Bagaimana ya cara memulai bisnis rumah kost minim dana yang mudah dipraktikkan? Nyatanya memulai bisnis rumah kost memang memiliki peluang sukses yang tinggi, tapi bagaimana solusi kebutuhan dananya?

Yuk simak jawabannya pada artikel berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Untung Rugi Bisnis Rumah Kost

Dalam dekade terakhir ini, banyak orang mulai berorientasi untuk mendapatkan passive income. Menurut seorang pakar finansial bernama Robert Kiyosaki, salah satu cara untuk mendapatkan passive income adalah dengan melakukan investasi.

Salah satu instrumen investasi yang banyak dilirik adalah properti, mengingat investasi properti tergolong dalam investasi real asset, dimana investasinya berupa benda yang berwujud.

Selain itu, investasi properti memang masih populer hingga sekarang karena adanya anggapan kelangkaan.

Bayangkan saja, tanah yang tersedia tidak akan bertambah (kecuali dilakukan proses perluasan tanah oleh pemerintah). Sedangkan populasi penduduk terus meningkat.

Artinya, permintaan akan tanah dan properti akan lebih tinggi dari persediaannya, dan mengakibatkan harganya semakin tinggi. Beberapa hal inilah yang membuat setiap orang berlomba-lomba berinvestasi properti.

Cara Sederhana Memulai Bisnis Rumah Kost Minim Dana yang Mudah Dipraktikkan 02 Kamar - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Dibutuhkan Uang untuk Menghasilkan Uang: Anda Bisa Kaya]

 

Salah satu jenis properti yang banyak dipertimbangkan adalah rumah kost. Rumah kost, adalah salah satu tempat tinggal yang menjadi favorit bagi sebagian besar mahasiswa.

Hal ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan dari sistem kost.

Mahasiswa hanya perlu membayar uang kost seperti yang telah disepakati pada tiap periodenya (umumnya bulanan). Bagi pemilik kost, rumah kost menjadi salah satu investasi yang memiliki return yang cukup tinggi.

Namun, sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis rumah kost, yuk kenali dahulu untung rugi bisnis rumah kost tersebut bagi juragan kostnya:

 

Keuntungan Bisnis Rumah Kost

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari menjalankan usaha kostan, antara lain:

 

#1 Permintaannya Tinggi

Seperti Anda ketahui sektor yang tumbuh pesat, selain sektor ekonomi adalah sektor pendidikan. Dewasa ini, banyak pemuda-pemudi (lulusan sekolah menengah atas) mulai memiliki kesadaran untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Tidak jarang calon mahasiswa/i ini berasal dari kota atau pulau lain. Dengan demikian, banyak yang mencari kebutuhan tempat tinggal berupa kost-kost mahasiswa/i.

Artinya, jumlah permintaan akan rumah kost pun terus meningkat. Saat ini pun tingkat permintaannya tergolong tinggi, apalagi bila Anda membangun rumah kost di kawasan yang strategis, dekat dengan kampus, perkantoran dan pusat perbelanjaan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Bagi para mahasiswa dan karyawan yang merantau, menyewa kamar kost adalah pilihan yang terbaik dibanding menyewa rumah. Selain harganya yang lebih murah, lokasi kost yang dekat dengan kampus atau tempat kerja juga akan memudahkan aktivitas belajar atau bekerja.

 

#2 Capital Gain dan Capitalization Rate yang Tinggi

Keuntungan kedua dari menjalankan bisnis rumah kost adalah capital gain dan capitalization rate yang lebih tinggi dibanding tanah dan rumah biasa.

Capital gain atau keuntungan modal merupakan selisih antara harga jual yang tinggi dengan harga pembelian yang lebih rendah, ringkasnya capital gain merupakan kenaikan harga dari sebuah properti.

Sedangkan capitalization rate (cap rate) atau tingkat kapitalisasi adalah perbandingan antara penghasilan yang diperoleh dari sebuah properti dibandingkan dengan harga properti tersebut.

Pengertian Capital Gain Adalah 03 Capital Gain 3 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Bisa Kaya Hanya Dengan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun Ala Warren Buffet]

 

Jadi, capital gain dari sebuah rumah kost pada umumnya lebih tinggi dibanding rumah biasa. Demikian pula halnya dengan capitalization rate (cap rate) rumah kost yang lebih tinggi dibanding rumah biasa.

Umumnya, hal ini disebabkan karena tambahan jasa atau fasilitas yang diberikan oleh rumah kost, seperti jasa laundry, pembersihan kamar dan penjualan kebutuhan sehari-hari.

 

#3 Mudah Dikelola

Selain dua keuntungan di atas, menjalankan bisnis kost bisa dikatakan sangat mudah, karena persiapan dan pengelolaan rumah kost yang sederhana.

Anda hanya perlu mempersiapkan sebuah rumah yang lokasinya dekat kampus atau pusat perbelanjaan, mengisi perabot seperti tempat tidur, lemari, meja dan kursi serta peralatan elektronik, seperti AC, televisi dan kulkas.

Meski konsepnya serupa dengan penginapan atau hotel, namun pengelolaan rumah kost lebih sederhana karena tidak ada sarapan atau pelayanan room service.

Anda bahkan bisa menyerahterimakan pengelolaan rumah kost kepada orang yang Anda percaya. Dengan demikian Anda hanya perlu mengontrolnya beberapa lama sekali.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

Kerugian Bisnis Rumah Kost

Selain keuntungan yang bisa diperoleh dari menjalankan usaha kostan, ada pula beberapa kerugian yang perlu diantisipasi yakni sebagai berikut:

 

#1 Modal Awalnya Besar

Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa investasi atau bisnis properti memang umumnya memiliki modal awal yang besar. Hal ini disebabkan nilai atau biaya untuk membeli properti itu sendiri sudah tergolong besar.

Hal ini juga berlaku untuk bisnis rumah kost Anda, dimana modal awalnya bisa mencapai miliaran rupiah.

Modal tersebut digunakan untuk membeli rumah kost dan mengisinya dengan perabotan serta peralatan elektronik yang diperlukan oleh anak kost.

Karena alasan inilah, Anda perlu mempertimbangkan baik-baik kemampuan finansial Anda dan memikirkan pembiayaannya. Jangan sekali-kali terlalu memaksakan kemampuan finansial Anda karena risikonya terlalu besar. Alih-alih ingin untung, bisa saja Anda malah dililit utang yang tidak ada habisnya.

Oleh karena itu, Finansialku mengajak Anda untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan Finansialku sebelum memutuskan memulai bisnis rumah kost. Perencana keuangan kami selalu siap membantu Anda dengan fakta-fakta keuangan yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Gunakan fitur Tanya Jawab dengan Perencanaan Keuangan pada Aplikasi Finansialku.

 

Anda bisa download aplikasi di Google Play Store atau silakan akses Aplikasi.Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Setelah berkonsultasi, kini Anda bisa memutuskan apakah keputusan itu tepat atau tidak. Jika tepat, tentukan pembiayaan yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Jika memungkinkan, Anda bisa memanfaatkan dana tunai sendiri untuk memulai bisnis ini. Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman berupa KPR atau kredit pemilikan rumah dari bank.

Selain itu, ada juga pengusaha kost yang menghimpun modal dari keluarga dan teman dengan sistem bunga atau bagi hasil.

 

#2 Penyewa yang Sembarangan

Tantangan kedua dari menjalankan bisnis rumah kost adalah terkadang penyewanya sembarangan. Karena anggapan mahasiswa/i akan rumah kost yang hanya akan ditinggali sementara, terkadang mereka tidak mengurus kamar kostnya layaknya milik sendiri.

Sebagai contoh adalah mereka bisa saja membiarkan listrik (lampu dan AC) dan air menyala seharian, mereka juga membuat keributan dengan sesama penghuni kost, membawa masuk teman lawan jenis ke dalam kamar, merusak fasilitas kost hingga menunggak pembayaran kost.

10+-Cara-Mengatur-Keuangan-Anak-Kos-1-Finansialku

[Baca Juga: Masalah Adalah Perjalanan Hidup Untuk Mendapatkan Kekayaan]

 

Nah, untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya Anda sebagai pengusaha kost perlu membuat peraturan yang disepakati bersama dengan para penghuni kost.

Selain itu, diperlukan ketegasan dari pemilik kost apabila ada anak kost yang melanggar peraturan.

 

#3 Kemungkinan Kekosongan

Kerugian terakhir yang dihadapi dalam menjalankan bisnis rumah kost adalah Anda perlu memperhitungkan kemungkinan adanya kekosongan pada jangka waktu yang tidak dapat ditentukan.

Jika rumah kost dibiarkan kosong tanpa adanya penyewa, Anda perlu mempertimbangkan tidak adanya penghasilan pasif selama properti kosong tersebut.

Jadi, keuntungan belum tentu dapat dihitung setahun penuh. Saat kosong, rumah kost Anda bukanlah aset melainkan hanya liabilitas (karena Anda terus membayar angsuran namun tidak ada pemasukan pasif, sehingga arus kas negatif).

Selain itu, jika dibiarkan kosong terlalu lama, rumah kost beserta berbagai isinya akan lebih mudah rusak, sehingga pengelolaan tetap diperlukan pada masa-masa kosong ini.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyiasati kost yang sepi peminat, yaitu dengan meningkatkan kegiatan promosi, menurunkan harga sewa kost serta dengan memperbaiki dan menambah fasilitas.

Inilah Strategi Memulai Bisnis Kosan 03 Kosan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Gila! Utang Uang Sekolah atau Student Loan di Amerika Mencapai US$1,3 Triliun. Kenapa Sekolah Aja Ngutang?]

 

Seperti diungkapkan di atas, salah satu kerugian yang mungkin terjadi dalam bisnis rumah kost adalah modal awalnya yang besar. Hal ini menyebabkan banyak orang mengurungkan niatnya untuk memulai bisnis ini.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Finansialku mengajak Anda melihat beberapa cara sederhana memulai bisnis rumah kost minim dana berikut ini:

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

 

Cara Sederhana Memulai Bisnis Rumah Kost Minim Dana

Jika Anda sedang ingin memulai bisnis rumah kost, namun dana yang Anda miliki tidak terlalu banyak maka Anda perlu mencoba tips dari kami berikut ini:

 

#1 Membeli Tanah Sesegera Mungkin

Tanah atau properti umumnya merupakan sebuah instrumen investasi yang menguntungkan, karena harganya cenderung terus naik. Seperti diungkapkan sebelumnya, umumnya hal ini disebabkan adanya konsep kelangkaan.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk stop ragu dan menunda-nunda pembelian tanah karena menunggu harganya turun.

Bisa-bisa Anda membelinya malah setelah harganya sudah naik. Belilah tanah di lokasi yang strategis, dekat dengan area kampus atau pusat bisnis.

Lakukan survei agar Anda mendapatkan tanah dengan harga yang murah. Beberapa orang kemungkinan rela menjual tanahnya dengan harga murah karena kebutuhan dana.

Anda bisa merencanakan pembelian tanah dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam menghitung berapa dana yang perlu Anda kumpulkan. Yuk, download Aplikasi Finansialku pada link berikut ini.

 

#2 Buatlah Desain Minimalis

Salah satu kelebihan bisnis rumah kost yakni penyewanya kebanyakan anak muda atau mahasiswa/i. Dengan demikian, Anda bisa menyediakan desain rumah kost minimalis atau sederhana sehingga tidak perlu biaya desain yang berlebihan.

Yang penting adalah rumah kost harus didesain untuk kenyamanan dan keamanan penghuninya. Anda bisa memaksimalkan lahan tanah untuk kamar tanpa meninggalkan nilai keindahan seperti menambah taman, ruang tamu, dan ruang televisi.

Hidup-di-Kota-Besar-Tidak-Mudah-4-Kamar-Kostan-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Orang-Orang Usia Muda, Baru Lulus Kuliah Bisa Jadi Orang Kaya dan Bebas Keuangan]

 

#3 Membeli Rumah Kost yang Sudah Jadi

Jika Anda memang tidak mempunyai cukup dana untuk membeli tanah dan membangun rumah kost, Anda bisa membeli rumah kost yang sudah jadi.

Sebagai contoh, Anda bisa mencari rumah kost yang kondisinya sudah tidak bagus dan penjualnya menjual dengan harga murah. Nah, Anda bisa membelinya lalu merenovasinya. Biaya yang dikeluarkan tentu tidak akan terlalu banyak dibandingkan membangun rumah kost sendiri.

Namun pertimbangkan kondisi gedung, jangan sampai biaya renovasi lebih besar daripada biaya bangunan baru ya.

 

#4 Rencanakan Sistem Listrik Rumah Murah

Sistem kelistrikan rumah akan menentukan biaya bulanan yang akan dikeluarkan untuk membayar biaya tagihan listrik. Terlebih anak kost biasanya mengabaikan hal ini dan membiarkan listrik terus menyala meski tidak digunakan.

Atasi hal ini dengan cermat dalam menentukan jumlah lampu yang akan di pasang di rumah kost.

Rumah kost tidak memerlukan terlalu banyak titik lampu. Pilih juga lampu dan alat elektronik hemat energi yang bisa meredup atau mati secara otomatis saat tidak digunakan.

Tips terakhir yakni lebih baik gunakan pulsa listrik agar bisa dikelola oleh penghuni kost dan pengisian atau pembayarannya juga lebih mudah.

 

Bisnis Rumah Kost dengan Cerdas Yuk!

Meskipun memiliki banyak kelebihan, memulai bisnis properti juga tentunya memiliki risiko. Apabila Anda gagal memperoleh keuntungan, atau lokasi tidak mendukung Anda bisa terjebak dengan properti itu selamanya.

Sebenarnya besar tidaknya risiko bergantung pada toleransi risiko Anda, oleh karena itulah sebagian berani berinvestasi properti dan sebagian lagi memilih instrument investasi lainnya.

 

Nah, kini Anda sudah memahami seluk beluk bisnis rumah kost termasuk tips dalam menjalankannya bukan? Segera aplikasikan tipsnya untuk memaksimalisasi keuntungan Anda.

Jika artikel ini bermanfaat bagi Anda, jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan kerabat Anda yang juga berminat dalam investasi rumah kost.

Dengan demikian semua bisa sama-sama menikmati manfaat informasi ini. Terima kasih.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara sederhana memulai bisnis rumah kost minim dana yang mudah dipraktikkan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Abad Rekan. 5 April 2017. Ingin Bisnis Rumah Kost Namun Minim Dana? Ini Dia Tips Membangun Rumah Kost Murah. Yukbisnisproperti.org – https://goo.gl/YvfLe3
  • Wibowo Tunardy. 01 Mei 2017. Menimbang Untung Rugi Usaha Kos Kosan. Bisniskost.com – https://goo.gl/Gb114Y

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Rumah Kost Minim Dana 01 – https://goo.gl/q8jAZg
  • Bisnis Rumah Kost Minim Dana 02 – https://goo.gl/dop7Dd