influence it, you can build your own things that other people can use. Once you learn that, you’ll never be the same again.

Ketika Anda tumbuh dewasa, Anda cenderung diberitahu bahwa dunia adalah apa adanya dan … untuk menjalani hidup Anda di dalam dunia. Cobalah untuk tidak menabrak dinding terlalu banyak. Cobalah untuk memiliki keluarga yang menyenangkan, bersenang-senang, menghemat sedikit uang. Ini adalah kehidupan yang sangat terbatas. Hidup bisa menjadi jauh lebih luas begitu Anda menemukan satu fakta sederhana, yaitu segala sesuatu di sekitar Anda yang Anda sebut kehidupan dibuat oleh orang-orang yang tidak lebih pintar dari Anda dan Anda dapat mengubahnya, Anda dapat memengaruhinya, Anda dapat membuat barang-barang Anda sendiri dan orang lain bisa menggunakannya. Setelah Anda mempelajarinya, Anda tidak akan pernah sama lagi.

 

Segarkan Pikiran & Bangkitkan Gairah Motivasi Dengan Kata-kata Motivasi Steve Jobs 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Kinerja INDF yang Terbeban Di Bisnis Agrikultur? Apa Bisa Bangkit Lagi?]

 

#16 Be a yardstick of quality. Some people aren’t used to an environment where excellence is expected.

Jadilah tolok ukur kualitas. Beberapa orang tidak terbiasa dengan lingkungan dimana sebuah keunggulan diharapkan.

 

#17 You can’t connect the dots looking forward; you can only connect them looking backward. So you have to trust that the dots will somehow connect in your future. You have to trust in something — your gut, destiny, life, karma, whatever. This approach has never let me down, and it has made all the difference in my life.

Anda tidak dapat menghubungkan titik-titik ke depan; Anda hanya dapat menghubungkannya dengan melihat ke belakang. Jadi, Anda harus percaya bahwa titik-titik itu entah bagaimana akan terhubung di masa depan Anda. Anda harus percaya pada sesuatu – naluri, takdir, kehidupan, karma, apa pun itu. Pendekatan ini tidak pernah mengecewakan saya, dan itu telah membuat semua perbedaan dalam hidup saya.

 

#18 Getting fired from Apple was the best thing that could have ever happened to me. The heaviness of being successful was replaced by the lightness of being a beginner again. It freed me to enter one of the most creative periods of my life.

Dipecat dari Apple adalah hal terbaik yang bisa terjadi pada diri saya. Beratnya kesuksesan digantikan oleh ringannya menjadi seorang pemula lagi. Itu membebaskan saya untuk memasuki salah satu periode paling kreatif dalam hidup saya.

 

#19 Innovation distinguishes between a leader and a follower.

Inovasi membedakan antara pemimpin dan pengikut.

 

Kata-kata Bijak Steve Jobs Inovasi Membedakan Antara Pemimpin dan Pengikut - Finansialku

[Baca Juga: Inspirasi Bisnis Kreatif Kisah UMKM Sandal Jepit Mengukir Pundi-Pundi Rezeki]

 

#20 I had no idea what I wanted to do with my life and no idea how college was going to help me figure it out. And here I was spending all of the money my parents had saved their entire life. So I decided to drop out and trust that it would all work out okay.

Saya tidak tahu apa yang ingin saya lakukan dalam hidup saya dan tidak tahu bagaimana perguruan tinggi akan membantu saya mencari tahu. Dan di sini saya menghabiskan semua uang yang disimpan orang tua saya sepanjang hidup mereka. Jadi saya memutuskan untuk keluar dan percaya bahwa semuanya akan beres.

 

#21 The minute I dropped out I [began] dropping in on the [classes] that looked interesting… I learned about serif and sans serif typefaces, about varying the amount of space between different letter combinations, about what makes great typography great. It was beautiful, historical, artistically subtle in a way that science can’t capture, and I found it fascinating.

Begitu saya keluar dari perguruan tinggi, saya [mulai] mampir di [kelas] yang terlihat menarik. Saya belajar tentang serif dan sans serif tipografi, tentang memvariasikan jumlah ruang antara kombinasi huruf yang berbeda, tentang apa yang membuat tipografi yang hebat semakin hebat. Pengalaman itu sangat indah, historis, sangat artistik dengan cara yang tidak bisa ditangkap oleh sains, dan saya merasa bahwa hal itu menarik.

 

#22 My model for business is The Beatles. They were four guys who kept each other’s kind of negative tendencies in check. They balanced each other, and the total was greater than the sum of the parts. That’s how I see business: Great things in business are never done by one person, they’re done by a team of people.

Model bisnis saya adalah The Beatles. Mereka adalah empat orang yang saling menjaga kecenderungan negatif satu sama lain. Mereka saling menyeimbangkan, dan totalnya lebih besar dari jumlah mereka. Begitulah cara saya melihat bisnis: Hal-hal hebat dalam bisnis tidak pernah dilakukan oleh satu orang, melainkan dilakukan oleh tim.

 

Segarkan Pikiran & Bangkitkan Gairah Motivasi Dengan Kata-kata Motivasi Steve Jobs 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Ide Bisnis dan Peluang Bisnis 2019 Yang Menjanjikan Bawa Rezeki]

 

#23 My self-identity does not revolve around being a businessman, though I recognize that is what I do. I think of myself more as a person who builds neat things. I like building neat things. I like making tools that are useful to people. I like working with very bright people.

Identitas diri saya tidak hanya berputar hanya di sekitar menjadi seorang pengusaha, meskipun saya menyadari itulah yang saya lakukan. Saya menganggap diri saya lebih dari seorang yang membangun hal-hal dengan rapi. Saya suka membangun hal-hal yang rapi. Saya suka membuat alat yang bermanfaat bagi manusia. Saya suka bekerja dengan orang-orang yang sangat cerdas.

 

#24 I like interacting in the world of ideas, though somehow those ideas have to be tied to some physical reality. One of the things I like the most is dropping a new idea on a bunch of incredibly smart and talented people and then letting them work it out themselves. I like all of that very, very much.

Saya suka berinteraksi dengan dunia gagasan, meskipun bagaimanapun juga ide-ide itu harus dikaitkan dengan beberapa realitas fisik. Salah satu hal yang paling saya sukai adalah menjatuhkan ide baru pada sekelompok orang yang sangat pintar dan berbakat dan kemudian membiarkan mereka menyelesaikannya sendiri. Saya sangat menyukai semua itu.

 

Apakah Anda penyuka dan pengguna produk Apple ciptaan Steve Jobs? Inspirasi apa yang telah Anda dapatkan dari setiap kata-kata motivasi Steve Jobs?

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini! Anda juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 201 Amazing Steve Jobs Quotes (That Will Motivate You). wisdomquotes.com – https://bit.ly/2L7vUaT
  • Vid Buggs Jr. 50 Steve Jobs Quotes about Innovation, Marketing, and Time. everydaypower.com – https://bit.ly/2JqUyCY
  • Biography Online. Steve Jobs Biography. https://bit.ly/2ARCUVt
  • Encyclopedia of World Biography. Steve Jobs Biography. notablebiographies.com – https://bit.ly/2O2wG9h
  • Brainy Quotes. Steve Jobs Quotes. brainyquote.com – https://bit.ly/2SAHQp6

 

Sumber Gambar:

  • Steve Jobs 01 – http://bit.ly/2Lweat7 
  • Steve Jobs 02 – http://bit.ly/2LACXw3
  • Steve Jobs 03 – http://bit.ly/2YZFuCZ
  • Steve Jobs 04 – http://bit.ly/2Lzwgui

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG