Mau uang terus mengalir tanpa harus kerja dari pagi sampai malam melalui sumber pendapatan pasif? Ternyata ada berbagai sumber pendapatan pasif yang bisa kita dapatkan dengan cara yang sederhana.

Simak informasinya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Sumber Pendapatan Pasif

Tidak perlu kerja dari pagi sampai malam, beberapa usaha kreatif ternyata ada yang menambah pundi-pundi penghasilan secara pasif lho.

Ini dinamakan sumber penghasilan pasif jika kita tidak perlu melakukan sesuatu yang cenderung memakan banyak waktu.

Sebelum menyimak satu per satu dari sumber pendapatan pasif yang bisa kita dapatkan, apakah Anda tahu apa itu pendapatan pasif?

Ketika Anda kekurangan uang tunai, biasanya yang terpikirkan adalah bekerja lebih lama seperti kerja lembur atau menambah pekerjaan sampingan, bukan? Atau Anda menempuh jalan lain dengan meminta kenaikan gaji sehingga Anda dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Cara tersebut bisa saja Anda tempuh untuk menambah penghasilan Anda, tapi ternyata ada banyak cara lain untuk menambah penghasilan Anda bahkan tanpa harus menukarkan waktu Anda atau bekerja dengan jumlah waktu yang lebih banyak.

Sumber Pendapatan Pasif yang Bisa Anda Peroleh Sekarang 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mewaspadai 3 Masalah Psikologis yang Dapat Merusak Aktivitas Trading Anda dan Diri Anda]

 

Ini seperti menanam benih sehingga uang Anda akan tumbuh, bahkan ketika Anda sedang tidur atau ketika Anda sedang berlibur dan menikmati wisata bersama keluarga.

Dengan kata lain, bahkan ketika Anda tidak aktif bekerja, Anda tetap menghasilkan uang.

Tahukah Anda bahwa berinvestasi adalah salah satu jalan menuju kebebasan keuangan dan juga menambah sumber pendapatan pasif Anda?

Pelajari dengan seksama Ebook Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini untuk membantu Anda dalam berinvestasi:

 

10 Sumber Pendapatan Pasif

Sama seperti seorang petani yang menanam tanaman, merawat ladang, dan memanen hasilnya, Anda dapat menanam benih keuangan yang akan menghasilkan pendapatan lebih.

Memang ada beberapa sumber pendapatan pasif yang perlu mempersiapkan uang terlebih dahulu. Namun, ada juga beberapa sumber pendapatan pasif yang bisa Anda hasilkan dengan kreativitas Anda sendiri.

Temukan ide kreatif untuk menambah jumlah penghasilan Anda dengan sumber pendapatan pasif berikut ini.

 

#1 Buat Sebuah Blog

Membuat sebuah blog ternyata bisa berpotensi untuk menjadi sumber pendapatan pasif Anda.

Pete Cashmore adalah CEO dan pendiri Blog Mashable yang terkenal di dunia, yang mencakup segala sesuatu mulai dari teknologi dan bisnis hingga media sosial, hiburan, dan gaya hidup.

Menurut situs The Richest, Blog Mashable adalah situs independen terbesar dan termasuk dalam daftar 10 blogger dunia dengan penghasilan tertinggi berkisar US$560.000 – US$600.000 setiap bulannya atau setara dengan Rp8,12 miliar – Rp8,7 miliar.

Bisnis yang Menguntungkan Sebagai Blogger Ini Model Bisnisnya dan Berapa Keuntungannya 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Bisnis Blog Anda Sukses? Ini Rahasianya!]

 

Jika Anda dapat secara konsisten menggunakan blog Anda dan menciptakan banyak nilai dan kegunaan bagi banyak orang, Anda dapat menghasilkan jumlah penghasilan pasif yang luar biasa.

Jika lalu lintas viewers Anda begitu banyak, ini akan mengundang aliran pundi-pundi Rupiah masuk ke akun bank Anda.

Semakin cepat Anda memulai, semakin cepat aliran pendapatan bisa bertumbuh.

Anda dapat memulai dengan postingan sederhana, misalnya seperti diari traveling Anda atau hobi memasak yang memberi inspirasi bagi orang lain untuk melihat dan belajar dari blog Anda.

 

#2 Membuat Aplikasi

Di dunia yang canggih dan semakin modern ini, manusia cenderung semakin terbantu dengan teknologi, terutama melalui telepon pintar mereka.

Termasuk dengan berbagai aplikasi yang semakin memudahkan untuk melakukan sesuatu, misalnya seperti Aplikasi Finansialku yang memudahkan pengguna untuk mencatat arus keuangan pribadi setiap waktu.

Mencatat keuangan menjadi lebih mudah, praktis dan tentu saja dengan berbagai fitur lainnya, seperti merencanakan dana liburan, dana membeli barang dan juga mengecek kesehatan finansial dan berbagai fitur yang memberi keuntungan lebih lainnya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Aplikasi dapat menjadi sumber penghasilan yang sangat menggiurkan. Aplikasi membuat hidup orang lebih mudah.

Ciptakan sesuatu yang unik dan tentu saja dapat digunakan dan memudahkan orang untuk melakukan kegiatan mereka, memberi kemudahan dan juga memberi keuntungan.  

 

#3 Membuat Ebook

Bagi Anda yang senang menulis, Anda dapat membuat tulisan Anda menjadi sebuah sumber penghasilan pasif dengan membuat Ebook yang dapat diunduh dan dibaca orang melalui gadget pintar mereka dimanapun dan kapanpun mereka inginkan.

Memang usaha ini membutuhkan waktu terlebih dahulu sebelum memasarkannya.

Anda dapat menjual Ebook di situs website Anda sendiri atau menawarkannya sebagai pengaturan afiliasi dengan situs website lain yang menyediakan konten yang terkait dengan Ebook Anda.

Salah satu contohnya seperti Ebook Panduan Perencanaan Keuangan sesuai Usia yang dapat unduh secara gratis berikut ini:

 

#4 Online Shop

Istri Steve Chou adalah salah satu pengusaha online shop yang memberanikan diri untuk keluar dari pekerjaannya dan menekuni bisnis yang dikendalikan dari rumahnya sendiri.

Penghasilan tahun pertamanya saja bisa mencapai US$100.000 atau setara dengan Rp1,45 miliar.

Nikmati sumber pendapatan pasif melalui berjualan produk secara online hanya dari rumah pribadi Anda.

 

#5 Mendapat Royalti dari Penjualan Buku

Sama seperti menulis sebuah Ebook, ada banyak peluang mendapatkan sumber pendapatan pasif ketika Anda menulis buku.

Tentu saja ketika karya Anda tersebut sudah selesai dalam bentuk buku dan masuk dalam tahap penjualan serta diminati oleh banyak pembaca.

Jika buku tersebut cukup populer, Anda bisa mendapatkan royalty dari hasil penjualan buku tersebut dengan bekerja sama dengan pihak penerbit

Sifat-Pesimis-Bisa-Berbahaya-Bagi-Tubuh-dan-Mental-Anda-3-Baca-Buku-Finansialku

[Baca Juga: Jika Ingin Jadi Pemimpin Berhasil, Anda HARUS Membaca 15 Buku Kepemimpinan yang Direkomendasikan]

 

Mike Piper dari OblivousInvestor.com melakukan pembuatan sumber pendapatan pasifnya sendiri dengan membuat buku. Dia menulis sebuah buku, Investing Made Simple, yang dijual di Amazon.com.

Melalui penjualan bukunya tersebut, ia menghasilkan royalty yang cukup besar.

 

#6 Jual Hasil Tangkapan Kamera Anda

Apakah Anda suka dengan fotografi?

Ketika Anda sedang berjalan-jalan di taman atau ketika melihat pemandangan indah dan unik serta mengabadikannya dalam sebuah bentuk tangkapan kamera, Anda mungkin dapat mengubahnya menjadi sumber pendapatan pasif.

Situs web fotografi seperti Shutterstock dapat memberi Anda platform untuk menjual foto Anda. Mereka mungkin menawarkan persentase atau biaya tetap dari setiap foto yang dijual kepada para klien.

Anda hanya perlu membuat portofolio foto Anda, meletakkannya di satu atau lebih platform foto, dan kemudian pendapatan Anda menjadi benar-benar pasif. Semua teknis penjualan foto ditangani melalui platform website.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#7 Menjadi Vlogger

Anda dapat membuat video di hampir semua area yang Anda sukai, seperti musik, tutorial, opini, komedi, ulasan film (apapun yang Anda inginkan atau hobi Anda) kemudian Anda bisa mengunggahnya di YouTube.

Selanjutnya, Anda dapat melampirkan Google AdSense ke video, yang akan menghamparkan video Anda dengan iklan otomatis. Ketika pengunjung akun YouTube mengklik iklan tersebut, Anda akan mendapatkan uang tambahan dari AdSense.

Tentu saja Anda harus membuat video yang menarik yang memiliki daya tarik kepada para pengunjung akun YouTube Anda dan mempromosikan video tersebut di situs website media sosial.

4 Hal Yang Perlu Dihindari Vlogger Baru pada Chanel YouTube 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Channel Vlogging Anda pada YouTube]

 

Untuk melancarkan usaha menghasilkan pendapatan pasif melalui vlogger, Anda mungkin perlu mempelajari sesuatu tentang pengeditan video.

Tenang saja, ada banyak aplikasi yang dapat membuatnya jauh lebih mudah dan terjangkau saat ini.

Anda hanya perlu membuat video yang menarik dan mengeditnya semenarik mungkin untuk menambah jumlah pengunjung.

Begitu video selesai, itu bisa menjadi sumber arus kas yang benar-benar pasif untuk waktu yang sangat lama.

 

#8 Memasang Iklan di Kendaraan Anda

Tahukah Anda bahwa iklan-iklan yang dipasang di kendaraan transportasi umum seperti bis, angkot dan lain sebagainya bisa menjadi sebuah sumber pendapatan pasif?

Dengan bekerja sama dengan pihak pengiklan, Anda bisa mendapatkan uang tambahan hanya dengan mengendarai kendaraan Anda kemana pun tujuan Anda.

Ribet Jual Mobil Bekas? Coba Beriklan di 8 Website Jual Beli Mobil Bekas Ini 01 Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi? 9 Start Up Indonesia Tawarkan Uang untuk Pasang Iklan di Mobil]

 

Pihak pengiklan akan membayar Anda sesuai ketentuan jarak tempuh dari kendaraan yang Anda gunakan.

Tentunya semakin panjang jarak tempuhnya semakin besar uang yang dapat Anda peroleh. Tapi, tentu saja ada limit atau batasan jarak per harinya yang telah ditentukan oleh pihak pengiklan.

 

#9 P2P Lending

Anda bisa menjadi salah satu penanam modal alias investor dan menambah jumlah sumber pendapatan pasif Anda.

Kini startup financial technology (fintech) Peer to Peer Lending (P2P Lending) sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Perusahaan-perusahaan P2P Lending asal Indonesia pun kian berkembang. Sebut saja KoinWorks, Amartha, UangTeman, Modalku, Investree, GandengTangan, Crowdo, dan masih banyak lagi.

Dengan bertumpu pada platform teknologi yang terintegrasi secara digital, perusahaan P2P Lending mempertemukan para pemberi pinjaman (investor) dengan para peminjam (borrower) lewat dunia maya.

Jadi Sorotan, OJK Akan Atur Kontrak P2P Lending 01 - Finansialku

[Baca Juga: Telah Dimulai! Bank Syariah Memproyeksi Sukuk Ritel SR-010 Akan Sukses]

 

Seluruh proses investasi dilakukan secara online. Mulai dari membuka akun sebagai investor hingga proses deal dengan borrower juga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat bermodalkan smartphone dan jaringan internet.

Anda dapat menyimak 5 Alasan Investasi P2P Lending yang Membuat Anda Sulit Menolak Berinvestasi dari artikel Finansialku dan segera dapatkan penghasilan pasif mengalir ke rekening pribadi melalui investasi ini.

 

#10 Sewakan Kamar di Rumah Anda

Airbnb adalah konsep sederhana yang mengakomodasi keperluan para backpacker dan pelancong menjadi sebuah situs yang “meledak” di seluruh dunia.

Airbnb memungkinkan orang untuk bepergian ke seluruh dunia dan menginap dengan biaya akomodasi yang jauh lebih murah daripada hotel bintang terkecil sekalipun.

Tengok-Analisis-Bisnis-Penginapan-Homestay-2-Finansialku

[Baca Juga: Tengok Analisis Bisnis Penginapan Homestay yang Menguntungkan]

 

Dengan berpartisipasi di Airbnb, Anda dapat menggunakan tempat tinggal Anda untuk mengakomodasi tamu dan mendapatkan uang tambahan hanya dengan menyewakan ruang di rumah Anda.

Paula Pant, pemilik AffordAnything.com mengambil peluang ini untuk membuat uang tambahan dengan menyewakan kamarnya secara eksklusif melalui Airbnb.

Berapa banyak uang yang Anda hasilkan tergantung pada ukuran dan kondisi rumah Anda dan lokasi tempat tinggal Anda.

Wajar jika rumah Anda terletak di kota berbiaya tinggi, atau dekat dengan resort populer, penghasilan Anda akan jauh lebih tinggi.

Bahkan kamar kosong di rumah Anda bisa menjadi sumber penghasilan pasif bagi Anda.

 

Sumber Pendapatan Pasif dari Ide yang Kreatif

Ternyata ada banyak ide hebat yang bisa menghasilkan sumber pendapatan pasif untuk menambah pundi keuangan Anda, bukan?

Anda dapat membagikan artikel Finansialku ini kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan untuk menambah sumber pendapatan pasif atau setiap artikel Finansialku lainnya.

 

Apakah Anda memiliki usulan atau opini lain tentang sumber pendapatan pasif yang dapat dilakukan untuk menambah penghasilan? Apakah Anda menjalankan salah satu dari usaha kreatif di atas?

Tuliskan opini dan ide Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Growth Everywhere. GE Ep 65: How Steve Chou Launched 2 Six-Figure Businesses… & Why He Still Has A 9-5 Job. Growtheverywhere.com – https://goo.gl/u33CRo
  • Alexa Mason. 16 Juli 2018. 27 Passive Income Ideas You Can Use To Build Real Wealth. Thecollegeinvestor.com – https://goo.gl/F8rtjE
  • Deacon Hayes. 24 Passive Income Ideas to Make Money While You Sleep. Wellkeptwallet.com – https://goo.gl/STkihV
  • Jeff Rose. 26 Juli 2018. 27 Passive Income Ideas You Can Start Today. Goodfinancialcents.com – https://goo.gl/niVpWA
  • The Richest. The 10 Top Earning Bloggers in the World. Therichest.com – https://goo.gl/bpGfkB

 

Sumber Gambar:

  • Sumber Pendapatan Pasif 01 – https://goo.gl/oU3JAk
  • Sumber Pendapatan Pasif 02 – https://goo.gl/bMkyXV