Apakah Anda tertarik dengan investasi properti seperti memiliki rumah kost? Apakah menguntungkan investasi rumah kost via KPR?

Salah satu instrumen investasi yang bisa dijadikan pendapatan tambahan adalah investasi rumah kost tetapi investasi ini membutuhkan modal yang besar. Bagaimana jika investasi rumah kost ini via KPR? Yuk kita simak keuntungannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Investasi Rumah Kost

Mendapatkan pendapatan tambahan selain dari gaji utama kita tentu sudah menjadi salah satu impian kebanyakan orang. Terlebih lagi pendapatan ini bisa dijadikan pendapatan pasif saat kita menginjak umur pensiun.

Pilihan investasi untuk memperoleh pendapatan pasif ini pun banyak macamnya. Seperti yang kita ketahui, berinvestasi adalah menambah aset-aset yang kita miliki yang dapat memberikan keuntungan bagi kita.

Aset sendiri terdiri dari 3, ada aset nyata, aset kertas dan aset bisnis. Bagi para karyawan yang masih memulai pekerjaannya mungkin akan lebih tertarik untuk menambah aset kertas.

Apa Bisa Investasi Rumah Kost via KPR Cek Penjelasannya! 02 Aset Investasi - Finansialku

[Baca Juga: Apa Benar Investasi Properti Merupakan Simbol Kesuksesan?]

 

Aset kertas tersebut bisa berupa reksadana, saham, obligasi dan lain sebagainya. Aset nyata dijadikan investasi dalam bentuk jangka panjang, seperti rumah, logam mulia dan lain sebagainya.

Aset nyata ini akan sulit untuk dimiliki ketika kita memiliki modal yang kecil. Belum lagi dengan harga rumah yang semakin lama semakin meningkat, membuat kebanyakan orang kesulitan untuk memiliki aset nyata ini.

Lalu, apabila kita ingin memiliki aset nyata pun, kita harus menabung mulai dari sekarang. Selain itu, belum tentu rumah yang akan kita jadikan tempat usaha akan laku juga.

 

Memang di setiap investasi pasti ada untung dan ruginya dan kita harus siap menghadapinya. Bagaimana ketika seiring waktu berjalan Anda menemukan rumah yang sesuai dengan kriteria investasi rumah kost Anda?

Tetapi di sisi lain, modal yang Anda kumpulkan pun belum cukup mengingat rumah yang Anda ingin jadikan kost-kostan ini harganya pun terbilang mahal.

Apakah mungkin jika Anda membeli rumah untuk investasi rumah kost tersebut menggunakan KPR?

 

Apa Bisa Investasi Rumah Kost dengan KPR?

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil KPR untuk membiayai rumah kost yang ingin Anda beli. Anda perlu mengetahui bahwa membeli rumah untuk investasi bisa dilakukan dengan dua cara.

Cara yang pertama adalah dengan membeli rumah yang ingin Anda beli secara tunai. Cara ini akan cocok jika Anda telah memiliki uang cash sejumlah harga rumah yang Anda inginkan.

Terlebih lagi, jika Anda memang sudah memisahkan uang tersebut dari kebutuhan utama, seperti asuransi, dana darurat, tabungan, investasi dan kebutuhan utama lainnya.

Uang tunai yang Anda miliki memang merupakan uang dingin yang tidak akan Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Anda pun juga sudah harus menyiapkan biaya-biaya tambahan yang sudah harus dipersiapkan saat membeli rumah.

Anda harus menyiapkan biaya notaris, biaya pajak jual beli, biaya provinsi dan lain sebagainya. Memang beli secara tunai menguntungkan bila Anda sudah memiliki sejumlah dana tertentu yang memang tidak Anda gunakan.

Apabila Anda belum memiliki uang tunai yang cukup, apakah investasi rumah kost tersebut akan tetap menguntungkan jika membayarnya menggunakan KPR?

 

Jika Anda memang ingin membeli rumah tersebut dengan KPR, Anda pun harus sudah mulai menyiapkan DP untuk rumah tersebut. Besarnya DP yang harus Anda persiapkan, biasanya adalah sebesar 30% dari harga rumah tersebut.

Misalkan Anda menaksir rumah yang ingin Anda jadikan kost-kost an, anggaplah harga rumah tersebut adalah Rp750 juta. Anda harus sudah menyiapkan uang tunai sebagai DP sebesar Rp225 juta.

Misalkan, setelah dihitung oleh pegawai bank, ternyata Anda diharuskan membayar cicilan per bulan sebesar Rp6 juta. Kemudian Anda bisa menyewakan kamar kost sebanyak 10 kamar.

Dengan harga 1 kamarnya sebesar Rp1 juta per bulan. Anggaplah semua kamar kost-an Anda terisi semuanya. Sehingga, Anda bisa mendapatkan pendapatan dari rumah kost yang Anda miliki adalah sebesar Rp10 juta.

Apa Bisa Investasi Rumah Kost via KPR Cek Penjelasannya! 03 Kost kostan - Finansialku

[Baca Juga: Jika Punya Uang Lebih: Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi?]

 

Anda mengambil KPR selama 10 tahun, anggaplah sekarang Anda berumur 35 tahun. Cicilan KPR rumah kost Anda akan berakhir saat Anda menginjak umur 45 tahun.

Selama dari umur 35 tahun hingga 45 tahun, Anda mendapatkan pendapatan bersih dari rumah kost tersebut adalah sebesar Rp4 juta (Rp10 juta – Rp6 juta).

Jika pendapatan rumah kost digabungkan dengan gaji Anda, misalkan gaji Anda adalah sebesar Rp8 juta, maka Anda memiliki pendapatan per bulan sebesar Rp12 juta dari usia 35 tahun hingga 45 tahun.

Ketika Anda sudah mencapai umur 45 tahun, Anda pun sudah bebas dari cicilan KPR. Sehingga, Anda mendapatkan pendapatan dari kost-kostan adalah sebesar Rp10 juta.

Kemudian, jika Anda tambahkan dengan gaji Anda yang Rp8 juta, maka pendapatan bulanan Anda menjadi Rp18 juta. Bagaimana jika Anda mengambil rumah tersebut secara tunai ?

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Jika Anda membeli rumah tersebut secara tunai di saat yang bersamaan misalkan saya membeli rumah kost-kostan tersebut secara KPR tentu akan lebih menguntungkan jika Anda membeli langsung secara tunai.

Tetapi jika pada saat saya membeli rumah kost-kostan secara KPR tetapi Anda masih menabung untuk membeli rumah tersebut secara tunai. Tentu akan lebih menguntungkan saya yang membelinya terlebih dahulu.

Karena harga rumah sendiri dari tahun ke tahunnya sudah pasti akan naik. Misalkan, rumah yang Anda incar seharga Rp750 juta, mungkin dalam 1 tahun ke depan, rumah tersebut sudah mencapai Rp1 miliar.

Apakah mungkin pada tahun selanjutnya, Anda sudah memiliki uang tunai sebesar Rp1 miliar?

Jika Anda tidak kecipratan harta dari warisan nenek kakek moyang Anda yang kaya raya, tentu akan sulit menabung Rp1 miliar dalam 1 tahun.

Seperti yang sering saya katakan bahwa tidak selamanya utang akan membuat hidup Anda menjadi sengsara. Jika kasusnya Anda ingin berutang untuk membeli rumah dimana rumah tersebut akan Anda jadikan bisnis atau investasi.

Maka, tidak ada salahnya untuk berutang. Sebelum Anda berutang juga, Anda harus memastikan bahwa kondisi keuangan Anda sudah sehat dan bisa mengambil utang.

Jika Anda ingin mengetahui kondisi keuangan Anda, tidak ada salahnya Anda mulai cek kesehatan keuangan Anda di bawah ini. Anda dapat melakukannya secara gratis.

 

Ketika Anda sudah mendapatkan hasil kondisi keuangan Anda, ternyata terdapat beberapa rasio yang tidak ideal dan Anda tidak tahu bagaimana cara terbaik untuk mengubah kondisi tidak ideal menjadi ideal.

Anda dapat menghubungi perencana keuangan Finansialku yang bisa Anda lakukan dengan men-download aplikasi Finansialku atau bisa langsung menghubungi perencana keuangan melalui formulir online, telepon (022 – 2056 5890) atau email (Solusi@Finansialku.com).

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jangan lupa juga untuk dana darurat dan juga asuransi yang Anda miliki, pastikan Anda memiliki proteksi dasar untuk melindungi diri Anda dan keluarga.

Anda masih belum mengetahui bagaimana merencanakan proteksi untuk diri Anda dan keluarga?

Anda juga bisa membaca salah satu ebook mengenai perencanaan keuangan untuk usia 30 an yang pastinya akan membantu Anda untuk mengelola keuangan Anda menjadi lebih baik.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Tidak Selamanya KPR membawa Kesulitan

Ternyata, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan dalam berbisnis jika Anda mengambil KPR. Meskipun keuntungannya belum maksimal, setidaknya Anda masih bisa mendapatkan keuntungan.

Seiring waktu berjalan, cicilan KPR Anda pun akan lunas dan Anda bisa menikmati keuntungan maksimal dari investasi rumah kost Anda.

Jangan lupa juga untuk selalu cek kesehatan keuangan Anda saat ingin mengambil keputusan yang besar dalam keuangan Anda.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana investasi rumah kost via KPR.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bagaimana investasi rumah kost via KPR. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 26 Februari 2017. Untuk Investasi, Lebih Untung Beli Properti dengan “KPR” atau “Cash”?. Ekonomi.kompas.com – https://goo.gl/vZyjCV

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Rumah – https://goo.gl/MsQrLi
  • Aset Investasi – https://goo.gl/xgJt9p
  • Kost-kostan – https://goo.gl/LBsduY
Summary
Apa Bisa Investasi Rumah Kost via KPR? Cek Penjelasannya!
Article Name
Apa Bisa Investasi Rumah Kost via KPR? Cek Penjelasannya!
Description
Apakah Anda tertarik dengan investasi properti seperti memiliki rumah kost? Apakah menguntungkan investasi rumah kost via KPR?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo